5 Skills yang Wajib Dipelajari dari Leadership Training Program

Leadership Training Program
Daftar Isi

Apakah Anda terinspirasi dengan pemimpin hebat yang sukses membawa perubahan? Pernahkah Anda bertanya-tanya apa rahasia dari kesuksesannya? Sebagian dari Anda mungkin saja menanyakan hal tersebut.

Kesuksesan tentunya tidak diraih begitu saja, melainkan seorang pemimpin yang hebat mampu menghadapi berbagai rintangan dan bisa menjadi panutan bagi para anggotanya. Kuncinya ada pada kepemimpinan.

Kepemimpinan atau leadership adalah suatu keterampilan yang dapat memberikan motivasi pada orang lain untuk mencapai tujuan bersama. Nah, kepemimpinan ini ternyata bisa dilatih sekaligus dikembangkan melalui Leadership Training Program, lho. Apa itu?

Apa yang Dimaksud dengan Leadership Training Program?

Leadership Training Program atau program pelatihan kepemimpinan adalah suatu training yang bertujuan untuk membangun keterampilan kepemimpinan, baik dalam pekerjaan saat ini maupun di masa mendatang.

Melalui program latihan dasar kepemimpinan ini, Anda bisa lebih menguasai tugas dan tanggung jawab. Sehingga, produktivitas perusahaan pun akan ikut meningkat.

Baca juga : 5 Jenis Seminar untuk Karyawan yang Wajib Anda Ketahui

Mengapa Program Leadership Training Itu Penting?

Meraih kesuksesan merupakan tujuan utama bagi banyak organisasi dan perusahaan. Tahukah Anda bahwa kunci sukses dari kepemimpinan itu terletak pada skill yang dimiliki oleh seorang pemimpin? Ya, memang tidak bisa dipungkiri bahwa skill alias kemampuan leadership menjadi hal yang penting.

Kemampuan teknis memang perlu untuk dimiliki, namun bukan berarti Anda bisa mengabaikan soft skill. Justru, soft skill ini menjadi nilai tambah, lho, bagi Anda. Pasalnya, kemampuan ini banyak dicari oleh perusahaan.

Adapun beberapa contoh dari skill leadership adalah kemampuan berkomunikasi, problem solving, decision making, kemampuan untuk memotivasi, hingga membangun hubungan yang baik. Program leadership training diadakan berdasarkan tujuan dan manfaat dari leadership itu sendiri.

Nah, tujuan utama dari pelatihan kepemimpinan adalah mempersiapkan individu untuk menjadi calon pemimpin yang baik agar tujuan perusahaan dapat diwujudkan semaksimal mungkin. Dengan mengikuti leadership training, Anda akan diajarkan mengenai berbagai skills yang bermanfaat dalam dunia kerja.

Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan adalah, pelatihan kepemimpinan bukan hanya dapat diadakan secara offline saja, tapi Anda juga bisa mengikuti program pelatihan kepemimpinan secara online. Seperti halnya yang dihadirkan oleh ALC Leadership Management. Selain mudah diikuti, skills yang didapatkan pun akan sangat berharga bukan?

Apa Saja yang Dipelajari dari Leadership Training Program?

Ketika mengikuti Leadership Training Program, Anda akan disuguhkan dengan berbagai materi yang akan disampaikan oleh trainer yang ahli di bidangnya. Materi tersebut tentunya akan menambah wawasan dan pengetahuan Anda, terutama dalam bidang kepemimpinan.

Secara umum, ada beberapa materi atau skill yang akan diajarkan dalam Leadership Training Program. Kira-kira, apa saja sih? Berikut adalah penjelasannya.

1. Memotivasi Tim

Bagaimana memotivasi tim merupakan salah satu materi penting yang akan diajarkan dalam leadership training di Indonesia. Studi Science of People menunjukkan bahwa memberikan motivasi kepada tim secara positif merupakan cara bagus untuk meningkatkan efektivitas serta efisiensi karyawan.

Kebebasan untuk berpendapat, prestasi yang diakui, dan mendorong kemajuan tim merupakan dasar untuk menjaga tim agar tetap termotivasi.

2. Decision Making

Seorang leader biasanya akan dihadapkan dengan berbagai pilihan. Sejatinya, membuat keputusan itu bukanlah merupakan sesuatu yang mudah. Sebagai seorang pemimpin, keputusan yang Anda buat dapat menentukan kesuksesan perusahaan.

Melalui Leadership Training Program, Anda akan belajar bagaimana cara membuat keputusan dengan efektif. Baik melalui pengambilan keputusan analitis, perilaku, konseptual, atau bahkan direktif.

3. Mengelola Konflik

Ketika mengerjakan tugas dan tanggung jawab, terkadang kita juga akan menemui konflik, baik secara internal maupun eksternal. Training leadership mencakup pembelajaran mengenai bagaimana cara menghadapi situasi sulit, problem solving, hingga mengelola stres dan emosi. Sehingga, para peserta diharapkan dapat menangani konflik dengan baik.

4. Komunikasi Secara Efektif

Bagaimana cara Anda berkomunikasi dengan karyawan akan menentukan jenis hubungan kerja yang dimiliki. Kemampuan berkomunikasi dengan baik dimaksudkan agar Anda dan tim dapat membangun ikatan yang positif dan kooperatif.

Anda akan diajari bagaimana memberikan pernyataan dan informasi yang jelas, memotivasi, hingga memberikan feedback kepada karyawan melalui komunikasi yang baik.

Baca juga : 6 Management Skills Wajib Dimiliki oleh Seorang Pemimpin

5. Planning and Delegating

Sangat wajar jika Anda ingin mengerjakan semuanya dengan cepat. Namun ingat, sulit untuk melakukan semuanya seorang diri. Terlebih lagi, jika ada banyak pekerjaan yang harus ditangani.

Untuk menjawab hal tersebut, Anda harus bisa mempelajari cara merencanakan proyek secara efektif dan mendelegasikan tugas secara efisien. Ini dimaksudkan agar pekerjaan dapat diselesaikan secara maksimal sesuai dengan deadline yang telah ditentukan.

Itulah, informasi mengenai Leadership Training Program. Secara garis besar, program latihan dasar kepemimpinan ini memang akan memberikan materi dan skill yang tentunya sangat berguna bagi Anda maupun perusahaan. Jadi, sudahkah Anda merencanakan untuk mengikuti  pelatihan kepemimpinan ini?

Detail info pelatihan, hubungi team ALC sekarang
Artikel Lainnya
Jadwal Training Publik Online 2023
Training Online Creative Thinking
  • 25/04/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Self Leadership in Challenging Times
  • 02/05/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Great Leaders, Great Influencers
  • 16/05/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom