Service Excellence, Yuk Ketahui 6 Cara Ini Untuk Meningkatkannya!

Service Excellence, Yuk Ketahui 6 Cara Ini Untuk Meningkatkannya

Service excellence, sudahkah Anda mengetahui bagaimana meningkatkannya? Yuk ketahui 6 cara berikut ini

Ketika Anda ingin menjalankan bisnis atau bekerja sebagai staff/ leader yang bergerak dalam divisi pemasaran tentu saja Anda harus memiliki strategi untuk membuat perusahaan dan bisnis Anda menjadi sukses.

Tidak cukup hanya memiliki strategi saja loh. Anda harus memberikan pelayanan terbaiknya untuk dapat mempertahakankan kenyamanan dan kepuasaan dari para konsumen. Melalui service excellent Anda dapat mempertahankan loyalitas serta kepercayaan dari konsumen Anda.

Service excellence artinya pelayanan yang perusahaan berikan kepada konsumennya sesuai dengan standar dan kualitas tertentu. Pelayanan prima merupakan salah satu kunci yang bisa Anda dan perusahaan terapkan agar kepuasaan dari konsumen semakin meningkat.

Nah, jika Anda bertanya bagaimana sih cara meningkatkan service excellent? Kali ini ALC telah merangkum 6 cara meningkatkan pelayanan prima. Eits tapi tunggu dulu, sebelum mengetahui caranya. Yuk sama-sama kita ketahui apa sih arti dari service excellent. Simak detailnya ya!

Apa itu Service Excellence?

Service excellence adalah bentuk pelayanan yang dapat menjawab complain maupun pertanyaan dari para pelanggan dan mampu memenuhi kebutuhan. Tujuannya dari memberikan pelayanan prima yaitu meningkatkan rasa kepuasan dari customer Anda.

Untuk menghadapi persaingan bisnis yang begitu ketat, menjadikan service excellent salah satu poin penting yang harus Anda lakukan. Memberikan pelayanan prima semaksimal mungkin untuk pelanggan Anda dapat memberikan dampak positif.

Adapun dampaknya adalah bisnis/ perusahaan Anda semakin berkembang lebih besar karena pelanggan merasa nyaman untuk tetap menggunakan jasa/ produk dari bisnis ataupun perusahaan Anda.

Baca juga : 5 Jenis Topik Pelatihan Karyawan Yang Paling Dibutuhkan Saat Ini

Sekarang sudah taukan pengertian dari pelayanan prima itu apa. Untuk menjawab rasa penasaran Anda, yuk ketahui 6 cara berikut ini untuk meningkatkan service excellent. Lanjut baca lagi ah!

6 Cara Meningkatkan Service Excellence

Adapun 6 cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan service excellent, sebagai berikut :

Pertama, miliki sikap yang baik.

Sikap/ attitude yang baik adalah hal pertama yang harus Anda miliki ketika memberikan pelayanan unggul untuk para pelanggan Anda. Adapun contoh dari attitude yang baik yaitu bersikap menghargai customer, santun dan juga ramah.

Perlu Anda ingat, bahwa citra bisnis maupun perusahaan Anda terlihat dari cara Anda menjalin interaksi dan komunikasi dengan customer. Dengan memiliki sikap positif dan baik maka Anda dapat dengan mudah untuk meningkatkan value perusahaan maupun bisnis di mata pelanggan.

Kedua, tingkatkan perhatian dan rasa empati.

Pasti kita semua tahu kan bahwa setiap orang senang ketika mendapatkan perhatian, begitu juga dengan pelanggan Anda. Jika Anda bertemu dengan customer secara langsung berikanlah perhatian kecil seperti memberikan salam, senyum dan sapaan dengan sopan.

Tidak hanya memberikan perhatian, Anda juga harus memiliki rasa empati terhadap pelanggan Anda. Rasa empati bisa Anda terapkan dengan cara memprioritaskan pelayanan berdasarkan kepentingan, meminta maaf jika terjadi kesalahan dan memberikan solusi terbaik.

 –

Ketiga, tingkatkan kemampuan Anda.

Untuk dapat memberikan service yang memuaskan untuk pelanggan, Anda harus meningkatkan kemampuan. Baik dalam pengetahuan mengenai produk/ layanan yang Anda tawarkan dan cara Anda dalam menciptakan komunikasi yang efektif dengan pelanggan.

Keempat, bertanggung jawab.

Sikap bertanggung jawab ini adalah cara Anda sepenuh hati untuk memberikan pelayanan kepada customer. Dengan memiliki rasa tanggung jawab maka Anda bisa meminimalisir kerugian maupun ketidakpuasaan dari pelanggan Anda.

 –

Kelima, penampilan.

