Creative Thinking : Arti, Manfaat dan Cara Melatihnya, Kenali Lebih Lanjut!

Daftar Isi

Pasti Anda pernah mendengar istilah creative thinking bukan? Istilah ini banyak disinggung dalam kehidupan, terutama dalam dunia kerja. Lantas, sudahkah Anda mengetahui definisinya dan mengapa keterampilan ini sangat dibutuhkan bagi semua anggota perusahaan?

Banyak orang yang beranggapan bahwa creative thinking hanya dibutuhkan oleh orang-orang yang bekerja dalam bidang kreatif. Misalnya seorang seniman, aktor, musisi, sutradara, ilmuan, dan pekerja dibidang seni lainnya.

Padahal anggapan atau opini tersebut tidaklah benar. Memiliki kemampuan berpikiri kreatif atau creative thinking merupakan kebutuhan semua orang, termasuk staff hingga pemimpin perusahaan.

Dalam dunia pekerjaan, Anda membutuhkan soft skill ini untuk bisa mengatasi segala situasi yang bisa berubah kapan pun. Berbagai permasalahan dapat diselesaikan jika mampu melihat dari sisi yang tidak bisa dilihat oleh orang lain.

Dengan berpikir kreatif semua anggota tim akan mampu mengatasi masalah, mencegah terjadinya masalah terulang lagi di masa depan. Selain untuk mencari ide baru, kemampuan creative thinking bisa dilakukan untuk mengevaluasi hasil pekerjaan loh.

Setelah melihat penjelasan singkat mengenai creative thinking, maka sangat penting untuk dilakukan dalam pekerjaan bukan? Oleh karena itu, kali ini ALC Leadership Management membawakan topik mengenai Creative Thinking, untuk bisa memberikan gambaran apa tujuan dan manfaatnya untuk perusahaan Anda. Yuk disimak.

Apa itu Creative Thinking?

Creative thinking artinya skill atau kemampuan untuk berpikir secara lebih luas, diluar kebiasaaan, dan tidak terpikirkan oleh orang lain. Kreativitas ini dapat membuat seseorang bisa memiliki kemampuan untuk melihat dari berbagai sisi. Istilah kerennya adalah “out of the box”.

Menemukan gagasan atau ide yang “out of the box” adalah skill yang sangat istimewa dan tidak semua orang bisa melakukan hal itu. Namun Anda jangan khawatir, creative thinking skill bisa dipelajari dan dilatih loh.

Kemampuan ini diharapkan ada pada setiap SDM di perusahaan besar, sehingga bisa menghasilkan sebuah solusi dan menyelesaikan suatu persoalan yang ada di lingkungan perusahaan.

Apa Saja Indikator Creative Thinking?

Creative thinking adalah salah satu kemampuan yang memberikan dampak baik bagi seseorang yang memilikinya. Kemampuan berpikir kreatif ini tidak hanya berkaitan dengan hal-hal yang membutuhkan imajinasi seperti membuat karya seni.

Melansir dari salah satu jurnal Universitas Negeri Semarang, kemampuan berpikir kreatif, menurut Munandar (2009), memiliki empat aspek indikator, antara lain kemampuan berpikir lancar, berpikir luwes, berpikir orisinil, dan berpikir merinci.

Baca juga :

5 Skill Critical Thinking yang Perlu Dimiliki Seorang Pemimpin

Contoh Kemampuan Creative Thinking

Dari empat indikator di atas, seseorang dapat melakukan banyak hal dari creative thinking, antara lain membuat karya seni, menemukan cara untuk efisiensi biaya, menemukan alur kerja yang efektif, problem solving, penulisan kreatif, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, creative thinking juga berperan terhadap kemampuan komunikasi seseorang. Seseorang dengan kemampuan berpikir kreatif akan mudah dalam menanggapi lawan bicara dan membuat proses komunikasi menjadi jelas dan tidak membosankan.

Manfaat Creative Thinking 

Dengan mengasah kemampuan ini, seseorang dapat meraih solusi yang unik dan out-of-the-box, memecahkan masalah yang kompleks, dan menciptakan ide-ide segar yang dapat menghadirkan perubahan positif. Berikut ini akan dijelaskan beberapa manfaat penting dari penerapan creative thinking dalam kehidupan sehari-hari dan lingkungan kerja.

