5 Topik Training SDM Yang Cocok Untuk Generasi Milenial, Yang Ke-5 Wajib Daftar!

Daftar Isi

Generasi milenial, yang umumnya lahir antara tahun 1981 hingga 1996, memiliki kebutuhan dan preferensi yang unik dalam hal pengembangan diri dan pelatihan. Untuk mendukung perkembangan mereka secara optimal, perlu disusun program pelatihan SDM yang sesuai dengan karakteristik mereka.

Salah satu topik pelatihan yang cocok untuk generasi milenial adalah pengembangan keterampilan teknologi dan digital. Generasi ini tumbuh di era teknologi yang pesat, sehingga pelatihan mengenai penggunaan perangkat lunak, aplikasi, dan media sosial dapat membantu mereka dalam hal efisiensi kerja dan berkolaborasi secara online.

Selain itu, pelatihan dalam hal keseimbangan kehidupan dan pekerjaan juga penting bagi generasi milenial yang cenderung mencari makna dan kepuasan dalam pekerjaan mereka. Pelatihan mengenai manajemen waktu, stres, dan self-care dapat membantu mereka mengatasi tekanan kerja serta menjaga kesehatan fisik dan mental.

Selain itu, pelatihan dalam hal keterampilan interpersonal juga diperlukan, mengingat generasi ini cenderung lebih terhubung secara digital daripada tatap muka. Pelatihan mengenai komunikasi efektif, kepemimpinan, dan kolaborasi tim dapat membantu mereka membangun hubungan yang baik dalam lingkungan kerja.

Selain konten pelatihan yang relevan, metode pengajaran yang interaktif dan inklusif juga perlu diterapkan untuk memaksimalkan efektivitas pelatihan bagi generasi milenial. Dengan demikian, pelatihan SDM yang dirancang khusus untuk generasi milenial dapat membantu mereka mengembangkan potensi mereka secara optimal dalam dunia kerja yang terus berubah.

Baca juga : 

Training Motivasi Karyawan, Ketahui Dampak Besarnya

Apa Saja Jenis Training SDM

Pelatihan SDM (Sumber Daya Manusia) mencakup beragam jenis yang dirancang untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap karyawan dalam suatu organisasi. Beberapa jenis pelatihan SDM yang umum meliputi:

1. Pelatihan Keterampilan Teknis: Fokus pada pengembangan keterampilan khusus yang berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab pekerjaan, seperti pelatihan dalam penggunaan perangkat lunak, pemrograman komputer, atau keterampilan teknis industri tertentu.

2. Pelatihan Keterampilan Soft: Menekankan pengembangan keterampilan interpersonal dan kepribadian, seperti komunikasi efektif, kepemimpinan, negosiasi, dan manajemen konflik.

3. Pelatihan Pengembangan Karir: Dirancang untuk membantu karyawan merencanakan dan mencapai tujuan karir mereka dengan menyediakan pelatihan dalam hal perencanaan karir, manajemen waktu, dan pengembangan diri.

4. Pelatihan Kepemimpinan: Diperuntukkan bagi individu yang memiliki peran kepemimpinan atau yang berpotensi menjadi pemimpin di masa depan. Meliputi pelatihan dalam hal manajemen tim, pengambilan keputusan, dan strategi kepemimpinan.

5. Pelatihan Kepatuhan dan Etika: Fokus pada pemahaman dan kepatuhan terhadap peraturan, kebijakan, dan kode etik organisasi serta industri.

Jenis pelatihan SDM yang dipilih oleh suatu organisasi biasanya bergantung pada kebutuhan spesifik mereka, tujuan strategis, dan budaya perusahaan. Kombinasi berbagai jenis pelatihan seringkali diperlukan untuk memastikan pengembangan karyawan yang holistik dan berkelanjutan.

5 Topik Training SDM yang cocok untuk Generasi Millenial

Pelatihan SDM yang cocok untuk Generasi Milenial harus mencakup keterampilan teknologi, manajemen keseimbangan kerja-hidup, keterampilan interpersonal, pengembangan karir, dan inovasi. Generasi ini membutuhkan pelatihan yang interaktif, fleksibel, dan berorientasi pada hasil. Pelatihan teknologi membantu mereka menguasai alat-alat digital yang diperlukan dalam pekerjaan modern, sementara manajemen keseimbangan kerja-hidup membantu mereka menjaga kesehatan fisik dan mental.

