4 Strategi Jitu untuk Berani Mengambil Keputusan Dengan Baik

Daftar Isi

Berani mengambil keputusan merupakan kemampuan yang sangat krusial bagi kemajuan sebuah bisnis atau organisasi. Jadi tidak heran mengapa kemampuan ini disebut sebagai salah satu sifat yang wajib dimiliki oleh seorang pemimpin yang tegas di perusahaan.

Namun sayangnya, berdasarkan survei yang dilakukan oleh McKinsey menyebutkan jika hanya 20 persen responden yang mengatakan organisasi mereka unggul dalam pengambilan keputusan.

Seringnya, sebagian besar waktu yang mereka miliki ternyata dicurahkan untuk pengambilan keputusan yang sama sekali tidak efektif.

Oleh karena itu, artikel ini akan membahas 4 strategi supaya para pemimpin dapat lebih berani mengambil keputusan yang efisien demi kemajuan perusahaan.

Memang kenapa hal tersebut penting untuk dilakukan? Yuk simak penjelasan lengkapnya di artikel ini!

Mengapa Kita Harus Mengambil Keputusan dengan Baik?

Pengambilan keputusan atau decision making merupakan sebuah proses untuk mengidentifikasi dan mengumpulkan informasi supaya bisa mendapatkan solusi atas permasalahan yang sedang dihadapi.

Dengan mempertimbangkan banyak informasi yang relevan terlebih dahulu tentunya akan membantu mindset dalam pengambilan keputusan menjadi semakin bijaksana.

Tentunya, pengambilan keputusan yang lebih baik akan memberikan hasil yang jauh lebih maksimal khusus dalam menyelesaikan masalah. Namun hal ini hanya bisa dicapai saat Anda berani mengambil keputusan dengan resiko apapun selama sudah dipertimbangkan dengan matang dan baik.

Baca juga : 4 Metode Decision Making yang Paling Efektif di Tempat Kerja

Strategi untuk Berani Mengambil Keputusan dengan Baik

Penting untuk diingat jika penyelesaian masalah yang baik hanya bisa dilakukan saat Anda berani mengambil keputusan yang efisien dan bijaksana. Memang, cara berani mengambil keputusan yang bisa Anda lakukan ini cukup variatif karena tidak semua masalah bisa diselesaikan dengan strategi yang sama.

Namun secara umum, ada beberapa strategi untuk berani mengambil keputusan efektif yang dapat untuk Anda coba lakukan, diantaranya adalah:

4 Strategi untuk Berani Mengambil Keputusan yang Efisien ALC Leadership Management

1. Identifikasi Masalah Secara Keseluruhan

Setiap pemimpin tentunya harus berani mengambil keputusan dengan bijak! Namun supaya Anda semakin memiliki keberanian untuk melakukannya maka dibutuhkan dasar analisis dengan tepat yaitu dengan melakukan identifikasi masalah dan situasi terlebih dahulu.

Dengan melakukan identifikasi yang tepat, Anda akan mampu membuat analisis yang matang sebelum membuat keputusan khususnya dalam rangka problem solving.

2. Libatkan Orang Lain dalam Prosesnya

Konsekuensi pengambilan keputusan tentu akan sangat besar terutama jika dilakukan sendirian. Apabila sedang dalam lingkungan pekerjaan, maka penting untuk membawa banyak sudut pandang selama proses pemecahan masalah.

Bahkan, penelitian dari Royal Society Open Science menunjukkan pengambilan keputusan tim sangat efektif karena menyatukan pengetahuan dan pengalaman kolektif individu dalam bentuk creative thinking sehingga solusi yang dihasilkan akan jauh lebih inovatif.

Selain itu, melibatkan orang lain seperti anggota tim juga dapat membantu mengeksplorasi situasi bersama dengan kolaboratif dan mendapatkan dukungan melalui perspektif lain yang diberikan.

Saat solusi yang dirumuskan susah sangat inovatif dan dinilai efektif tentunya mustahil bagi Anda untuk tidak berani mengambil keputusan.

