5 Cara Memanage Mindset Melalui Working Excellence

Memanage Mindset Melalui Working Excellence

Pada Tanggal 7 Maret 2023 lalu, ALC Leadership Management bersama dengan PT Bukit Muria Jaya mengadakan Training Leadership mengenai Cara Memanage Mindset Melalui Working Excellence.

Adanya pelatihan ini ditujukan untuk mengajak para pesertanya supaya bisa bekerja dengan Mindset Working Excellence.

Sebab pada pelatihan ini, setiap perwakilan PT Bukit Muria Jaya diharapkan dapat meningkatkan kesadaran diri dengan membuka mindset dan memanage diri sehingga cara kerjanya jadi jauh lebih produktif.

Spesialnya, materi ini langsung disampaikan oleh pakar Leadership Indonesia sekaligus founder dari ALC yaitu Ibu Ainy Fauziyah, CPC secara offline dan berlokasi di Head Office PT Bukit Muria Jaya, Karawang.

Salah satu materi yang disampaikan adalah cara memanage mindset melalui Working Excellence. Namun apa sih sebenarnya Working Excellence dan kenapa harus diaplikasikan dalam lingkungan kerja? Ini dia penjelasannya!

Apa yang Dimaksud dengan Working Excellence?

Working Excellence merupakan sebuah kemampuan seseorang  untuk bekerja dengan baik melebihi rata-rata atau ekspektasi dari tempat kerja Anda.

Kemampuan ini menjadi sangat penting untuk meningkatkan produktivitas kinerja yang lebih tinggi, menangani masalah dengan cepat dan efektif sekaligus komunikasi yang lancar sehingga kerja tim jadi semakin optimal.

Baca juga :

6 Cara Meningkatkan Service Excellence, Dijamin Efektif!

Manfaat dari Memanage Mindset Melalui Working Excellence

Memanage mindset melalui working excellence memiliki banyak manfaat yang dapat mempengaruhi kesuksesan dan kepuasan Anda dalam bekerja. Beberapa manfaat yang paling terasa saat mampu memanage mindset dengan baik ini yaitu:

Pertama, Meningkatkan Produktivitas dalam Bekerja

Saat Anda sudah bekerja secara Working Excellence dengan melebihi ekspektasi yang diminta oleh tempat kerja Anda, maka secara otomatis, produktivitas juga akan meningkat.

Peningkatan produktivitas kinerja ini juga akan mendorong karyawan jadi lebih inovatif dan dapat diandalkan. Umumnya, mereka cenderung melakukan upaya ekstra untuk mencapai tujuannya.

Hal ini sesuai dengan studi yang dilakukan Gallup bahwa karyawan yang mau terlibat aktif terbukti 21% jauh lebih produktif saat bekerja. Tentu ini cukup menjanjikan mengingat peningkatan produktivitas dapat berdampak langsung pada keuntungan perusahaan.

Kedua, Peningkatan Kualitas Pekerjaan

Kemampuan untuk memanage mindset dengan baik juga akan berdampak langsung pada kualitas pekerjaan Anda.

Ketika memiliki mindset yang kuat, Anda akan lebih mampu berkomitmen untuk melakukan pekerjaan dengan teliti, presisi, dan penuh ketekunan.

Selain itu, Anda juga akan selalu mencari peluang untuk belajar dan berkembang, mencari solusi kreatif, dan memberikan hasil yang lebih baik kepada atasan, rekan kerja, dan klien.

Kualitas kerja yang unggul dan kemampuan untuk berinovasi akan membuat Anda menjadi aset berharga bagi perusahaan sekaligus meningkatkan peluang untuk naik jabatan ataupun mendapatkan pengakuan.

Ketiga, Hubungan yang Lebih Baik di Tempat Kerja

Ketika Anda memiliki sikap yang positif, terbuka, dan kolaboratif karena dapat memanage mindset dengan baik, maka Anda dapat membangun hubungan yang kuat pada siapapun.

Apalagi pada tahap ini, Anda akan memiliki komunikasi yang efektif serta kemampuan kerjasama yang optimal sehingga mampu mendukung hadirnya lingkungan kerja yang positif dan harmonis.

Keempat, Kesejahteraan Mental dan Emosional

Terakhir, memanage mindset melalui working excellence juga akan memberikan dampak positif pada kesejahteraan mental dan emosional Anda.

Dengan mengelola pikiran negatif, mengurangi stres dan menjaga keseimbangan antara pekerjaan serta kehidupan pribadi, Anda dapat merasa lebih bahagia sehingga dapat bekerja dengan lebih optimal.