Keterampilan interpersonal dan pengembangan karir membantu membangun hubungan yang kuat di tempat kerja dan merencanakan perkembangan karir mereka. Pelatihan inovasi memberi mereka kemampuan untuk beradaptasi dengan cepat dalam lingkungan kerja yang berubah-ubah.

Training SDM oleh ALC yang diperuntukkan bagi kaum generasi millenial, umumnya menyangkut beberapa topik. Ada 5 topik training SDM pilihan perusahaan untuk karyawan millenialnya. Yuk, simak selengkapnya di sini!

1. Leadership Fundamental & Creative Thinking

Pelatihan Leadership Fundamental untuk Generasi Milenial mencakup pemahaman konsep dasar kepemimpinan, seperti komunikasi efektif, pengambilan keputusan, dan pengelolaan tim. Mereka diajarkan cara memotivasi dan menginspirasi orang lain, serta membangun hubungan kerja yang kuat.

Sementara itu, pelatihan Creative thinking  membantu mereka mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam pemecahan masalah, menghadapi tantangan dengan cara yang baru dan unik. Generasi Milenial diajarkan untuk berpikir di luar kotak, mendorong ide-ide baru, dan memanfaatkan teknologi serta sumber daya lainnya secara kreatif untuk mencapai tujuan organisasi.

2. Building High Performance Team & Dahsyatnya Nilai Diri

Pelatihan “Building High Performance Team” untuk Generasi Milenial melibatkan pengembangan keterampilan kolaboratif, komunikasi yang efektif, dan memahami kekuatan individu dalam konteks tim. Mereka belajar tentang membangun kepercayaan, menghargai keberagaman, dan bekerja secara sinergis untuk mencapai tujuan bersama.

Sementara itu, pelatihan “Dahsyatnya Nilai Diri” membantu generasi ini mengenali potensi dan nilai unik mereka. Mereka diberdayakan untuk memahami kekuatan pribadi mereka, meningkatkan rasa percaya diri, dan mengelola ketidakpastian dengan lebih baik. Ini membantu mereka mencapai keseimbangan antara keberhasilan pribadi dan profesional dalam era yang berubah dengan cepat.

3. Maximized Your Potential, Boost Your Performance & Boost Your Focus Increase Your Impact

Program “Maximized Your Potential” ditujukan untuk Generasi Milenial untuk membantu mereka menggali potensi tersembunyi dan meraih prestasi tertinggi dalam karir dan kehidupan mereka. Dengan fokus pada pengembangan keterampilan, pemecahan masalah, dan kreativitas, generasi ini belajar untuk memaksimalkan kemampuan mereka secara optimal.

Sementara itu, “Boost Your Focus, Increase Your Impact” memberikan teknik dan strategi untuk meningkatkan kinerja dan konsentrasi mereka dalam tugas-tugas sehari-hari. Ini memungkinkan mereka untuk mencapai dampak yang lebih besar dalam lingkungan kerja yang kompetitif dan dinamis saat ini.

4. Great Leaders Great Influencers & Lead and Influence to Greatness

Generasi milenial diajak untuk menjadi “Great Leaders Great Influencers” dengan fokus pada membangun kualitas kepemimpinan yang kuat dan kemampuan memengaruhi secara positif. Program ini mengajarkan mereka untuk memahami nilai-nilai inti kepemimpinan, seperti integritas, empati, dan keterbukaan, serta menggunakan kekuatan pengaruh mereka untuk menciptakan perubahan yang berarti.

Dengan “Lead and Influence to Greatness,” generasi ini dipersiapkan untuk mengambil peran kepemimpinan yang progresif, memimpin dengan teladan, dan memengaruhi orang lain untuk mencapai kesuksesan bersama. Ini membantu mereka membentuk masa depan yang berkelanjutan dan memimpin dengan dampak yang positif dalam dunia yang terus berubah.

