3 Alasan Mengapa Promosi Jabatan Itu Penting, Yang Ke-2 Akan Terasa Dampaknya!

Daftar Isi

Apa yang terlintas dalam benak ketika mendengar kalimat ”Promosi Jabatan?” Mungkin yang akan terpikirkan adalah “Wah gaji saya akan naik nih”, atau mungkin “Akhirnya kinerja saya di apresiasi selama bertahun-tahun”. Namun, tidak hanya secara finansial (gaji) Anda yang akan bertambah, tetapi pengalaman dan jam terbang Anda juga akan bertambah.

Promosi Jabatan adalah pemindahan karyawan dari suatu posisi atau jabatan, ke posisi yang jauh lebih tinggi ditunjang dengan fasilitas, gaji, tanggung jawab, dan peluang yang lebih besar. Promosi jabatan biasanya dilakukan dalam sebuah perusahaan ketika ada karyawan yang ingin pensiun, atau resign, atau karyawan yang memang disiapkan untuk promosi jabatan dikarenakan kinerja, skills, atau kemampuan yang dimilikinya.

3 Alasan Mengapa Promosi Jabatan itu Penting

Ketika ingin mengadakan promosi kenaikan jabatan, biasanya pemimpin perusahaan akan mempertimbangkan dua hal, yaitu masa kerja seorang karyawan dan kemampuan atau kompetensi yang dimiliki oleh karyawannya.

Setiap karyawan pasti akan senang ketika diberikan kesempatan untuk merasakan promosi kenaikan jabatan di perusahaan tempatnya bekerja. Taukah Anda alasan mengapa promosi kenaikan jabatan itu penting untuk karyawan? Yuk simak 3 alasan pentingnya dibawah ini

1. Merasa Diapresiasi

Ketika seseorang karyawan dipromosikan dalam jabatan, hal itu mengirimkan pesan bahwa kinerja dan kontribusinya diakui dan dihargai. Merasa diapresiasi merupakan faktor penting dalam meningkatkan kepuasan kerja dan memperkuat ikatan emosional antara individu dengan organisasi. Promosi jabatan menjadi bukti nyata bahwa kerja keras dan dedikasi seseorang diakui dan memberikan dampak positif pada perkembangan karirnya.

2. Tertantang Untuk Melakukan Perubahan

Promosi kenaikan jabatan sering kali memperkenalkan tugas dan tanggung jawab baru yang lebih kompleks dan menantang. Hal ini dapat mendorong individu untuk terus berkembang, mengasah keterampilan, dan belajar hal baru. Dengan mendapatkan tantangan baru, individu dapat mengembangkan kemampuan kepemimpinan, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan yang lebih baik.

Promosi kenaikan jabatan memberikan kesempatan untuk melangkah ke level berikutnya dalam pengembangan karir dan menghadapi tantangan baru yang dapat meningkatkan pertumbuhan dan kemajuan pribadi.

Baca juga : 

Mengenal Lebih Jauh Ciri-Ciri Dan Arti Pemimpin Yang Baik

3. Meningkatkan Motivasi Dalam Diri

Dengan mendapatkan promosi, seorang karyawan akan  merasakan dorongan dan semangat baru untuk mencapai tingkat kinerja yang lebih tinggi. Mereka mungkin merasa termotivasi untuk membuktikan kemampuan dan keahlian mereka, memenuhi harapan yang lebih tinggi, dan berkontribusi dengan cara yang lebih signifikan terhadap organisasi.

Promosi jabatan memberikan tujuan yang dapat diperjuangkan, meningkatkan motivasi intrinsik, dan memperkuat komitmen individu terhadap pencapaian yang lebih besar.

3 Manfaat Dari Promosi Jabatan Yang Perlu Diketahui

Promosi jabatan bukan hanya sekadar mendapatkan posisi baru, tetapi juga membawa berbagai keuntungan. berikut, 3 manfaat penting dari promosi jabatan yang perlu Anda ketahui

1. Produktivitas Kinerja Karyawan Akan Meningkat

Karena promosi jabatan, tanggung jawab dalam pekerjaan akan meningkat. Sehingga karyawan akan dituntut untuk mengasah pola pikir menjadi lebih baik, dan lebih cepat dan tanggap dalam menyikapi dan menyelesaikan permasalahan.

Dengan meningkatnya produktivitas, tanpa disadari kita melakukan 3 hal :

  1. Lebih berkontribusi pada perusahaan
  2. Memotivasi rekan lainnya untuk melakukan hal yang sama
  3. Mendorong rekan kerja lainnya untuk bekerja lebih produktif

2. Kepuasan Kerja Menjadi Lebih Tinggi

Dengan naiknya jabatan, rasa kepuasan diri kita menjadi timbul. Ini karena kita merasa dihargai atas jerih payah kita selama bekerja. Sehingga dengan begitu kita menjadi lebih terpacu untuk bekerja lebih baik.

3. Semakin Percaya Diri

Seiring dengan dilakukannya promosi jabatan, maka akan meningkatkan kepercayaan diri. Memiliki jabatan yang semakin tinggi maka berarti kemampuan Anda dalam bekerja dan profesionalitas Anda dalam bekerja sudah diakui oleh pihak perusahaan.

Baca juga : 

Simak 3 Pentingnya Personal Development Bagi Jenjang Karir

Kesimpulan

Promosi jabatan itu ibaratkan sebuah hadiah yang didapatkan melalui kerja kerasa yang sudah dilakukan selama bekerja. Namun, sering kita temukan beberapa perusahaan atau atasan menunda promosi jabatan karyawannya.

Alasannya cukup terdengar sepele dan ringan, misalnya pemimpin divisi belum siap kehilangan karyawan terbaiknya, atau merasa tersaingi dengan karyawannya sendiri karena akan selevel dengan atasan, dan juga merasa bahwa karyawan tersebut belum memberikan rasa loyalitasnya kepada perusahaan.

Jika ada pemimpin dan atasan yang melakukan hal tersebut, secara sadar sudah melakukan hal yang merampas hak karyawan untuk terus berkembang.

Nah, setelah Anda mengetahui alasan dan manfaat promosi jabatan. Sudahakah Anda melakukan promosi jabatan untuk karyawan Anda? Jika sudah, seberapa efektifkah? Jika belum dan Anda membutuhkan lembaga training, segera temukan dan jangan salah pilih ya!

Berbicara mengenai promosi jabatan ALC Leadership Managemet, memiliki program training, diantaranya :

– Materi Supervisory Skills for Great Supervisor berguna dalam menjadikan Anda seorang supervisor produktif dengan team yang handal.

– Sementara, jika Anda seorang manager, pelatihan kepemimpinan dengan tema Assertive leadership for Manager

– Tema pelatihan The Power of Working with Emotional Intelligence yang mampu meningkatkan inisiatif Anda terus berkembang dan menjadi lebih baik.

Detail info pelatihan hubungi team ALC di 087779199555
Training Online Leadership Fundamental
  • 14/03/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Procurement and Purchasing
  • 20/03/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Assertive Leadership
  • 28/03/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Creative Thinking
  • 25/04/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Self Leadership in Challenging Times
  • 02/05/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Great Leaders, Great Influencers
  • 16/05/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
  • 1
  • 2