10 Skills Paling Dibutuhkan Di Masa Depan

Skills Ini Paling Dibutuhkan Di Masa Depan

Daftar Isi

Skills ini paling dibutuhkan di masa depan, sudahkah Anda mengenali 10 diantaranya?

Masih ingat dengan obrolan kita bersama Ainy Fauziyah di topik 6 Ciri Berpikir Strategis dan Siap Hadapi Tantangan 2023 Ini? Berkaitan dengan hal tersebut, kali ini kita berkesempatan untuk ngobrol kembali dengan Ibu Ainy dengan topik yang tentunya tak kalah seru yaitu 10 skill yang paling dibutuhkan di masa depan!

Sekilas Tentang Gambaran Skill yang Dibutuhkan Perusahaan Saat ini

Seiring dengan berkembangnya teknologi ternyata salah satu skill utama yang dibutuhkan perusahaan di masa depan bukanlah penguasaan keterampilan teknis, melainkan soft skill.

Sebuah laporan dari LinkedIn Global Talent Trends menunjukkan bahwa 92% profesional menyebutkan jika soft skill menjadi petimbangan yang sangat penting saat proses perekrutan dibandingkan hard skill.

Bahkan 89% responden yang disurvei mengatakan jika seseorang dapat gagal saat proses rekrutmen karena tidak memiliki soft skill yang dapat diandalkan.

Oleh karena itulah, tema ini menjadi hal yang seru untuk didiskusikan bersama. Bahkan pada kesempatan kali ini, Ibu Ainy Fauziyah selaku certified professional coach, motivator terbaik di indonesia, sekaligus leadership coach juga menyebutkan ada 10 soft skill yang dibutuhkan di masa depan.

Bagi Ainy, soft skill tidak hanya dibutuhkan oleh para pemimpin saja,  melainkan diperlukan juga untuk karyawan yang ingin memiliki jenjang karir yang bagus.

10 Skills yang Dibutuhkan Di Masa Depan

Ainy Fauziyah yang dikenal sebagai motivator wanita terbaik di Indonesia dan profesional coach leadership ini menyebutkan jika soft skill merupakan kompetensi masa depan yang kemampuannya tidak akan lekang oleh masa.

Sebab jika Anda hanya memiliki hard skill yang dibutuhkan di dunia kerja secanggih apapun, inovasi dan pembaruan teknologi akan terus menerus mengalami perkembangan hanya dalam waktu yang singkat.

Sehingga, kemampuan teknis yang dimiliki akan menjadi usang dengan cepat pula jika tidak dilatih terus menerus.

Sementara jika Anda menguasai soft skill, sikap dan kecerdasan emosional, maka keterampilan tersebut tidak akan pernah kadaluarsa dan akan terus relevan sampai kapanpun. Sebab, orang dengan hard skill hebat belum tentu bisa memiliki attitude dan soft skill yang berguna untuk kemajuan perusahaan.

Namun skill apa saja yang dibutuhkan supaya tetap relevan hingga 10 tahun mendatang? Berikut ini adalah beberapa kemampuan yang seharusnya dikuasai oleh para karyawan sehingga tidak dapat tergantikan menurut Ibu Ainy, diantaranya adalah:

Pertama, Literasi Digital (Digital Literacy)

Salah satu skill yang dibutuhkan 5 tahun kedepan atau bahkan jauh lebih lama dari itu adalah literasi digital. Apalagi, sejalan dengan berkembangnya teknologi tentu  pengetahuan dan kecakapan akan dunia digital menjadi hal yang sangat penting.

Namun, literasi digital ini hanya bisa dimiliki oleh orang-orang yang berkemauan tinggi untuk selalu belajar akan hal baru dan ingin belajar dari orang lain. Sadar atau tidak, ini bukan merupakan soft skill yang dimiliki oleh banyak orang.

Sebab di masa depan akan semakin banyak perusahaan yang mengadopsi banyak nilai teknologi untuk dalam berbagai bidang pekerjaan.

Hal inilah yang membuat literasi digital menjadi salah satu bukti seseorang ingin berkembang maju menjadi lebih baik sehingga dapat bersaing dengan maksimal di masa depan.

Baca juga :

4 Jenis Training Indonesia yang Paling Dibutuhkan Karyawan Di Era Digital

Kedua, Literasi Data (Data Literacy)

Selanjutnya, perusahaan akan semakin banyak menentukan keputusan dan membuat rencana di dalamnya sesuai dengan fakta dan data yang tersedia. Oleh karena itulah, literasi data menjadi skills yang dibutuhkan di masa depan tidak hanya bagi pemimpin namun juga karyawan secara umum.

Jangan khawatir, saat ini telah tersedia banyak tools analitik untuk menunjang pengolahan data yang Anda lakukan dengan lebih mudah dan profesional. Jadi keputusan bisnis yang dibuat menjadi semakin efektif.