5. The Power of Working with Emotional Intelligence & Creative Problem Solving

Generasi Milenial diajak untuk memahami “The Power of Working with Emotional Intelligence” dan “Creative Problem Solving” sebagai kunci untuk berhasil dalam karir dan kehidupan. Mereka belajar bagaimana mengelola emosi mereka sendiri dan memahami emosi orang lain untuk membangun hubungan yang kuat dan produktif di tempat kerja.

Selain itu, pelatihan ini menekankan pentingnya berpikir kreatif dalam mengatasi tantangan dan menemukan solusi inovatif untuk masalah yang kompleks. Dengan kombinasi kecerdasan emosional dan pemecahan masalah kreatif, generasi ini dapat meraih kesuksesan yang berkelanjutan dalam lingkungan yang berubah-ubah dengan cepat.

Baca juga : 

Yuk Ketahui Pentingnya Hubungan Motivasi Dengan Kinerja

Manfaat Training SDM untuk Milenial

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan jika generasi milenial mengikuti training SDM ALC yang diberikan oleh pakar leadership Ainy Fauziyah. Salah satunya adalah bisa mendapatkan pengetahuan dasar tentang leadership lebih jauh.

Sehingga, para generasi milenial bisa memaksimalkan potensinya dan meningkatkan performance-nya menjadi lebih baik, memimpin, mengelola, dan meningkatkan produktivitas dan engagement dengan perusahaan, dan mempersiapkan generasi milenial sebagai pemimpin perusahaan di masa yang akan datang.

Selain itu, dengan mengikuti training SDM ALC Leadership Management dan ALC Talent dapat memberikan dampak pada para generasi milenial juga bisa lebih fokus terhadap apa yang menjadi tugasnya. Sehingga, mereka bisa lebih kreatif dalam bekerja dan bisa menjadi seorang great influencers dan great leaders. Yang pasti, training SDM yang disampaikan oleh Ainy Fauziyah dilakukan demi memberikan solusi atas permasalahan yang dialami selama ini.

Selain topik di atas, ALC Leadership Management dan ALC Talent juga menyiapkan topik pelatihan Management Development Program (MDP) untuk para fresh graduate yang sedang mencari pengalaman kerja dan percepatan karir setelah lulus. Program ini dilakukan oleh perusahaan untuk menciptakan calon manajer baru perusahaan di berbagai bidang dan mencetak generasi milenial yang siap menjadi seorang pemimpin yang sejati.

Kesimpulan

Nah, itu dia topik-topik training SDM ALC yang cocok untuk generasi milenial karena memberikan banyak dampak positif. Setelah menyimak 5 topik training SDM untuk millenial di atas, sudahkah karyawan millenial perusahaan Anda menjalankan program training tersebut? Jika sudah, seberapa efektif hasilnya?

ALC Leadership Management memiliki program training SDM dengan pendekatan yang berbeda. Training bisa diadakan secara offline maupun online. Beberapa contoh materi program training untuk manager yang disukai klien kami di antaranya Mengubah Penghalang menjadi Peluang, Character and Culture Building, Productivity Improvement, dan sebagainya.

Tingkatkan keahlian Leadership Anda hari ini :

– Ketahui cara menjadi semakin percaya diri untuk mengubah setiap penghalang menjadi peluang. Dengan menentukan tujuan utama, mengenali hambatan Anda dan menemukan kekuatan Anda melalui Mengubah Penghalang Menjadi Peluang.

– Pahami bagaimana cara memiliki jiwa ownership yang lebih tinggi. Membangun kesadaran Anda untuk menjadikan misi perusahaan sebagai budaya kerja, dan budaya kerja, bukan jargon semata, melalui Character and Culture Building.

– Pelajari bagaimana cara Membuka kesadaran akan pentingnya membangun komitmen serta smart action yang berfokus pada tujuan jangka panjang. Menjadikan Anda lebih inisiatif, smart & produktif, melalui Productivity Improvement.

Detail info pelatihan hubungi team ALC di 087779199555
Training Online Creative Thinking
  • 25/04/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Self Leadership in Challenging Times
  • 02/05/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Great Leaders, Great Influencers
  • 16/05/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom