5 Keuntungan Pelatihan Online Untuk Meningkatkan Motivasi SDM

Pelatihan Online

Daftar Isi

Pelatihan online, sudahkah Anda mengetahui keuntungannya?

Pelatihan online belakangan ini menjadi salah satu alternatif yang dapat dipertimbangkan untuk program training leadership management dengan lebih fleksibel.

Jika saat ini Anda merasa membutuhkan pelatihan untuk bisa meningkatkan motivasi diri sendiri sebagai karyawan yang baik maka tidak perlu khawatir karena terdapat banyak pelatihan online berkenaan dengan pelatihan dan pengembangan SDM.

Apa yang Dimaksud dengan Pelatihan Online?

Pelatihan online atau kursus online merupakan sebuah cara pembelajaran dalam bentuk rangkaian program training yang dilakukan secara virtual tanpa harus hadir di tempat secara fisik.

Jenis kelas online leadership seperti ini mulai ramai dijadikan alternatif terbaik semenjak hadir pandemi covid-19 sehingga peserta dapat tetap mengikuti materi pelatihan, berinteraksi serta berdiskusi menggunakan media online.

Keuntungan Pelatihan Online Bagi Karyawan

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan karyawan dengan mengikuti kursus online leadership mulai dari waktu yang fleksibel dan juga materi terbaik yang sudah disusun oleh pelatih profesional.

Tentu saja pelatihan leadership skill secara online ini akan membuat Anda mendapatkan manfaat dan mewujudkan tujuan yang Anda inginkan ketika selesai pelatihan. Anda tidak perlu ragu karena sudah banyak yang membuktikan keuntungan Ketika mengikuti pelatihan online dalam hal meningkatkan motivasi SDM.

Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan mengikuti pelatihan online agar meningkatkan kualitas diri Anda sebagai seorang pegawai dapat meningkat, diantaranya adalah:

Baca juga :

Simak 5 Cara Membangkitkan Semangat Kerja, Dijamin Ampuh!

Pertama, Pelatihan yang Lebih Interaktif dan Bersemangat

Materi leadership training yang disampaikan secara online dan dengan tepat metode dapat membantu suasana menjadi jauh interaktif dan bersemangat.Sebab, hal ini menjadi tujuan bagi para pelatih untuk membuat suasana sama seperti ketika tatap muka.

Anda sebagai peserta juga tidak perlu khawatir atau merasa malu terhadap orang lain atau peserta lain karena Anda mengikutinya di ruangan Anda sendiri. Berbeda dengan pelatihan yang dilakukan secara offline,  tentu saja akan bertemu dengan beberapa peserta lain sehingga Anda harus menunjukkan diri Anda dan hal ini tidak membuat nyaman bagi beberapa individu.

Selain itu, pelatihan online juga akan menjadi interaktif antara Anda dan pelatih sehingga membuat suasana menjadi sangat bersemangat dan Anda tidak kehilangan tujuan awal mengapa mengikuti pelatihan tersebut.

Anda juga tidak perlu khawatir karena tidak ada tempat khusus atau tempat wajib harus dikunjungi untuk bisa mengikuti pelatihan ini Anda dapat menciptakan ruangan sendiri untuk menempuh kelas pelatihan secara online. Hal ini bisa membuat Anda menjadi lebih bersemangat dalam menjalani pelatihan.

Kedua, Cocok untuk Anda yang Sibuk

Sebagai seorang karyawan tentu saja tak sedikit waktu yang bisa diluangkan agar dapat mengikuti training seperti pelatihan kepemimpinan yang cenderung dilakukan dalam skala waktu tertentu. 

Salah satu solusinya adalah dengan mengikuti pelatihan karyawan yang bersifat online sehingga Anda bisa mengikuti di mana saja ketika Anda senggang dan tidak terpaku pada waktu seperti pelatihan yang dilakukan dengan sistem offline.

Ada yang sibuk juga akan memiliki Kesempatan agar dapat mengembangkan diri dan kepribadian dengan mengikuti pelatihan online. Tidak akan ada hambatan bagi Anda untuk mendapatkan ilmu dan pelatihan baru hanya karena memiliki waktu yang sangat sibuk.

