Simak 5 Cara Membangkitkan Semangat Kerja, Dijamin Ampuh!

Cara Membangkitkan Semangat Kerja

Cara membangkitkan semangat kerja, yuk simak di sini!

Setiap diri kita tentu memiliki masa lelah atau tidak lagi semangat dalam bekerja. Dan sangat normal jika ada dari kita yang merasa demotivasi. Tetapi akan menjadi masalah serius ketika kita terus-menerus mengalaminya.

Maka dari itu, pihak manajemen perlu mengadakan pelatihan dan pengembangan sdm  agar dapat meningkatkan semangat para pekerja. Menjadi karyawan yang produktivitasnya tetap terjaga, siapa sih yang tidak mau?

Sebelum kita berbicara lebih jauh, mari kita simak survei tentang keterlibatan karyawan. Survei dari themuse.com, menyatakan hanya 30% karyawan yang merasa dirinya terlibat (engange) dalam bekerja. Sisanya tidak.

Sangat sedikit, bukan? Padahal kenyataannya, kita menghabiskan sekitar sepertiga kehidupan untuk bekerja. Bukankah seharusnya kita menikmati waktu ini dengan penuh semangat?

Kehilangan semangat maupun motivasi dapat menghambat perkembangan diri, loh. Kita pasti tidak mau stuck diam di tempat dan ketinggalan perubahan positif. Lalu kita sebagai karyawan bertanya, bagaimana cara membangkitkan semangat kerja yang efektif? Ya, walau kita tahu setiap masing-masing orang memiliki caranya sendiri dalam mengembalikan semangat. Tetapi jika Anda sudah melakukan berbagai cara namun gagal, yuk simak 5 cara membangkitkan semangat kerja kita! Semangat ya!

Baca juga : Pelatihan dan Pengembangan SDM Untuk Goals Besar Perusahaan

Yuk simak, 5 Cara Membangkitkan Semangat Kerja

5 Cara Membangkitkan Semangat Kerja

Pertama, mengingat tujuan dalam bekerja. Mengetahui apa tujuan ketika awal bekerja dapat membantu untuk mengingat kembali seperti apa semangat yang dulu pernah ada. Mengingat tujuan dalam bekerja dapat membantu untuk mengibarkan semangat lagi agar tujuan tetap dapat tercapai dan tidak berhenti di tengah jalan.

Contohnya seperti: “Tujuan saya bekerja adalah ingin memiliki rumah sendiri” atau “Saya harus menyekolahkan anak hingga universitas”. Jangan salah, ini bukan hanya sekedar tujuan, tetapi juga sumber motivasi hidup kita. Selalu ingat bahwa ada orang-orang yang harus kita bahagiakan. Wah, jadi ingat quotes dari Eric Thomas, penulis kritis dan motivator yang terkenal di dunia nih.

“When you find your why, you don’t hit snooze no more! you find a way to make it happen”

Kedua, mengetahui apa target yang ingin dicapai. Mencapai kebahagiaan sangat penting di tempat kerja. “Dibawa happy aja”, katanya. Emosi negatif dan suasana hati yang buruk dapat menghambat kinerja, produktivitas, dan bahkan hubungan dengan rekan kerja dan pelanggan.

Menetapkan target apa dapat meningkatkan juga motivasi dalam bekerja. Bagi orang yang memiliki target tertentu biasanya akan lebih semangat dalam menghadapi berbagai macam rintangan. Maka dari itu, penting untuk memasang target apa yang akan diraih dalam waktu tertentu. Target ini tidak harus sifatnya dalam jangka panjang, kok. Melainkan juga dapat dalam hitungan hari atau bulan.

Ketiga, menjaga fokus selama bekerja. Sebelum bicara lebih jauh,mari kita simak cerita berikut. Ada rekan kerja yang meminta saran. Lalu, tiba-tiba ada klien yang komplain ke email kita. Ditambah di belakang kita, ada yang membicarakan kita. Apakah kita masih bisa fokus saat bekerja? Jika kejadian di atas pernah terjadi, pasti kita merasa sulit untuk fokus. Kita bisa jadi tidak melakukan yang terbaik. Dan itu cukup menjengkelkan, bukan?

Meskipun sudah memiliki target, Anda juga harus fokus penuh selama proses tersebut agar target tetap dapat tercapai sesuai dengan yang direncanakan. Merasa kewalahan? Itu karena asalnya dari rasa takut. Buat list pekerjaan, atur di meja Anda, lalu selesaikan satu persatu. Anda pasti merasa lebih baik.

Baca juga : Ketahui 4 Tujuan Training Leadership Bagi Karier Anda

Memfokuskan diri terhadap target dapat membantu menjadi cara membangkitkan semangat kerja untuk melawan rasa malas ataupun berbagai halangan yang dialami. Menjaga fokus terhadap target yang dicapai dapat membuat pekerjaan menjadi terasa lebih ringan dan semangat tetap terjaga.

Keempat, mencari cara agar bekerja dapat lebih mudah dilewati. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa halangan maupun rintangan akan selalu ada, tanpa bisa kita hindari. Mencari cara dapat melatih kemampuan otak kita juga, loh. Menjadi lebih kritis dan berpikir logis.

Kelima, membangun lingkungan kerja yang suportif. Anda harus mencari lingkungan yang senantiasa memberikan Anda dukungan. Lingkungan yang supportif dapat membuat Anda bertahan dan semangat, bahkan ketika rasa jenuh melanda.

Nah, Setelah menyimak 5 Cara Membangkitkan Semangat Kerja, sudahkah perusahaan anda menjalankan program training tersebut? Jika sudah, seberapa efektif melakukannya?

ALC Leadership Management memiliki program pelatihan dan pengembangan SDM dengan pendekatan yang berbeda. Training bisa diadakan secara offline maupun online. Beberapa contoh materi program pengembangan SDM yang disukai klien kami di antaranya Build Trust in One Minute, Working Excellence, Leading Change, dst.

Tingkatkan keahlian SDM Anda hari ini :

– Ketahui bagaimana membuka kesadaran akan besarnya dampak trust pada performance & produktivitas. Membangkitkan tekad untuk membangun kepercayaan dengan 13 sikap, melalui Build Trust in One Minute.

– Pahami bagaimana cara membuka kesadaran Anda pentingnya mengaplikaskan 3 prioritas : memanage mindset, 4 skills & fokus pada tujuan besar. Menjadikan multitasking sebagai habit, komunikatif & kooperatif, melalui Working Excellence.

– Pelajari bagaimana cara mengubah cara pandang, sikap dan perilaku Anda & team menjadi lebih baik. Dengan ALC METHOD, kami mengajak Anda mempraktikkan langsung 3 Hukum Perubahan kemudian merasakan kekuatannya sekaligus hasil perubahannya, melalui Leading Change

Detail info pelatihan hubungi team ALC di 087779199555

1 Comment

Leave a Reply

EnglishIndonesian
Follow by Email
Pinterest0
fb-share-icon
WhatsApp