4 Skills Penting yang Harus Dimiliki Oleh Creative Leadership

Daftar Isi

Seiring dengan pertumbuhan teknologi tentunya creative leadership menjadi gaya kepemimpinan yang dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Apalagi, banyaknya perubahan yang terjadi di dalam dunia bisnis khususnya dalam beberapa dekade terakhir ini tentunya memunculkan banyak tantangan baru dalam dunia kerja.

Hal ini tentu menjadi salah satu hal baru yang harus dihadapi oleh para pemimpin yang tegas di masa ini menggunakan solusi yang tidak hanya berani namun juga kreatif.

Oleh karena itu, artikel ini akan membahas mengenai skill apa saja yang harus dimiliki oleh sebuah creative leadership untuk kemajuan perusahaan yang bisa dipelajari dan diterapkan pada gaya kepemimpinan Anda.

Apa yang Dimaksud dengan Creative Leadership?

Creative Leadership atau kepemimpinan kreatif adalah sebuah praktik manajemen yang melibatkan penggunaan ide-ide kreatif untuk memecahkan masalah yang kompleks dan mengubah situasi.

Para pemimpin yang kreatif ini tentunya akan memiliki banyak akal dan selalu menemukan cara baru untuk mencapai tujuan mereka sekaligus meningkatkan kemajuan dari perusahaan.

Apalagi, baik teknologi, orang hingga tren dan mode akan terus menerus berubah sehingga kepemimpinan yang kreatif dapat membantu timnya menjadi lebih agile serta tetap bekerja dengan baik sama sekali tidak mendukung.

Mengapa Perusahaan Membutuhkan Creative Leadership?

Creative leadership menjadi hal yang sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan dan organisasi saat ini supaya mampu bertahan dalam industri yang selalu mengalami perubahan trend dan fluktuasi bisnis.

Tentunya, kepemimpinan kreatif memiliki sifat agile dan adaptasi yang tinggi terhadap segala macam perubahan sehingga tetap dapat menghasilkan pendapatan dan inovasi bisnis dalam segala situasi.

Bahkan, kemampuan untuk menjadi kreatif dan inovatif yang dimiliki oleh seorang pemimpin juga dapat meningkatkan kepuasan karyawan. Jadi mereka dapat bekerja lebih produktif dan efisien untuk memecahkan tantangan di tempat kerja sehingga dapat mendukung kinerja perusahaan menjadi lebih baik.

Baca juga : Creative Thinking : Arti, Manfaat, dan Cara Melatihnya

Skills yang Dibutuhkan Oleh Creative Leadership

Walaupun creative leadership merupakan gaya kepemimpinan yang dibutuhkan oleh setiap perusahaan saat ini, sayangnya menurut survey yang dilakukan oleh Gallup, hanya 29% pekerja yang merasa diharapkan memiliki pemikiran yang kreatif atau memikirkan cara baru untuk diterapkan demi kemajuan bisnis.

Berarti, ada banyak perusahaan yang kehilangan kesempatan untuk meningkatkan nilai bisnisnya lewat inovasi dan ide-ide terbaru dari karyawannya. Oleh karena itu, selaku seorang pemimpin hal ini jelas harus menarik perhatian Anda. Sebab kemajuan perusahaan hanya bisa dilakukan secara collaborative dengan seluruh anggota di dalam organisasi tersebut.

Namun untuk menjadi seseorang dengan jiwa kepemimpinan kreatif dan dapat bekerja sama dengan para anggota tim untuk mencapai tujuan bersama, setidaknya ada beberapa jenis skills penting yang harus dimiliki. Yuk simak penjelasannya pada daftar di bawah ini!

4 Skills Penting yang Harus Dimiliki Oleh Creative Leadership ALC Leadership Management

1. Pengetahuan Teknis

Jika Anda hendak mengembangkan creative leadership sebagai gaya kepemimpinan dalam organisasi, maka Anda wajib memiliki skills mengenai pengetahuan teknis yang terkait.

