fbpx

Simak 3 Pentingnya Personal Development Bagi Jenjang Karir

Personal Development

Personal development, seberapa penting untuk karir kita?

Personal development adalah sebuah proses yang berkaitan dengan pengembangan kemampuan diri manusia. Proses ini berjalan seumur hidup. Lantas apa saja yang bisa kita kembangkan? Dan apa tujuan personal development? Yuk kita bahas bersama.

Personal development adalah seluruh aktivitas atau tindakan yang diambil untuk meningkatkan kesadaran diri, bakat, potensi dan kualitas hidup sebagai bentuk untuk merealisasikan mimpi dan cita-cita menjadi kenyataan.

Pengembangan kemampuan diri ini harus terus dipelajari agar tidak ketinggalan zaman yang terus berkembang dan terus mengalami perubahan. Semakin berkembang kemajuan ilmu pengetahuan ataupun teknologi, maka akan banyak terjadi perubahan yang menuntut kita untuk menyesuaikan diri dengan rasa ingin tahu yang tinggi.

  

Pengembangan diri adalah sesuatu yang sudah menjadi tanggung jawab diri sendiri untuk meningkatakan kualitas diri untuk menjadi pribadi yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Kita harus mau berubah atau leading change untuk mengembangkan diri menjadi lebih baik, karena perubahan dapat membawa harapan sehingga dapat bekerja lebih baik sehinggga mendapatkan hasil yang lebih baik dan memuaskan.

Kita harus sama-sama tahu bahwa personal development bisa membantu kita mengidentifikasi semua keterampilan yang kita butuhkan. Tentu saja untuk kebutuhan hidup dalam meningkatkan prospek kerja. Bukan hanya pekerjaan, personal development juga dapat mengembalikan kepercayaan diri kita.

Baca juga : Simak Manfaat dan Metode Pelatihan Sumber Daya Manusia Bagi Karier

Pada dasarnya, ada banyak cara yang bisa kita lakukan dalam pelatihan dan pengembangan SDM. Karena setiap manusia memiliki potensi yang tertanam pada diri. Beberapa contoh caranya seperti membaca buku tentang skills yang ingin kita tingkatkan, tetap jujur pada diri sendiri, membuat penghargaan dan hukuman untuk diri sendiri, mencari seseorang untuk mendorong dan berlatih bersama kita, serta yang terakhir menjalani coaching dan mentoring dari para ahli yang berkompeten.

Riset tentang personal development

Meskipun perkembangan diri sudah terbentuk dari lingkungan keluarga, di sekolah, dll. Hal ini juga dapat membantu membentuk kita sebagai orang dewasa. Namun, pengembangan pribadi tidak boleh berhenti di kemudian hari, bahkan saat kita sudah menginjak usia dewasa. Karena personal development adalah keterkaitan antara seseorang dengan masyarakat (person-society system) yang harus tetap dikembangkan.

Maka dari itu kita perlu memaksimalkan potensi karyawan agar dapat menjadi diri terbaik mereka. Menurut penelitian psikologis dari Sechenov First Moscow State Medical University Russia, personal development membentuk 3 aspek karakter seseorang, yakni intelektual, emosional dan perilaku.

3 Manfaat Personal Development

Dari 3 aspek personal developmet di atas, apakah Anda sudah mengembangkannya? Jika sudah, apakah Anda menyadari dampak dari interaksi antar ketiganya? Simak dalam 3 manfaat personal development berikut.

Pertama, menyadari potensi yang dimiliki. Anda pasti pernah merasa terombang-ambing. Entah pada saat melamar ke perguruan tinggi, menentukan pasangan hidup, memilih jenjang karir, atau bahkan sampai krisis di masa tua. Ditambah fakta yang membuat kita semua bertanya, “Apa yang harus saya lakukan di saat seperti ini? Saya tidak tahu”.

Ya memang, hidup terkadang membuat kita berharap yang tidak realistis. Membuat kita tidak sadar potensi diri. Percaya atau tidak, ini membuat masa depan kita terasa lebih berat. Jika kita terlalu khawatir tentang masa lalu atau masa depan, kita tidak akan bahagia di saat ini.

Lantas, memangnya ada, proses dalam hidup yang bisa menolong kita untuk “meringankannya”?