Hal ini juga akan mempengaruhi kualitas hidup secara menyeluruh, termasuk hubungan personal, kesehatan, dan kebahagiaan.

Cara Memanage Mindset Melalui Working Excellence

Setelah mengetahui banyaknya manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan  memanage mindset melalui  Working Excellence, tentu langkah selanjutnya adalah bagaimana cara menerapkannya.

Pada pelatihan ALC Leadership Management bersama dengan PT Bukit Muria Jaya ini disebutkan ada 5 cara memanage mindset melalui Working Excellence, diantaranya adalah:

Pertama, Tetapkan Tujuan yang Jelas

Salah satu langkah pertama dalam mengelola mindset Anda adalah dengan menetapkan tujuan yang jelas.

Ketika memiliki tujuan yang jelas, Anda akan memiliki arah yang lebih baik dalam bekerja. Oleh karena itu, mulailah untuk membuat tujuan yang spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan time-bound (SMART).

Hal ini akan membantu Anda tetap fokus dan termotivasi untuk mencapai tujuan tersebut selama bekerja.

Kedua, Mulailah Bekerja dengan Growth Mindset

Mulailah bekerja dengan Growth Mindset. Berarti Anda harus siap untuk belajar hal-hal baru yang dirasa akan meningkatkan kualitas dan potensi diri di tempat kerja.

Saat Anda sudah mampu bekerja dengan Growth Mindset maka secara otomatis segala tugas yang dilakukan akan diselesaikan dengan motivasi luar biasa. Selain itu, cara berpikir ini juga mampu membentuk Anda supaya bisa membuat keputusan penting dan mengambil tindakan cerdas saat dihadapkan dalam sebuah konflik.

Ketiga, Kelola Emosi dengan Baik

Emosi yang tidak terkelola dapat mengganggu mindset dan kinerja Anda. Oleh karena itulah, sangat penting untuk memiliki kemampuan Emotional Intelligence di tempat kerja.

Dengan mengelola emosi dengan baik, Anda dapat menjaga keseimbangan mental dan meningkatkan produktivitas, menyelesaikan konflik dengan kepala dingin sekaligus berkomunikasi secara efektif dengan rekan kerja.

Keempat, Perbaiki Keterampilan Komunikasi

Komunikasi yang efektif adalah kunci untuk memanage mindset melalui Working Excellence.  Jadi, cobalah untuk memperbaiki keterampilan komunikasi verbal dan nonverbal Anda.

Hal ini bisa dimulai dengan belajar mendengarkan pendapat orang lain dengan baik dan mengungkapkan pendapat dengan jelas baik kepada rekan tim maupun atasan.

Komunikasi yang baik ini dapat membantu menghindari kesalahpahaman, membangun hubungan yang kuat, dan menciptakan lingkungan kerja yang positif.

Baca juga :

Mengenal Materi Kepemimpinan Beserta 5 Aspek Yang Wajib Anda Ketahui

Kelima, Tingkatkan Self Awareness

Penting untuk mengembangkan kesadaran diri (self awareness) yang tinggi dalam memanage mindset.

Pada tahap ini, Anda perlu menyadari pikiran, emosi serta sikap yang harus Anda miliki terhadap pekerjaan yang dilakukan.

Perhatikan pola pikir negatif atau batasan yang mungkin dapat menghambat kemajuan Anda. Dengan memiliki kesadaran diri yang tinggi, Anda dapat mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk mengubahnya.

Kesimpulan :

Nah, itulah 5  cara memanage mindset melalui Working Excellence. Tentunya, Dengan mengimplementasikan langkah-langkah ini, Anda dapat meningkatkan kualitas pekerjaan, produktivitas, dan potensi diri secara keseluruhan.

Kelima cara ini dapat dilatih melalui training yang tepat seperti yang dilakukan ALC untuk PT Bukit Muria Jaya melalui 4 materi utama. Mulai dari cara membangun kesadaran diri, mengenali 16 kompetensi, cara manage mindset, serta meningkatkan fokus untuk meraih tujuan utama (Focus for Your Big Pictures).

Detail info pelatihan, hubungi team ALC sekarang

Jadwal Publik Training Online 2023

Training Online Creative Thinking
  • 25/04/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Self Leadership in Challenging Times
  • 02/05/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Great Leaders, Great Influencers
  • 16/05/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Creative Problem Solving and Decision Making
  • 30/05/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Leading The Millennials
  • 06/06/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Creative Negotiation Skills
  • 12/06/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom