Kenali 5 Tipe Pemimpin - ALC Leadership Training Indonesia

Leadership Training Indonesia

Leadership Training Indonesia, sudahkah Anda mengenalinya?

Program ini membantu Anda menentukan jenis mempimpin efektif bagi tim Anda. Style atau gaya kepemimpinan ada banyak jenisnya. Tetapi pada dasarnya, kepemimpinan bermuara pada dua style yang berbeda, yakni kepemimpinan yang berorientasi pada tugas dan berorientasi pada orang/ karyawannya.

Yang pertama lebih fokus pada menyelesaikan sesuatu. Sementara yang lainnya lebih mementingkan perasaan orang lain. Dan Interaksi antara keduanyalah yang menciptakan gaya kepemimpinan lainnya. Nah, lantas, dimana style kepemimpinan ini berperan?

Untuk menjadi pemimpin yang lebih baik, kita perlu tahu di mana posisi kita hari ini. Setiap gaya kepemimpinan memiliki dampak unik yang berbeda pada perusahaan. Berikut 8 gaya kepemimpinan efektif yang nantinya bisa Anda sesuaikan sesuai budaya perusahaan.

5 Tipe Kepemimpinan Leadership Training Indonesia

Pertama, democratic leadership atau bahasa mudahnya kepemimpinan demokratis. Dalam sebuah organisasi baik komunitas ataupun perusahaan, gaya kepemimpinan demokratis menjadi favorit bagi para karyawan. Terdapat  berbagai alasan yang mendasari pimpinan demokratis begitu diharapkan. Salah satunya adalah karena kepemimpinan demokratis memiliki slogan “dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat”.

Maknanya setiap keputusan dan ide berasal dari karyawan dan nantinya usulan tersebut dilakukan bersama oleh karyawan yang bertujuan untuk memenuhi kepentingan karyawan itu sendiri. Bukan hal mudah untuk menerapkan gaya kepemimpinan ini pada perusahaan. Sehingga training leadership Indonesia dapat dijadikan sebagai fasilitas untuk melatih pemimpin sebagai koordinator dan juga integrator.

Baca juga : 5 Cara Memilih Lembaga Training Leadership Indonesia Terbaik

Kedua, kepemimpinan otokratis atau bahasa kerennya autocratic leadership. Kepemimpinan otokratis adalah kebalikan dari kepemimpinan demokratis. Dalam hal ini, pemimpin membuat keputusan tanpa mengambil masukan dari siapa pun. Karyawan tidak dimintai pendapat dan diharapkan mematuhi keputusan pada waktu yang telah ditetapkan.

Ya, keuntungan dari jenis leadership ini adalah pengambilan keputusan yang cepat, produktivitas meningkat, bisa menghandle krisis lebih efektif, dan mengurangi tingkat stress karawan karena mereka tidak terlibat secara langsung. Tipe kepemimpinan ini cocok diterapkan apabila perusahaan kita dalam keadaan genting.

Namun jika perusahaan kita tidak dalam keadaan genting, sebaiknya jangan dilakukan. Mengapa? Mari kita lihat dari sisi humanisnya. Dalam memimpin, kita harus senantiasa terbuka/ open minded. Dengan keterbukaan, kecerdasan dan perspektif anggota tim lainnya akan meningkat pesat.

Ketiga, coach-style leadership. Anda kenal coach/ pelatih club sepak bola kesayangan Anda? Ya, mirip dengan pelatih sepak bola, pemimpin ini berfokus pada mengidentifikasi dan memaintain kekuatan individu dari setiap anggota di timnya. Mereka juga fokus pada strategi tim untuk bekerja sama dengan lebih baik. Gaya kepemimpinan ini memiliki kemiripan dengan kepemimpinan demokratis. Bedanya, style ini lebih menekankan pada perkembangan masing-masing karyawan.

