4 Bentuk Program Pengembangan SDM pada Perusahaan, Yang Ke-4 Banyak Diminati!

Daftar Isi

Sebuah perusahaan dapat berkembang apabila memiliki SDM yang juga berkembang. Peran SDM sangat besar dalam membantu sebuah instansi mencapai tujuannya. Untuk itu, perusahaan wajib mempertimbangkan pengadaan program pengembangan SDM sebagai program pelatihan dan pengembangan karyawan.

Program pelatihan karyawan, menurut riset dari Limkokwing University of Creative Technology, merupakan sebuah cara yang diadakan atau disediakan oleh organisasi guna meningkatkan kualitas karyawan lama maupun baru.

Melalui training dan development SDM ini, karyawan bisa menambah pengetahuan dan meningkatkan skills yang nantinya akan bermanfaat dalam proses kerja karyawan sehari-hari di perusahaan.

Tapi, sebelum Anda memutuskan dan merencanakan program pelatihan SDM, sudahkah Anda mengetahui bentuk-bentuk pelatihan? Jika belum, simak informasinya berikut ini.

4 Bentuk Program Pelatihan dan Pengembangan SDM

Program pelatihan dan pengembangan SDM adalah kunci keberhasilan dalam meningkatkan kualitas tenaga kerja sebuah organisasi. Bentuk program tersebut dapat bervariasi, mulai dari pelatihan teknis hingga pengembangan keterampilan interpersonal.

Pelatihan teknis melibatkan pemberian pengetahuan dan keterampilan yang spesifik sesuai dengan tuntutan pekerjaan, seperti pelatihan komputer, manajemen proyek, atau bahasa asing. Sementara itu, pengembangan SDM juga mencakup aspek non-teknis seperti kepemimpinan, komunikasi, dan pemecahan masalah.

Program pelatihan bisa bersifat jangka pendek, seperti seminar atau workshop, atau jangka panjang dengan kursus berkala. Tujuan utama program ini adalah meningkatkan efisiensi, produktivitas, serta motivasi karyawan, yang pada akhirnya akan memperkuat organisasi.

Sebuah program yang baik harus beradaptasi dengan kebutuhan spesifik perusahaan dan melibatkan partisipasi aktif dari semua tingkatan karyawan. Dengan program pelatihan dan pengembangan SDM yang baik, organisasi dapat menghadapi perubahan dan bersaing dalam lingkungan bisnis yang terus berkembang.

Banyak sekali bentuk pelatihan yang bisa Anda ikuti atau diadakan pada perusahaan Anda, antara lain sebagai berikut:

4 Bentuk Program Pengembangan SDM pada Perusahaan

1. Seminar

Seminar mengenai bentuk program pelatihan dan pengembangan SDM adalah sebuah kesempatan berharga bagi perusahaan dan individu untuk memahami konsep-konsep kunci dalam meningkatkan kualitas tenaga kerja. Seminar tersebut mengulas beragam aspek, mulai dari pelatihan teknis hingga pengembangan keterampilan interpersonal. Peserta seminar dapat memperoleh wawasan tentang program-program pelatihan yang efektif, seperti pelatihan komputer, manajemen proyek, atau pengembangan kepemimpinan.

Selain itu, seminar ini dapat memaparkan pentingnya penyesuaian program dengan kebutuhan organisasi dan menekankan partisipasi aktif karyawan dalam proses pembelajaran. Dengan menghadiri seminar semacam ini, perusahaan dan individu dapat memperkuat kapabilitas mereka dalam menghadapi tantangan yang terus berkembang dalam dunia bisnis.

2. Project

Project dalam program pelatihan dan pengembangan SDM adalah komponen penting untuk mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dalam konteks nyata. Proyek semacam ini memungkinkan peserta program untuk menguji kemampuan mereka dan mengembangkan pengalaman praktis. Contoh proyek bisa beragam, seperti peningkatan proses kerja, pelaksanaan inovasi, atau peningkatan efisiensi operasional.

Melalui proyek-proyek ini, peserta dapat menggabungkan teori dengan praktik, memahami dinamika industri, dan meningkatkan kemampuan mereka untuk memecahkan masalah dalam lingkungan kerja sehari-hari. Proyek-proyek ini sering kali menjadi wadah bagi pertumbuhan profesional dan kontribusi positif terhadap kesuksesan organisasi secara keseluruhan.