Sebab seorang pemimpin hanya dapat mengembangkan perilaku kreatif jika memiliki pengetahuan dan menguasai teknis terhadap pekerjaan yang harus dilakukan.

Kemampuan ini akan membantu Anda untuk mengenali masalah dan menghasilkan solusi yang lebih baik dengan cara yang kreatif. Bahkan, kemampuan dasar ini juga dapat membantu Anda untuk menghadapi berbagai situasi sulit yang membutuhkan perencanaan dan manajemen krisis.

2. Kecerdasan Emosional yang Baik (Emotional Intelligence)

Selanjutnya, untuk memiliki kepemimpinan yang kreatif dan inovatif maka memiliki emotional intelligence yang baik juga menjadi hal paling utama.

Leadership skills yang satu ini mampu membantu Anda untuk mengendalikan dan memahami emosi baik diri sendiri maupun orang lain. Hal ini sangat membantu dalam proses identifikasi masalah dan decision making dengan lebih bijak dan kreatif.

Tidak hanya itu saja, kecerdasan emosional juga dapat mempengaruhi kinerja kepemimpinan sehingga akan lebih mudah untuk membangun kolaborasi dengan orang lain baik kepada anggota tim maupun karyawan dalam organisasi tersebut.

3. Keinginan Belajar yang Tinggi

Ciri pemimpin kreatif dalam creative leadership ini sangat terlihat dari bagaimana keinginan belajar yang mereka miliki. Para pemimpin ini umumnya akan terbuka dengan segala pengalaman dan pengetahuan baru sehingga dapat meningkatkan kualitas nilai pekerjaan yang dimiliki.

Sebab, pemimpin yang tidak memiliki keinginan untuk belajar hal baru tentu hanya terjebak pada pengetahuan lama yang semakin tidak relevan dengan kebutuhan pasar masa kini.

Hal ini jelas akan menjadi penghambat berkembangnya ide kreatif kepemimpinan dan inovasi bagi sebuah organisasi.

Baca juga : 5 Tips Pelatihan Kepemimpinan Agar Menjadi Lebih Efektif

4. Kebiasaan yang Kreatif

Pemimpin inovatif tentu sadar bahwa kreativitas harus dipupuk dan dilatih sejak lama hingga menjadi sebuah kebiasaan. Saat seseorang sudah terbiasa dengan perilaku yang menunjang kreativitas dalam lingkungannya, maka otak akan lebih mudah untuk memecahkan masalah dengan cara menyatukan ide-ide yang berbeda.

Kebiasaan kreatif ini dapat Anda bangun mulai dari hal-hal dasar seperti diskusi rutin dengan anggota tim mulai dari brainstorming dan keberanian untuk melakukan eksperimen selama dasar data dan faktanya sudah kuat.

Apalagi, kegiatan seperti brainstorming nyatanya mampu untuk memunculkan ide-ide baru karena ada banyak perspektif dari beragam orang yang hadir di dalamnya.

Lingkungan dengan kebiasaan seperti ini saat menghadapi sebuah masalah dan mencari solusinya bersama tentunya akan efektif dalam merangsang kreativitas.

Kesimpulan 

Dalam dunia bisnis yang terus berubah dan berkembang, creative leadership menjadi kunci penting untuk kesuksesan perusahaan. Gaya kepemimpinan ini membutuhkan pemimpin yang memiliki keterampilan teknis, kecerdasan emosional yang baik, keinginan belajar tinggi, dan kebiasaan kreatif.

Pemimpin kreatif mampu mengatasi masalah kompleks dan menyesuaikan diri dengan perubahan, sementara juga memotivasi tim untuk berinovasi. Perusahaan membutuhkan pemimpin yang dapat membimbing mereka melalui tantangan dan fluktuasi bisnis, sambil tetap menghasilkan pendapatan dan inovasi.

Dengan demikian, pelatihan dan pengembangan creative leadership menjadi sangat penting untuk memastikan keberhasilan organisasi dalam menghadapi lingkungan kerja yang dinamis.

Detail info pelatihan, hubungi team ALC sekarang