Yuk Ketahui Pentingnya Hubungan Motivasi Dengan Kinerja

Hubungan Motivasi Dengan Kinerja

Hubungan motivasi dengan kinerja, seberapa pentingnya dalam dunia pekerjaan?

Dalam dunia pekerjaan, terkadang diperlukan untuk mengetahui hubungan motivasi dengan kinerja. Seberapa erat hubungannya? Tentunya sangat kuat karena hal ini dapat mempengaruhi efektivitas proses bekerja para karyawan di sebuah perusahaan.

Di bisnis era modern ini, tingkat kesejahteraan karyawan adalah yang terpenting. Kesejahteraan mendukung aktivitas di tempat kerja seperti interaksi karyawan satu sama lain, bagaimana sebuah tim menjalankan program, dan lain-lain. Namun sebelum itu, kita harus menciptakan lingkungan kerja positif dimana tim kita merasa termotivasi dan merasa terlibat dalam pekerjaannya. Hal ini bisa tercapai salah satunya adalah dengan menjalankan pelatihan dan pengembangan sdm demi pengelolaan karyawan yang lebih baik.

Riset tentang hubungan motivasi dengan kinerja

Selama ini mungkin kita terus bertanya, apa itu motivasi? Mengapa motivasi bisa berdampak pada kinerja karyawan? Motivasi didefinisikan sebagai semua kekuatan, baik internal maupun eksternal yang mendorong seseorang untuk melakukan aktivitas tertentu.

Penelitian dari Universitas Aceh terhadap 74 karyawan menunjukkan bahwa ada hubungan erat antara motivasi dengan kinerja karyawan. Karyawan lebih aware dengan perilaku sosial. Hasilnya, setiap karyawan menjadi lebih peduli terhadap institusi, namun masih membutuhkan kerjasama dengan berbagai pihak.

Motivasi ekstrinsik (dari luar) bisa berasal dari lingkungan, atasan, dan rekan kerja. Sebuah studi psikologis dari frontiersin.org menyatakan bahwa motivasi karyawan berdampak besar pada engagement/ keterlibatan karyawan, kekompakan, rasa memiliki dan moral kerja, serta membuat karyawan bekerja lebih keras.

Dari teori kebutuhan Abraham Mashlow, kita bisa tanamkan bahwa apabila sebuah bisnis memenuhi kebutuhan dasar karyawannya, keselamatan, rasa memiliki, percaya diri dan aktualisasi maka kinerja karyawan dengan mudah meningkat.

Produktivitas dapat menjadi sebuah hal yang dinilai berharga. Maka dari itu, perlu untuk memahami apa hubungan antara kepemilikan motivasi dengan hasil kinerja yang juga dapat dibutuhkan pada dunia kerja karena produktivitas yang tinggi dari karyawan juga berpengaruh terhadap performa perusahaan tempat karyawan tersebut bekerja.

Baca juga : Simak 7 Tipe Pelatihan Dan Pengembangan Karyawan Untuk Perusahaan

Pentingnya Hubungan Motivasi dengan Kinerja

Motivasi sendiri merupakan salah satu faktor yang menjadi pendorong seseorang dalam melakukan atau menyelesaikan sesuatu atau tujuan yang ingin dicapai. Motivasi juga dapat disebut sebagai inspirasi untuk melakukan suatu tindakan, yang datangnya bisa dari diri sendiri maupun faktor dari luar.

Hal ini biasanya harus dimiliki karena nantinya dapat mempengaruhi kinerja maupun pencapaian dari diri kita. Dalam hubungan motivasi dengan kinerja, motivasi memegang peranan yang cukup penting karena pada dasarnya manusia selalu membutuhkan segala macam bentuk dorongan untuk dapat menyelesaikan maupun mencapai suatu tujuan.

