5 Managerial Skills Yang Wajib Dimiliki Seorang Manager, Yang Ke-4 Berpengaruh Besar!

Daftar Isi

Managerial skill merupakan hal paling penting yang seharusnya dimiliki oleh setiap pemimpin baik di dalam perusahaan atau dalam sebuah tim. Kata managerial ini diambil dari kata “manage”.

Apa, sih, artinya? Manage artinya adalah mengorganisir, mengatur, mengelola, dan sejenisnya. Istilah ini jika di dalam dunia perusahaan atau dunia profesional disebut management. Kemudian, orang yang bekerja dalam bidang tersebut disebut manager. Salah satu pekerjaan yang diinginkan semua orang.

Tetapi, manager bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah. Meskipun manager adalah seorang pemimpin atau atasan dalam divisinya, namun ia juga harus bertanggung jawab kepada karyawan dan juga pimpinan perusahaan, yaitu direktur perusahaan, dan sejenisnya.

Oleh karena itu, pada artikel ini kita akan membahas mengenai 5 managerial skills yang wajib dimiliki oleh setiap pemimpin dalam organisasi. Tujuannya agar Anda dapat memimpin dengan lebih bijak dan memberikan dampak besar bagi anggota tim maupun kemajuan perusahaan.

Salah satu melatih managerial skills  ini yaitu dengan rutin mengikuti Management Development Program. Memang rangkaian program apa ini? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Hubungan Management Development Program dengan Managerial Skills

Management Development Program adalah suatu program dalam sebuah perusahaan untuk mendorong manajer dan calon manajer agar dapat mengembangkan managerial skillsnya, sehingga para manager tersebut dapat meningkatkan tanggung jawab mereka di dalam sebuah perusahaan.

Tidak hanya itu, bagian terpentingnya adalah seorang manager harus mampu membawa pengaruh signifikan dan berarti bagi tim ataupun perusahaannya.

Tapi sayangnya, banyak manager di lapangan seringkali mengalami permasalahan fundamental, seperti kurangnya keterampilan, ketidakmampuan dalam memimpin timnya dengan baik, kesulitan dalam merumuskan masalah, serta kesulitan melakukan eksekusi strategi bagi pertumbuhan perusahaan.

Jadi, keterampilan apa saja yang sebenarnya dibutuhkan oleh seorang manager? Sebelum itu, mari simak informasi mengenai apa itu managerial skills berikut ini.

Apa Itu Managerial Skills?

Managerial skills adalah kemampuan yang wajib dimiliki oleh seorang manajer untuk dapat menggerakkan orang lain agar dapat bekerja dengan baik.

Menurut para ahli, biasanya managerial skills ini sangat berkaitan dengan kemampuan merencanakan, mengorganisir, memimpin, melaksanakan, dan mengendalikan hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan, termasuk anggota tim.

Dengan memiliki good managerial skills, seorang manager akan lebih mudah berkomunikasi, menggerakkan anggota tim untuk kerja, serta membawa perusahaan untuk lebih maju.

Baca juga :

5 Manfaat Training Managerial Untuk Perkembangan Perusahaan

Kenapa Manajerial Skill penting untuk Para Leader?

Memiliki basic managerial skills sebenarnya tidak hanya baik untuk seorang leader, melainkan untuk semua orang. Bagi individu, managerial skills ini dapat membantu seseorang dalam merencanakan, mengatur, dan melaksanakan tugas pribadi sehari-hari.

Jika pada individu biasa bukan manager saja kemampuan ini begitu penting, maka tingkat importance managerial skills akan meningkat untuk seorang manager yang juga merupakan pemimpin tim.

Seorang manajer tentu akan menemui banyak sekali permasalahan yang menuntutnya untuk tetap tenang secara mental, menguraikan masalah, dan membuat keputusan. Disitulah managerial leadership skills ini berperan.

Itulah mengapa seseorang yang memiliki managerial skills and competencies akan lebih dipercaya untuk menjadi seorang manajer.

Apabila Anda ingin tahu keterampilan apa saja yang termasuk ke dalam managerial roles and skills, simak informasi di bawah ini.

5 Jenis Managerial Skills yang Dibutuhkan Seorang Manager

Ada beberapa jenis managerial atau leadership skill yang harusnya dimiliki oleh semua manajer atau pemimpin di dalam tim agar para anggotanya dapat bekerja dengan efektif. Beberapa diantaranya yaitu adalah:

1. Conceptual Skill

Tidak ada perusahaan besar berdiri tanpa konsep yang matang dan mumpuni. Inilah kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki oleh seorang manager, terutama top manager (CEO, CIO, CFO, manager eksekutif, dan sebagainya).

