Coaching Manager, Ketahui 4 Alasan Pentingnya Untuk Meningkatkan Kualitas SDM

Coaching Manager

Daftar Isi

Coaching manager, sudahkah Anda mengetahui 4 alasan pentingnya?

Coaching manager merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan oleh para pemimpin untuk membantu tim dapat berkembang menjadi lebih baik. Hal ini tentu sejalan dengan tujuan dari setiap organisasi bisnis adalah memiliki tenaga kerja yang sangat efektif dan produktif dalam menjalankan tugasnya.

Berdasarkan fakta yang diteliti oleh Linkedin, mereka akan bertahan lebih lama dengan perusahaan yang berinvestasi dalam pengembangan mereka.

Salah satu bentuk paling dasar untuk melakukan pengembangan tersebut adalah dengan coaching manager lewat pemimpin tim terlebih dahulu dan mengaplikasikan ilmunya kepada anggota tim yang berada di bawahnya.

Mengapa Coaching Manager Penting bagi Seorang Pemimpin?

Coaching manager menjadi hal penting yang harus dimiliki oleh para pemimpin sebab pengalaman yang mereka miliki dapat menjadi inspirasi bagi anggota tim di bawahnya untuk bekerja lebih efektif.

Karena itulah skill coaching harus dimiliki oleh semua manajer yang menginginkan timnya dapat berkembang lebih jauh untuk kemajuan perusahaan.

Nyatanya, Coaching skills juga menjadi kemampuan yang jauh lebih penting untuk dikuasai dibandingkan dengan managing. Sebab menurut penelitian dari Deloitte, Gen Y akan jauh lebih merasa senang dengan mengambil lebih banyak tanggung jawab untuk maju dibandingkan dengan hanya mendiktenya untuk melakuakn sesuatu.

Adanya pelatihan Coaching inilah yang memungkinkan manajer untuk menyampaikan keterampilan dan pengetahuan yang berharga kepada timnya tanpa menggurui sehingga dapat meningkatkan produktivitas.

Baca juga : 5 Manfaat Pelatihan Coaching Untuk Menjadi Pemimpin Yang Sukses

Alasan Pentingnya Melakukan Coaching Manager Bagi Perusahaan

Ada banyak alasan mengapa sebuah perusahaan penting untuk melakukan coaching manager kepada para pemimpin tim di dalamnya. Sebab leader yang aktif akan memberikan dampak yang signifikan terhadap kemajuan kualitas kinerja di dalam timnya.

Hal tersebut bisa diwujudkan salah satunya adalah dengan mengikuti coaching & counselling di provider training terpercaya. Mengapa pelatihan coaching harus dilakukan oleh sebuah perusahaan, berikut adalah 5 alasannya!

Pertama, Membantu Meningkatkan Kinerja Tim

Coaching skills yang dimiliki oleh para manager akan memungkinkannya untuk menyampaikan keterampilan dan pengetahuan yang berharga kepada para anggota di dalam timnya.

Jadi, kemampuan ini dapat menjadi contoh kepemimpinan efektif karena tidak mendikte layaknya diktator kepada karyawan namun menemaninya diskusi dan membantunya berpikir saat menemukan tantangan kala bertugas.

Kedua, Memperkuat Kompetensi Para Anggota Tim

Coaching & counselling yang dilakukan oleh para pemimpin kepada anggota timnya sangat berguna untuk menyampaikan pengetahuan dengan cara yang lebih bijak. Ketika mereka sudah mulai terbiasa, maka produktivitas kerja mereka tentu akan semakin meningkat.

Pola pikir karyawan yang selalu dilatih ini tentu secara tidak langsung akan meningkatkan produktivitas kinerja tim. Ditambah, lancarnya coaching manager juga menjadi peluang yang lebih baik untuk memperhatikan keterampilan dan potensi karyawan yang tidak Anda sadari.

Anda akan lebih dapat memperhatikan tentang kompetensi tim Anda sehingga mampu membuat keputusan yang lebih baik di masa depan.

Ketiga, Meningkatkan Retensi Karyawan

Retensi karyawan adalah sebuah strategi perusahaan dimana mereka berhasil untuk mempertahankan karyawan yang berkualitas dan potensial untuk tetap berada di dalam organisasi tersebut.

Hal ini hanya dapat terjadi saat karyawan merasa nyaman di dalam perusahaan dengan selalu diberikan penghargaan atau dihargai saat berprestasi dan masukannya selalu didengar oleh para atasannya.

Jika strategi retensi karyawan dapat diaplikasikan dengan baik maka angka turnover akan dapat ditekan. Tentu hal ini akan membawa dampak baik tidak hanya bagi reputasi perusahaan namun juga perkembangan bisnisnya di masa yang akan datang.

Keempat, Coaching Manager Membantu Meningkatkan Kemampuan Adaptasi dan Inovasi Karyawan

Alasan lainnya mengapa coaching manager sangat penting bagi tim dan perusahaan yaitu adalah dapat membantu untuk meningkatkan kemampuan adaptasi serta inovasi bagi karyawannya.

Sebab skill coaching yang dimiliki oleh para pemimpin berusaha untuk memperkuat otonomi dan kemandirian karyawan, sehingga dapat mempersiapkan mereka untuk beradaptasi dengan tantangan baru.

Selain itu, pelatihan coaching ini juga akan membantu anggota tim menjadi lebih proaktif dan mengantisipasi perubahan akan menjadi semakin diperlukan untuk bertahan dalam perekonomian yang semakin kompetitif.

Baca juga : 7 Skills Terbaik Yang Harus Dimiliki Seorang Manager, Apa Saja?

ALC Leadership Management, Pilihan Tepat untuk Pelatihan Coaching Manager Perusahaan Anda!

Salah satu pilihan tepat untuk membantu pelatihan coaching manager perusahaan Anda yaitu adalah ALC Leadership Management. Sebab, provider training terpercaya ini telah berpengalaman untuk melakukan training kepemimpinan untuk lebih dari 357 perusahaan sehingga tidak perlu dikhawatirkan lagi kualitasnya.

Selain itu, program yang dihadirkan oleh ALC Leadership Management untuk meningkatkan skill coaching para manager di perusahaan Anda juga cukup beragam sehingga dapat dipilih berdasarkan kebutuhan.

Beberapa program Coaching Manager yang bisa kamu pilih baik secara offline maupun online ini mulai dari coaching & counselling, Manager and Supervisory Development Program, Strategic Coaching hingga Coaching and Mentoring In The Digital Revolution dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk detail info pelatihan, hubungi team ALC di 087779199555

EnglishIndonesian
Follow by Email
Pinterest0
fb-share-icon
WhatsApp