1. Menjadi Optimis

Seseorang yang memiliki kemampuan berpikir kreatif akan selalu menjadi optimis, karena ia merasa semua masalah pasti memiliki jalan keluarnya. Sehingga ia akan cenderung terus bersifat optimis dalam situasi apapun dan tidak mudah menyerah serta selalu percaya diri.

2. Menjadi Problem Solver Yang Baik

Hambatan dan masalah pasti akan kerap terjadi di kehidupan dan hal tersebut tidak bisa kita hindari dan kita cegah. Dengan menjadika berpikir kreatif sebuah kebiasaan, Anda akan mampu mengatasi berbagai macam permasalahan. Kenapa begitu? Karena dengan creative thinking skill Anda terus mempelajari cara baru dalam memecahkan masalah.

3. Menumbuhkan Berbagai Inovasi

Dalam merancang sebuah strategi yang bersifat inovasi Anda harus menggunakan “alat-alat” yang memang sudah Anda rancang untuk mengatasi permasalahan yang ada.

Misalnya, Nadiem Makarim yang berhasil menciptakan Aplikasi Gojek, untuk mengatasi permasalahan transportasi dan kebutuhan akan transportasi dengan berbasis kemudahan serta teknologi. Hal-hal seperti inilah yang hanya mampu dilihat oleh orang-orang yang berpikir kreatif.

4. Menurunkan Stress

Berpikir kreatif juga bisa menurunkan stress loh. Kenapa, kok bisa ya? Dikutip dari entrepreneur.com, menunjukkan bahwa sebanyak 75% orang mengalami penurunan kadar hormon stress (kortisol) saat diminta untuk berpikir kreatif. Wah, sangat keren sekali bukan? Sudah terbukti secara medis dan ilmiah loh.

Cara Melatih Kemampuan Creative Thinking Menurut Ainy Fauziyah

Menurut Ainy Fauziyah, seorang motivator terbaik di Indonesia dan motivator terkenal di Indonesia mengatakan bahwa ada 4 cara melatih creative thinking, diantaranya :

1. Pertanyaakan Hal Yang Tidak Biasa

Kemampuan berpikir kreatif merupakan seni mecari solusi. Bukan mencari masalah ya. Dari kemampuan ini Anda bisa belajar berpikir kritis dan mengeluarkan ide-ide baru, misalnya jika sudah tercipta solusi A itu merupakan solusi yang baik, namun Anda juga bisa berpikir solusi B atas permasalahan yang sama. Ide-ide kreatif seperti inilah yang Anda butuhkan untuk meningkatkan kinerja Anda di perusahaan dan di keseharian.

2. Ikuti Pelatihan Online

Pelatihan online bisa Anda manfaatkan dalam situasi pandemi untuk menambah kemampuan berpikir kreatif. Para penyelenggara biasanya akan menyediakan kelas online yang berisikan materi-materi bahkan video interaktif dan berbicara dengan coach/trainer yang ahli dibidang kreatif. Anda hanya memilih kelas dan materi mana yang Anda ingin ikuti. Mudah sekali bukan?

3. Jangan Takut Gagal

Ketika Anda mempraktikan ide atau gagasan yang dimiliki, jangan pernah untuk takut gagal ya. Perasaan ini bisa menghambat kemampuan Anda. Sebenarnya Anda tidak perlu khawatir, karena setiap orang berproses dan tidak bisa langsung menjadi sempurna. Kesalahan adalah bagian dari proses pembelajaran, berikan kemampuan terbaik yang Anda miliki.

4. The Power of Imagination

Kekuatan imajinasi merupakan rahasia utama seseorang mampu berpikir kreatif. Anda pasti mengenal Albert Einsten, seorang ilmuan cerdas yang mempercayai bahwa imajinasi bisa lebih kuat dan juga luas dibandingkan dengan ilmu pengetahuan. Ya karena ilmu pengetahuan itu pasti terbatas, sedangkan kemamuan berpikir kreatif tidak. Jadi Anda bisa memanfaatkan kekuatan imajinasi.

