3 Penyebab Kurang Percaya Diri Yang Wajib Anda Kenali!

Kurang Percaya Diri

Kurang percaya diri, yuk kenali 3 penyebabnya sekarang.

Rasa percaya diri itu penting sekali, baik untuk pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari. Banyak loh diantara kita yang belum percaya diri dan mengansumsikan bahwa sumber penyebabnya adalah lebih kepada penampilan fisik, cara bermake up, cara berpakaian, dan sebagainya, padahal bukan itu semua.

Percaya diri bukanlah suatu takdir atu hal yang mutlak yang ada begitu saja dalam diri kita, rasa percaya diri bisa dibentuk jika memang kita mau. Tidak percaya diri membuat kita untuk selalu ragu dan malu untuk memperlihatkan apa yang kita miliki, karena beranggapan takut untuk tidak diterima dan tidak disukai oleh orang lain, padahal kenyataanya belum tentu sesuai dengan ekspektasinya.

Ada 3 sumber penyebab rasa kurang PD. Penasaran kan? Yuk sekarang kita bahas bersama.

Pertama, merasa tidak bisa.

Jangan salah loh, orang yang merasa tidak bisa awalnya saja sudah berkata tidak bisa. Nah, orang yang seperti ini nih yang ada di dalam hati dan pikirannya selalu memikirkan masalahnya, kesulitannya dari pada peluangnya. Bukannya memikirkan bagaiman caranya mengatasi kondisi itu tetapi lebih kepada, “saya tidak bisa nih”.

Orang yang memiliki pikiran ini cenderung mengecilkan hatinya sendiri dan merasa tidak mampu dalam mengatasi masalah yang ada. Ubahlah pola pikir kita, jangan takut untuk mencoba, karena jika dari awal kita sudah tidak percaya dengan kemampuan kita, maka kapan kita akan bisa belajar untuk melakukan hal baru?

Yakinkan diri kita bahwa semua yang kita hadapi tidak diluar batas kemampuan kita, jadikan rintangan yang ada sebagai challenge untuk diri kita agar kita tertantang dan menjadi termotivasi untuk menyelesaikannya.

Baca juga : Dari 5 Ciri Pemimpin Sejati Ini Mana Yang Anda Miliki? 

Kedua, kurang pengetahuan.

Emang benar orang yang kurang pengetahuan bisa nggak PD? Bisa banget! Mari kita ingat kembali saat kita mengalami promosi jabatan. Apa yang terjadi? Senang. Tapi dibalik rasa senang itu ada rasa kurang percaya diri, sebagian diantara kita.

Why? Karena disitulah kita tahu, ada banyak pengetahuan yang harus kita ketahui, masih banyak skills yang perlu kita miliki. Nah, orang yang kurang PD di sini sudah tahu dirinya kurang pengetahuan tetapi karena hatinya mengatakan “saya tidak bisa”, akibatnya pengetahuannya semakin kurang, rasa kurang percaya dirinya semakin bertambah.

Perbanyaklah pengetahuan tentang apapun, belajar jadi orang yang penasaran, maka kita akan selalu berusaha mencari informasi mengenai apa yang kita ingin tahu. Dengan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, maka kita akan terbiasa untuk menjadi pembelajar dan akan selalu haus ilmu. Lalu, bagaimana dengan penyebab yang ketiga?

Ketiga, kurang percaya pada kemampuannya.

Tahu nggak sih orang yang kurang percaya pada kemampuannya ini bukan berarti dia nggak punya pengetahuan loh, bukan berarti dia tidak punya pendidikan maupun ilmu loh, tetapi lebih kepada dia tidak menyadari bahwa di dalam dirinya banyak potensi yang luar biasa.

Mangapa ini terjadi? Karena orang yang kurang percaya pada kemampuannya lebih membandingkan kekurangan dengan kelebihannya. Satu sisi bagus, membandingkan kekurangannya dengan kelebihannya. Tetapi orang yang kurang PD ini disamping membandingkan kekurangannya dengan kelebihannya, ingat dasarnya, hatinya mengatakan dirinya tidak bisa.

Tidak percaya diri membuat kita tidak percaya kepada kemampuan kita sendiri, padahal sebenarnya kita mampu untuk melakukannya, dan kita sudah mempersiapkannya dengan matang, tetapi karena selalu membayangkan hal buruk yang akan terjadi, yang padahal kita belum tahu kenyataanya seperti apa, maka hal buruk yang kita bayangkan justru dapat terjadi.

Baca juga : 4 Alasan Mengapa Sebagai Pemimpin Anda Harus Rendah Hati

3 hal sederhana inilah ternyata penyebab rasa tidak percaya diri kita.

Untuk meningkatkan rasa percaya diri, stop membanding-bandingkan apa yang kita miliki dengan orang lain, karena tidak akan ada habisnya, justru kita akan selalu menganggap bahwa diri kita kurang, padahal tiap orang punya kelebihan masing-masing yang harus disyukuri. Jika ingin membandingkan dengan orang lain, jadikanlah motivasi dalam diri kita untuk mencapai apa yang kita inginkan dengan cara kita sendiri, bukan malah jadi minder dan tidak percaya diri.

Sekarang mari kita bercermin di dalam diri kita, dari 3 penyebab kurang PD ini, adakah kita memilikinya? Saatnya jujur di dalam hati.

Jadwal Training Online

4 Rahasia Melatih Creative Thinking
  • 19 Agt 2021 | 09.00 - 11.30 WIB
  • Training Online via Zoom
Arti Creative Negotiation Skills Dan Bagaimana Caranya
  • 13 Sept 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Self Leadership in Challenging Times
  • 16 Sept 2021 | 09.00 - 11.30 WIB
  • Training Online via Zoom
Fraud Audit : Crucial Function Untuk Fondasi Bisnis Anda
  • 12 Okt 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Creative Problem Solving and Decision Making : Tools Pemimpin Sukses
  • 21 Okt 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Expertise di Procurement dan Purchasing, Sulit Kah?
  • 15 Nov 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom

Hubungi Team ALC

  • Celebration Garden Blok AC.9 No. 19 Grand Wisata – Bekasi 17510
  • 02182615440
    087779199555

Tinggalkan Balasan

Share With Your Friends