3. Hasilkan Lebih Banyak Alternatif Solusi

Dalam sebuah tim, contoh berani mengambil keputusan ini sering kali dapat dilakukan saat seseorang telah menghasilkan banyak alternatif solusi.

Dengan cara itulah, Anda dapat mempertimbangkan dan mengelompokkan mana kategori terbaik yang dapat diterapkan saat ini ataupun yang dapat ditunda terlebih dahulu.

Semakin banyak opsi yang Anda dapatkan maka akan semakin baik keputusan akhir Anda. Menghasilkan sejumlah opsi berbeda mungkin tampak membuat keputusan Anda lebih rumit pada awalnya.

Oleh karena itu, Anda membutuhkan sudut yang berbeda saat menggali solusi dan seringkali hal ini hanya bisa didapatkan dengan gaya collaborative yang melibatkan orang lain sepanjang prosesnya.

Baca juga : 5 Strategi Manajemen Konflik untuk Lingkungan Kerja Harmonis

4. Evaluasi Semua Opsi Solusi yang Tersedia

Selanjutnya, supaya Anda semakin yakin dengan keputusan yang diambil sehingga lebih percaya diri saat mengaplikasikannya yaitu dengan mempertimbangkan semua solusi yang telah tersedia.

Semua opsi ini dapat dievaluasi dan dipilih yang dinilai paling layak dan realistis dengan mempertimbangkan efek sekaligus risiko yang mungkin dapat ditimbulkan. Tentu hampir setiap keputusan akan melibatkan beberapa tingkatan risiko dan konsekuensi.

Namun jangan ragu, lebih baik bersikap percaya diri daripada meragukan hasil analisis yang sudah dilakukan. Selama, Anda sudah menentukan opsi terbaik yang akan bekerja dengan maksimal untuk menyelesaikan masalah.

Tidak hanya itu saja, keputusan tersebut juga telah mempertimbangkan kemungkinan dampak dari keputusan dari berbagai sudut pandang supaya mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Kesimpulan

Artikel ini membahas pentingnya keberanian dalam pengambilan keputusan untuk kemajuan bisnis atau organisasi, menyoroti bahwa hanya 20% organisasi yang unggul dalam aspek ini menurut survei McKinsey. Artikel tersebut menekankan bahwa banyak waktu terbuang untuk pengambilan keputusan yang tidak efektif dan menawarkan empat strategi bagi para pemimpin untuk meningkatkan efisiensi dan keberanian dalam mengambil keputusan.

– Identifikasi Masalah Secara Keseluruhan: Penting untuk melakukan analisis yang tepat sebelum mengambil keputusan dengan mengidentifikasi masalah dan situasi secara menyeluruh.

– Libatkan Orang Lain dalam Prosesnya: Pengambilan keputusan tim lebih efektif karena menggabungkan pengetahuan dan pengalaman individu, menghasilkan solusi yang lebih inovatif.

– Hasilkan Lebih Banyak Alternatif Solusi: Dengan menghasilkan banyak opsi, keputusan akhir akan lebih baik karena memungkinkan pemilihan solusi terbaik setelah mempertimbangkan berbagai alternatif.

– Evaluasi Semua Opsi Solusi yang Tersedia: Pertimbangkan semua solusi yang ada dengan mengevaluasi efek dan risiko, serta pilih yang paling layak dan realistis untuk diterapkan.

Artikel ini menegaskan bahwa pengambilan keputusan yang bijaksana dan berani, didukung oleh analisis matang dan kolaborasi tim, akan membawa hasil maksimal dalam menyelesaikan masalah perusahaan.

Training Online Assertive Leadership – ALC

Ingin menjadi pemimpin yang berani mengambil keputusan, tagas dan dapat diandalkan oleh para anggota tim? Yuk dаftаrkаn ѕеgеrа diri Andа dаlаm trаіnіng online “Assertive Leadership”. Cаtаt tаnggаl реlаkѕааnnуа di bаwаh іnі уа! 

Strategic Leadership
  • 27/06/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Effective Communication Skills
  • 04/07/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Coaching and Mentoring
  • 18/07/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Detail info pelatihan, hubungi team ALC sekarang