5. Knowing How to See 

Mengetahui cara meihat sesuatu dengan baik dapat mengembangkan kemampuan otak. Semua orang sudah mengetahui bahwa faktanya otak kita memiliki kekuatan besar melebihi gadget tercanggih. Tuhan menciptakan otak untuk bisa dimanfaatkan sebaik mungkin.

Knowing how to see adalah cara kita melihat sesuatu tidak hanya melalui mata, tetapi melalui pengamatan, intuisi, dan kemampuan untuk memahami sebuah informasi.

6. Unclock Your Inner Creativity 

Semua orang bisa menjadi kreatif loh. Jangan membatasi dan mengklaim diri Anda tidak kreatif. Anda bisa menjadi individu yang kreatif dengan mengubah pola pikir. Berpikir kreatif tidak harus berasal dari ide yang besar loh.

7. Spark Your New Ideas 

Bagian paling berdampak dari berpikir secara kreatif adalah menemukan dan mengekseskusi ide. Cara yang paling mudah adalah melihat hal-hal unik yang terjadi di sekitar kita. Anda bisa memanfaatkan metode brainstorming. Metode yang bisa Anda manfaatkan ketika menemukan ide kreatif secara spontan. Anda bisa melakukan metode ini dengan cara menuliskannya pada kertas.

Baca juga :

Jasa Training Leadership, 10 Cara Ini Terbukti Dapat Menemukannya

Kesimpulan 

Nah, itu dia pengertian, indikator, hingga manfaat kemampuan creative thinking. Ternyata, creative thinking tidak terbatas sebagai kemampuan yang berkaitan dengan seni, melainkan sangat luas hingga memberikan banyak manfaat. Maka dari itu, sangat penting bagi individu untuk mengasah skill creative thinking ini.

Jika membutuhkan lembaga training untuk mengadakan pelatihan bagi Sumber Daya Manusia di perusahaan Anda, ALC Leadership Management memiliki program training SDM dengan pendekatan yang berbeda.

Selain itu ALC Leadership Management juga memiliki program training dengan topik Creative Thinking, Anda akan diberikan pelatihan bagaimana memikirkan yang tak terpikirkan dan mengucapkan yang tak terucapkan, Jiwa kreatif anda terbangkitkan.

Begitu juga dengan ide-ide baru Anda yang akam semakin cemerlang. Mengubah cara pandang & mendorong  Anda bertindak nyata. Membangkitkan daya imajinasi, yang berdampak pada peningkatan performance Anda & tim tercinta.

Dan topik training lainnya seperti Working ExcellenceMaximized Your Potential, Bost Your Performance, dan Dahsyatnya Nilai DiriTraining bisa diadakan secara offline maupun online.

Tingkatkan keahlian SDM Anda hari ini :

– Ketahui bagaimana mengubah cara pandang Anda akan pentingnya bekerja dengan integritas sekaligus memahami dampaknya pada pola pikir, sikap & perilaku, melalui The Power of Integrity.

– Pahami bagaimana cara Meningkatkan kecerdasan emosi yang berdampak pada perkembangan karir, bisnis serta prestasi, melalui The Power of Working with Emotional Intelligence

– Pelajari bagaimana cara mendorong Anda fokus dalam meningkatkan pola pikir serta membangun impact dampak melalui kebiasaan positif, baik di pekerjaan, bisnis maupun kehidupan sehari-hari dengan ALC Method, melalui Boost Your Focus, Increase Your Impact.

Untuk menjadi pemimpin yang kreatif, kita harus memiliki kemampuan untuk berpikir secara lebih luas, diluar kebiasaaan, dan tidak terpikirkan oleh orang lain. Agar dapat memiliki itu semua yuk segera daftarkan diri Anda pada pelatihan creative thinking ini sekarang juga!

Creative Thinking Berpikir Kreatif & Menjadi Lebih Produktif
Creative Thinking

Jadwal Pelatihan :

Kamis, 27 Juli2023

09.00 – 16.00 WIB

Online via Zoom

Detail info pelatihan hubungi team ALC di 087779199555
Jadwal Training Publik Online 2023
Training Online Creative Thinking
  • 25/04/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Self Leadership in Challenging Times
  • 02/05/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Great Leaders, Great Influencers
  • 16/05/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Creative Problem Solving and Decision Making
  • 30/05/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Leading The Millennials
  • 06/06/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Creative Negotiation Skills
  • 12/06/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom