Mengenal 4 Karakteristik dari Seorang Pemimpin Visioner

Daftar Isi

Sebuah organisasi membutuhkan visi yang kuat untuk terus maju dan berkembang sesuai dengan tujuan yang sudah ditetapkan. Apalagi, visi yang jelas juga akan sangat membantu setiap orang yang terlibat untuk lebih berkontribusi untuk mengerjakan pekerjaan yang ada.

Namun, visi ini hanya dapat dihidupkan saat memiliki seorang pemimpin visioner dan selalu menginspirasi. Sebab, mereka selalu memiliki kemampuan komunikasi yang jelas mengenai tujuan yang hendak dicapai dan gambaran mengenai apa yang akan terjadi di masa depan melalui fakta dan dan data yang ada.

Sayangnya, pemimpin visioner ini hanya bisa hadir saat seorang leader memiliki karakteristik khusus yang dapat dilatih. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas secara jelas 4 karakteristik dari seorang pemimpin yang visioner sehingga dapat dihayati dan diaplikasikan oleh para leader dalam organisasinya.

Apa Itu Pemimpin Visioner?

Pemimpin visioner adalah merupakan bagian dari pemimpin yang tegas dan menjadi sebutan untuk mereka yang menjalankan gaya kepemimpinan tersebut.

Para pemimpin dengan gaya leadership visioner ini akan mendorong adanya inovasi dan kolaborasi kepada setiap anggota supaya dapat meraih tujuan dan target bersama.

Selain itu, seorang leader dengan komitmen pemimpin visioner ini memiliki kemampuan untuk memproyeksikan masa depan. Jadi, mereka bisa melakukan manajemen risiko dan pemecahan masalah dengan sangat baik sering waktu berjalan.

Baca juga : 6 Jenis Skills untuk Menjadi Pemimpin Strategis di Masa Sulit

Berbagai Karakteristik Pemimpin Revolusioner

Secara umum, pemimpin visioner yang baik saat ini tidak hanya dibutuhkan untuk meningkatkan motivasi para anggota namun juga mampu memproyeksikan masa depan. Jadi mereka dapat mempertimbangkan mana langkah yang harus diambil dan yang harus diantisipasi.

Sayangnya, survei dari Inc menyatakan jika hanya ada 8% orang yang benar-benar bertahan dan mencapai tujuan yang diinginkan. Tapi tidak perlu khawatir, komitmen pemimpin visioner dapat Anda jalankan dengan baik saat memiliki 5 karakteristik utama, diantaranya adalah:

Pemimpin visioner

1. Strategic Thinking yang Dapat Diandalkan

Pemimpin visioner yaitu leader yang harus memiliki kemampuan untuk berpikir strategis. Hal ini sangat diperlukan untuk membangun banyak rencana solid berikut antisipasi dalam bentuk manajemen risiko supaya bisa mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Apalagi, strategic thinking juga sangat membantu untuk menentukan tindakan yang relevan agar bisa memastikan kerja dan produktivitas tim sudah dalam posisi yang benar. Tentunya untuk menjaga agar hasil yang diberikan bisa maksimal.

2. Memiliki Kecerdasan Emosional yang Baik

Jika Anda memutuskan untuk menjadi pemimpin visioner maka penting sekali untuk memperhatikan kecerdasan emosional (emotional intelligence) termasuk open minded dan juga empati.

Sebab dalam menjalankan sebuah visi, tentunya tidak akan terlepas dari banyaknya tantangan yang menghadang. Oleh sebab itulah, berpikiran terbuka tentu akan sangat membantu Anda untuk menerima informasi baru yang penting bagi kemajuan organisasi.

Ditambah, kemampuan empati yang baik juga akan membantu Anda sebagai pemimpin untuk terhubung dengan para anggota tim sehingga dapat saling percaya dan pengertian. Jelas sekali, hal ini akan menciptakan lingkungan yang nyaman sehingga produktivitas bekerja dapat meningkat dengan optimal.

3. Mampu Bersikap Kolaboratif

Seorang pemimpin visioner dan transformasional tentu akan sangat mengutamakan komunikasi dan sikap kolaboratif untuk mencapai tujuan.

Sebab ia sadar betul, tujuan besar dan jangka panjang tidak hanya bisa didapatkan hanya dari kesuksesan kerja satu orang saja melainkan keseluruhan anggota tim.

Oleh karena itulah, pemimpin visioner hanya memiliki kemampuan komunikasi yang bagus supaya dapat menginspirasi, memberikan pemahaman sekaligus instruksi kepada anggota timnya.

Selain itu, adanya kolaborasi yang dihadirkan selama perjalanan meraih tujuan ini tentunya membuat Anda mau menghormati ide dan pendapat dari setiap anggota timnya.

Jadi, terciptalah lingkungan kerja yang nyaman dan mampu mendorong mereka untuk menghadirkan ide-ide baru bagi kemajuan bisnis di masa depan.

4. Menjunjung Fleksibilitas dan Kreativitas

Pemimpin visioner saat ini tentunya juga harus memiliki kreativitas dan bertindak fleksibel namun konsisten. Sebab mereka yakin jika cara standar tidak akan membuat perbedaan yang besar untuk mencapai tujuan.

Hal inilah yang membuat ciri ciri pemimpin visioner mudah dikenali khususnya di lingkungan kantor. Sebab mereka tahu kapan harus bertindak kreatif dan out of the box, meninggalkan sebuah cara, maupun menjalankan pekerjaan sesuai prosedur biasanya saat memecahkan masalah.

Oleh karena itulah, Anda harus menerima perubahan sehingga dapat beradaptasi dengan baik dalam keadaan apapun saat mencapai tujuan. Tidak heran jika sikap fleksibel ini memungkinkan Anda untuk mengadopsi saran dan ide baru saat menghadapi sebuah tantangan.

Baca juga : 10 Hal Ini Membuat Leadership Development Program Anda Sukses

Kesimpulan

Demikianlah beberapa karakteristik sekaligus strategi menjadi pemimpin visioner yang tidak hanya dapat diandalkan oleh anggota tim namun juga turut mendukung mereka berkembang untuk mencapai tujuan bersama. Apakah Anda sudah memenuhi semua karakteristik tersebut?

Detail info pelatihan, hubungi team ALC sekarang