Bahkan, penguasaan literasi data juga dapat mengembangkan pendekatan problem solving dengan lebih logis dan valid.

Ketiga, Critical Thinking

Critical thinking dan kemampuan untuk berpikir strategis tentu merupakan kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dari kriteria karyawan serta pemimpin yang baik di perusahaan.

Bentuk kemampuan berpikir kritis dan strategis ini membutuhkan analisis dari fakta dan data yang tersedia sehingga mampu untuk menyelesaikan masalah (problem solving dan membuat keputusan dengan benar dan bijaksana.

Keempat, Emotional Intelligence & Empathy

Emotional Intelligence (Kecerdasan emosional) dan empati juga menjadi salah satu skills yang dibutuhkan di masa depan. Sebab orang yang mampu mengelola emosinya dengan baik, tentu akan mampu membangun hubungan profesional yang lebih kuat dengan orang lain.

Selain itu, Emotional Intelligence dan empati juga menjadi kunci untuk memahami perasaan diri sendiri maupun orang lain sehingga tahu bagaimana cara menyikapi sebuah konflik dan memecahkan masalah. Hal ini tidak hanya berlaku untuk kehidupan profesional saja namun juga sehari-hari.

Tapi perlu diingat jika Emotional Intelligence merupakan soft skill yang umumnya dapat dikembangkan melalui rangkaian pelatihan dan pengembangan karyawan. Pada training kepemimpinan seperti ini tentu Anda akan mendapatkan materi serta cara aplikatif supaya mampu memotivasi dan berkolaborasi dengan anggota tim sekaligus menyelesaikan masalah dengan optimal.

Kelima, Kreatif (Creativity)

Soft skill creativity tidak hanya menjadi kemampuan yang dibutuhkan banyak perusahaan saat ini namun juga dapat menjadi modal yang sangat besar bagi banyak industri di masa depan.

Sebab, seseorang dengan kemampuan berpikir kreatif yang tinggi mampu memberikan dampak besar bagi kemajuan sebuah bisnis maupun perusahaan karena inovasi dan ide-ide yang ditawarkannya.

Walaupun banyak orang yang lahir dengan bakat kreatif, namun kemampuan tersebut dapat dilatih dengan konsisten. Mulai dari mengikuti pelatihan sdm hingga banyak berkecimpung dalam proyek sehingga terbiasa untuk melakukan riset dan melatih pola pikir yang out of the box.

Tidak hanya itu saja, seseorang dengan pikiran yang kreatif juga mampu untuk mengembangkan solusi terbaik atas segala konflik dan masalah yang terjadi dengan tenang dan bijak.

Keenam, Kolaborasi (Collaboration)

Saat ini dan juga di masa depan sudah bukan jamannya lagi berkompetisi dengan menjatuhkan satu sama lain di tempat kerja. Namun, kolaborasi dan kerja sama tim menjadi kemampuan untuk bekerja dengan lebih produktif dan minim drama.

Sepintar apapun Anda, jika tidak mampu berkolaborasi dengan baik di tempat kerja, maka pekerjaan yang dilakukan tak akan pernah jadi efektif dan optimal.

Sebab dengan berkolaborasi, Anda bisa mengelola konflik, berbagi ide, mengebangkan analisis sehingga pekerjaan yang dilakukan dapat berdampak besar untuk kemajuan perusahaan.

Apalagi, kolaborasi juga dapat menghasilkan peningkatan kreativitas dan inovasi karena ada lebih dari satu otak yang mencurahkan ide-idenya. Bahkan, Anda juga dapat belajar dari anggota lainnya untuk menangani tugas dan belajar dari kesalahan orang lain dengan lebih baik.

Ketujuh, Fleksibel

Fleksibel artinya mudah beradaptasi dengan segala perubahan yang terjadi di tempat kerja. Tentu hal ini menjadi skills yang dibutuhkan di masa depan mengingat perubahan selalu menjadi bagian dalam perkembangan teknologi di tempat kerja.

Adanya kemajuan teknologi yang sangat cepat seringkali memaksa industri untuk berkembang dan belajar hal baru agar tidak tertinggal oleh kompetitornya. Oleh karena itu, orang yang tidak memiliki fleksibilitas dan kemampuan adaptasi yang tinggi akan tertinggal di masa depan.

Salah satu contohnya yaitu dapat Anda rasakan adanya konsep bekerja dari rumah (WFH) yang ternyata membuat semua pekerjaan di kantor beralih menjadi 100% daring.

Jika Anda merupakan orang yang fleksibel, perbedaan tempat bekerja ini tidak akan mempengaruhi performa kerja secara keseluruhan.

Apalagi, WFH juga menuntut pekerja untuk beradaptasi dengan metode, teknologi, cara kerja hingga cara berpikir baru. Sayangnya tidak semua orang dapat melakukannya dengan baik.