Motivasi memiliki peranan agar manusia dapat selalu meningkatkan kualitas kinerja mereka sehingga dapat mencapai pada level tertentu. Jika karyawan memiliki motivasi yang cukup tinggi, hal ini dapat meningkatkan produktivitas serta kinerja mereka yang tentu saja juga akan memberikan dampak terhadap perusahaan tempat mereka bekerja.

Maka dari itu, tiap tim manajerial perlu untuk membentuk lingkungan yang dapat memberikan motivasi terhadap karyawan agar mereka dapat bekerja dan produktivitas yang baik.

Pengaruh Kepemilikan Motivasi Kerja Terhadap Hasil Kinerja

Banyak faktor yang mempengaruhi hubungan motivasi dengan kinerja yang baik. Karena dua faktor ini saling mempengaruhi satu sama lain. Salah satunya yaitu motivasi yang tinggi dalam diri seseorang dapat membantu mereka untuk menjadi lebih produktif dalam pekerjaan dengan kualitas yang sangat baik dan juga hasilnya memuaskan.

Motivasi jika disampaikan dengan baik maka juga dapat mempengaruhi orang di sekitarnya, makanya perlu untuk membangun lingkungan yang dapat meningkatkan motivasi dalam diri seseorang.

Motivasi juga dapat membuka banyak ide serta pendapat yang dapat membantu untuk mengembangkan perusahaan ataupun hal yang mereka kerjakan.

Baca juga : Pelatihan dan Pengembangan SDM Untuk Goals Besar Perusahaan

Maka dari itu, tidak hanya lingkungan yang penuh motivasi tetapi juga perlu untuk disediakan lingkungan yang suportif terhadap ide karyawan sehingga mereka dapat menyampaikan ide cemerlang mereka dengan baik. Kinerja yang baik dapat membawa banyak kesempatan baru dan juga pengembangan karir ke jalan yang lebih baik.

Nah, Setelah menyimak Pentingnya Hubungan Motivasi dengan Kinerja, sudahkah karyawan perusahaan anda menjalankan program training tersebut? Jika sudah, seberapa efektif melakukannya?

ALC Leadership Management memiliki program pelatihan dan pengembangan SDM dengan pendekatan yang berbeda. Training bisa diadakan secara offline maupun online. Beberapa contoh materi program pengembangan SDM yang disukai klien kami di antaranya Creative Thinking, Change Management, Effective Communication, dst.

Tingkatkan keahlian SDM Anda hari ini :

– Ketahui bagaimana cara membangkitkan daya imajinasi, yang berdampak pada peningkatan performance Anda & team tercinta, melalui Creative Thinking

– Pahami bagaimana cara memahami 8 akselerator perubahan. Tentang bagaimana cara menciptakan rasa terdesak, membangun koalisi membangun visi strategis & budaya inisiatif, membangun keberhasilan jangka pendek serta mempertahankan percepatan, melalui Change Management.

– Pelajari bagaimana cara memiliki inisiatif agar sigap menangkap peluang. Seta optimis agar gigih pantang menyerah meraih tujuan dan berani menghadapi berbagai tantangan, melalui The Power of Working with Emotional Intelligence

Jadwal Training Online

Arti Creative Negotiation Skills Dan Bagaimana Caranya
  • 21 Juni 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Creative Problem Solving and Decision Making : Tools Pemimpin Sukses
  • 24 Juni 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Self Leadership in Challenging Times
  • 13 Juli 2021 | 09.00 - 11.30 WIB
  • Training Online via Zoom
Fraud Audit : Crucial Function Untuk Fondasi Bisnis Anda
  • 27 Juli 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
4 Rahasia Melatih Creative Thinking
  • 19 Agt 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Expertise di Procurement dan Purchasing, Sulit Kah?
  • 23 Agt 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom

Hubungi Team ALC

  • Celebration Garden Blok AC.9 No. 19 Grand Wisata
  • 02182615440
    087779199555

Tinggalkan Balasan

Share With Your Friends