3 Peran Leader yang Sebaiknya Ada di Perusahaan Anda!

Daftar Isi

Adanya peran leader dalam organisasi tak sekedar jabatan semata saja, lebih dari itu peran leader justru akan menentukan kesuksesan sebuah tim hingga perusahaan di tempatnya bekerja. Menjadi seorang pemimpin yang efektif tidak bisa didapatkan secara tiba-tiba, Anda harus mengasah kemampuan tersebut secara berkelanjutan supaya peran leader dalam tim lebih optimal.

Dalam artikel ini akan dibahas tentang peran leader dalam perusahaan yang efektif, apa saja peran leader untuk karyawan, bagaimana leader yang baik, hingga tipe kepemimpinan apa saja yang ada saat ini.

Peran leader dalam komunikasi kelompok dinilai tak hanya sekedar pengambil keputusan akhir saja, namun lebih dari itu, peran leader untuk karyawan bisa menjadi tolok ukur apakah sebuah perusahaan sudah memiliki sumber daya manusia yang berkulitas atau masih perlu diasah lebih lanjut.

Jika Anda membutuhkan pelatihan khusus untuk mengasah peran leader yang ada di perusahaan Anda, maka ALC Leadership Management dapat menjadi solusi tepat karena di sini tersedia beragam materi online maupun offline yang pas untuk kebutuhan karyawan Anda.

Apa Peran Seorang Leader?

Melansir dari laman Emeritus, sebuah lembaga Pendidikan luar negeri, peran seorang leader dalam tim adalah untuk mengarahkan dan memotivasi sekelompok orang atau individu guna mencapai suatu tujuan tertentu. Seorang pemimpin sebaiknya juga dapat menjadi inspirasi atau sosok yang dicontoh oleh karyawan dalam tim agar tercipta hubungan kerja yang baik.

Kemampuan menjalani peran leader dalam organisasi harus terus dikembangkan supaya berjalan efektif. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti sejumlah pelatihan atau praktik secara online maupun offline. ALC Leadership Management memiliki banyak program menarik terkait dengan kepemimpinan, salah satunya adalah program Strategic Leadership yang bisa Anda ikuti secara online via zoom.

Masih melansir melalui laman Emeritus, di dunia ini terdapat beberapa jenis kepemimpinan, yaitu:

    1. Transaksional: pemimpin yang suka memberi rewards jika tujuan yang diinginkan dapat tercapai
    2. Transformasional: peran leader yang fokus pada kinerja untuk mencapai tujuan dalam organisasi atau perusahaan tersebut
    3. Otokrasi: peran leader yang lebih suka memprioritaskan penetapan tujuan berdasarkan efektivitas
    4. Demokratis: pemimpin yang lebih suka mendengarkan pendapat seluruh timnya dan memasukkannya menjadi pertimbangan atau pilihan rencana lain (back up plan)

Baca juga : Supervisory Management : Kenali 5 Tanggung Jawab Supervisor

Leader yang Baik itu Seperti Apa?

Peran leader untuk karyawan sangat penting karena sosok pemimpin ini akan menjadi panutan bagaimana setiap karyawan dalam tim tersebut akan menentukan langkah. Melansir dari laman Harvard Business School Online, peran leader dalam tim yang tidak tahu bagaimana memenuhi kebutuhan anggotanya justru akan menjadi penghalang kesuksesan tim hingga perusahaan tersebut.

Bahkan, menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Gallup, peran leader yang tidak efektif dapat merugikan perusahaan. Sekitar 24% karyawan yang tidak terlibat secara aktif akibat model kepemimpinan yang buruk dapat menyebabkan tim menjadi tidak produktif, tidak mendatangkan keuntungan bagi perusahaan, dan cenderung sering kali menimbulkan pengunduran karyawan secara besar-besaran.

Nilai kerugiannya tidak main-main karena bisa mencapai dua kali lipat gaji tahunan setiap karyawan yang melakukan resign.

Lalu, peran leader yang baik itu seperti apa sih? Berikut ini dijelaskan secara lengkap apa saja karakteristik kepemimpinan yang efektif dan menguntungkan perusahaan, dilansir melalui laman Harvard Business School Online:

Pria menaiki rocket

1. Memiliki Kemampuan untuk Mempengaruhi Orang Lain

Peran leader yang efektif salah satunya adalah dapat menjadi pengaruh positif bagi setiap karyawan yang terlibat kerjasama dalam tim atau secara keseluruhan. Misalnya pertama kali menapaki karir, Anda didapuk sebagai seorang Supervisor. Anda boleh memilih tipe kepemimpinan apa yang paling cocok dengan Anda saat ini.

Jika dirasa kemampuan Anda belum maksimal, Anda dapat meminta kepada perusahaan untuk melakukan pelatihan khusus seperti Supervisory Skills for Great Supervisor yang diselenggarakan oleh tim ALC Leadership Management.

2. Menjadi Pemimpin yang Dapat Dipercaya

Peran leader dalam komunikasi kelompok harus mencakup transparansi atau menjadi pimpinan yang terbuka dan dapat dipercaya dengan batasan tertentu.

Hal ini mencakup terbuka dalam rencana apa saja yang harus dilakukan untuk mencapai target hingga bagaimana evaluasi kinerja tim yang bersangkutan. Jika dirasa kinerja tim membutuhkan pelatihan khusus supaya lebih kompak, ajukan segera pelatihan dengan materi menarik seperti Building Solid Teams melalui ALC.

3. Integritas dan Akuntabilitas

Peran leader dalam perusahaan juga mencakup aspek integritas dan akuntabilitas yang dinilai memiliki peranan penting. Dalam sebuah survey yang dilakukan oleh perusahaan konsultan Robert Half, sekitar 75% karyawan menilai bahwa integritas adalah atribut terpenting yang harus dimiliki oleh sosok pemimpin dalam perusahaan. Melalui ALC, Anda juga dapat memilih pelatihan untuk mengasah integritas sebagai pimpinan dalam program The Power of Integrity.

Baca juga : Mengenal Peran Motivator Indonesia 2023 yang Inspiratif

Bagaimana Peran Seorang Leader Dalam Menjalankan Leading?

Peran leader merupakan peran istimewa dan diharapkan mampu membawa sebuah organisasi atau perusahaan ke arah yang lebih baik.

Seorang pimpinan juga harus mampu menjadi penengah bila ada anggota dalam tim yang tidak sependapat, Anda tidak diperkenankan memihak hanya pada satu orang yang menjadi kepercayaan Anda saja, namun lebih dari itu, semua keputusan dan penilaian harus didasarkan pada data yang akurat.

Seorang leader tak hanya menjadi pengambil keputusan saja, namun harus mampu menjadi sumber ilmu bagi anak buahnya, seorang supporter unggul, dan bekerja bersama untuk mencapai tujuan yang dicita-citakan.

Kesimpulan

Peran leader dapat dipegang oleh siapa saja, namun peran tersebut harus terus diasah supaya dapat menjadikan Anda seorang pimpinan yang berintegritas tinggi, memiliki kemampuan yang unggul, dan efektif di segala kondisi yang ada. Pelatihan khusus kepemimpinan adalah solusi yang baik untuk mengasah skill kepemimpinan di perusahaan Anda.

Detail info pelatihan, hubungi team ALC sekarang