Baca juga :

Ketahui 7 Tipe Pelatihan Dan Pengembangan Karyawan Untuk Perusahaan

3. Camp

Camp dalam konteks program pelatihan dan pengembangan SDM merujuk pada “Training Camp” atau kamp pelatihan. Ini adalah bentuk pelatihan intensif yang seringkali dilakukan di luar lingkungan kerja rutin. Camp ini dapat berlangsung beberapa hari hingga berminggu-minggu, di mana peserta tenggelam sepenuhnya dalam pembelajaran.

Kamp pelatihan menawarkan pengalaman belajar yang mendalam dan seringkali mencakup beragam kegiatan, simulasi, dan kerja kelompok. Peserta mendapatkan peluang untuk memfokuskan diri pada pengembangan keterampilan khusus, meningkatkan kolaborasi tim, dan memperdalam pemahaman tentang prinsip-prinsip bisnis. Camp pelatihan sering digunakan untuk mengakselerasi pembelajaran, membangun kebersamaan dalam tim, dan menghasilkan hasil yang cepat dan kuat dalam pengembangan SDM.

4. Workshop

Workshop adalah salah satu bentuk program pelatihan dan pengembangan SDM yang berfokus pada pembelajaran praktis dan interaktif. Dalam workshop, peserta secara aktif terlibung dalam aktivitas belajar, yang dapat mencakup studi kasus, simulasi, latihan peran, dan proyek. Workshop dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam tentang topik tertentu, seperti kepemimpinan, komunikasi, atau keterampilan teknis.

Peserta berpartisipasi aktif dalam diskusi, berbagi pengalaman, dan berlatih langsung. Workshop menciptakan lingkungan yang memungkinkan peserta untuk mengembangkan keterampilan praktis yang dapat mereka terapkan dalam pekerjaan sehari-hari. Ini adalah alat yang efektif dalam pengembangan karyawan, membantu mereka menjadi lebih kompeten dan produktif dalam peran mereka.

Program Apa Saja yang Dapat Dikembangkan untuk Mencapai Tujuan Perencanaan  SDM bagi Perusahaan?

Setelah memahami empat bentuk pelatihan kepemimpinan dan pengembangan SDM perusahaan, selanjutnya Anda mungkin bertanya-tanya mengenai contoh program pengembangan karyawan yang bisa diadakan oleh perusahaan untuk meningkatkan kualitas SDM perusahaan.

Berikut ini adalah beberapa contoh jenis-jenis program pengembangan sumber daya manusia, antara lain:

1. Skill Training

Skill training program adalah pelatihan keterampilan karyawan yang dimulai dengan menilai kebutuhan atau kekurangan skills pada karyawan dan diidentifikasi melalui penelitian yang teliti. Tujuan utama dari skill training program adalah untuk meningkatkan produktivitas karyawan, mengembangkan keahlian baru yang relevan dengan tuntutan pekerjaan, dan memperkuat keterampilan yang sudah dimiliki.

Selain itu, program ini juga dapat membantu meningkatkan motivasi dan rasa percaya diri karyawan, sehingga mereka merasa lebih siap dan berkompeten dalam menghadapi tugas-tugas yang diemban.

2. Retraining

Retraining, juga dikenal sebagai program pelatihan ulang, adalah salah satu bentuk pengembangan sumber daya manusia (SDM) di perusahaan yang ditujukan untuk membantu karyawan menghadapi perubahan tuntutan kerja atau pergeseran kebutuhan perusahaan.

Program retraining berfokus pada memberikan keahlian baru atau meng-upgrade keterampilan yang sudah dimiliki karyawan, sehingga mereka dapat tetap relevan dan efektif dalam lingkungan kerja yang terus berubah. Retraining merupakan contoh program pengembangan SDM di perusahaan di mana karyawan akan diberikan keahlian ulang agar bisa menghadapi tuntutan kerja yang berubah.

3. Cross Functional Training

Jenis program pengembangan SDM ini melibatkan SDM untuk mencoba aktivitas kerja di luar bidangnya. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman karyawan tentang bagaimana berbagai fungsi dan proses kerja saling berinteraksi dan berkontribusi dalam mencapai tujuan keseluruhan perusahaan.

Dengan mengalami perspektif dari departemen lain, karyawan dapat melihat gambaran besar operasional perusahaan, mengetahui tantangan yang dihadapi setiap tim, serta belajar beradaptasi dengan lingkungan kerja yang berbeda.

