4 Cara Meningkatkan Kemampuan Leadership Paling Efektif!

Daftar Isi

Kemampuan leadership merupakan hal utama yang harus dimiliki oleh setiap pemimpin supaya bisa mengarahkan anggota di bawahnya dengan lebih baik. Apalagi, keterampilan leadership seperti komunikasi, strategic thinking, hingga disiplin juga akan membantu Anda untuk berinteraksi dengan orang lain.

Memang, banyak yang mengatakan jika pemimpin itu dilahirkan, bukan dibuat. Namun pada kenyataannya, setiap orang adalah pemimpin setidaknya bagi diri mereka sendiri. Oleh karena itulah, skill leadership dapat dipelajari, dilatih dan dikembangkan bagi siapapun yang menginginkannya.

Kabar baiknya, pada artikel ini Anda akan mempelajari berbagai cara efektif untuk meningkatkan keterampilan leadership dalam diri setiap orang. Jadi, Anda dapat membuka potensi sebagai seorang pemimpin selama selalu berkomitmen pada pertumbuhan dan perkembangan.

Apa Itu Kemampuan Leadership?

Secara umum, leadership adalah kemampuan individu atau sekelompok individu untuk mempengaruhi dan membimbing pengikut atau anggota lain dalam sebuah organisasi.

Oleh karena itulah, kemampuan leadership merupakan kumpulan keterampilan yang mampu membantu Anda untuk mengarahkan dan memimpin orang lain efektif sehingga dapat mencapai tujuan bersama.

Selain itu, adanya skill kepemimpinan yang dimiliki oleh para leader ini juga secara sadar dapat membantu mereka menginspirasi dan memotivasi orang lain untuk menyelesaikan serangkaian tugas.

Baca juga :  Pelatihan Leadership, Tujuan dan 5 Manfaat untuk Kepemimpinan

Apa Saja Cakupan Leadership?

Setiap orang barulah bisa disebut sebagai pemimpin yang baik saat memenuhi berbagai cakupan skill di dalam diri mereka dan mampu mengaplikasikannya kepada para anggota dengan baik.

Beberapa contoh kemampuan leadership yang harus dimiliki oleh setiap orang yang menyebut dirinya sebagai seorang pemimpin ini, yaitu:

    1. Strategic Thinking
    2. Memiliki integritas yang baik.
    3. Mampu mendelegasikan tugas dengan tepat.
    4. Mampu memberikan motivasi kerja (interpersonal skills).
    5. Komunikasi dan relationship building.
    6. Managerial skill termasuk manajemen konflik.
    7. Creative Problem Solving dan Decision Making.

Semua cakupan kemampuan leadership ini tentu akan mengantarkan seseorang untuk menjadi pemimpin yang baik tidak hanya bagi anggota timnya namun juga management yang menaunginya.

Kenapa Skill Leadership itu Penting?

Setelah mengetahui berbagai cakupan skill yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin, tentu menunjukkan betapa pentingnya kemampuan ini untuk dimiliki.

Apalagi, skill leadership juga akan membantu Anda tidak hanya menjadi seorang pemimpin yang baik namun juga bisa meningkatkan produktivitas kerja tim, menyelesaikan masalah dan membuat keputusan tepat sekaligus memberikan arahan yang optimal bagi para anggotanya.

Cara Efektif untuk Meningkatkan Kemampuan Leadership

Beberapa orang mungkin memang secara alami diciptakan sebagai seorang pemimpin. Namun saat ini, siapapun dapat melakukan peningkatan kemampuan leadership selama berkomitmen penuh dan selalu berlatih.

Apalagi, berbagai kemampuan leadership ini juga dapat menjadi gebrakan paling kuat untuk mengubah hidup Anda.

Tidak hanya dalam segi karir namun juga hubungan pribadi Anda terhadap orang lain. Jadi secara tidak langsung, Anda dapat mengembangkan kecerdasan emosional dan tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik.

