fbpx

Lead And Influence To Greatness

Lead and Influence to Greatness

Lead and Influence to Greatness, memimpin melalui pengaruh.

Sebelum pergi terlalu jauh, konsep kepemimpinan harus kita pahami dengan benar. Karena, banyak yang menganggap bahwa pemimpin hanya sebatas otoritas. Hanya seorang yang memberikan kita perintah untuk melakukan pekerjaan. Padahal, pemimpin lebih dari itu.

Menjadi seorang pemimpin adalah tentang bagaimana membangun pengaruh positif. Perlu digaris bawahi bahwa antara pengaruh dengan otoritas itu 2 hal yang berbeda. Memimpin dengan membangun pengaruh, tidak cukup dengan otoritas.

Memang, otoritas memberikan kita izin untuk mengontrol segala sumber daya. Namun pada nyatanya, memimpin tidak memerlukan otoritas yang banyak, loh. Justru dengan membangun pengaruh, karyawan akan lebih loyal dan melakukan segala pekerjaan dengan sukarela. Dan bukan hanya saat disuruh saja.

Perhatikan gambar ilustrasi di atas, bagaimana cara karyawan memperhatikan ketika pemimpinnya memberikan sebuah penjelasan? Terlihat sangat antusias dan memperhatikan bukan?

Jika cara memimpin Anda dengan cara otoritas. Karyawan jadi kurang inisiatif karena terbiasa menunggu perintah dan tidak memiliki inisiatif dalam bekerja dan berkembang menjadi lebih baik. Hm… Lantas bagaimana cara membangun pengaruh pada orang-orang yang kita pimpin?

Apa itu Lead and Influence?

Memimpin melalui pengaruh. Artinya, membangun hubungan yang kuat berdasarkan kepercayaan (trust) rasa hormat (respect) dan menyajikan ide dengan baik kepada bawahan. Tidak hanya semena-mena memberikan perintah. Namun, bisakah kita membangun pengaruh walaupun tidak memiliki otoritas?

Mengapa Pengaruh (influence) itu Penting?

Pikirkan situasi di mana kita harus menerima perubahan yang tidak diinginkan. Sebagian besar mungkin saja menolak perubahan itu. Di sinilah peran Anda sebagai pemimpin sejati menerapkan gaya kepemimpinan untuk memengaruhi bawahan dalam memenuhi ekspektasi perusahan.

Pemimpin yang hebat lahir dari kekuatan sikapnya dalam yang mudah mempengaruhi orang lain. Pengaruh yang diberikannya selalu bernilai positif. Pemimpin yang hebat memiliki karisma dalam dirinya. Sehingga dapat mempengaruhi karyawannya dan tujuan perusahaan akan mudah tercapai, dikarenakan pemimpin tersebut dilengkapi dan dibantu dengan karyawan terbaik dan berkualitas.

Pemimpin dengan pengaruh positifnya akan memberikan dampak rasa percaya kepada setiap karyawannya, sehingga karyawan akan merasa percaya untuk dipimpin dan pemimpin juga akan mudah untuk menemukan karyawan yang memiliki kualitas dan kinerja yang baik. 

Lead and influence membuat orang lain merasa nyaman, mengandalkan kita untuk mendapatkan sudut pandang baru dan informasi untuk membuat sebuah keputusan. Dan yang terpenting, ini tentang menjadi transparan dalam pekerjaan.

4 Cara Lead and Influece to Greatness

Pertama, bangun kepedulian dan selalu jalin interaksi. Jangan pernah memperlakukan orang hanya berdasarkan pada apa yang mereka berikan atau yang mereka kerjakan. Perlakukan mereka dengan hormat. Tunjukkan kepedulian kita pada hidup mereka juga.

Investasi sekecil ini akan menuai hasil yang sangat besar. Namun jarang dilakukan banyak pemimpin. Padahal, ini adalah satu-satunya cara yang paling mudah untuk membangun pengaruh.

Hormati orang lain jika kita ingin dihormati. Semakin banyak rasa hormat yang kita tunjukkan kepada orang lain, semakin besar rasa hormat yang akan kita terima. Anda bisa buktikan sendiri dampaknya.

Kedua, kenali karakter karyawan Anda. Sebagai pemimpin yang ingin berpengaruh di mata timnya, penting untuk memahami motivasi staf Anda. Kenali karakter wortel dan tongkat (carrot and stick).

Wortel, cara memperlakukan karakter ini adalah dengan memberikan reward atas pencapaian mereka. Seperti meletakkan wortel kepada kelinci. Hal ini akan memotivasi dan mendorong mereka untuk bekerja lebih keras. Namun, orang seperti ini sangat sulit untuk dikritik. Kritik justru akan menimbulkan kemarahan, frustrasi serta kekecewaan.

Baca juga: Inilah 5 Tips Pelatihan Kepemimpinan Yang Efektif

Tongkat-kebalikan dari wortel, orang-orang ini perlu didorong dan dipantau untuk memastikan mereka terus bekerja hingga kapasitas penuh mereka. Untuk memengaruhi staf ini, Anda harus lebih tegas tetapi memiliki gaya manajemen yang lebih invasif.