Berita baiknya, proses dalam personal development adalah cara terbaik yang dapat kita gunakan untuk mengenali potensi diri sendiri. Mengetahui potensi diri tentunya sangat bermanfaat. Salah satunya adalah mengidentifikasi apa yang sebenarnya kita mau, dan apa yang bisa kita lakukan untuk merealisasikannya dengan fokus pada tujuan kita.

Mengenali diri sendiri merupakan pengenalan terhadap nilai diri serta tujuan hidup yang ingin kita capai. Hal ini yang nantinya akan menjadi sebuah pedoman dalam perjalanan ke masa depan. Kita juga jadi terbantu untuk mencapai berbagai macam mimpi kita, kan? Sekarang pertanyaannya, apakah Anda sudah kenal diri Anda? Yuk mulai kembangkan personal development mulai hari ini!

– 

Kedua, membuka berbagai kesempatan baru. Personal development dapat diartikan sebagai usaha untuk memperbaiki kualitas diri serta juga memaksimalkan potensi diri untuk lebih berprestasi. Dalam proses ini, sebenarnya kita sudah melakukan bentuk investasi terhadap masa depan dan juga perjalanan karir kedepannya.

Hal ini tentu saja dapat membantu untuk membuka berbagai jenis kesempatan yang ada di dalam hidup. Banyak industri kerja yang akan selalu mencari orang dengan kualitas dan kemampuan diri yang terbaik. Menariknya, jika kita berhasil melakukan pengembangan diri, maka akan ada banyak pintu kesempatan yang terbuka dengan sendirinya

Ketiga, membantu meningkatkan kualitas diri. Tidak hanya kemampuan atau keterampilan diri yang membaik, kualitas diri juga akan diperbaiki dengan sendirinya. Personal development adalah cara ampuh dalam meningkatkan motivasi yang ada di dalam diri sendiri dan juga nilai rasa percaya diri.

Baca juga : Simak 7 Tipe Pelatihan Dan Pengembangan Karyawan Untuk Perusahaan

Menyadari akan adanya potensi dapat membantu untuk menjaga motivasi yang ada di dalam diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi, dan meningkatkan keberanian serta rasa percaya diri dalam mengahdapi masalah dengan creative problem solving.

Hal ini nantinya juga akan berpengaruh terhadap fokus yang ada di dalm diri sehingga juga dapat berpengaruh terhadap efektivitas kualitas pekerjaan. Mengetahui tujuan yang ingin dicapai dengan potensi yang dimiliki juga akan membantu untuk mempertahankan fokus sehingga dapat segera mencapai tujuan tersebut.

Nah, 3 manfaat ini akan kita rasakan ketika kita berinvestasi pada personal development.

Pertanyaannya, apakah perusahaan Anda sudah menjalankan program ini? Jika sudah, seberapa efektif melakukannya?

ALC Leadership Management, training vendor terbaik,  memiliki program pelatihan dan pengembangan SDM dengan pendekatan yang berbeda. Training bisa diadakan secara offline maupun online. Beberapa contoh materi program pengembangan SDM yang disukai klien kami di antaranya Working Excellence, Change Management, Effective Communication, dst.

Tingkatkan keahlian SDM Anda hari ini :

– Ketahui bagaimana cara untuk lebih bisa memanage diri serta memahami dampak sikap Anda pada pekerjaan & team. Membangun peraturan pada diri sendiri dan bertindak nyata, melalui Working Excellence.

– Pahami bagaimana cara memahami 8 akselerator perubahan. Tentang bagaimana cara menciptakan rasa terdesak, membangun koalisi membangun visi strategis & budaya inisiatif, membangun keberhasilan jangka pendek serta mempertahankan percepatan, melalui Change Management.

– Pelajari bagaimana cara menyampaikan info dengan jelas dan mudah dipahami, cara bernegosiasi yang baik serta handal menangani orang sulit, melalui Effective Communication.

Jadwal Training Online

Fraud Audit, Cara Mendeteksi Kecurangan Dan Gejalanya Sejak Dini
  • 12 Okt 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Creative Problem Solving : Arti, Manfaat Dan Cara Mengambil Keputusan
  • 21 Okt 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Procurement And Purchasing Strategy : Arti, Manfaat Dan Caranya
  • 15 Nov 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom

Hubungi Team ALC

  • Celebration Garden Blok AC.9 No. 19 Grand Wisata – Bekasi 17510
  • 02182615440
    087779199555

Tinggalkan Balasan

Share With Your Friends