Inilah Mengapa Training Untuk Supervisor Penting Bagi Perusahan

Training Untuk Supervisor

Training Supervisor, mengapa begitu penting?

Training untuk supervisor adalah bentuk pelatihan yang diberikan pada karyawan dan biasanya diberikan oleh pihak perusahaan tempatnya bekerja. Penyelenggaraan training ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dari seorang supervisor.

Kita semua sepakat bahwa memimpin orang lain bukanlah tugas yang mudah. Ibaratnya begini. Ada seorang nahkoda yang ingin berlayar, namun kompasnya rusak. Bagaimana kapal itu bisa sampai pada destinasi yang diharapkan? Pemimpin tanpa peralatan dan tools yang lengkap beresiko menyesatkan kapalnya, kan?

Dengan menjalankan program traning supervisor, para supervisor seperti diberikan sebuah “kompas” dan tools pendukung lainnya untuk berlayar ke tujuan. Dan yang terpenting adalah, para supervisor dapat menerima umpan balik (feedback) tentang bagaimana cara memberikan pengaruh kepada karyawannya. Dengan begitu, kultur perusahaan akan lebih baik. Lingkungan kerjapun akan lebih kondusif.

Agar konsisten dengan visi, value, dan strategi perusahaan, supervisor perlu dilatih guna memperkuat kemampuannya dalam meraih tujuan. Kita bukan hanya memberikan mereka perspektif baru, namun juga mengevaluasi skills yang memang sudah dipunya. Mengapa hal seperti ini penting untuk kita lakukan?

Baca juga : Supervisory Management : Kenali 5 Tanggung Jawab Supervisor

Jika skills yang dimiliki supervisor kita biarkan tanpa pengawasan, supervisor akan kesulitan dalam mencapai sebuah keefektifan. Oleh karena itu, memberikan pelatihan untuk supervisor akan membawa mereka selangkah lebih dekat untuk mencapai kemajuan perusahaan. Karena pada akhirnya, baik itu supervisor maupun manajer bertanggung jawab untuk memelihara kultur yang konstruktif.

Training untuk supervisor memberikan perspektif tentang bagaimana memberikan dampak besar pada perusahaan. Tidak hanya itu, pelatihan ini juga mampu membentuk kerangka berpikir yang baru agar bisa menjadi supervisor yang lebih produktif. Supervisor juga akan lebih mudah dalam mengatur skala prioritas dan pengelolaan tugasnya. Dimulai dari tahap perencanaan hingga pengontrolan.

Kualitas Supervisor Yang Dibutuhkan Oleh Perusahaan

Menyadari bahwa supervisor memiliki posisi yang sangat penting di dalam perusahaan, pastinya perusahaan juga ingin memiliki supervisor yang berkualitas. Lantas, supervisor seperti apakah yang dibutuhkan oleh perusahaan? Ada beberapa karakteristik, kebiasaan dan kualitas yang membuat seseorang menjadi supervisor efektif.

Diantaranya adalah proaktif, bertanggung jawab, cakap dan handal. Supervisor terbaik membantu setiap anggota tim untuk tumbuh dan sukses. Menurut Indeed.com, ada 5 poin penting yang harus dimiliki seorang supervisor:

– Cerdas dan bertekad

– Menghargai setiap anggota tim secara setara

– Menunjukkan rasa hormat kepada manajemen dan karyawannya

– Mampu memberikan feedback positif dan kritik yang membangun kepada karyawan

– Dapat menangani konflik di kantor dengan cepat dan adil

Perusahaan membutuhkan supervisor yang bisa melihat gambaran secara besar dari sasaran dan tugasnya. Selain itu, supervisor juga harus mampu untuk menciptakan lingkungan kerja yang lebih produktif. Seorang supervisor juga diharapkan bisa memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan dengan menggunakan serangkaian proses analisa yang tepat. Karena kondisi perusahaan dinamis menuntut supervisor untuk bisa memahami setiap program, teknik, metode, dan sasaran kerja yang baru.

Manfaat Training Untuk Supervisor

Setelah kita mengetahui bahwa kualitas seorang supervisor bisa tercapai dengan beberapa hal di atas, Anda pasti bertanya apa manfaat konkretnya bagi perusahaan? Manfaat utama dari training untuk supervisor adalah membantu perusahaan meminimalisir risiko dan peningkatan produktivitas. Selain itu, melatih Supervisor cara melibatkan dan memberdayakan karyawannya lebih baik.

Melalui training untuk supervisor, tentu ada keinginan besar dari perusahaan agar tenaga kerjanya tersebut bisa bekerja lebih baik lagi. Dengan begitu, kedepannya supervisor bisa memberikan kontribusi yang besar untuk perusahaan. Dalam mengikuti training untuk untuk supervisor, ada beberapa materi yang diberikan.

Baca juga : Mengenal 5 Manfaat Pelatihan Manajemen Pada Perusahaan

Supervisor terbaik adalah komunikator yang terampil. Entah itu dengan tim, manajer, maupun klien. Training untuk supervisor juga memimbing supervisor bagaimana cara menyampaikan informasi secara efektif, mencegah miskomunikasi, kesalahpahaman dan konflik. 

Tidak hanya memberi motivasi dan kemampuan berkomunikasi saja, tetapi dalam training akan dibimbing mengenai cara untuk memberikan perintah pada bawahan secara efektif. Sehingga penerima perintah bisa memahami dengan baik tugas yang diberikan dan bisa segera melaksanakannya.

Jadi, training untuk supervisor ini mampu mengubah kemampuan supervisor agar lebih memahami dan mampu memberikan action terbaik pada tugas-tugasnya. Sehingga hasil yang diharapkan adalah bisa memberikan kontribusi yang besar bagi perusahaan.

Jadwal Training Online

Fraud Audit : Crucial Function untuk Fondasi Bisnis Anda
  • 29 Apr 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Arti Creative Negotiation Skills Dan Bagaimana Caranya
  • 21 Juni 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Self Leadership in Challenging Times
  • 13 Juli 2021 | 09.00 - 11.30 WIB
  • Training Online via Zoom
Expertise di Procurement dan Purchasing, Sulit Kah?
  • 23 Agt 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom

Hubungi Team ALC

  • Celebration Garden Blok AC.9 No. 19 Grand Wisata – Bekasi 17510
  • 02182615440
    087779199555

Tinggalkan Balasan

Share With Your Friends