Jadi, jika Anda sedang dalam fase belajar dan mengembangkan diri maka ada beberapa cara meningkatkan leadership skill yang terbilang sangat efektif, diantaranya adalah:

Kemampuan leadership

1. Belajar untuk Mengikuti dan Mendengarkan Orang Lain

Seorang pemimpin harus selalu belajar dan memahami bahwa segala sesuatu tidak akan selalu berjalan sesuai keinginannya. Jadi, selalu ada beberapa orang yang memiliki ide atau preferensi yang lebih baik dibandingkan yang Anda pikirkan.

Oleh karena itu, Anda tidak boleh merasa terancam ketika seseorang tidak setuju dengan pendapat yang dikemukakan dan berusaha mendengarkan masukan dari orang tersebut untuk memperkaya ide dan inovasi.

Apalagi pengalaman tersebut dapat menjadi kesempatan Anda untuk mempelajari ide-ide baru yang dapat membantu perkembangan sebagai pemimpin yang baik. Dengan mengikuti dan mendengarkan masukan orang lain selama masih dalam jalur yang benar tentu akan membuat anggota tim merasa lebih dihargai dan dihormati serta menghadirkan lingkungan kerja yang lebih baik.

Tindakan ini juga akan mengurangi burn out dari para karyawan. Sebab survey dari Team Blind menyatakan jika sumber utama karyawan mengalami burnout paling tinggi yaitu sekitar 22.9% adalah karena adanya gaya kepemimpinan yang buruk serta lingkungan kerja yang toksik.

2. Identifikasi Segala Bentuk Kekurangan dan Kelebihan Anda

Apabila ingin menjadi contoh leadership yang baik, maka seseorang harus mampu untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan sehingga dapat mengembangkan potensi yang Anda miliki.

Namun terkadang memang sulit untuk memberikan penilaian terhadap diri sendiri sehingga Anda bisa meminta feedback dari orang lain untuk memberikan gambaran yang lebih akurat

Cara identifikasi ini akan memberikan Anda gambaran menyeluruh mengenai apa kelebihan dalam memimpin yang harus dipertahankan dan mana yang harus diperbaiki.

3. Tingkatkan Kemampuan Komunikasi

Pemimpin selalu diharapkan untuk memiliki keterampilan komunikasi yang baik sehingga dapat menyampaikan arahan dengan lebih jelas atau menginspirasi tim dalam pekerjaan mereka.

Oleh karena itu, penting untuk memahami pentingnya bahasa tubuh dan nada suara sehingga anggota tim tetap dapat menghormati dan percaya dalam waktu yang sama.

Ada banyak cara berbeda untuk meningkatkan kemampuan effective communication dengan berlatih mendengarkan secara aktif dengan memperhatikan apa yang dikatakan orang lain dan berusaha memahami sudut pandang mereka.

Selain itu, Anda juga dapat meluangkan waktu untuk mempersiapkan apa yang ingin dikatakan sebelumnya. Hal ini akan membantu Anda untuk dapat menyampaikan materi dan mendelegasikan tugas menjadi jelas dan ringkas.

Baca juga :  10 Program Leadership Training untuk Meningkatkan Performa Karyawan

4. Dapatkan Mentor yang Tepat

Sebagai seorang pemimpin, penting untuk memiliki mentor yang memiliki value yang sama. Sebab, mereka dapat memberikan bimbingan, dukungan, dan saran saat Anda sangat membutuhkannya.

Selain itu, keberadaan mentor juga dapat membantu mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang diri Anda sendiri sekaligus tujuan yang hendak dicapai.

Siapapun bisa menjadi mentor dalam hidup Anda, baik itu pasangan, atasan Anda sendiri ataupun profesional yang memang bekerja untuk melayani hal tersebut.

Kesimpulan 

Salah satu cara untuk mendapatkan mentor sekaligus materi leadership skill yang tepat yaitu dengan mengikuti pelatihan dan provider terpercaya, seperti ALC Leadership management.

Apalagi, ALC menghadirkan berbagai materi dan cara meningkatkan kemampuan leadership yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Tentu hal ini tidak hanya akan membawa dampak baik baik para anggota tim namun juga management kedepannya.

Yuk kembangkan kemampuan leadership Anda secara efektif bersama ALC!

Detail info pelatihan, hubungi team ALC sekarang