4 Bentuk Program Pengembangan SDM pada Perusahaan

Program Pengembangan SDM

Daftar Isi

Program pengembangan SDM, sudahkah Anda mengetahui bentuk-bentuknya?

Sebuah perusahaan dapat berkembang apabila memiliki SDM yang juga berkembang. Peran SDM sangat besar dalam membantu sebuah instansi mencapai tujuannya. Untuk itu, perusahaan wajib mempertimbangkan pengadaan program pengembangan SDM sebagai program pelatihan dan pengembangan karyawan.

Program pelatihan karyawan, menurut riset dari Limkokwing University of Creative Technology, merupakan sebuah cara yang diadakan atau disediakan oleh organisasi guna meningkatkan kualitas karyawan lama maupun baru.

Melalui training dan development SDM ini, karyawan bisa menambah pengetahuan dan meningkatkan skills yang nantinya akan bermanfaat dalam proses kerja karyawan sehari-hari di perusahaan.

Tapi, sebelum Anda memutuskan dan merencanakan program pelatihan SDM, sudahkah Anda mengetahui bentuk-bentuk pelatihan? Jika belum, simak informasinya berikut ini.

4 Bentuk Program Pelatihan dan Pengembangan SDM

Banyak sekali bentuk pelatihan yang bisa Anda ikuti atau diadakan pada perusahaan Anda, antara lain sebagai berikut:

Pertama, Seminar.

Seminar adalah bentuk pelatihan di mana peserta memperhatikan penyajian materi dari trainer atau pembicara yang berpengalaman. Meskipun praktik adalah pembelajaran yang penting, namun belajar teori dari seminar juga merupakan hal yang penting. Dari bentuk pelatihan satu ini, peserta juga bisa mengasah karakter dan pemikirannya.

Kedua, Project.

Apabila Anda lebih menyukai program pengembangan karyawan yang lebih fokus kepda praktik, maka pelatihan dengan bentuk project bisa menjadi pilihan yang tepat. Seperti namanya, bentuk pelatihan ini project-based dimana peserta akan diberikan proyek untuk diselesaikan, baik secara individu maupun tim.

Baca juga :

Ketahui 7 Tipe Pelatihan Dan Pengembangan Karyawan Untuk Perusahaan

Ketiga, Camp.

Jika Anda bosan dengan lingkungan kantor, bentuk pelatihan camp bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena camp adalah contoh program pelatihan karyawan yang  diadakan di luar lingkungan kantor dengan misi meningkatkan kemampuan kepemimpinan karyawan sekaligus menghilangkan jenuh pada karyawan.

Keempat, Workshop.

Workshop adalah bentuk pelatihan yang menggabungkan praktik dan teori. Jadi, pada pelatihan workshop, Anda akan mendapatkan teori lalu Anda juga langsung belajar mengaplikasikannya. Dengan begitu, Anda mendapatkan pemahaman penuh mengenai materi yang Anda pelajari pada pelatihan.

Program Apa Saja yang Dapat Dikembangkan untuk Mencapai Tujuan Perencanaan  SDM bagi Perusahaan?

Setelah memahami empat bentuk pelatihan kepemimpinan dan pengembangan SDM perusahaan, selanjutnya Anda mungkin bertanya-tanya mengenai contoh program pengembangan karyawan yang bisa diadakan oleh perusahaan untuk meningkatkan kualitas SDM perusahaan.

Berikut ini adalah beberapa contoh jenis-jenis program pengembangan sumber daya manusia, antara lain:

Pertama, Skill Taining.

Skill training program adalah pelatihan keterampilan karyawan yang dimulai dengan menilai kebutuhan atau kekurangan skills pada karyawan dan diidentifikasi melalui penelitian yang teliti.

Kedua, Retraining.

Retraining merupakan contoh program pengembangan SDM di perusahaan di mana karyawan akan diberikan keahlian ulang agar bisa menghadapi tuntutan kerja yang berubah.

Ketiga, Cross Functional Training

Jenis program pengembangan SDM ini melibatkan SDM untuk mencoba aktivitas kerja di luar bidangnya.

Keempat, Team Training.

Seperti namanya, pada team training, karyawan akan diberikan pekerjaan yang harus diselesaikan bersama dengan tim.

Kelima, Language Training.

Language training adalah program pelatihan karyawan yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dengan bahasa asing, sehingga karyawan bisa memiliki value lebih.

Keenam, Technology Training.

Semua orang tentu setuju bahwa pelatihan teknologi sangat dibutuhkan. Contoh program pengembangan SDM yang bisa Anda terapkan adalah pelatihan teknologi agar produktivitas karyawan di era digital bisa ditingkatkan.

Ketujuh, Creativity Training.

Jenis program pengembangan SDM creativity training melatih para SDM perusahaan untuk bisa memberikan gagasan-gagasan yang nantinya dapat dikembangkan untuk kemajuan perusahaan.

Baca juga :

5 Jenis Pelatihan Dan Pengembangan SDM Ini Meningkatkan Kinerja Anda

Bagaimana Caranya Membuat Program Pelatihan dan Pengembangan SDM di Perusahaan?

Merencanakan program pengembangan SDM sangat penting bagi perusahaan. Apabila Anda tertarik untuk merencanakan program pengembangan untuk karyawan Anda, Anda dapat mengikuti langkah-langkah untuk mengadakan program pengembangan karyawan seperti berikut:

– Menentukan dan mengembangkan sasaran, tujuan, serta prioritas SDM yang dibutuhkan.

– Merancang kebijakan yang dapat mendukung terlaksananya program pengembangan SDM.

– Memperkirakan jumlah karyawan yang dibutuhkan saat ini dan di masa yang akan datang.

– Mengadakan pelatihan keterampilan dari lembaga pelatihan terbaik.

– Melakukan evaluasi program.

Nah, itu dia beberapa informasi terkait perencanaan program ini beserta informasi lainnya, seperti bentuk-bentuk dan jenis-jenis pelatihan SDM. Merencanakan program pengembangan dengan baik bisa menjadi salah satu effort yang bisa dilakukan perusahaan untuk memajukan SDM di dalamnya.

Program ini juga tidak hanya menguntungkan SDM, tapi juga perusahaan itu sendiri. Tertarik adakan program ini di kantor Anda?

Untuk detail info pelatihan, hubungi team ALC di 087779199555

EnglishIndonesian
Follow by Email
Pinterest0
fb-share-icon
WhatsApp