Penampilan yang baik mencerminkan kredibilitas dan kualitas pelayanan yang Anda berikan. Kita tidak dapat menghindari bahwa penampilan secara fisik dapat menciptakan kesan. Oleh karena itu, pastikan ketika Anda bertemu dengan customer/ calon pelanggan selalu berpenampilan rapi serta sopan.

Dengan penampilan yang baik dan rapi dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda dalam memberikan pelayanan serta customer merasa nyaman dengan Anda.

Keenam, tindakan nyata yang mampu menjawab kebutuhan pelanggan.

Tindakan nyata atau action adalah cara Anda dalam merespon kebutuhan maupun complain dari para pelanggan. Ketika Anda mendapatkan keluhan dari customer Anda, yang harus Anda lakukan adalah coba dengarkan dan catat setiap keluhan dari pelanggan Anda.

Baca juga : Customer Service Excellence ALC Talent

Anda juga bisa berikan saran dan juga tindakan nyata seperti membantu pelanggan dengan memberikan tips/ mengirimkan tim teknisi dari perusahaan Anda. Dan jangan lupa untuk menanyakan kembali apakah keluhan dari pelanggan Anda terjawab lalu akhiri dengan ucapan terima kasih.

 –

Sekarang Anda mengetahui 6 cara meningkatkan service excellent kan? Wah selamat ya, pengetahuan Anda semakin bertambah deh. Semangat menerapkan enam cara tersebut di pekerjaan ataupun bisnis Anda ya.

Untuk menambah pengetahuan Anda, selanjutnya yuk sama-sama kita ketahui tujuan dari pelayanan prima berikut ini. Baca sampai selesai ya!

Apa Tujuan Dari Service Excellence?

Adapun tujuan service excellence adalah menumbuhkan rasa percaya dengan para pelanggan terhadap jasa ataupun produk yang bisnis/ perusahaan Anda tawarkan.

Melalui pelayanan yang prima Anda juga dapat memberikan informasi sedetail mungkin mengenai produk ataupun jasa yang Anda tawarkan kepada para pelanggan Anda dan meminimalisir kerugian serta keluhan dari para pelanggan Anda.

 –

Setelah Anda mengetahui tujuan dari pelayanan prima. Selanjutnya yuk sama-sama kita ketaui jawaban mengapa service yang unggul sangat penting untuk bisnis ataupun perusahaan Anda. Simak sampai selesai ya!

Mengapa service excellence sangat penting?

Service excellent adalah poin penting yang harus Anda jalankan pada bisnis ataupun perusahaan Anda. Melalui pelayanan prima yang berkualitas hal ini dapat menjadi pembeda antara produk/ jasa yang Anda tawarkan dengan competitor.

Dengan memberikan pelayanan terbaik maka pelanggan cenderung merasa nyaman dan senang serta dapat kembali menggunakan produk/ jasa yang Anda tawarkan.

Survey Khoros juga menunjukkan 83% pelanggan setia jika Anda mampu memberikan pelayanan yang unggul, menanggapi dan menyelesaikan keluhan para customer Anda.

Apabila pelanggan merasa puas maka tidak menutup kemungkinan bahwa rasa loyalitas mereka semakin meningkat. Bisa saja customer Anda merekomendasikan produk/ jasa yang mereka gunakan kepada orang lain. Hal ini dapat mendatangkan pendapatan untuk bisnis Anda.

Wah pembahasan kita mengenai pelayanan yang unggul sangat menarik ya. So, sekarang sudah tahu kan bahwa service prima sangat penting untuk Anda terapkan pada bisnis dan perusahaan Anda.

Karena melalui service excellence Anda dapat menjalin engagement, menjaga kepercayaan serta kepuasan dari customer Anda. Sehingga income atau pendapatan bisnis Anda semakin meningkat.

Tidak hanya itu, produk/ jasa yang Anda tawarkan mampu bersaing di pasaran ketika Anda memberikan pelayanan serta kualitas yang prima bagi pengguna produk/ jasa Anda.

Eits, tunggu dulu. Ada pertanyaan penting nih, sudahkah Anda mampu memberikan pelayanan terbaik bagi customer Anda? Jika belum, tenang. Ada jalan keluarnya kok.

Mengikuti training service excellence bersama ALC adalah jawabannya. Adapun yang akan Anda pelajari adalah :

– Memetakan customer

– Memahami jenis komplain

– Isitilah yang harus dipahami dan dihindari

– Skill negosiasi

Untuk detailnya klik di sini ya!

Tingkatkan kualitas service excellence Anda bersama ALC!

Butuh Training Costumer Service Excellence & Handling Customer Complain? Detail info hubungi team ALC di 087779199555

EnglishIndonesian