6 Management Skills Wajib Dimiliki Oleh Seorang Pemimpin

Management Skills

Daftar Isi

Management Skills Sangat Diperlukan dalam Dunia Kerja. Apa Saja Sih Contohnya?

Setiap organisasi dan perusahaan tentu saja ingin mencapai tujuannya secara maksimal. Dalam hal ini, peran manajer sangat dibutuhkan. Manajer adalah individu yang memiliki tanggung jawab untuk mengelola usaha dengan tujuan membantu organisasi dan perusahaan mencapai targetnya.

Untuk mencapai itu semua, seorang manajer membutuhkan kemampuan, baik itu soft skill ataupun hard skill. Nah, salah satu kemampuan utama yang harus dimiliki adalah management skills. Pernah mendengarnya?

Sebagian dari Anda mungkin saja sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut. Tapi, apakah Anda tahu apa arti dari management skills sebenarnya? Apa saja jenis-jenisnya? Dan apa yang sebaiknya harus dikuasai? Untuk mengetahui jawabannya, simak penjelasannya di bawah ini, yuk!

Apa yang Dimaksud dengan Management Skills?

Tanpa disadari, kita sebenarnya telah menemukan ilmu manajemen dalam kehidupan sehari-hari, lho. Contoh yang paling sederhana adalah dalam hal mengatur kehidupan rumah tangga ataupun menyusun rencana untuk liburan.

Nah, management skills tidak bisa dilepaskan dari ilmu dasar manajemen itu sendiri. Secara umum, management skill atau keterampilan manajemen adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang manajer untuk memenuhi tugasnya dalam suatu perusahaan atau organisasi.

Kemampuan yang dimaksud bukan hanya untuk memimpin saja, melainkan juga mengorganisir hingga mengelola pekerjaan dan anggota tim. Sebagai pemimpin dalam perusahaan, seorang manajer tentunya harus memiliki keahlian. Jika tidak, apakah perusahaan bisa mencapai tujuannya?

Keterampilan manajemen bisa diperoleh dan dikembangkan melalui pembelajaran dan pengalaman menjadi seorang manajer.

Keahlian yang harus dimiliki manajer ini dapat membantu membangun hubungan dengan rekan kerja dan memimpin anggota dengan baik. Sehingga, kegiatan dalam perusahaan dapat berjalan seperti apa yang diharapkan.

Bisa dikatakan, keterampilan management itu memegang peranan penting, mengapa? Kembali lagi, ini dibutuhkan perusahaan untuk sukses mengejar targetnya.

Baca juga :

Kenali 5 Managerial Skills, Keahlian yang Wajib Dimiliki Seorang Manager

Apa Saja Sih Management Skills Itu?

Menurut seorang psikolog asal Amerika Serikat, Robert Katz, setidaknya ada 3 keterampilan dasar manajemen yang harus dimiliki seorang pemimpin. Apa itu? Cari tahu di bawah ini, yuk!

– Kemampuan teknis (technical skill): Technical skill adalah keterampilan seorang manajer agar mampu menggunakan berbagai teknik untuk mencapai tujuannya. Dengan kata lain, keterampilan ini maksudanya adalah hard skills

– Keterampilan konseptual (conceptual skill): Conceptual skill adalah keterampilan yang melibatkan pengetahuan dan pengalaman manajer dalam menjadi seorang pemimpin. management conceptual skills ini meliputi kemampuan manajer dalam menganalisis, mengidentifikasi masalah, hingga menemukan solusi dengan cara kreatif

– Kemampuan interpersonal (interpersonal skill): Untuk meningkatkan kinerja tim, seorang manajer harus bisa berinteraksi dan berkomunikasi secara efektif. Inilah yang dimaksud dengan interpersonal skill

Contoh-contoh Management Skills di Dunia Kerja

Sebelumnya, kita sudah mengetahui 3 keterampilan dasar manajemen. Ya, keterampilan tersebut memang dibutuhkan. Namun ternyata, ada keterampilan manajemen lainnya yang tak kalan penting diperlukan di dunia kerja. Istilahnya, ini merupakan keterampilan pendamping.

Berikut ini adalah contoh-contoh dari management skill. Ketahui, yuk!

Pertama, planning.

Tanpa perencanaan yang baik, perusahaan akan sulit untuk mencapai goals-nya. Perencanaan yang dimaksud adalah keahlian yang diperlukan manajer dalam hal mengatur segala sesuatu sesuai dengan pedoman perusahaan. Dengan kata lain, ini meliputi sebuah strategi.

Kedua, communication.

Komunikasi yang baik dimaksudkan agar informasi yang diberikan pada tim dapat berjalan dengan baik. Ketika komunikasi berjalan dengan efektif, tugas dan kegiatan pun dapat diselesaikan dengan baik.

Pemimpin yang memiliki keterampilan komunikasi efektif dapat membangun hubungan yang baik pula dengan para anggotanya.

Ketiga, leadership.

Kepemimpinan atau leadership dengan management skills memang tidak bisa dipisahkan. Hal ini mengingat fungsi dari manajer sebagai seorang pemimpin itu sendiri.

Membimbing karyawan dengan baik, bisa memotivasi, mampu menyelesaikan masalah dengan baik, dan integritas yang tinggi adalah beberapa contoh dari kepemimpinan.

Baca juga :

7 Skills Terbaik yang Harus Dimiliki Seorang Manager, Apa Saja?

Keempat, decision-making.

Pengambilan keputusan menjadi management skill lainnya yang tak kalah penting. Keputusan merupakan kunci dari keberhasilan perusahaan. Oleh karenanya, agar kegiatan perusahaan dapat berjalan efektif dan mampu mencapai targetnya, seorang manajer diharuskan mampu membuat keputusan yang tepat.

Kelima, coordinating.

Koordinasi dalam tim maupun antartim sangat dibutuhkan agar semua pekerjaan bisa berjalan dengan lancar. Koordinasi dalam management skill yang dimaksud adalah kemampuan beradaptasi dengan perubahan, team building, manajemen waktu, hingga kemampuan kolaborasi.

Keenam, organizing.

Kemampuan organisasi dalam management skill ini berkaitan dengan mengatur dan membuat strategi untuk ke depannya. Untuk memiliki kemampuan organisasi yang baik, seorang manajer harus memiliki keahlian dalam menganalisis, berpikir logis, bernegosiasi, serta mempersuasi.

Nah, itulah informasi mengenai management skills. Kemampuan manajemen memang tidak bisa dipisahkan dari seorang manajer. Dari beberapa contoh management skills yang sudah disebutkan di atas, kemampuan mana saja yang sudah Anda miliki?

Detail info pelatihan, hubungi team ALC di 087779199555