Tanggung Jawab Pekerjaan, Dari Ke 5 Ciri Ini. Sudahkah Anda Memilikinya?

Tanggung Jawab Pekerjaan
Daftar Isi

Memasuki dunia kerja akan membuat seseorang memiliki tanggung jawab yang baru dan berbeda dari sebelumnya. Tanggung jawab di pekerjaan itu bersifat profesional atau menjadi tolak ukur dalam menilai kinerja karyawan. Itu sebabnya Anda harus memahami pentingnya memiliki rasa tanggung jawab di pekerjaan.

Untuk mengetahui apakah anda sudah menjadi sosok yang bertanggung jawab dalam dunia kerja, Anda bisa menyimaknya di artikel ini. ALC Leadership Management akan mengulas ciri-cirinya agar Anda bisa mempraktekkannya dalam bekerja.

Apa itu Tanggung Jawab?

Berdasarkan KBBI, pengertian  tanggung jawab adalah keadaan dimana  seseorang diwajibkan untuk menanggung segala hal terkait dengan sebab dan akibat.

Secara umum, tanggung jawab adalah kesadaran seseorang terhadap perbuatan dan perilakunya yang secara sengaja. Hal tersebut dilakukan atas kesadaran penuh dan berdasarkan kemauan pribadi.

Apa itu Tanggung Jawab di Pekerjaan?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, makna tanggung jawab di pekerjaan juga tidak jauh dari pengertian tersebut.  Tanggung jawab di pekerjaan merujuk pada tugas, kewajiban, dan akuntabilitas yang ditugaskan kepada seseorang dalam lingkungan kerja.

Tanggung jawab kerja tersebut mencakup kewajiban untuk menyelesaikan tugas dengan tepat waktu serta hasilnya sesuai kualitas yang diharapkan. Karyawan juga bersedia mempertanggungjawabkan hasil kerjanya tersebut kepada atasan atau pihak terkait.

Baca juga :

Supervisory Management : Kenali 5 Tanggung Jawab Supervisor

Ciri-ciri Anda Memiliki Tanggung Jawab di Pekerjaan

Memiliki sikap mampu bertanggung jawab dalam pekerjaan itu penting untuk menunjang karir. Jika Anda mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab atas tugas yang diberikan maka kepercayaan atasan dan bawahan ikut meningkat.

Senada dengan itu, sebuah studi bertajuk “Responsible Leadership Effect on Career Success” yang diterbitkan di Frontiers menunjukkan bahwa sikap pemimpin yang bertanggung jawab sangat mempengaruhi motivasi karyawan. Sikap tersebut akan menginspirasi bawahan untuk mengambil tanggung jawab lebih besar.

Berikut ciri-ciri memiliki sikap tanggung jawab di pekerjaan:

1.   Tepat Waktu

Sebagai bagian dari tanggung jawab di pekerjaan, Anda pasti diharapkan untuk tepat waktu. Dalam hal ini tepat waktu tidak hanya soal masuk kerja tapi juga disiplin menyelesaikan tugas dalam waktu yang ditentukan.

Apalagi jika Anda bekerja dalam tim maka ketepatan waktu sangat penting. Jika Anda disiplin maka akan lebih disegani dan kinerja tim lebih optimal. Simak 5 ciri jika Anda sosok yang disiplin di sini.

2.   Berkomunikasi Dengan Jelas dan Efektif

Komunikasi yang baik juga termasuk tanggung jawab penting di lingkungan kerja. Sebab mampu memberikan dan memahami instruksi dengan baik adalah bagian dari tanggung jawab di pekerjaan lho!

Penting sekali untuk memiliki kemampuan berkomunikasi efektif dengan rekan kerja, atasan, dan pihak terkait lainnya dengan jelas. Tanpa komunikasi yang jelas maka kerja tim akan terganggu dan berdampak buruk ke target pekerjaan.

Anda tidak perlu khawatir jika memiliki kekurangan berkomunikasi. Yuk tingkatkan kemampuan berkomunikasi yang efektif dengan mengikuti training dan bootcamp di ALC Leadership Management. 

3.   Mematuhi Kebijakan Perusahaan

Setiap perusahaan pasti memiliki kebijakan dan prosedur yang perlu diikuti oleh para karyawan. Sehingga sudah menjadi tanggung jawab Anda untuk memahami, mengikuti, dan mematuhi kebijakan tersebut. Jika Anda tidak mematuhinya akan membuat suasana kerja tidak nyaman dan berdampak buruk ke kinerja Anda sendiri dan karyawan lainnya.

4.   Memiliki Inisiatif

Karyawan yang baik bukan sekedar mampu menyelesaikan pekerjaannya namun juga bisa memberikan kontribusi lebih. Sikap tersebut menunjukkan Anda memiliki motivasi, kemandirian, dan proaktif dalam mencapai tujuan perusahaan.

Namun pastikan Anda mampu bertanggung jawab penuh terhadap inisiatif tersebut, bukan malah melemparkan pada orang lain lalu lepas tangan. Saat itulah Anda bisa menunjukkan kemampuan yang lebih untuk meningkatkan jenjang karir.

5.   Totalitas Dalam Bekerja

Totalitas dalam bekerja bukan berarti sering kerja lembur atau workaholic. Karyawan yang totalitas dalam bekerja memahami cara untuk mengatur pekerjaannya agar selesai dengan baik dengan hasil terbaik. Hasil kerja terbaik atau high performance itu secara langsung juga menunjukkan kualitas Anda sebagai karyawan.

Baca juga :

10 Tanda Leadership Kepeimpinan Anda dan Team Harus Diperbaiki

Kesimpulan

Menjadi sosok karyawan yang memiliki sikap tanggung jawab di pekerjaan akan memberikan banyak manfaat. Tidak hanya mendapatkan respek dan kepercayaan rekan kerja tapi juga jenjang karir yang bagus.

Anda bisa meningkatkan berbagai soft skill yang penting dikuasai di dunia kerja dengan mengikuti rangkaian training  yang tersedia di ALC Leadership Management. Yuk kenalan dengan program leadership dan management training dari ALC di sini!

Detail info pelatihan, hubungi team ALC sekarang