5 Cara Perusahaan Memaksimalkan Pelatihan Motivasi Bagi Karyawannya!

Pelatihan Motivasi

Daftar Isi

Pelatihan motivasi, sudahkah Anda mengetahui 5 cara memaksimalkan SDM perusahaan Anda?

Pelatihan motivasi merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan perusahaan untuk meningkatkan efisiensi kerja karyawannya. Sebab nyatanya, tenaga kerja dalam sebuah organisasi penuh dengan orang-orang yang ingin belajar dan berkembang.

Terlebih, karyawan yang terlibat dalam pekerjaan mereka tentu ingin selalu mempelajari keterampilan yang meningkatkan kinerja mereka dalam sebuah perusahaan.

Karena itulah, perusahaan perlu untuk melihat fenomena ini sebagai kelebihan yang dapat menumbuhkan loyalitas dan retensi mereka dengan berbagai cara salah satunya adalah mengadakan pelatihan motivasi kerja. Namun apa sebenarnya pelatihan motivasi itu? Simak penjelasannya pada artikel di bawah ini!

Apa yang Dimaksud dengan Pelatihan Motivasi?

Berdasarkan jurnal penelitian Universiti Pertanian Malaysia yang berjudul “Effects on Affective and Cognitive Achievement Motivation, pelatihan motivasi adalah sebuah program training motivasi kerja yang sengaja dirancang untuk mendorong pesertanya agar dapat lebih berprestasi, mandiri, terencana dan mampu memantapkan tujuan.

Dalam dunia kerja, training motivasi ini juga sangat berguna sebagai kumpulan metode pelatihan yang ditujukan agar setiap karyawan dapat termotivasi sehingga dapat bekerja dengan lebih efisien dan produktif untuk mencapai tujuan bersama.

Apakah Pelatihan dapat Memotivasi Karyawan dalam Perusahaan?

Training motivasi karyawan tentu akan memiliki pengaruh yang sangat baik terhadap produktivitas, semangat dan efisiensi karyawan saat bekerja. Sebab, materi training yang disampaikan tentu akan menambah ilmu serta pengetahuan yang baru untuk membantu karyawan menjadi lebih bersemangat.

Tentunya dengan mengikuti program training motivasi karyawan ini akan membantu setiap pekerja di dalam perusahaan untuk mengembangkan potensi, menambah skill serta semangat untuk berdedikasi bagi kemajuan perusahaan.

Baca juga : Motivasi Online, 7 Tanda Ini Bukti Anda Dan Team Membutuhkannya

5 Cara Memaksimalkan Pelatihan Motivasi Karyawan

Dalam rangka mencapai tujuan untuk meningkatkan kualitas SDM dan mengembangkan potensi karyawan, maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan perusahaan untuk program training motivasi kerja miliknya menjadi lebih efektif. Beberapa cara perusahaan untuk memaksimalkan pelatihan motivasi karyawan ini antara lain adalah:

Pertama, Mengaplikasikan Pelatihan Motivasi dengan Kultur Kerja Sehari-Hari

Hal paling utama yang  dapat membantu untuk memaksimalkan materi training motivasi selama pelatihan yaitu adalah mengaplikasikannya pada kehidupan kerja sehari-hari. Baik itu lewat regulasi baru ataupun cara kerja baru di dalam sebuah tim.

Sebab, jika kultur di dalam perusahaan tidak mendukung implementasi training motivasi leadership yang sudah dilakukan maka Anda tidak hanya akan sulit untuk melibatkan karyawan untuk berkembang aktif namun juga akan membuat investasi yang dikeluarkan untuk training menjadi sia-sia.

Kedua, Selalu Terbuka dengan Masukan dan Feedback dari Karyawan

Salah satu jenis pelatihan motivasi yang paling mudah diaplikasikan oleh perusahaan adalah dengan selalu terbuka akan feedback dan masukan bagi para karyawannya.

Sebab, setelah program training motivasi selesai baik karyawan dan perusahaan dapat mengimplementasikan ilmu yang sudah dipelajari dengan berani saling memberikan masukan.

Tujuannya agar karyawan dan perusahaan ini keduanya merasa tidak sia-sia dengan waktu yang digunakan untuk menjalani rangkaian program pelatihan tersebut di tengah kesibukannya.

Ketiga, Kenali Potensi dari Karyawan

Perusahaan yang berhasil menjalankan program motivasi dengan baik tentu akan mampu lebih mengenali potensi dari setiap karyawan yang dimilikinya. Tugas ini umumnya akan diberikan kepada para manajer ataupun pemimpin tim yang bekerja langsung dengan karyawan terkait.

Dengan mengenali potensi karyawan, Anda tidak hanya dapat memberikan kepadanya pekerjaan dan tugas yang tepat sehingga dapat bekerja dengan lebih efisien namun juga memberikan Anda kesempatan untuk memberikan reward kepada mereka.

Reward yang baik atas sebuah pencapaian yang dilakukan karyawan akan membantu karyawan menjadi lebih loyal dan efektif dalam bekerja.

Keempat, Pilih Pelatihan Motivasi yang Relevan dengan Kebutuhan Perusahaan

Hal penting lainnya yang harus dilakukan oleh perusahaan agar dapat mencapai peningkatan kualitas SDM yang diinginkan tentu adalah dengan memilih program pelatihan motivasi yang sesuai dengan kebutuhan.

Selain dapat relevan dengan hal yang dihadapi oleh perusahaan, memilih lembaga pelatihan motivasi yang tepat juga akan sangat membantu setiap orang untuk menikmati momentum belajar mereka karena sangat mungkin untuk diaplikasikan ke dunia nyata.

Beberapa cara yang dapat dilakukan agar materi training motivasi dapat tetap relevan dan sesuai dengan kebutuhan maka dapat disegmentasikan programnya berdasarkan departemen. Dengan memberikan pelatihan yang mereka butuhkan, hal itu tidak akan menjadi hambatan bagi perkembangan mereka.

Kelima, Menekankan Prospek Karir Jangka panjang

Hal lainnya yang dapat membantu materi training motivasi dapat diaplikasikan dengan maksimal adalah dengan menekankan adanya prospek karir jangka panjang bagi karyawan yang berprestasi dan selalu memiliki performa terbaik bagi kemajuan perusahaan.

Sebab dengan cara ini mereka jadi tahu mengapa seorang karyawan harus bekerja dengan efektif, cerdas dan efisien. Hal ini tentu akan sangat memotivasi mereka untuk bekerja dan brkembang dengan lebih baik.

Baca juga : 10 Dampak Motivasi Leadership Ini Mampu Meningkatkan Produktivitas Anda Dan Team

ALC Leadership Management, Pilihan Lembaga Pelatihan Motivasi Terbaik untuk Perusahaan Anda!

Demi memaksimalkan ilmu yang bisa didapatkan karyawan selama masa training, maka memilih lembaga pelatihan motivasi terbaik seperti ALC Leadership Management menjadi hal yang perlu untuk dilakukan.

Sebab, ALC Leadership Management menghadirkan berbagai pilihan materi training motivasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan sehingga dapat diaplikasikan dengan baik selepas rangkaian pelatihan selesai dilaksanakan.

Detail info pelatihan, hubungi team ALC di 087779199555

EnglishIndonesian
Follow by Email
Pinterest0
fb-share-icon
WhatsApp