7 Strategi Sukses Meningkatkan Karir di Pekerjaan

Daftar Isi

Kamu mulai merasa karir yang stagnan dan ingin berubah? Itu adalah hal yang wajar terjadi setelah beberapa tahun bekerja. Namun tidak banyak orang yang tahu bagaimana caranya meningkatkan karir. Caranya tidak selalu harus pindah kantor, meningkatkan karir juga bisa dilakukan di pekerjaan yang sekarang lho.

Kamu bisa mencoba beberapa strategi pengembangan karier yang akan dijelaskan dalam artikel ini. Sebab dengan strategi karir yang tepat akan membantumu  untuk mencapai kesuksesan lebih cepat. Yuk simak!

Apa yang dimaksud dengan pengembangan karir?

Pengembangan karir dapat diartikan sebagai peningkatan pribadi yang dilakukan seseorang untuk mencapai sebuah rencana karir. Sehingga pengembangan karir ini juga berfokus pada peningkatan kemampuan karyawan untuk menggali potensi dan memberikan performa terbaiknya bagi perusahaan.

Oleh sebab pengembangan karir karyawan biasanya menjadi tanggung jawab divisi HR namun sebenarnya juga bisa dilakukan sendiri. Tanpa adanya kemauan dari dalam individu maka peningkatan atau pengembangan karir akan sulit dilakukan.

Baca juga : 4 Metode Pelatihan Karyawan Ini Bisa Meningkatkan Skills SDM

Strategi untuk Meningkatkan Karir

Untuk memulai langkah dalam meningkatkan karir bisa dengan cara menyusun strategi. Hal ini perlu dilakukan agar tidak mengganggu produktivitas dan pekerjaanmu. Berikut ini adalah strategi peningkatan karir yang bisa dilakukan untuk menunjang karirmu:

1. Kenali Kekuatan dan Kelemahan Diri

Jika ingin meningkatkan karir maka lakukanlah evaluasi dengan mengenali kekuatan dan kelemahan dirimu sendiri.  Jika perlu, kamu bisa meminta penilaian objektif dari rekan kerja atau kerabat. Dengan begitu kamu bisa memaksimalkan keunggulan dirimu dan memperbaiki kelemahanmu. Kepercayaan diri pun akan meningkat.

2. Meningkatkan Skill

Memiliki skill tertentu bisa jadi akan membuka gerbang menuju peluang baru. Kamu bisa meningkatkan skill yang dimiliki saat ini dan mempelajari skill baru yang bermanfaat untuk karir. Jangan lupa untuk terus mengasah soft skill agar mampu berkomunikasi dengan baik. Salah satunya dengan mengikuti training leadership dari ALC Training Management untuk mengasah soft skill kamu.

3. Menentukan Mimpi Besar

Kebanyakan orang merasa stuck karena kehilangan motivasi dan merasa tidak perlu memiliki mimpi muluk-muluk. Jangan takut untuk bermimpi besar karena inilah yang akan menjadi motivasimu dalam meningkatkan karir. Untuk mencapainya, kamu bisa memecahnya menjadi target kecil yang bisa dimulai dengan langkah sederhana. Lakukan secara bertahap sehingga kamu memiliki semangat yang baru.

4. Memperluas Koneksi

Tidak sedikit orang yang mendapatkan kesempatan besar lewat koneksi baru yang dijalin. Jadi mulailah membangun networking demi pengembangan karir saat ini. Kamu bisa memulainya dengan ikut komunitas, menghadiri konferensi dan mencari kenalan profesional di internet. Sebab, survey LinkedIn menunjukkan 61% setuju bahwa interaksi online di jaringan profesional dapat membuka kesempatan mereka mendapat pekerjaan baru.

Jangan lupa menunjukkan kemampuan yang kamu miliki sehingga menarik perhatian dan memperbesar peluang mendapat kesempatan baru.

5. Membangun Reputasi yang Baik

Saat memperluas koneksi sebaiknya ditunjang dengan membangun reputasi yang baik. Reputasi di dunia profesional maupun luar pekerjaan akan sangat berpengaruh dalam menjalin relasi baru. Kamu dapat memulai membangun reputasi dengan melakukan personal branding di social media, menjaga penampilan dan pembawaan saat beraktivitas dan berinteraksi serta konsisten menunjukkan skill yang dimiliki.

Baca juga : 7 Strategi Meningkatkan Kemampuan Problem Solving

6. Mencari Mentor

Jangan ragu untuk mencari mentor untuk meningkatkan skill dalam dirimu. Kehadiran mentor akan sangat membantu dalam menambah wawasan dan pengetahuan, menjadi tempat bertanya hingga menjadi sosok teladan untuk mendorong kita semakin maju. Pastikan memilih mentor yang memberikan pengaruh positif dalam meningkatkan kemampuanmu.

7. Terus Proaktif

Keinginan untuk meningkatkan karir tidak akan bisa tercapai jika hanya berdiam diri. Jadi pacu dirimu untuk terus proaktif dan antusias namun tetap berpikir strategis. Luangkan waktu di sela-sela kesibukanmu untuk mencari peluang baru, berkenalan dengan orang baru dan menambah wawasan.

Kesimpulan

Lingkungan kerja yang stagnan bukanlah halangan lagi jika kamu sudah menguasai strategi peningkatan karir tersebut. Bekali juga dengan mengikuti training di ALC Leadership Management yang dilakukan oleh ahli di bidangnya. Ada berbagai pilihan training online maupun offline untuk lebih menggali potensi dan skill kamu. Yuk segera daftar!

Detail info pelatihan, hubungi team ALC sekarang