5 Jenis Topik Pelatihan Karyawan yang Paling Dibutuhkan Saat Ini, Yang Ke-5 Sangat Berpengaruh!

Daftar Isi

Topik pelatihan kayawan merupakan bagian dari program pengembangan karyawan. Dengan memberikan pelatihan dan pengembangan karyawan sehingga akan menciptakan pengetahuan dan kerampilan yang mumpuni dalam diri setiap karyawan di perusahaan untuk menunjang kinerja karyawan di sebuah perusahaan.

Program pelatihan atau training untuk karyawan diharapkan dapat memberikan karyawan tentang skills baru dan memberikan update keterampilan yang dapat meningkatkan produktivitas seorang karyawan ketika bekerja.

Goals besar dari training karyawan yang diisi dengan topik pelatihan karyawan adalah terciptanya seorang karyawan atau sumber daya manusia yang memiliki fokus pada tujuan, yaitu kemajuan perusahaan yang sesuai dengan visi, misi, serta tujuan dan memberikan dampak untuk karyawan itu sendiri diantaranya meningkatnya rasa percaya diri dan juga karir melesat dalam pekerjaan.

Dari Mariliville University, ada 2 survei penting mengenai training karyawan dengan topik pelatihan yang tepat. Pertama dilakukan pada tahun 2020 oleh Institut Studi di Amerika Serikat, bahwa dengan mengadakan training karyawan dengan topik pelatihan yang tepat, perusahaan mampu menghemat  lebih dari $630 miliar per tahun. Biasanya biaya ini dilakukan untuk budget perekrutan karyawan baru.

Grafik

Lalu yang survei kedua, tepat 1 tahun sebelumnya yaitu tahun 2019, perusahaan teknologi pendidikan merilis hasil survei yang menunjukkan bahwa 70% dari karyawan akan meninggalkan perusahaannya dan mencari perusahaan yang mau berinvestasi dalam program pelatihan dan pengembangan SDM.

Sudah semakin tahu bukan, bahwa mengadakan program training dengan topik pelatihan untuk karyawan akan memberikan dampak besar bagi kemajuan karyawan. Jika perusahaan masih menganggap training untuk karyawan hanya membuang-buang budget, pasti perusahaan tersebut akan kehilangan aset masa depannya, yaitu karyawan.

Oleh karena itu, pelatihan karyawan adalah program kerja yang menyediakan pelatihan pengembangan SDM yang berisikan pengetahuan dan keterampilan khusus untuk memfasilitasi dan meningkatkan kinerja karyawan.

Apalagi jika dilihat dari situasi seperti sekarang. Pandemi Covid-19 masih berlangsung, hampir 2 tahun terakhir kita semua membatasi mobilitas, baik dalam kehidupan sehari-hari dan juga dalam pekerjaan. Namun aktifitas dalam dunia pekerjaan mulai berangsur normal kembali loh.

Untuk me-recharge semangat dan juga kemampuan karyawan (baik itu soft skills, hard skills, dan juga knowledge) sangat penting memberikan pelatihan karyawan dengan topik pelatihan yang tepat. Jika kinerja karyawan meningkat, itu adalah sebuah dampak positif bagi kemajuan perusahaan.

Mungkin Anda bertanya-tanya seperti apa sih jenis pelatihan dan topik pelatihan seperti apa yang dibutuhkan saat ini? Mengingat kondisi new normal yang sedang dihadapi. Yuk simak penjelasan dalam artikel ini mengenai topik pelatihan karyawan yang sesuai dengan kebutuhan karyawan di masa new normal.

Baca juga : 

10 Skills Ini Paling Dibutuhkan Di Masa Depan

Mengapa Penting Melakukan Pelatihan Untuk Karyawan?

Indeed mengatakan ada 3 alasan penting melakukan pelatihan untuk karyawan dengan topik pelatihan yang tepat. Bahwa training ini akan memberikan kesempatan yang baik bagi karyawan untuk mengembangkan dasar pengetahuan dan meningkatkan keterampilan karyawan dalam bekerja.

Ada beberapa alasan penting bagi sebuah perusahaan untuk memberikan pelatihan bagi karyawannya dengan mempertimbangkan topik pelatihan yang tepat, diantaranya : meningkatkan keterampilan dan pengetahuan karyawan di perusahaan, mempersiapkan karyawan untuk siap memberikan kinerja terbaiknya dan membentuk rasa tanggung jawab semakin tinggi, dan akan menunjukan bahwa perusahaan tersebut menghargai karyawannya sehingga karyawan akan memiliki rasa loyalitasnya.

Jenis Topik Pelatihan Yang Dibutuhkan Karyawan Perusahaan

Berbicara mengenai jenis topik yang dibutuhkan oleh karyawan perusahaan saat ini, ALC sudah merangkum untuk Anda 5 jenis topik pelatihan yang dibutuhkan karyawan perusahaan, diantaranya sebagai berikut :

1. Emotional Intelligence

Topik pelatihan yang dibutuhkan yang paling utama adalah emotional intelligence. Dimana keberhasilan seseorang dipengaruhi oleh kecerdasan emosional yang dimilikinya.