Kedelapan, Leadership Skills

Baik Anda seorang pemimpin ataupun bukan, leadership skill tetaplah menjadi kemampuan yang harusnya dimiliki oleh setiap orang. Apalagi jika ingin bertahan dalam sebuah industri dengan baik.

Sebab dengan kemampuan leadership inilah Anda akan dituntut untuk memiliki pengetahuan yang luas dan open minded.

Tidak hanya itu saja, memiliki kemampuan ini juga akan menggambarkan arti leadership yang sebenarnya. Hal ini tidak terlepas dari peningkatan nalar berpikir Anda saat memiliki kemampuan ini sehingga mampu mengambil keputusan dengan baik sekaligus berani untuk mengambil resiko demi kepentingan bersama.

Selain itu, leadership skill ini juga berarti kemampuan seseorang untuk mampu memimpin dan mengelola tim walaupun dalam situasi sulit sekalipun. Jadi, para anggota tim dapat bekerja dengan lebih produktif namun tetap dengan suasana yang nyaman.

Memang, ada beberapa orang yang secara alami dilahirkan sebagai seorang pemimpin. Namun bukan berarti skill ini tidak bisa dipelajari, sebab kemampuan ini dapat dimiliki oleh siapapun selama berkomitmen penuh untuk berlatih.

Salah satu cara paling mudah untuk meningkatkan kemampuan ini bisa dengan mengikuti rangkaian kelas online leadership dari jasa training terpercaya seperti ALC Leadership Management.

Kesembilan, Time Management

Time management merupakan soft skill yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan baik dalam kegiatan sehari-hari maupun lingkungan kerja profesional. Jika dalam konteks pekerjaan, agar tugas yang diberikan dapat selesai dengan cepat, efektif dan efisien, maka Anda perlu mengatur waktu dan prioritas terlebih dahulu.

Sebab tentu Anda memiliki banyak pekerjaan yang harus diselesaikan sehingga mengurutkannya dari yang memiliki urgensi paling tinggi menjadi hal yang sangat bijak.

Cara paling mudahnya, Anda dapat mulai membuat jadwal kegiatan yang hendak dilakukan pada hari tersebut dan mulai berkomitmen untuk menjalankannya dengan baik. Ditambah, orang dengan keterampilan manajemen waktu yang baik ini cenderung menyelesaikan lebih banyak tugas dalam waktu dan deadline yang lebih singkat sehingga produktivitasnya meningkat.

Baca juga : 

10 Program Leadership Training untuk Meningkatkan Performa Karyawan

Kesepuluh, Keinginan untuk Selalu Belajar (Curiosity & Continuous Learning)

Rasa ingin tahu yang tinggi dan selalu ingin belajar hal baru merupakan pola pikir yang harus dimiliki oleh setiap orang baik saat ini maupun di masa yang akan datang.

Soft skill ini ratusan kali jauh lebih baik dibandingkan orang yang mahir namun tidak memiliki keinginan untuk belajar. Sebab hal tersebut tidak akan membuat dirinya berkembang dan tertinggal dari orang lain.

Apalagi jika Anda ingin memastikan jenjang dan umur karir yang panjang, maka penting untuk tumbuh dan beradaptasi atas segala perubahan yang terjadi. Khususnya yang berkaitan dengan bekerjaan Anda.

Hanya dengan cara inilah Anda memiliki mindset untuk dapat selalu termotivasi dan berkembang agar memiliki pencapaian yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Kesimpulan

Nah itulah 10 skills yang dibutuhkan di masa depan dan perlu Anda kembangkan supaya tidak tertinggal dengan orang lain di dalam pekerjaan.

Walaupun skill yang dibutuhkan cukup banyak, tapi Anda tidak perlu khawatir sebab kini semua kemampuan tersebut dapat dilatih dengan rangkaian training for trainer hingga pelatihan leadership yang ditawarkan oleh ALC Leadership Management.

Sebab ALC Leadership Management telah sejak lama dikenal sebagai  jasa training leadership terbaik di Indonesia dengan segudang pengalaman sehingga dapat menghadirkan materi yang tidak hanya efektif namun juga mudah diaplikasikan dalam dunia industri.

Jadi, jika Anda sedang mencari layanan training online terbaik maupun offline sekalipun dengan berbagai materi menarik sesuai dengan kebutuhan ini sudah bisa langsung Anda diskusikan dengan ALC! Yuk mulai daftarkan diri Anda sekarang juga!

Detail info pelatihan, hubungi team ALC sekarang

Jadwal Training Publik Online 2023

Leadership Fundamental
  • 25/07/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Procurement and Purchasing
  • 14/08/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Supervisory Skills for Great Supervisor
  • 22/08/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Assertive Leadership
  • 12/09/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Creative Thinking
  • 26/09/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Strategic Leadership
  • 10/10/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
  • 1
  • 2