Konsep atau gagasan menjadi langkah utama untuk mencapai tujuan, perkembangan, serta kemajuan perusahaan. Konsep atau gagasan awal yang sudah dibangun kemudian dirumuskan dalam rencana strategis dan masuk ke dalam planning dalam proses management.

Seorang manager harus memiliki conceptual skill sehingga mampu untuk menjabarkan planning yang sudah dibuat kepada seluruh tim atau karyawannya sebagai salah satu bentuk pengelolaan SDM.

Tujuannya tentu agar siapapun mampu menjadi suatu langkah dengan tujuan mewujudkan gagasan yang sudah dibuat.

2. Humanity Interaction Skill (Interpersonal Skill)

Bagian dari management skill yang harus dimiliki oleh para manager yaitu adalah Humanity Interaction. Kemampuan ini adalah bagian dari interpersonal skill yaitu sebuah keterampilan yang berhubungan dengan kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Hal inilah yang membuat seorang manager harus mampu memposisikan dirinya dengan benar.

Jika ia bertemu dengan orang luar, misalnya dengan client, maka ia harus mampu menciptakan komunikasi yang profesional. Berbicara dengan jelas, tidak terbata-bata, dan mampu meyakinkan.

Sedangkan, jika berkomunikasi dengan karyawannya, ia harus mampu membangun komunikasi yang persuasif, dimana cara berkomunikasi yang digunakan lebih bersahabat dan tidak kaku.

Dengan kemampuan ini, seorang manager akan menciptakan effective communication, yang akan memberikan kemudahan untuk dirinya sendiri dalam menjalin relasi dengan orang baru ataupun dalam hal memimpin karyawannya.

Bayangkan jika Anda bekerja dan memiliki atasan yaitu seorang manager yang tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Hal tersebut akan menimbulkan miskomunikasi yang dapat berakibat pada kinerja Anda sebagai karyawan.

3. Technical Skills

Keterampilan lainnya yang wajib dimiliki oleh para manager yaitu adalah Technical Skill. Kemampuan ini mengacu pada pekerjaan tertentu berkaitan dengan hal-hal teknis. Di antaranya seperti penggunaan software, mengolah data, mengelola proyek, dan pekerjaan yang bersifat teknis lainnya.

Seorang manager juga dituntut untuk menguasai perkembangan teknologi. Dengan begitu, ia mampu menciptakan sebuah ide-ide yang ditunjang dengan kemampuan teknologi yang baik.

Sehingga akan menghasilkan langkah atau program kerja yang memberikan dampak positif untuk kemajuan perusahaan. Contohnya adalah program digital marketing atau program lainnya yang bisa memanfaatkan kemajuan teknologi.

4. Making Decision Skills

Keterampilan managerial skills lainnya yang harus dimiliki seorang manager yaitu adalah kemampuan dalam mengidentifikasi masalah. Hal inilah yang dapat membantunya untuk menentukan cara atau solusi terbaik agar dapat mengatasi masalah tersebut sebelum menjadi krisis besar pada perusahaannya.

Ketika pengambilan keputusan dibuat, seorang manager tidak bisa mengandalkan ego ataupun kepentingan pribadinya. Tentu hal ini akan berkaitan dengan kemampuan interpersonal skill yang dimilikinya. Sebab, kemampuan komunikasi tentu mengambil bagian penting bagi seseorang untuk menentukan sebuah keputusan.

Hadirnya seorang manager yang cermat dan cerdas dengan kemampuan untuk menangani sebuah masalah dengan tenang tentu merupakan kunci menuju kesuksesan perusahaan ataupun bidang divisi yang ia pimpin.

5. Soft Skills

Keterampilan terakhir yang tak kalah penting dengan kemampuan lainnya adalah soft skills. Dimana kemampuan ini akan membantu seorang manager dalam menjalankan fungsi utama dalam pekerjaannya.

Baca juga : 

7 Skills Terbaik Yang Harus Dimiliki Seorang Manager, Apa Saja?

Soft Skill Yang Harus Dimiliki Oleh Para Manager

Pada dasarnya, seorang manager bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan tim, mengelola sumber daya, dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan perusahaan.

Selain keterampilan teknis yang spesifik untuk bidang kerja mereka, para manajer juga perlu memiliki serangkaian soft skill tertentu supaya bisa berhasil dalam menjalankan peran mereka.

Bahkan, kemampuan ini menjadi salah satu jenis skills managerial yang telah disebutkan sebelumnya.