4. Team Training

Seperti namanya, pada team training, karyawan akan diberikan pekerjaan yang harus diselesaikan bersama dengan tim. Program ini dirancang untuk memperkuat kekuatan tim dan mengatasi tantangan yang mungkin timbul saat bekerja dalam kelompok. Karyawan diajarkan untuk memahami peran masing-masing anggota tim, menghargai kontribusi mereka, serta bekerja bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama.

5. Language Training

Language training adalah program pelatihan karyawan yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dengan bahasa asing, sehingga karyawan bisa memiliki value lebih. Dalam era globalisasi dan bisnis internasional yang semakin berkembang, kemampuan berkomunikasi dalam bahasa asing menjadi aset yang sangat berharga bagi perusahaan.

Language Training ditujukan untuk membantu karyawan memperoleh kemahiran berbahasa asing, seperti bahasa Inggris, bahasa Mandarin, bahasa Spanyol, atau bahasa-bahasa populer lainnya yang relevan dengan kebutuhan perusahaan.

6. Technology Training

Semua orang tentu setuju bahwa pelatihan teknologi sangat dibutuhkan. Contoh program pengembangan SDM yang bisa Anda terapkan adalah pelatihan teknologi agar produktivitas karyawan di era digital bisa ditingkatkan. Dalam dunia bisnis yang semakin terhubung secara digital, teknologi berperan penting dalam meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan kemampuan adaptasi perusahaan.

Oleh karena itu, Technology Training menjadi kunci untuk menghadapi perubahan teknologi yang cepat dan memastikan karyawan memiliki keterampilan yang sesuai dengan tuntutan masa kini.

7. Creativity Training

Jenis program pengembangan SDM creativity training melatih para SDM perusahaan untuk bisa memberikan gagasan-gagasan yang nantinya dapat dikembangkan untuk kemajuan perusahaan. Creativity Training dirancang untuk merangsang kreativitas dan berpikir inovatif dalam lingkungan kerja.

Dalam program ini, karyawan diajarkan teknik-teknik kreatif, pendekatan berbeda dalam memecahkan masalah, dan cara melihat tantangan dari sudut pandang yang berbeda. Selain itu, mereka juga diajak untuk berpikir “out of the box” dan berani menghadapi risiko dalam memberikan solusi atau ide-ide baru.

Baca juga :

5 Jenis Pelatihan Dan Pengembangan SDM Ini Meningkatkan Kinerja Anda

Bagaimana Caranya Membuat Program Pelatihan dan Pengembangan SDM di Perusahaan?

Merencanakan program pengembangan SDM sangat penting bagi perusahaan. Apabila Anda tertarik untuk merencanakan program pengembangan untuk karyawan Anda, Anda dapat mengikuti langkah-langkah untuk mengadakan program pengembangan karyawan seperti berikut :

    1. Menentukan dan mengembangkan sasaran, tujuan, serta prioritas SDM yang dibutuhkan
    2. Merancang kebijakan yang dapat mendukung terlaksananya program pengembangan SDM
    3. Memperkirakan jumlah karyawan yang dibutuhkan saat ini dan di masa yang akan datang
    4. Mengadakan pelatihan keterampilan dari lembaga pelatihan terbaik
    5. Melakukan evaluasi program

Kesimpulan

Nah, itu dia beberapa informasi terkait perencanaan program ini beserta informasi lainnya, seperti bentuk-bentuk dan jenis-jenis pelatihan SDM. Merencanakan program pengembangan dengan baik bisa menjadi salah satu effort yang bisa dilakukan perusahaan untuk memajukan SDM di dalamnya.

Program ini juga tidak hanya menguntungkan SDM, tapi juga perusahaan itu sendiri. Tertarik adakan program ini di kantor Anda?

SDM yang berkualitas dan terus berkembang dapat membantu perusahaan mencapai tujuan mereka. Dalam merencanakan program pengembangan SDM, penting untuk menetapkan sasaran, merancang kebijakan yang mendukung, memperkirakan kebutuhan karyawan, mengadakan pelatihan dari lembaga terpercaya, dan melakukan evaluasi program.

Training Online bersama ALC

Program ini sangat bermanfaat untuk SDM, dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan dan mendorong kemajuan perusahaan melalui pengembangan SDM dengan mengikuti training online bersama ALC.

Yuk cek jadwalnya dibawah ini

Strategic Leadership
  • 27/06/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Effective Communication Skills
  • 04/07/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Coaching and Mentoring
  • 18/07/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Untuk detail info pelatihan, hubungi team ALC di 087779199555