5 Skills Supervisor yang Wajib Dimiliki Calon Pemimpin!

Daftar Isi

Skills supervisor bisa dipelajari lebih lanjut meski Anda belum pernah menapaki jenjang karir manajerial. Fungsi mempelajari skills supervisor sendiri nantinya akan membuat Anda lebih matang dalam memimpin tim, mengambil keputusan, merancang rencana sebuah perusahaan, hingga menjadi pemimpin yang percaya diri.

Dalam artikel tentang skills supervisor ini Anda akan mengenal jauh tentang apa saja soft skills supervisor atau leadership skills supervisor yang sebaiknya Anda pelajari untuk menjadi bekal saat menapaki karir nantinya.

Kemampuan supervisor adalah hal yang penting untuk dipelajari dan harus terus diasah agar Anda dapat menjadi pemimpin yang efektif, dapat memotivasi tim sendiri, dan menjadi pemimpin yang diandalkan perusahaan.

ALC Leadership Management dapat membantu Anda mengasah skills supervisor dengan mengikuti berbagai program leadership skills supervisor yang tersedia, salah satunya Supervisory Skills for Great Supervisor.

Materi yang disampaikan sangat lengkap, mulai dari mengubah pola pikir, bagaimana meningkatkan motivasi kerja Anda, hingga cara terbaik untuk menjadi pemimpin yang produktif.

Baca juga : Manfaat Penting Training untuk Supervisor Bagi Perusahaan

Apa Saja Skills Supervisor yang Harus Dimiliki Pemimpin?

Melansir dari laman Forbes, sejumlah penelitian yang didukung sains mengungkapkan bahwa untuk menjadi pemimpin yang efektif setidaknya harus memiliki kualitas yang maksimal meski ini bisa didapatkan melalui sejumlah pelatihan khusus kepemimpinan. Berikut ini merupakan beberapa hal yang sebaiknya dimiliki oleh seorang pemimpin supaya dapat bekerja lebih efektif:

5 Skills Supervisor yang Harus Dimiliki Pemimpin ALC Leadership Management

1. Memiliki Pola Pikir yang Matang

Sebuah studi yang dilansir melalui laman Forbes mengatakan skills supervisor yang utama adalah pola pikir yang matang. Charlotte Fritz, seorang profesor di Portland State University dan penulis utama studi yang diterbitkan dalam The Journal of Vocational Behavior juga mengatakan, pemimpin dengan pola pikir yang baik dan suasana hati yang tenang akan lebih fokus untuk terlibat hubungan kerja yang lebih maksimal lagi pada setiap karyawannya.

Hal ini merupakan salah satu soft skills supervisor yang akan membantu karyawan untuk berkembang dan lebih produktif bekerja.

2. Kembangkan Kecerdasan Emosional

Kecerdasan emosional merupakan leadership skills supervisor yang tak kalah penting dari kecerdasan dalam berbisnis. Kecerdasan emosi ini meliputi memiliki kerendahan hati, sopan, empati yang tinggi, dan sabar.

Menurut studi yang dilansir melalui Forbes, sebanyak 74% karyawan cenderung menginginkan pimpinan mereka memiliki skills supervisor yang berfokus pada empati dan sikap suportif. Kecerdasan emosi pada seorang pemimpin akan berdampak besar pada keterlibatan dan kinerja karyawan.

3. Suka Memberi Penghargaan dan Mengakui Karyawan

Skills supervisor yang nampaknya harus dipupuk adalah cara menghargai dan mengakui kemampuan setiap karyawannya, baik yang bekerja langsung di bawahnya atau pun secara keseluruhan. Membangun komunikasi yang baik dengan karyawan akan membuat Anda bekerja lebih mudah sebagai pemimpin.

Jika Anda membutuhkan pelatihan khusus untuk mengembangkan komunikasi yang efektif dengan karyawan, Anda dapat mengikuti pelatihan online yang diselenggarakan oleh ALC, yaitu Effective Communication Skills.

Sebuah studi yang didukung oleh University of South Australia mengatakan bahwa tempat kerja dan atasan yang dianggap toxic akan mempengaruhi kesehatan mental karyawannya.

Oleh karenanya, supaya dapat mengetahui dan menangani karyawan yang toxic dari level manajemen manapun, ada baiknya dilakukan sebuah pelatihan khusus mengenai hal ini, misalnya pelatihan Toxic Employee yang diadakan oleh ALC.

4. Melakukan Penyesuaian Pada Karyawan

Penyesuaian ini sangat bermanfaat untuk menyesuaikan dengan kebutuhan karyawan. Misalnya, saat pandemi masih berlangsung, banyak karyawan yang enggan berangkat ke kantor karena takut tertular virus atau takut membawa virus tersebut ke dalam rumah.

Menanggapi hal ini, perusahaan Anda harus lebih bijak melihat kebutuhan karyawan. Solusinya sistem kerja hybrid atau work from home bisa dicoba dengan penyesuaian gaji dan sebagainya.

Jika sebagai pemimpin Anda ragu pada tren ini, maka Anda bisa coba untuk mengikuti pelatihan Change Management yang khusus diadakan oleh ALC. Di sini Anda akan diajak untuk lebih paham bahwa sebuah perubahan memang perlu dilakukan untuk kemajuan perusahaan dan kesehatan jiwa karyawan.

Baca juga :

Mengenal Supervisory Development Program Dan 10 Manfaatnya

5. Membangun Budaya Kepercayaan dan Transparansi

Seorang pemimpin harus dapat dipercaya seluruh anak buahnya. Budaya transparansi dan kepercayaan ini agaknya semakin berkurang dari masa ke masa. Namun perlu diingat, Anda bisa mengasah skills supervisor ini dengan baik jika Anda mengikuti pelatihan Build Trust in One Minute melalui ALC. Dari pelatihan tersebut Anda akan semakin paham pentingnya membangun kepercayaan di dalam perusahaan.

Kesimpulan

Skills supervisor harus dimiliki oleh setiap pemimpin dalam perusahaan supaya kinerja dan produktivitas tetap terjaga dengan baik. Anda dapat melatih hal tersebut dengan mengikuti sejumlah pelatihan online maupun offline supaya skills semakin terasah dengan baik. Sebelum memilih pemimpin yang baik, perusahaan Anda juga berhak melakukan seleksi ketat terhadap karyawan agar sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Detail info pelatihan, hubungi team ALC sekarang
Training Online Leadership Fundamental
  • 14/03/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Procurement and Purchasing
  • 20/03/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Assertive Leadership
  • 28/03/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom