Bekerja Dengan Hati : Kunci Sukses dan Kepuasan Dalam Karir

Pada Senin, 21 Agustus 2023, Restaurant Bungarampai di Jakarta Selatan telah dilaksanakan event training leadership yang luar biasa. Training ini merupakan hasil kerja sama antara ALC Leadership Management dan PT Persada Dua Rajawali. Acara ini mengusung topik yang sangat penting dalam dunia kepemimpinan, yaitu “The Power of Working with Emotional Intelligence.”

Training ini dihadiri oleh para pimpinan dari PT Persada Dua Rajawali yang berharap mendapatkan wawasan dan kiat-kiat untuk meningkatkan kecerdasan emosional mereka dalam upaya meraih kesuksesan dalam karir dan bisnis.

Apa itu Kecerdasan Emosional?

Kecerdasan emosional, atau yang sering disingkat sebagai EQ (Emotional Intelligence), adalah kemampuan untuk mengenali, memahami, mengelola, dan mengungkapkan emosi dengan baik. Hal ini memiliki peran yang sangat penting dalam menjalani peran kepemimpinan. Dalam dunia yang terus berubah dan penuh tekanan seperti saat ini, kemampuan untuk bekerja dengan hati dan kecerdasan emosional yang baik menjadi faktor kunci dalam mencapai sukses dan kepuasan dalam karir.

Training ini merupakan langkah yang sangat baik untuk mengajak setiap pemimpin di PT Persada Dua Rajawali untuk lebih memahami pentingnya EQ dalam peran kepemimpinan mereka. Selain itu, training ini juga bertujuan untuk membantu mereka meningkatkan kemampuan EQ mereka, yang selanjutnya akan berdampak positif pada perkembangan karir, bisnis, dan prestasi mereka.

Salah satu pesan utama dalam training ini adalah pentingnya inisiatif dan kesiapan dalam menghadapi permasalahan. Seorang pemimpin yang memiliki EQ yang baik akan cenderung lebih sigap dalam menangani tantangan yang muncul di lingkungan kerja. Mereka tidak terpengaruh oleh emosi negatif seperti kecemasan atau frustrasi, melainkan mampu tetap tenang dan mencari solusi yang tepat.

Selain itu, EQ yang baik juga berhubungan erat dengan optimisme dan komitmen yang tinggi. Pemimpin yang memiliki EQ yang baik memiliki keyakinan yang kuat pada kemampuan mereka sendiri dan komitmen untuk mencapai tujuan mereka. Mereka mampu memotivasi diri sendiri dan tim mereka untuk bekerja keras demi meraih keberhasilan.

Kreativitas juga menjadi salah satu aspek yang dibahas dalam training ini. Pemimpin yang memiliki EQ yang tinggi cenderung lebih kreatif dalam mencari solusi dan ide-ide baru. Mereka tidak terpaku pada cara-cara konvensional, melainkan selalu mencari cara baru untuk mengatasi permasalahan.

Percaya diri adalah karakteristik lain yang dimiliki oleh pemimpin yang memiliki EQ yang baik. Mereka memiliki keyakinan pada kemampuan mereka sendiri dan tidak ragu-ragu dalam mengambil keputusan yang sulit. Mereka juga mampu berkomunikasi dengan jelas dan tegas, sehingga dapat mempengaruhi dan memotivasi orang lain.

Selain itu, kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan juga menjadi hal yang penting dalam dunia yang terus berubah. Pemimpin yang memiliki EQ yang tinggi cenderung lebih fleksibel dan mampu beradaptasi dengan cepat dan efektif. Mereka tidak terjebak dalam zona nyaman dan selalu siap untuk menghadapi perubahan yang terjadi.

Pola pikir yang positif dan pandangan yang terbuka juga menjadi fokus dalam training ini. Pemimpin yang memiliki EQ yang baik melihat tantangan sebagai peluang untuk belajar dan tumbuh, bukan sebagai hambatan. Mereka juga mampu melihat berbagai sudut pandang dan memahami perspektif orang lain dengan lebih baik.

Pada akhir training, Ainy Fauziyah, Leadership Coach & Motivator, mengingatkan semua peserta untuk terus mengembangkan kecerdasan emosional mereka. EQ, seperti keterampilan lainnya, dapat ditingkatkan melalui latihan dan kesadaran diri. Dengan menerapkan konsep-konsep yang telah mereka pelajari dalam kehidupan sehari-hari, peserta dapat meraih kesuksesan yang lebih besar dalam karir dan bisnis mereka.

Kerja sama antara ALC Leadership Management dan PT Persada Dua Rajawali dalam menyelenggarakan training ini adalah langkah yang sangat positif dalam mendukung pengembangan kepemimpinan yang lebih baik di perusahaan. Dengan meningkatkan EQ para pemimpin, perusahaan dapat menciptakan lingkungan kerja yang lebih produktif, harmonis, dan penuh inovasi.

Dalam sebuah dunia yang terus berubah, memiliki EQ yang baik menjadi faktor yang sangat penting dalam mencapai kesuksesan dan kepuasan dalam karir. Training leadership dengan topik “The Power of Working with Emotional Intelligence” di Restaurant Bungarampai ini telah memberikan peserta wawasan yang berharga tentang betapa pentingnya bekerja dengan hati dan mengembangkan kecerdasan emosional.

Dengan menerapkan prinsip-prinsip EQ dalam setiap aspek kehidupan mereka, setiap pemimpin di PT Persada Dua Rajawali dapat menjadi sosok yang lebih efektif, bijaksana, dan berdampak positif dalam lingkungan mereka. Dengan bekerja dengan hati, kita dapat mencapai sukses yang lebih besar dalam karir, dan pada akhirnya, meraih kepuasan dalam hidup kita.

Kesimpulan :

Artikel ini membahas pentingnya kecerdasan emosional (EQ) dalam peran kepemimpinan dan bagaimana pelatihan EQ dapat memberikan manfaat signifikan bagi para pemimpin di PT Persada Dua Rajawali.

Memiliki EQ yang baik menjadi faktor penting dalam mencapai kesuksesan dan kepuasan dalam karir, dan pelatihan EQ ini membantu para pemimpin menjadi lebih efektif dan berdampak positif dalam lingkungan mereka.

Dengan demikian, artikel ini menggarisbawahi pentingnya EQ dalam kepemimpinan dan manfaat yang dapat diperoleh oleh pemimpin melalui pelatihan EQ.

Detail info pelatihan hubungi team ALC di 087779199555
Jadwal Training Publik Online 2023
Training Online Creative Thinking
  • 25/04/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Self Leadership in Challenging Times
  • 02/05/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Great Leaders, Great Influencers
  • 16/05/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Creative Problem Solving and Decision Making
  • 30/05/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Leading The Millennials
  • 06/06/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Creative Negotiation Skills
  • 12/06/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom