Strategic Leadership

Strategic Leadership

Strategic Leadership, Berpikir dan Bertindak Strategis Meski Di Masa Sulit.

Sebagai seorang pemimpin kita harus berpikir dan bertindak strategis. Begitu juga dengan team tercinta. Demi meraih tujuan bersama, kita dan team wajib memiliki skills agar bisa berpikir sekaligus bertindak strategis meski di masa yang sulit. Pertanyaannya strategiskah kita selama ini? Bagaimana dengan team kita, strategiskah mereka?

Abraham Maslow ahli Psikologi Amerika berkata jika alat yang kita miliki adalah palu, maka kita akan melihat setiap kesulitan seperti paku. Jika cara berpikir kita tidak berubah, maka masalah yang kita temui akan selalu sama karena kita menyelesaikannya dengan cara yang sama. Inilah yang dinamakan tidak strategis. 

“Pemimpin strategis, mendorong Anda berpikir dan bertindak strategis meski di masa sulit. Anda menjadi berani melakukan perubahan yang tidak hanya berdampak positif baik bagi diri Anda dan team tetapi juga perusahaan / organisasi  Anda sekarang.”

Strategic Leadership, seperti Apa sih cirinya?

Bagaimana mengidentifikasi calon pemimpin strategi? Simak beberapa pertanyaan-pertanyaan berikut yang bisa kita jadikan sebagai tolak ukur pemimpin strategis

– Mereka cepat belajar dan cepat mengerti

– Mereka selalu tahu pertanyaan yang tepat untuk ditanyakan

– Mereka dapat menentang pendapat tanpa melibatkan emosi.

– Mereka dengan mudah mengubah arah jika jalur yang mereka pilih ternyata salah.

– Mereka tidak pernah membiarkan kita bekerja secara diam-diam

– Mereka benar-benar memahami apa yang dibutuhkan organisasi dan bagaimana langkah dalam mencapai goals tersebut.

Prinsip Dasar Seorang Strategic Leadership

4 prinsip berikut dapat membantu membuka potensi kepemimpinan strategis dalam diri kita.Jika kita menerapkan semuanya bersama-sama, sebagai satu sistem, Anda dapat mengembangkan strategic leadership lebih massif.

Pertama, jujur dan terbuka dengan informasi. Informasi adalah sumber kekuatan. Beberapa rahasia perusahaan (pengembangan produk) mungkin memang perlu tetap disembunyikan. Biarpun begitu, karyawan tetap memerlukan dasar informasi yang luas jika ingin menjadi strategis.

Di antara Perusahaan yang menggunakan praktik ini antara lain, Southwest Airlines, Harley-Davidson, dan Whole Foods Market, yang semuanya menikmati pertumbuhan berkelanjutan setelah mengadopsi system transparansi.

Kedua, buatlah berbagai plan. Mengembangkan dan mempresentasikan ide adalah kunci bagi para pemimpin strategis. Namun, yang terpenting adalah skills mereka untuk menghubungkan ide-ide tersebut untuk menciptakan sebuah value.

Ketiga, berikan ahli strategi yang lain kesempatan dan akses. Berikan kesempatan kepada calon pemimpin strategis untuk bertemu dan bekerja dengan rekan-rekannya. Jika tidak, mereka tetap tersembunyi satu sama lain, dan mungkin merasa terisolasi.

Begitu mereka tahu bahwa ada orang lain di perusahaan dengan kecenderungan serupa, mereka bisa lebih terbuka, dan mahir dalam membentuk strategi lebih efisien lagi.

Baca juga : 5 Dampak Rasa Percaya Diri Wajib Anda Ketahui Mulai Sekarang

Langkah pertama adalah menemukannya. Pemimpin strategis mungkin tidak sepenuhnya menyadari diri mereka sendiri bahwa mereka berbeda. Tetapi orang lain di tim mereka, dan atasan mereka, cenderung mengenali bakat unik mereka.

Keempat, luangkan waktu untuk refleksi diri. Cari waktu untuk merenung. Refleksi membantu Anda belajar dari kesalahan Anda. Selain itu juga memberi Anda waktu untuk mencari tahu sebuah aspirasi.

Ini memberi Anda kesempatan untuk menemukan ide-ide hebat dari pengalaman Anda sendiri. Keren, bukan?. Jika Anda meluangkan waktu sejenak untuk mundur dan merenungkan masalah ini, ini dapat memberikan ruang untuk melihat apa yang sudah Anda lakukan.

Lantas, Bagaimana cara melangkah strategis dan tetap berkembang meski di masa sulit? Tindakan apa yang harus kita lakukan untuk memaksimalkan sumber daya yang ada? Seperti apakah cara menganalisa serta mengatasi masalah dengan tepat?

Untuk menjawab 3 pertanyaan itu, melalui Strategic Leadership kami mengajak Anda untuk memahami arti sederhana strategic leader serta mengenal kembali tujuan jangka panjang Anda sebagai seorang pemimpin.

Anda juga kami ajak untuk menyimak studi kasus 2 perusahaan Amerika yang sangat dikenal di dunia yang terkena dampak dari kepemimpinan strategik dan non strategik.

 –

Untuk meraih tujuan, kita harus strategis. Berpikir dan bertindak strategis. Bukan dengan cara yang sama seperti biasa dilakukan selama ini. Karena setiap kali kita berpikir strategis, cara kita bertindak pun menjadi strategis. Begitu juga dengan hasil yang kita dapatkan, lebih strategis.

Perubahan yang Anda dapatkan :

– Cara berpikir lebih strategik.

– Mampu menganalisa masalah.

– Mengambil langkah strategik.

– Fokus pada tujuan dan solusi.

– Bertindak tepat memaksimalkan yang ada.

Jadwal Training Online

4 Rahasia Melatih Creative Thinking
  • 19 Agt 2021 | 09.00 - 11.30 WIB
  • Training Online via Zoom
Arti Creative Negotiation Skills Dan Bagaimana Caranya
  • 13 Sept 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Self Leadership in Challenging Times
  • 16 Sept 2021 | 09.00 - 11.30 WIB
  • Training Online via Zoom
Fraud Audit : Crucial Function Untuk Fondasi Bisnis Anda
  • 12 Okt 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Creative Problem Solving and Decision Making : Tools Pemimpin Sukses
  • 21 Okt 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Expertise di Procurement dan Purchasing, Sulit Kah?
  • 15 Nov 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom

Hubungi Team ALC

  • Celebration Garden Blok AC.9 No. 19 Grand Wisata – Bekasi 17510
  • 02182615440
    087779199555

Share With Your Friends