Bagaimana cara mengembangkan potensi karyawan? Coach-style leadership adalah memimpin dengan menginspirasi, membangun kepercayaan diri, dan mengajarkan karyawan skill baru per individu. Maka dari itu, seorang leader harus memiliki skill komunikasi dan sosialisasi yang baik. Salah satu manfaat dari leadership training Indonesia adalah mengembangan kemampuan berkomunikasi. Jadi sudah jelas kan, apa yang bisa Anda lakukan selanjunya. 

Keempat, strategic leadership atau kepemimpinan strategis. Sebagai seorang pemimpin kita harus berpikir dan bertindak strategis. Begitu pula dengan tim kita. Konteks dari strategi adalah karyawan memprediksi setiap kebutuhan masing-masing untuk mencapai goals perusahaan. Leadership training Indonesia melatih strategic leader dalam berinovasi, menyamakan persepsi dan mematangkan perencanaan.

Kelima, laissez-faire leadership atau biasa dikenal dengan delegative leadership. Setelah kita tahu bahwa otokratis tidak melibatkan anggotanya dalam mengambil keputusan, delegative leadership justru menyerahkan semua keputusan di tangan anggota. Lantas apa bedanya dengan democratic leadership?

Bedanya, pemimpin angkat tangan dan tidak ikut campur sama sekali dalam pengambilan keputusan. Istilahnya mendelegasikan semua pekerjaan kepada anggotanya. Ya, ada sisi baik dan buruknya. Berita baiknya adalah semua anggota jadi lebih inovatif, cepat dalam mengambil keputusan, serta berkembang secara personal.

Baca juga : Inilah 5 Tips Pelatihan Kepemimpinan Yang Efektif

Perlu digaris bawahi bahwa laissez-faire leadership sangat bergantung pada kemampuan tim. Ini tidak efektif bagi tim yang anggotanya masih kurang pengalaman dan jam terbang. Bisa jadi boomerang yang mengurangi performa kerja dan penurunan produktivitas.

Style leadership ini juga tidak cocok pada lingkungan yang memiliki efisiensi dan produktivitas tinggi. Dikhawatirkan proyek akan berantakan dan tidak bisa mengejar deadline karena tidak adanya bimbingan dan feedback dari leader tim.

Nah, setelah menyimak 5 jenis kepemimpinan, manakah style kepemimpinan yang cocok bagi tim Anda? Apakah Anda sudah pernah menjalani program training tersebut? Jika sudah, seberapa efektifkah melakukannya?

ALC Leadership Management memiliki program training leadership dengan pendekatan yang berbeda. Training bisa diadakan secara offline maupun online. Beberapa contoh materi program pelatihan kepemimpinan yang disukai klien kami di Build Trust in One Minute, Effective Leadership Skills for Manager, Self Leadership in Challenging Times, dsb.

Tingkatkan keahlian Leadership skills Anda hari ini :

– Ketahui bagaimana membuka kesadaran akan besarnya dampak trust pada performance & produktivitas. Membangkitkan tekad untuk membangun kepercayaan melalui 13 sikap, melalui Build Trust in One Minute

– Pahami bagaimana cara meningkatkan 5 skills Anda sebagai effective leader yang berdampak pada meningkatnya hubungan baik dengan team, atasan maupun mitra kerja, melalui Effective Leadership Skills for Manager.

– Pelajari bagaimana cara untuk produktif khususnya di masa sulit dengan 3 langkah. Memanage mindset, meningkatkan 4 skills utama, mendorong Anda untuk fokus pada tujuan besar melalui Self Leadership in Challenging Times

Jadwal Training Online

Arti Creative Negotiation Skills Dan Bagaimana Caranya
  • 21 Juni 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Creative Problem Solving and Decision Making : Tools Pemimpin Sukses
  • 24 Juni 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Self Leadership in Challenging Times
  • 13 Juli 2021 | 09.00 - 11.30 WIB
  • Training Online via Zoom
Expertise di Procurement dan Purchasing, Sulit Kah?
  • 23 Agt 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom

Hubungi Team ALC

  • Celebration Garden Blok AC.9 No. 19 Grand Wisata – Bekasi 17510
  • 02182615440
    087779199555

Tinggalkan Balasan

Share With Your Friends