Ketiga, memimpin dengan memberikan contoh. Cara lain yang ampuh dalam membangun pengaruh adalah menyingsingkan lengan baju kita dan ikut turun langsung membantu mereka.

Kita simak kisah berikut. Ada pergantian CEO baru di sebuah perusahaan. Sudah berpuluh tahun kantin tempat pegawai istirahat sangat gelap dan catnya terkelupas. Namun, pada hari senin berikutnya, dinding-dinding sudah dicat dengan elegan dan lampunya sangat terang.

Ternyata sang CEO pergi sendiri membeli cat baru dan meminta manajer senior untuk meluangkan akhir pekan untuk mendekorasi kantin. Sangat simpel dilakukan, tetapi itu membuatnya sangat dihormati dan dikagumi perusahaan selama bertahun-tahun.

Orang-orang menyukainya dan ingin bekerja untuknya. Meskipun itu terjadi bertahun-tahun yang lalu, pegawainya masih mengingatnya hingga hari ini. Itu mungkin cara yang ampuh untuk menggunakan pengaruh, tanpa perlu otoritas.

Keempat, 3L (Learn, Listen, Like) atau bahasa mudahnya belajar, mendengarkan, dan menghargai.  Belajar: Untuk menjadi berpengaruh, kita juga harus belajar dari karyawan juga. Pelajari bagaimana kepedulian dan ketangkasan mereka dalam menghadapi permasalahan.

Dengarkan : ajukan mereka pertanyaan seperti, “Apa yang membuat tahun ini sukses besar bagi Anda?” atau “Apa yang mendukung dan apa yang menghalangi tujuan Anda?” Pertanyaan lainnya adalah, “Apa yang bisa kita lakukan bersama untuk melakukan perubahan?” dengarkan jawaban mereka dan lihat dampaknya.

Sukai : banyak orang yang memilih dihormati daripada disukai. Tetapi faktanya, kita cenderung bekerja sama dengan orang yang kita sukai. Sekali lagi, inilah perbedaan antara otoritas dan pengaruh. Hubungan yang lebih kuat akan lebih tahan lama. Luangkan waktu Anda untuk memeriksa dan mengenal kolega lebih baik secara pribadi.

Nah, jika Anda mau memimpin melalui pengaruh (Lead and influence to greatness) khususnya di masa sulit sekarang ini, yuk gabung di training Lead and influence to greatness langsung bersama Ainy Fauziyah Leadership Coach & Motivator . Coach satu ini sangat ahli dalam leadership, kepemimpinan, dan membangun pengaruh kita pada orang banyak.

Yuk bangun Lead and Influence to Greatness Anda bersama ALC Leadership Management.

Apa yang spesial dari kami?

– Bahasa yang sederhana

– Mudah dimengerti dan dipraktekkan baik di pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari.

– Materi disampaikan oleh trainer yang luar biasa dan berkompeten.

– Modul / materi training berupa pdf.

5 Perubahan setelah mengikuti training ALC :

– Mendorong Anda membangun pengaruh melalui pemberdayaan Team.

– Meningkatkan ownership & komitmen Anda beserta Team.

– Membangun ownership, komitmen serta kemauan team dalam mencapai prestasi.

– Semangat dan motivasi kerja Anda mejadi lebih on alias lebih tinggi dan bertahan lama meski program usai.

– Anda menjadi lebih cerdas dan bijak dalam mengatasi setiap permasalahan, bukan memimpin melalui perintah semata

Materi :

– Kenali pola kepemimpinan Anda.

– Bangun pengaruh Anda sebagai Pemimpin.

– Bangun ownership & komitmen Team.

– Tingkatkan kemauan Team mencapai prestasi.

Ainy FauziyahAiny Fauziyah Motivator, Professional Coach sekaligus Founder ALC Leadership Management & ALC Talent.

Seorang motivator wanita terbaik Indonesia sekaligus Certified Professional Coach, Hypnotherapist dan Licensed NLP Master Practitioner. 1 dari 100 Perempuan Terinspiratif 2011 versi Majalah Kartini serta penerima penghargaan Indonesia Digital Women Award (INDI) 2013 kategori Professional oleh PT. TELKOM. Pakar leadership Idonesia, spesial dalam interpersonal, performance, career, executive.

Detail info pelatihan hubungi team ALC di 087779199555

Jadwal Training Online

Procurement and Purchasing Management
  • 15 Nov 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Creative Thinking
  • 18 November 2021 | 09.00 - 11.30 WIB
  • Training Online via Zoom
Creative Negotiation Skills
  • 6 Desember 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Self Leadership in Challenging Times
  • 14 Desember 2021 | 09.00 - 11.30 WIB
  • Training Online via Zoom
Fraud Audit
  • 13 Jan 2022 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom

Hubungi Team ALC

  • Celebration Garden Blok AC.9 No. 19 Grand Wisata – Bekasi 17510
  • 02182615440
    087779199555

Share With Your Friends