Jadi, pelatihan online ini sangat cocok bagi Anda yang bekerja di segala sektor,  tentu saja profesionalisme seorang pegawai ditentukan dengan hasil kerja yang dimiliki dan untuk mendapatkan ini seorang karyawan harus bisa memiliki motivasi diri yang baik.  Itulah mengapa Anda harus mengikuti pelatihan online khususnya pelatihan dan pengembangan karyawan.

Ketiga, Memungkinkan Terjadinya Pembelajaran Berkelanjutan

Dalam sistem pelatihan online, materi yang diberikan dapat diakses berulang kali tanpa batasan. Pasalnya, materi pelatihan memang diberikan dalam bentuk dokumen, foto, video, atau data. Dengan begitu, Anda bisa mempelajari berbagai hal tanpa perlu membawa modul pelatihan.

Bahkan, di banyak lembaga pelatihan dan pengembangan karyawan, selama proses pembelajaran dapat diakses kembali rekamannya oleh para peserta sehingga dapat memberikan pemahaman yang lebih baik saat mempelajarinya lagi.

Keempat, Hasil Kerja Langsung Dinilai

Meskipun pelatihan diadakan secara online, tetapi setiap karyawan tetap memiliki kewajiban dan tanggung jawab atas kemudahan yang sudah didapatkan. Bila Anda ingin dinyatakan lulus, Anda harus mengikuti quiz, menjawab soal, atau sistem ujian lain yang diberikan perusahaan. Nantinya, Anda dapat langsung melihat nilai Anda berkat fitur scoring. Bila dilihat dari waktu, pelatihan online juga jauh lebih singkat dan efisien, bukan?

Baca juga :

Tujuan Motivasi SDM Ini Sangat Efektif Bagi Peningkatan Kinerja

Kelima, Hemat Biaya

Berdasarkan sebuah studi yang berjudul Evaluation of the Cost-Effectiveness of Virtual and Traditional Education Models in Higher Education, pembelajaran yang dilakukan secara online akan memberikan penawaran biaya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan training tatap muka.

Sebagai karyawan, Anda juga diharuskan untuk mengeluarkan biaya selama leadership training program tatap muka. Meskipun tidak terang-terangan, tapi secara tidak langsung Anda harus membayar biaya transportasi, makan, dan lain sebagainya. Dengan adanya pelatihan secara online, Anda akan lebih menghemat biaya. Dalam training karyawan secara online, Anda hanya butuh smartphone atau PC dan jaringan internet.

Bahkan tidak jarang banyak yang mengadakan pelatihan online gratis sehingga para peserta bisa mendapatkan ilmu dna pengetahuan baru secara mudah dan praktis tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeserpun.

Nah, Setelah menyimak Pelatihan Online untuk meningkatkan motivasi SDM, sudahkah perusahaan Anda menjalankan program training tersebut? Jika sudah, seberapa efektif melakukannya?

ALC Leadership Management memiliki program pengembangan karyawan dengan pendekatan yang berbeda. Training bisa diadakan secara offline maupun online. Beberapa contoh materi program training untuk manager yang disukai klien kami di antaranya The Power of Integrity, The Power of Working with Emotional Intelligence, Boost Your Focus, Increase Your Impact, dsb.

Tingkatkan keahlian SDM Anda hari ini :

– Ketahui bagaimana mengubah cara pandang Anda akan pentingnya bekerja dengan integritas sekaligus memahami dampaknya pada pola pikir, sikap & perilaku, melalui The Power of Integrity.

– Pahami bagaimana cara Meningkatkan kecerdasan emosi yang berdampak pada perkembangan karir, bisnis serta prestasi, melalui The Power of Working with Emotional Intelligence

– Pelajari bagaimana cara mendorong Anda fokus dalam meningkatkan pola pikir serta membangun impact dampak melalui kebiasaan positif, baik di pekerjaan, bisnis maupun kehidupan sehari-hari dengan ALC Method, melalui Boost Your Focus, Increase Your Impact

Detail info training hubungi team ALC di 087779199555

EnglishIndonesian
Follow by Email
Pinterest0
fb-share-icon
WhatsApp