fbpx

5 Dampak Rasa Percaya Diri Wajib Anda Ketahui Mulai Sekarang

Percaya Diri

Percaya diri adalah hal yang sangat penting yang harus kita miliki.

Dengan rasa percaya diri hidup kita menjadi lebih mudah, karena kita menjadi tidak takut untuk membuat kesalahan, justru kita akan menerjang apapun yang akan kita hadapi dan mengambil pelajaran setelahnya.

Lalu apa sajakah dampaknya jika kita percaya diri? Berikut penjelasannya :

Pertama, berbicara to the point. Jika kita memiliki rasa percaya diri, otomatis cara bicara kita tidak akan bertele-tele, tetapi straight to the point. Ciri – ciri kurangnya percaya diri yaitu saat kita ingin mengungkapkan sesuatu hal penting yang simpel namun kita menyampaikannya secara basa basi dan terlalu panjang.

Dengan membangun rasa percaya diri, kita menjadi tidak takut untuk berbicara langsung ke poinnya, dan tidak takut untuk berterus terang.

Jika kita terbiasa berbicara to the point, maka kita akan terbiasa untuk lebih jujur dalam menyikapi berbagai situasi dan kita akan lebih lega karena kita mengutarakan apa yang ingin kita katakan.

Kedua, menjadi diri sendiri. Jika kita tidak memiliki rasa percaya diri, kita akan selalu menanyakan apapun kepada diri kita sendiri yang akan membuat kita ragu karena kita terlalu mendengar pendapat orang lain. Akibatnya, kita terlalu memikirkan dan membuat kita malu dengan pernyataan orang tersebut.

Baca juga : 6 Sikap Penghambat Karir Yang Wajib Kita Kenali

Kita tidak bisa menutup semua mulut orang yang berbicara buruk terhadap kita, namun jika kita percaya diri, kita akan menutup telinga dan tidak memperdulikan pendapat buruk orang lain sehingga kita dapat menjadi diri kita sendiri.

Dengan menjadi diri sendiri, kita menjadi lebih produktif karena kita tidak memikirkan apa yang tidak perlu kita pikirkan, dan kita akan menjadi pribadi yang menerima kekurangan orang lain.

Ketiga, Tidak lagi membandingkan kita dengan orang lain. Terkadang rasa tidak percaya diri kita membuat kita membandingkan diri kita dengan orang lain yang lebih pintar atau sukses dari kita. Kita tidak bisa mematokkan jika orang lain lebih sukses namun seumuran dengan kita tetapi kita tidak seperti mereka, karena semua orang punya jalannya dan rezekinya masing-masing.

Jika kita terlalu membandingkan diri, kita akan kehilangan energi positif kita dalam memanfaatkan potensi dan ambisi untuk mencapai tujuan kita. Dengan rasa percaya diri, kita tidak akan terpaku perbandingan diri kita dengan kesuksesan orang lain, justru kita jadi terpacu dengan kemampuan yang kita miliki kita harus seperti mereka namun dengan cara kita sendiri.

Keempat, Memiliki banyak relasi. Rasa percaya diri membuat kita menjadi mudah untuk berkenalan dengan orang lain, sehingga kita memiliki relasi yang banyak. Relasi sangatlah penting bagi kita, karena kita tidak tau suatu saat kita akan butuh seseorang dan akan lebih mudah urusan kita jika kita sudah mengenalnya.

Jika kita percaya diri dan dikenal baik oleh orang-orang, maka relasi kita akan membantu kita jika dan akan membuat hidup kita menjadi lebih mudah.

Banyaknya relasi yang kita miliki membuat kita menumbuhkan jiwa sosial yang membuat kita berpikiran luas karena kita mempelajari berbagai karakter manusia dan kita belajar menghargai pendapat orang lain.

Kelima, Berani berbicara di depan umum. Dampak rasa percaya diri membuat kita menjadi berani untuk berbicara depan banyak orang. Banyak orang yang malu atau takut melakukan kesalahan saat menjadi pusat tontonan, yang membuat cara bicaranya menjadi kurang jelas.

Baca juga : Percaya Diri Saat Presentasi, Yuk Kenali Caranya Di Sini

Untuk berani berbicara di depan banyak orang bukanlah hal yang mudah, namun jika kita memiliki rasa percaya diri, kita dapat berbicara dan menyampaikan dengan jelas dan lugas.

Berani berbicara di depan umum membuat kita meningkatkan skill dalam berkomunikasi, dan kita menjadi belajar untuk menyiapkan apa yang akan kita sampaikan agar publik memperhatikan dan mendapat sesuatu dari apa yang kita sampaikan.

Apakah kita sudah memiliki rasa percaya diri? Jika belum, kita harus belajar untuk percaya diri mulai sekarang untuk memudahkan karir dan hidup kita. Percaya diri dapat kita bangun kok, jika kita memang ingin, buanglah rasa malu yang ada di diri kita dan jangan pedulikan apa perkataan orang lain.

Jadwal Training Online

Fraud Audit, Cara Mendeteksi Kecurangan Dan Gejalanya Sejak Dini
  • 12 Okt 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Creative Problem Solving : Arti, Manfaat Dan Cara Mengambil Keputusan
  • 21 Okt 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Procurement And Purchasing Strategy : Arti, Manfaat Dan Caranya
  • 15 Nov 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom

Hubungi Team ALC

  • Celebration Garden Blok AC.9 No. 19 Grand Wisata - Bekasi 17510
  • 02182615440
    087779199555

Tinggalkan Balasan

Share With Your Friends