4 Manfaat In House Training Program Dalam Berbagai Bidang

In House Training Program

Daftar Isi

In house training program, sudahkah Anda mengetahui manfaatnya untuk bidang lain?

Sebagai perusahan besar, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya in house training program. In House Training adalah salah satu bentuk program pelatihan dan pengembangan SDM, di mana penentuan materi, waktu, dan tempat pelatihan disesuaikan dengan keinginan peserta atau perusahaan.

Ternyata pelatihan in house training tidak hanya untuk keperluan bisnis dan perusahaan saja melainkan dapat digunakan untuk berbagai hal, di antaranya yaitu untuk meningkatkan kompetensi.

Menurut riset dari Federal University of Santa Catarina, kompetensi adalah kualitas yang perlu dimiliki seseorang agar mereka bisa bekerja secara efektif dan efisien, serta mengembangkan potensi diri ke level yang lebih tinggi.

Jadi, mengikuti pelatihan in house training bukan hanya untuk kepentingan perusahaan, namun juga untuk pribadi karyawan tersebut.

Selain in house training, Anda mungkin juga familiar dengan istilah public training. Apa perbedaan pelatihan inhouse training dengan public training? Untuk memahaminya, Anda tentu perlu mengetahui masing-masing pengertian dari public training dan in house training.

Apa Itu Public Training dan In House Training?

Seperti yang sempat disebutkan di atas, in house training atau yang sering disingkat dengan IHT adalah program pelatihan yang diadakan oleh lembaga pelatihan dengan materi, waktu, dan tempat sesuai dengan permintaan instansi bersangkutan.

Sedangkan, public training merupakan pelatihan SDM atau pelatihan karyawan yang menyesuaikan dengan lembaga penyelenggara pelatihan. Dengan kata lain, pelatihannya telah dirancang dan direncanakan oleh lembaga penyelenggara pelatihan, kemudian instansi mengirimkan karyawan untuk menjadi peserta pelatihan tersebut.

Karena bersifat public, dalam program pelatihan public training juga akan ada banyak peserta dari instansi. Jadi, antara public training dan in house training artinya terdapat perbedaan konsep penyelenggaraan dan peserta pelatihan, di mana pada in house training seluruh pesertanya berasal dari instansi yang sama.

Baca juga : 5 Manfaat Jasa In House Training Untuk Meningkatkan Kualitas SDM Perusahaan

Program In House Training 

Pertama, untuk seorang dosen. 

In house training program dapat digunakan untuk dosen yang ingin mengajar dengan tepat. Memilki anak didik dengan usia yang sudah dewasa merupakan tantangan yang sangat luar biasa. Mereka merasa telah menemukan jati diri dan sangat susah untuk diatur. Namun, di sisi lain Anda sebagai dosen pastinya memilki target pembelajaran.

Kegiatan in house training dilakukan untuk melakukan perencanaan pembelajaran, penguasaan pembelajaran baik secara daring (online) maupun luring (offline) dan juga untuk meningkatkan kompetensi pedagogik para dosen atau kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik.

Dengan mengikuti in house training maka Anda bisa dilatih bagaimana kedua hal tersebut dapat berjalan dengan lancar. Anda bisa mengondisikan mahasiswa dan juga bisa mencapai target pembelajaran dengan tepat.

Kedua, untuk seorang pelatih.

Pelatih dapat membuat Atlet yang dilatih menjadi lebih semangat. Tak hanya dosen saja, sebagai seorang pelatih di bidang olahraga pastinya Anda harus membuat atlet yang dilatihnya menjadi juara. Anda akan dikatakan berhasil jika bisa berhasil membawa seorang atlet mengikuti pertandingan dan akhirnya menjadi juara.

Seorang pelatih harus dapat menentukan beban latihan yang sesuai dengan kebutuhan para atlet, selain itu pelatih juga harus mampu membina mental dan karakter sang atlet. Pelatih harus mampu menjadi motivator dan membantu atlet dalam memecahkan permasalahan yang mereka hadapi.

Dengan adanya in house training ini maka Anda tidak perlu bingung lagi bagaimana membuat atlet menjadi lebih bersemangat, tanpa menggunakan kekerasan atau bentakan. Mereka bisa menjadi atlet yang membanggakan. Anda bisa membantu mewujudkan cita-cita seseorang, namun Anda juga tetap dapat mendapatkan karir yang cemerlang. in house training bisa jadi investasi yang cukup menjanjikan untuk keberlangsungan karir Anda.

Ketiga, untuk seorang guru. 

Guru akan Lebih memahami berbagai tantangan pengajaran di masa depan dengan program in house training. Tidak hanya dosen yang berhubungan dengan mahasiswa dewasa yang sulit.

Guru juga akan mengadapai anak didiknya dimulai dari mereka kecil hingga tumbuh dewasa yang tentunya memilki tantangan tersendiri. Apalagi dengan adanya program pembelajaran jarak jauh ini membuat sebagian guru bingung untuk menerapkan sistem pembelajaran yang dapat mudah dimengerti oleh anak didiknya.

Melalui program in house training, usaha pelatihan atau pembinaan yang memberi kesempatan kepada guru untuk mendapatkan pengembangan kinerja. In house training dapat meningkatkan kualitas dan mengembangkan kompetensi guru dalam mempersiapkan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran. 

Dengan mempercayakan kepada jasa training yang satu ini, Anda akan diajarkan semua hal mengenai proses mengajar yang tepat. Serta mempersiapkan para guru dalam melaksanakan pembejaran jarak jauh sehingga Anda akan lebih mudah mengajar dan anak didik Anda pun juga bisa menjadi lebih pintar.

Baca juga : Public Training Vs In House Training, Mana Yang Terbaik?

Keempat, untuk seorang UKM Pemula. 

UKM pemula bisa cepat maju dan mendapatkan keuntungan yang cukup memuaskan. Tidak hanya bisnis besar yang membutuhkan in house training ini, Usaha Kecil Menegah atau UKM juga bisa cepat maju dengan mengadakan training internal ini. UKM yang skalanya kecil dan sering terombang ambing akan semakin kuat dan keuntungan yang didapatakan akan semakin besar.

Tujuan in house training untuk UKM adalah untuk meningkatkan kemampuan teknis peserta, juga diharapkan dapat mendorong tumbuhnya usaha menjadi semakin maju. Melalui kegiatan ini para peserta akan lebih memahami bagaimana perilaku konsumsi konsumen yang terkadang banyak dipengaruhi oleh perkembangan zaman dan gaya hidup.

Sehingga pelaku UKM diharapakan dapat mengetahui kebutuhan pasar yang saat ini tidak hanya ditentukan oleh kebutuhan akan fungsinya tetapi ditentukan oleh keinginan pasar. Serta dapat mengubah penghalang menjadi peluang. Contohnya bagaimana memanfaatkan masa pandemi untuk kemajuan usaha.

ALC Leadership Management sebagai training provider terbaik, akan membantu Anda untuk meningkatkatkan kualitas SDM melalui program in house training. ALC memilki program pelatihan pengembangan sdm dengan pendekatan yang berbeda.

Detail info pelatihan hubungi team ALC di 087779199555

EnglishIndonesian
Follow by Email
Pinterest0
fb-share-icon
WhatsApp