Oleh karena itu, ada beberapa macam soft skills yang wajib dimiliki oleh seorang manager supaya dapat memimpin timnya dengan baik, diantaranya:

1. Kemampuan berkolaborasi

Dengan kemampuan berkolaborasi, seorang manager akan memiliki perspektif lebih ketika membuat keputusan, dan tim Anda akan lebih siap dalam memecahkan sebuah masalah.

Selain itu, penting untuk Anda untuk mengetahui bahwa the power of collaboration akan menciptakan kepemimpinan yang transparan. Memiliki kepribadian yang baik tidak cukup untuk seorang manager. Anda juga harus memiliki kemampuan untuk bisa mendorong anggota tim untuk saling berkolaborasi. Sehingga, akan tercipta building solid teams.

Dampak positifnya, jika seorang manajer mampu berkolaborasi dengan anggota timnya, maka sebuah studi dari Forbes menyatakan jika 64% kinerja dan produktivitas akan semakin meningkat.

Bahkan jauh lebih besar dari itu semua, soft skill kolaborasi ini juga akan membantu mengurangi tingkat stress dan kelelahan sehingga tingkat keberhasilan target bisa semakin meningkat.

Sebab di tahap inilah orang-orang akan aktif terlibat dengan pengambilan keputusan dan selalu termotivasi saat menghadapi tantangan.

2. Tegas dalam Mengambil Keputusan

Soft skill kedua yang harus dimiliki bagi seorang manager untuk melengkapi managerial skills yang dimilikinya adalah tegas dalam mengambil keputusan. Hal ini sejalan dengan pendapat Indeed, bahwa seorang manager harus tegas dalam mengambil keputusan untuk segala hal yang dihadapinya.

Baik itu dalam hal perekrutan karyawan baru, pendelegasian tugas, dan tanggal tenggat waktu dalam menentukan sebuah target. Hal ini akan membantu seorang manager untuk bisa memberikan wewenang dan arah dalam aktivitas kerja dan memastikan mempertahankan produktivitas tim departemen yang ia pimpin.

3. Time Management Skill

Kemampuan time management adalah kemampuan seorang manager untuk bisa mengalokasikan waktunya secara bijaksana. Keterampilan ini akan membantu seorang manager untuk menentukan batas waktu penyelesaian tugas karyawannya dan membantu seorang manager untuk memutuskan kapan menghabiskan waktu untuk sebuah aktivitas managerial dan kepentingan lainnya. Jika banyak waktu yang terbuang sia-sia, seorang manager akan merugikan perusahaan tempatnya bekerja.

Kesimpulan

Nah, itu dia keterampilan yang termasuk ke dalam managerial skills dan penting dimiliki untuk manajer. Jadi, apakah manajerial skills di atas sudah Anda kuasai? Jika belum, jangan ragu untuk mencari motivator dan mengikuti training leadership yang sesuai dengan kebutuhan Anda demi mewujudkan tujuan utama perusahaan dan membawa tim ke kesuksesan.

ALC Leadership Management, lembaga training terbaik di Indonesia yang menyediakan pelatihan untuk manajer atau Manager Development program.

ALC juga mengadakan topik training dengan tema Effective Communication, The Power of Collaboration, dan Building Solid Teams. Melalui program ini, kami akan membimbing Anda mempersiapkan diri untuk menjadi seorang manajer yang handal dan profesional dengan meningkatkan skills leadership melalui training manager.

Tingkatkan keahlian Manajemen Anda hari ini :

– Pelajari cara melakukan perubahan demi mencapai keberhasilan yang diinginkan melalui Change Management.

– Ketahui bagaimana cara berpikir kreatif & menjadi lebih produktif melalui Creative Thinking.

– Pelajari cara menjadikan tantangan sebagai pendorong produktivitas melalui Productivity Improvement.

Ingin memiliki team tegas dan rendah hati. Penasaran seperti apa pelatihannya? Yuk daftarkan diri Anda sekarang juga di training online “Assertive Leadership”. Cek jadwalnya dibawah ini ya!

Assertive Leadership Cаrа Menjadi Pеmіmріn Tеgаѕ & Rеndаh Hati
Assertive Leadership

Jadwal Pelatihan :

Kamis, 7 September 2023

09.00 – 16.00 WIB

Online via Zoom

Detail info pelatihan hubungi team kami di 08777919955
Jadwal Training Publik Online 2023
Supervisory Skills for Great Supervisor
  • 22/02/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Leadership Fundamental
  • 14/03/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Procurement and Purchasing
  • 20/03/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Assertive Leadership
  • 28/03/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Creative Thinking
  • 25/04/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Self Leadership in Challenging Times
  • 02/05/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
  • 1
  • 2