Kecerdasan emosional atau emotional intelligence, soft skill ini merupakan faktor penentu keberhasilan yang mendukung hard skill dan knowledge seorang karyawan. Dengan demikian penting sekali memberikan pelatihan karyawan dengan topik pelatihan emotional intelligence.

ALC Leadership Management atau yang dikenal dengan ALC memiliki program pelatihan dan pengembangan leadership dengan topik pelatihan terbaik yaitu The Power of Working with Emotional Intelligence.

Dengan training ini akan memberikan output yaitu Anda mampu memiliki kecerdasan emosi akan lebih berkembang dalam karier dan Anda akan memiliki kecerdasan emosi yang membuat Anda mudah beradaptasi dan bekerjasama dengan orang lain.

2. Creative Problem Solving

Topik pelatihan selanjutnya berkaitan dengan kemampuan menyelesaikan masalah secara kreatif. Sehingga ketika menemukan atau menghadapi sebuah permasalahan karyawan akan mampu untuk menyelesaikan permasalahan dan tantangan yang dihadapi dengan kemampuan creative problem solving.

ALC Leadership Management memiliki program pelatihan dan pengembangan leadership dengan topik pelatihan terbaik yaitu Creative Problem Solving and Decision Making.

Dengan training ini akan memberikan output yaitu Anda meningkatkan keahlian Anda dalam menyelesaikan masalah yang lebih kreatif & lebih berkualitas. Dan Anda akan mampu menjadi seorang yang menyelesaikan masalah dengan baik.

3. Creative Thinking

Topik pelatihan untuk karyawan selanjutnya adalah creative thinking. Kemampuan ini berkaitan dengan seseorang yang mampu berpikir kreatif dan memandang suatu permasalahan dari berbagai sisi. Sehingga Anda akan mampu menemukan solusi terbaik atas permasalahan yang ada.

ALC memiliki program pelatihan dan pengembangan leadership dengan topik pelatihan terbaik yaitu Creative Thinking.

Dengan training ini akan memberikan output yaitu Anda menjadi problem solver yang baik, Anda akan semakin kreatif dan produktif, menjadi lebih cerdasa & bijak, serta Anda akan mampu mengeksplorasi ide cemerlang.

4. Strategic Leadership

Karyawan merupakan next leader dalam sebuah perusahaan. Tidak dapat dipungkuri bahwa regenerasi kepemimpinan atau perubahan dan kekosongan jabatan akan terjadi. Serta persaingan yang semakin kompetitif, menuntut semua SDM di perusahaan harus berpikir dan bertindak strategis.

Untuk meraih tujuan bersama, seorang karyawan yang akan dijadikan calon pemimpin harus memiliki skills agar bisa berpikir sekaligus bertindak strategis meski di masa yang sulit.

ALC memiliki topik pelatihan leadership dengan program terbaik yaitu Strategic Leadership. Dengan training ini akan memberikan output yaitu Anda akan mampu meningkatkan berpikir secara strategis, mampu menganalisa masalah, Anda mampu mengambil langkah, fokus pada tujuan serta menemukan solusi yang tepat.

5. Lead and Influence

Memimpin melalui pengaruh, artinya, membangun hubungan yang kuat berdasarkan kepercayaan (trust) rasa hormat (respect) dan menyajikan ide dengan baik. Topik pelatihan ini penting untuk diberikan kepada karyawan, agar mereka terbiasa menjadi pemimpin dan memberikan pengaruh positif kepada rekan kerja ataupun lingkungan kerja.

ALC memiliki program pelatihan dan pengembangan leadership dengan topik pelatihan terbaik yaitu Lead And Influence To Greatness. Dengan training ini akan memberikan output yaitu Anda menjadi problem solver yang baik, Anda akan semakin kreatif dan produktif, menjadi lebih cerdasa & bijak, serta Anda akan mampu mengeksplorasi ide cemerlang.

Baca juga :

10 Ciri Training Provider Terbaik ini Wajib Anda Ketahui

Kesimpulan

Program pelatihan karyawan dengan topik yang tepat telah terbukti memberikan dampak positif bagi kemajuan perusahaan. Dalam era new normal, ketiga pelatihan ini menjadi semakin relevan untuk membantu karyawan beradaptasi dengan perubahan lingkungan kerja yang dinamis. Dengan menginvestasikan pada pelatihan dan pengembangan SDM, perusahaan dapat membentuk tim karyawan yang kompeten, berdedikasi, dan siap menghadapi tantangan masa depan.

ALC Leadership Management atau yang dikenal dengan ALC merupakan training provider terbaik yang menyediakan topik training SDM, pelatihan dan pengembangan SDM, dan training online karyawan. Training dari ALC bisa dilakukan secara online, offline, dan juga dapat dilaksanakan secara in house training for employee. 
Detail info pelatihan hubungi team ALC di 087779199555
Training Online Leadership Fundamental
  • 14/03/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Procurement and Purchasing
  • 20/03/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Assertive Leadership
  • 28/03/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Creative Thinking
  • 25/04/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Self Leadership in Challenging Times
  • 02/05/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Great Leaders, Great Influencers
  • 16/05/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
  • 1
  • 2