5 Cara Untuk Membuat Kita Menjadi Orang Yang Antusias, Yang Ke-5 Sangat Berpengaruh!

Daftar Isi

Percaya atau tidak, antusiasme kitalah yang membuat hidup ini tersemangat. Dan berita baiknya, rasa antusias ini sudah ada bersama kita sejak lahir di dunia ini. Kamu gak percaya?

Coba deh di ingat-ingat kembali, ketika masa kecil kita dulu setiap melakukan hal baru, wajah kita begitu antusias. Apalagi saat mendapatkan hal baru, pasti akan semangat dan ingin langsung mencoba.

Pada dasarnya, rasa antusiasme dapat dibangun dan diciptakan dengan habits atau kebiasaan yang positif, ini sebaiknya dilakukan dan dijalankan secara konsisten, agar menjadi sebuah gaya hidup (lifestyle).

Namun, rasa malas terkadang menghampiri kita. Energi terasa sangat rendah, membuat kita menjadi malas, mood berubah secara tiba-tiba. Jangan khawatir, semua bisa diatasi loh. Mulai sekarang kamu harus tanamkan dalam dirimu, dengan kata-kata ini :

“Orang yang penuh semangat, akan disukai banyak orang dan dia akan lebih mudah menikmati hidupnya, karena selalu memiliki energi dan inspirasi”

Bagaimana Cara Menjadi Orang yang Antusias?

Pada dasarnya, Antusiasme adalah kunci untuk mencapai kesuksesan dan kebahagiaan dalam setiap aspek kehidupan baik kegiatan sehari-hari ataupun dalam pekerjaan.

Terlebih, orang yang antusias cenderung memiliki energi yang tinggi, semangat yang positif, dan motivasi yang kuat untuk mencapai tujuan mereka. Tapi bagaimana cara menjadi orang yang antusias?

Berikut adalah 5 cara-cara lengkapnya yang telah dirangkum dalam poin-poin berikut ini:

1. Pikirkan Apa Yang Ingin Kita Capai

Kita semua pasti memiliki impian masing-masing, entah itu jabatan, tempat tinggal, kendaraan, atau yang lainnya. Terkadang kita merasa jenuh atau kurang antusias dengan apa yang sedang kita kerjakan karena kita mengerjakan sesuatu yang sama terus-menerus, atau sesuatu yang kita kurang kuasai.

Dengan membayangkan apa yang kita ingin capai, rasa antusias dapat muncul, karena kita akan melakukan segalanya demi mencapai apa yang kita inginkan. Dengan memikirkan sesuatu yang kita raih, rasa antusias dapat muncul dan kita mengerjakan sesuatu juga menjadi lebih semangat dan menaikkan mood.

Baca juga : 

Apa Beda Jabatan Dengan Kekuasaaan? Kita Termasuk Mana?

2. Buatlah Rencana

Membuat rencana, membuat kita semakin dekat dengan sesuatu yang ingin kita capai. Jika kita ingin mencapai sesuatu yang kita inginkan tanpa membuat rencana, sama saja seperti berkendara tanpa melihat peta, proses yang kita lakukan tidak akan jelas dan sulit untuk menuju apa yang kita targetkan.

Studi yang dilakukan oleh Inc.com bahkan menyebutkan jika setiap orang tentu memiliki banyak tujuan dalam hidupnya. Namun 92% diantaranya pada akhirnya akan gagal saat tidak merencanakannya dengan baik.

Memaang, pada akhirnya rencana tidak selalu berjalan mulus, itulah gunanya kita harus membuat back up plan (rencana lain diluar rencana utama kita). Hal ini bertujuan untuk memberikan backup jika rencana awal tidak sesuai dengan ekspektasi kita, sehingga saat sesuatu yang tidak terduga terjadi, maka kita

3. Bertemanlah Dengan Teman yang Antusias dan Optimis

Bertemanlah di lingkungan orang-orang yang mendukung kita untuk mencapai tujuan kita, jika orang disekitar kita adalah orang-orang yang antusias dan optimis, kita juga akan termotivasi, karena lingkungan adalah salah satu yang membentuk karakter kita.

Berteman memang boleh dengan siapa saja. Namun untuk teman dekat, kita juga harus selektif dan jangan mudah terbawa arus, karena teman terdekat kita juga menunjukkan siapa diri kita. Jika kita dikelilingi oleh orang-orang yang pesimis, maka kita juga akan terkena dampaknya.

4. Fokus Dengan Apa Yang Kita Kerjakan

Fokus adalah hal yang harus kita lakukan jika kita ingin antusias, perhatikan segala sesuatu yang kita kerjakan, dan kita harus menaruh 100% pikiran kita kepada apa yang sedang kita kerjakan. Karena jika pikiran kita saja tidak sepenuhnya fokus, maka bagaimana kita bisa antusias?

Maka dari itu, kita harus menjauhkan pikiran yang mengganggu kita untuk fokus terhadap apa yang sedang kita kerjakan. Belajar untuk mengerjakan sesuatu dengan sepenuh hati, dan jangan memikirkan hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan sesuatu yang kita kerjakan, karena akan sangat sulit untuk antusias jika pikiran kita terbagi dan memikirkan hal lain.

5. Jernihkan Pikiran

Antusias dapat terbentuk jika kita memiliki energi yang cukup, kita tidak bisa merasakan hal tersebut jika badan kita terasa lelah atau tidak fit. Pola makan yang teratur dan olahraga yang cukup sangat berpengaruh bagi kesehatan dan imun kita.

Karena, mengerjakan sesuatu dengan fokus sangat membutuhkan energi, dan pada saat tubuh kita bugar, kita juga menjadi semangat dalam mengerjakan segala sesuatu, percuma jika otak kita mendukung, namun tubuh kita terasa lelah.

Maka dari itu, jika kita ingin mengerjakan sesuatu dengan antusias, kita harus punya cukup waktu untuk istirahat dengan mengatur pola hidup kita, agar kita tidak stress dan pikiran kita menjadi jernih dalam menjalankan aktivitas.

Itulah beberapa cara untuk menjadikan kita orang yang antusias, jika kita telah merasa sedang melakukan hal tersebut dan menjalankan proses sesuai dengan yang kita rencanakan, maka antusias akan membantu kita berkembang untuk mencapai apa yang kita inginkan.

Baca juga :

Kelebihan In House Management Training untuk Perusahaan

Kesimpulan

Antusiasme adalah kunci untuk mencapai keberhasilan dan kebahagiaan dalam kehidupan. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, seseorang dapat meningkatkan tingkat antusiasme mereka, yang pada gilirannya dapat membantu mereka mencapai tujuan dan menjalani kehidupan yang lebih memuaskan.

Dan setelah menyimak 5 cara membuat kita menjadi orang antusias, mari kita aplikasikan dalam kehidupan sehari-sehari. Dimulai dari hal-hal kecil dulu ya. Jangan pernah malas untuk berubah dan belajar. Karena rasa antusiasme itu merupakan aset yang kamu miliki dan bisa kamu manfaatkan dengan baik.

Detail info pelatihan hubungi team ALC di 087779199555
Training Online Leadership Fundamental
  • 14/03/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Procurement and Purchasing
  • 20/03/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Assertive Leadership
  • 28/03/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Creative Thinking
  • 25/04/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Self Leadership in Challenging Times
  • 02/05/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Great Leaders, Great Influencers
  • 16/05/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
  • 1
  • 2