Optimis Masa Pandemi COVID-19, Inilah 5 Langkahnya

Optimis Masa Pandemi

Optimis masa pandemi COVID-19, bisakah?

Tentu saja. Setiap diri kita pasti bisa optimis di masa sulit ini. Pertanyaannya bagaimana, bagaimana caranya agar kita selalu optimis meski di masa sulit ini. Hem, Anda penasaran ya dengan jawabannya.

Baiklah. Untuk mengatasi rasa penasaran Anda ini, yuk sekarang kita pahami dulu, apa sih sebenarnya arti optimis ini?

Menurut KBBI, optimis orang yang selalu berpengharapan (berpandangan) baik dalam menghadapi segala hal. Optimis juga berarti kemauan kita untuk mencari solusi dan jalan keluarnya dalam menghadapi berbagai permasalahan.

Nah sampai di sini, kita sudah paham betul kan arti optimis? Yuk sekarang kita berbicara lebih dalam lagi. Pernahkah Anda bertanya, mengapa optimis begitu penting? Penasaran, ya. Baca terus yuk!

Optimis, mengapa begitu penting?

Eric Kim, peneliti dari Departemen Ilmu Sosial dan Perilaku Harvard T.H. Chan School of Public Health Boston melalui hasil studinya di American Journal of Epidemiology menyampaikan bahwa sikap optimis seseorang bisa menurunkan risiko kematian akibat penyakit seperti stroke, pernapasan, infeksi maupun kanker.

Ia juga menambahkan orang yang optimis ini cara berpikirnya lebih baik. Gaya hidupnya juga lebih sehat. Ia memiliki waktu untuk berolahraga, makan makanan sehat, serta tidur yang berkualitas.

Menurut Ainy Fauziyah, Leadership Coach & Motivator sekaligus Founder ALC Leadership Management & ALC Talent ini mengatakan bahwa orang optimis melihat kesulitan sebagai peluang yang menantang.

Baca juga : Antusias, Sulitkah? 

Oh ya. Orang yang optimis juga cenderung bisa mengatasi masalah yang ia hadapi loh. Tidak anti perubahan dan cerdas dalam mengatasi kondisi yang sulit. Tidak mudah panik apalagi merasa cemas.  

Orang optimis

Nah, sekarang mari kita berbicara tentang langkah-langkahnya ya.

Inilah 5 langkahnya.

Ada 5 langkah mudah menjadi seorang yang optimis, yaitu fokus, manfaat, lakukan, selesaikan dan yakin. Untuk lebih mudahnya kita singkat F, M, L, S, Y.

Pertama, fokus. Fokuslah di kondisi sulit sekalipun. Fokus pada apa? Fokus pada tujuan yang sebenarnya ingin Anda capai. Fokus pada hal-hal yang sebenarnya ingin Anda lakukan.  

Kedua, manfaat. Pastikan, pastikan tujuan Anda ini bermanfaat. Tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri tetapi juga bermanfaat untuk banyak orang.

Bukankah sebaik-baiknya manusia, manusia yang bermanfaat untuk sesamanya? Dan seburuk-buruk manusia, manusia merugikan sesamanya? Maka, supaya kita tetap optimis pastikan setiap tujuan kita bermanfaat untuk banyak orang.

Ketiga, Lakukan. Lakukanlah apa yang Anda ucapkan. Ya, Anda harus bertindak nyata secara konsisten. Contoh, karena Anda sudah tahu pentingnya fokus pada tujuan utama plus mengenali apa saja manfaatnya. Maka pikirkanlah langkah-langkahnya.

"Orang optimis melihat kesulitan sebagai peluang yang menantang"

Ainy Fauziyah

Apa saja yang harus Anda lakukan? Tentu saja langkahnya bukan hanya 5 atau 10 langkah. 1.000 langkah ke depan sekalipun Anda harus memulainya sekarang. Anda bisa mengawalinya dari langkah kecil dan konsisten.

Kenapa tidak? Ingat. Semakin besar tujuannya, semakin banyak langkahnya. Maka, lakukanlah dari hal yang paling sederhana.

Keempat, selesaikan. Selesaikanlah masalah Anda. Hadapi. Jangan pernah lari dari masalah apapun kenyataannya. Inilah yang membuat Anda selalu optimis.

Menyelesaikan setiap permasalahan yang dihadapi, pertanda Anda seorang optimis, memiliki keyakinan untuk bisa mencari solusinya. Bukan justru menuntut orang lain untuk menyelesaikan masalah Anda loh. Pantangan atuh.

Untuk mencari solusinya Anda perlu berusaha untuk berdiri diatas kaki sendiri. Mencari solusi permasalahannya sekaligus jalan keluarnya.

Kelima, yakin. Yakinlah Anda bisa menyelesaikan masalah di setiap kondisi. Meyakini kemampuan yang Anda miliki sekaligus berusaha mampu mengatasi kesulitan di berbagai kondisi adalah ciri orang optimis. Optimislah meski di saat sulit sekalipun 

Baca juga : Ternyata Inilah Penyebab Panik

Inilah rahasianya orang optimis. Ia selalu memiliki keyakinan pada dirinya untuk keluar dari permasalahan. So, yakinlah pada diri Anda sendiri mulai sekarang. Atas setiap kemampuan yang Anda miliki selama ini.   

5 langkah optimis

Yuk jawab jujur. Agar Anda lebih mudah melangkah. So, mulai sekarang ayo lakukan 5 langkah di atas, ya. Buktikan, bahwa Anda mampu melakukannya. 

F, M, L, S, Y. Fokus, manfaat, lakukan apa yang Anda ucapkan, selesaikan setiap masalah Anda dan yakinlah bahwa Anda bisa mencapainya.

Selamat menjadi pribadi yang optimis di masa sulit ini!

Tingkatkan optimisme Team Anda hari ini :

РKetahui bagaimana cara bekerja dengan hati melalui The Power of Working with Emotional Intelligence 

РPahami cara menyelesaikan masalah melalui Creative Problem Solving 

РKenali cara memimpin diri sendiri di kondisi sulit melalui Self Leadership In Challenging Times 

Detail info hubungi team kami di 087779199555 

× Ada yang bisa kami bantu? Available from 08:00 to 18:00