5 Metode Pelatihan Manajerial untuk Kemajuan Perusahaan, Yang Ke-5 Paling Penting!

Daftar Isi

Seiring berjalannya waktu, pelatihan manajerial menjadi hal penting yang hampir tidak bisa dipisahkan dari kemajuan perusahaan. Sebab majunya teknologi dari tahun ke tahun secara tidak langsung akan menciptakan kesenjangan bakat diantara para karyawan antara perusahaan.

Inilah mengapa tidak heran beberapa tahun ke belakang ini banyak perusahaan yang akhirnya mengalihkan perhatian penuh mereka ke training manajerial yang berkelanjutan untuk karyawan. Bahkan berdasarkan training industry report tahun 2018 perusahaan di Amerika menginvestasikan sebanyak $87,6 miliar untuk mengadakan program training management pada tahun 2018.

Namun apa sebenarnya pelatihan pelatihan manajerial itu dan bagaimana metode yang paling efektif untuk membantu memajukan perusahaan? Simak ulasannya pada artikel ini!

Apa itu Pelatihan Manajerial?

Berdasarkan Jurnal Agora (2015), pelatihan manajerial adalah sebuah program dalam manajemen untuk membantu mengurangi penurunan kualitas SDM di dalam perusahaan sehingga dapat menghadapi perkembangan teknologi yang terus berkembang.

Hal ini tidak hanya membantu untuk meningkatkan kemampuan karyawan namun juga mempersiapkan perusahaan agar dapat bersaing antar industri yang semakin ketat. Sekaligus, jenis pelatihan manajerial yang tepat akan mampu mendorong karyawan agar dapat memperoleh hasil terbaik sesuai dengan tujuan perusahaan.

Tujuan Pelatihan Manajerial

Ada berbagai tujuan pelatihan manajerial yang menjadi latar belakang sebuah perusahaan untuk mengadakannya, akan tetapi yang paling utama adalah untuk meningkatkan produktivitas semua karyawan dengan memotivasi dan mendidik manajer.

Hal ini tentu akan meningkatkan manajerial skill dikalangan para manajer khususnya tingkat kepercayaan. Ketika kepercayaan manajer meningkat, maka kemampuan manajer untuk menerapkan strategi perusahaan, mengurangi konflik internal dan melatih bawahan untuk bekerja lebih baik.

Baca juga :

5 Manfaat Training Managerial untuk Perkembangan Perusahaan

5 Metode Pelatihan Manajerial Efektif untuk Para Manager

Dalam rangka memajukan kualitas SDM perusahaan tentu mengadakan pelatihan manajerial menjadi sesuatu yang harus dipertimbangkan. Namun, materi training untuk manager ini hanya dapat dilakukan dengan metode yang efektif agar memberikan pelatihan yang dapat meningkatkan managerial skill.

Berikut adalah 5 metode pelatihan manajerial yang efektif dan penting untuk dilakukan oleh setiap management dalam perusahaan agar dapat memberikan dampak baik untuk kemajuan perusahaan, diantaranya adalah:

1. Coaching (Pembinaan)

Salah satu metode dari materi pelatihan manajerial yang terbukti efektif untuk diaplikasikan yaitu adalah coaching. Seorang individu yang lebih berpengalaman dengan keterampilan manajemen yang sangat baik membantu karyawannya untuk dapat memenuhi tujuan perusahaan.

Umumnya, di dalam rangkaian program training managerial skill coaching akan dilakukan dengan membantu para manajer agar dapat bekerja sama dengan karyawannya. Karena itulah, manajer baru harus terbuka untuk berubah dengan menerima umpan balik dari bawahannya.

Sebab, para manajer bertanggung jawab untuk dapat memberikan pembinaan dengan memotivasi karyawan dan membantunya untuk mengembangkan keterampilan manajemen agar mendukung kemajuan perusahaan.

2. Rotasi Pekerjaan (Job Rotation)

Ada beberapa posisi yang dapat mengaplikasikan salah satu metode untuk melaksanakan  training manajerial secara efektif menggunakan job rotation atau rotasi pekerjaan.

Rotasi pekerjaan dapat meningkatkan motivasi dan komitmen karyawan dalam bekerja. Contoh pelatihan manajerial yang satu ini dapat memberikan kesempatan kepada seseorang untuk lebih berkembang dan bekerja menuju promosi dan menimbulkan kepuasan dan kerjasama.

Hal ini akan membantu seorang manager atau karyawan dari spesialis menjadi generalis serta meningkatkan pengalaman dan merangsang pengembangan ide-ide baru.

Walaupun begitu, tidak semua posisi dan jabatan dapat mengaplikasikan metode ini sehingga management dapat menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan dan potensi karyawan.

3. Job Shadowing

Job shadowing merupakan contoh pelatihan manajerial yang dapat diaplikasikan untuk karyawan baru di dalam perusahaan. Metode ini berfungsi untuk menghasilkan keterlibatan dan minat karyawan sekaligus memberikan seorang trainee kesempatan untuk melihat pekerjaan mereka dari perspektif lain.

Dalam praktiknya, Job shadowing dilakukan dengan seorang karyawan baru mengamati karyawan senior saat mereka bekerja, mengajukan pertanyaan, dan terkadang membantu tugas mereka.

Tujuannya adalah agar karyawan baru dapat memahami bagaimana mereka harus melakukan pekerjaan tersebut mereka sebelum benar-benar harus melakukannya secara mandiri.

Baca juga :

7 Jenis Program Pelatihan dan Pengembangan SDM yang Perlu Anda Ketahui

4. Team Training

Team training juga menjadi  salah satu program training management yang memiliki tujuan penting yaitu untuk menghubungkan setiap individu di dalam tim. Dengan demikian, metode ini dapat membantu timbulnya kepercayaan kepada pemimpin di dalam tim sekaligus menghadikna kolaborasi untuk mencapai tujuan bersama.

5. Memilih Program Pelatihan yang Diadakan oleh Provider Training Terpercaya

Hal paling penting yang dapat perusahaan lakukan untuk mendapatkan program pelatihan manajerial adalah dengan memilih provider training terpercaya yang telah terbukti berpengalaman dalam memotivasi karyawan di banyak perusahaan.

Kesimpulan

Salah satu provider training terpercaya yang dapat Anda pilih untuk memberikan materi pelatihan manajerial lengkap yaitu adalah ALC Leadership Management. ALC menghadirkan berbagai program dan materi training manajerial baik itu coaching and mentoring hingga coaching and counseling untuk membantu perusahaan Anda meningkatkan kualitas SDM yang ada.

Ingin menjadi pemimpin tegas dan rendah hati. Yuk daftarkan diri Anda sekarang juga di training online “Assertive Leadership”. Penasaran seperti apa pelatihannya? Cek jadwalnya dibawah ini ya!

Assertive Leadership Cаrа Menjadi Pеmіmріn Tеgаѕ & Rеndаh Hati
Assertive Leadership

Jadwal Pelatihan :

Kamis, 7 September 2023

09.00 – 16.00 WIB

Online via Zoom

Detail info pelatihan manajerial
Jadwal Training Publik Online 2023
Training Online Effective Communication Skills
  • 25/01/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Coaching and Mentoring
  • 15/02/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Supervisory Skills for Great Supervisor
  • 22/02/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Leadership Fundamental
  • 14/03/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Procurement and Purchasing
  • 20/03/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Assertive Leadership
  • 28/03/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom