Memperkuat Fondasi: 6 Skills Dasar Kepemimpinan yang Penting bagi Pemimpin Handal

Daftar Isi

Dasar kepemimpinan adalah kemampuan atau skills utama yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Dengan basic leadership yang kuat dan mumpuni seorang pemimpin mampu memberikan pengaruh positif kepada team kerjanya untuk bisa mencapai goals sesuai dengan tujuan serta visi dan misi perusahaan.

Sudah kita ketahui bersama, bahwa salah satu faktor utama keberhasilan sebuah team kerja adalah pemimpin. Jika seorang pemimpin sudah memiliki kemampuan dasar kepemimpinan yang baik, maka ia mampu menjadi pemimpin terbaik dan berkompeten untuk team kerjanya.

Oleh karena itu, dasar kepemimpinan sangat penting dimiliki oleh setiap leader loh. Bagaimana bisa seorang leader membawa teamnya menuju sebuah keberhasilan jika kemampuan leadershipnya saja masih terbilang minim?

Sudah dapat dipastikan bukan, team yang dipimpin oleh leader tersebut mengalami kesulitan dalam mencapai target yang telah ditentukan.

Jika Anda seorang pemimpin wajib loh memiliki dasar kepemimpinan untuk bisa membawa team Anda menuju kesuksesan. Harvard Business Review melalui penelitian yang telah dilakukan, menyimpulkan ada 6 skills dasar kepemimpinan yang wajib dimiliki. Penasaran dengan 6 skills tersebut?

Eits, tapi tunggu dulu. Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai 6 skills basic leadership ini, yuk sama-sama kita ketahui apa sih arti dasar kepemimpinan.

Baca juga :Ā 

5 Skill Critical Thinking yang Perlu Dimiliki Seorang Pemimpin

Apa sih Arti Dasar Kepemimpinan?

Dasar kepemimpinan atau yang lebih dikenal dengan bahasa kerennya yaitu leadership fundamental adalah skills dasar yang harus dikuasai dan dimiliki seorang pemimpin. Dengan basic leadership skills ini, Anda sebagai pemimpin mampu menjadi pemimpin besar, berhasil, dan terbaik untuk team kerja dan perusahaannya.

Basic leadership ini adalah langkah awal Anda menjadi pemimpin yang baik.Ā Jika Anda sudah memiliki dasar kepemimpinan yang mumpuni, Anda mudah untuk mencapai goals yang telah Anda tetapkan. Skills ini wajib Anda miliki dan tidak bisa dianggap sepele.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa sih arti dasar kepemimpinan. Sekarang yuk sama-sama kita ketahui manfaat dasar kepemimpinan bagi karir Anda. Kali ini ALC sudah merangkum 5 manfaat basic leadership bagi karir Anda. Yuk ah lanjut baca lagi!

5 Manfaat Dasar Kepimpinan Bagi Karir Anda

Kemampuan kepemimpinan bukan hanya relevan untuk para pemimpin, tetapi juga berperan penting dalam mengarahkan kesuksesan dan pertumbuhan karir Anda. Berikut informasi mengenai 5 manfaat kunci dari memperkuat keterampilan kepemimpinan Anda dan bagaimana hal tersebut dapat membawa dampak positif bagi perjalanan karir Anda.

1. Ketahui Cara Menjadi Pemimpin Yang Baik

Seperti apa sih cara menjadi pemimpin yang baik itu? Anda harus mampu menjalin komunikasi dan interaksi yang baik dengan team serta orang di sekitar Anda. Anda juga tidak boleh hanya memerintah, tetapi mengayomi dengan memberikan arahan.

Tidak segan untuk memberikan support kepada team. Dan Anda harus memberikan feedback atas apa yang team Anda kerjakan. Plus Anda harus mampu mengkomunikasikan tujuan/ goals Anda sebagai pemimpin, sehingga antara Anda serta team kerja memiliki persepsi yang sama.

2. Sigap Dalam Mengambil Keputusan

Manfaat berikutnya adalah Anda mampu membuat keputusan ataupun solusi atas permasalahan yang dialami.

Karena sejatinya Anda sebagai pemimpin merupakan nahkoda yang harus bisa menentukan strategi. Juga siap menghadapi perubahan. Plus mengambil keputusan yang cermat serta tepat.

3. Berani Menghadapi Resiko

Ya, Anda menjadi berani mengambil resiko dan mampu keluar dari zona nyaman Anda. Anda juga lebih berani menghadapi tantangan dan tidak pernah merasa takut dengan persaingan. Plus Anda semakin memiliki rasa tanggung jawab dengan keputusan yang Anda buat.

4. Mampu Membangun Hubungan

Manfaat berikutnya adalah Anda mampu membangun relasi yang baik dengan team kerja, pimpinan dan juga klien Anda.

Ketika Anda membangun hubungan yang baik, maka interaksi positif akan tercipta dengan sendirinya. Dari interaksi positif inilah akan menghasilkan output, seperti kinerja Anda dan team meningkat serta relasi bisnis Anda semakin berkembang.

5. Tanggap Menyelesaikan Masalah

Anda mampu menjadi pemimpin yang sanggup menyelesaikan dan bertindak cepat dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi bersama dengan teamSehingga permasalahan yang Anda hadapi dalam pekerjaan cepat terselesaikan.

Wah, pembahasan kita semakin seru saja nih. Setelah mengetahui manfaat dasar kepemimpinan bagi karir Anda, selanjutnya yuk sama-sama kita ketahui 6 skills dasar kepemimpinan yang wajib Anda miliki sebagai pemimpin yang handal dan berkompeten. Lanjut baca lagi ya!

6 Dasar Kepemimpinan yang Dimiliki Pemimpin Handal dan BerkompetenĀ 

Dasar kepemimpinan seorang pemimpin yang wajib dimiliki ada 6 skills. Hal ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Hardvard Business Review kepada 40 pemimpin terbaik dari berbagai perusahaan dan industri.

Hasilnya adalah pemimpin yang baik dengan dampak yang paling besar selalu menerapkan dan mempraktikan 6 skills dasar leadership fundamental.

Adapun 6 skills dasar kepemimpinan sebagai berikut :

6 Dasar Kepemimpinan Yang Wajib Anda Miliki

1. Menyatukan Orang di Sekitarnya Dengan Visi Yang Menarik

Memiliki kemampuan untuk menginspirasi dan mengkomunikasikan visi yang menarik adalah kunci dalam mempersatukan orang-orang di sekitar kita. Dalam kepemimpinan, penting bagi seorang pemimpin yang visioner untuk menggambarkan gambaran yang jelas dan menarik tentang masa depan yang diinginkan. Hal ini membantu menggerakkan orang lain, membuat mereka memiliki tujuan yang sama, dan bekerja bersama menuju pencapaian visi tersebut.

2. Membangun Strategi Untuk Mencapai Visi

Setelah visi yang kuat ditetapkan, penting bagi seorang pemimpin untuk merancang dan mengimplementasikan strategi yang efektif. Strategi ini mencakup perencanaan taktis, alokasi sumber daya yang tepat, serta langkah-langkah konkret untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dengan membangun strategi yang baik, seorang pemimpin dapat memberikan arah yang jelas kepada timnya dan mengoptimalkan kemungkinan mencapai visi yang diinginkan.

3. Mengembangkan Talenta Terbaik

Seorang pemimpin yang berkualitas mengenali pentingnya mengembangkan dan memanfaatkan potensi terbaik dalam timnya. Melalui pengembangan bakat dan pemberian kesempatan, pemimpin dapat membantu anggota tim untuk mencapai tingkat keunggulan yang lebih tinggi. Dengan memberikan dukungan, pelatihan, dan mentorship yang tepat, pemimpin membantu para anggota tim tumbuh dan berkontribusi secara maksimal.

4. Fokus Pada Hasil dan StrategiĀ 

Seorang pemimpin yang efektif memiliki fokus yang tinggi terhadap pencapaian hasil dan penerapan strategi yang efektif. Pemimpin harus memiliki kemampuan untuk memantau kinerja, mengelola risiko, dan membuat keputusan berdasarkan evaluasi hasil dan strategi yang telah ditetapkan. Dengan menjaga fokus pada hasil yang diinginkan, pemimpin dapat memastikan bahwa langkah-langkah yang diambil selaras dengan pencapaian tujuan yang telah ditentukan.

Baca juga :Ā 

Leadership Fundamental Training

5. Menciptakan Inovasi Berkelanjutan

Pemimpin yang sukses mendorong budaya inovasi di dalam tim atau organisasinya. Mereka mendorong para anggota tim untuk berpikir kreatif, mengambil risiko terkendali, dan mencari solusi baru untuk mengatasi tantangan yang dihadapi. Dengan menciptakan lingkungan yang mendukung inovasi, pemimpin membangun keunggulan kompetitif dan membantu organisasi tetap relevan dalam lingkungan yang terus berkembang.

6. Kemampuan Dalam Memimpin Diri Sendiri

Sebelum memimpin orang lain, seorang pemimpin harus memiliki kemampuan untuk memimpin dirinya sendiri. Ini melibatkan mengenali dan mengelola emosi, memiliki disiplin diri, serta mengelola waktu dan energi secara efektif.

Kesimpulan

Setelah kita sama-sama mengetahui apa arti dasar kepemimpinan, 5 manfaatnya, dan 6 skills dasar kepemimpinan yang wajib Anda miliki sebagai pemimpin yang handal dan berkompeten. Sekarang Anda semakin mengetahui bukan mengenai dasar kepemimpinan?

Pertanyaannya, sudahkan Anda memiliki basic leadership yang mumpuni? Ingin mengupgrade dan menguatkan basic leadership skills Anda, tapi tidak tahu bagaimana caranya? Mengikuti leadership fundamental program bersama ALC adalah solusinya.

Leadership Fundamental, Program Pelatihan Kepemimpinan ALC Untuk Meningkatkan Kemampuan Dasar Anda Sebagai Seorang Pemimpin

Program ini dirancang khusus untuk meningkatkan basic leadership skill Anda sebagai pemimpin. Kami akan mengajak Anda untuk membangun karakter dan kepedulian Anda sebagai seorang pemimpin, sehingga Anda mampu untuk tetap fokus pada tujuan Anda. Plus Anda juga semakin mampu untuk menjadi pemimpin yang bijak dan berintegritas.

Materi topik training leadership fundamental ini dibawakan langsung oleh expert trainer ALC. ALC mendesain khusus materi kepemimpinan ini untuk memudahkan Anda meningkatkan 6 skills dasar kepemimpinan.

ALC Leadership Management atau yang dikenal dengan ALC adalah pusat training leadership management Indonesia yang sudah dipercaya lebih dari 300 perusahaan multinasional di Indonesia. Memiliki topik training leadership terbaik, yang bisa dilaksanakan secaraĀ online dan offline. Dipandu langsung oleh Coach And Motivator Leadership terbaik Ainy Fauziyah, seorang expert dibidang leadership.

Butuh training leadership alc? Hubungi team kami sekarang!
Training Online Leadership Fundamental
  • 14/03/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Procurement and Purchasing
  • 20/03/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Assertive Leadership
  • 28/03/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
  • 1
  • 2
  • 4