5 Cara Memaksimalkan Potensi Menjadi Pemimpin Berpengaruh

Menjadi Pemimpin Berpengaruh

Tanggal 13 April 2023 lalu, ALC Leadership Management mengadakan Training Publik Online dengan tema Great Leaders Great Influencers Running. Sesuai dengan temanya, pelatihan ini diadakan secara daring dan terbuka untuk publik sehingga pesertanya datang dari berbagai latar belakang.

Training Great Leaders Great Influencers Running ini menghadirkan materi mengenai berbagai cara untuk memaksimalkan potensi agar bisa menjadi pemimpin berpengaruh (Influential Leader).

Seluruh materi ini disampaikan langsung oleh pakar Leadership Indonesia sekaligus founder dari ALC yaitu Ibu Ainy Fauziyah, CPC. Jadi akan membantu setiap pesertanya agar lebih paham dan mudah diaplikasikan dalam dunia kerja.

Namun sebelum membahas lebih jauh mengenai cara mengoptimalkan potensi agar menjadi leader yang dapat diandalkan, yuk simak apa yang dimaksud dengan pemimpin berpengaruh terlebih dahulu!

Apa Itu Pemimpin Berpengaruh (Influential Leader)?

Pemimpin yang berpengaruh atau biasa dikenal dengan Influential Leader merupakan seseorang yang memiliki kemampuan untuk menginspirasi, memotivasi, dan membimbing orang lain untuk mencapai tujuan bersama sekaligus mendorong perubahan positif.

Kehadiran dari ciri pemimpin seperti ini dapat secara efektif untuk mengkomunikasikan visi, nilai, dan ide mereka kepada anggota timnya. Jadi, mereka akan mendapatkan komitmen dan dukungan dari yang besar dari orang di sekelilingnya.

Hal ini jelas akan memberikan dampak signifikan pada individu yang dipimpinnya, serta keberhasilan dan kinerja tim atau organisasi secara keseluruhan. Dimana,

Alih-alih memaksa timnya, pemimpin yang berpengaruh mampu memberdayakan orang-orangnya dan memimpin dengan memberi contoh.

Karakteristik Pemimpin Berpengaruh

Tentunya, pemimpin yang berpengaruh ini memiliki karakteristik khusus sehingga membuatnya tampak berbeda dengan leader lain. Dimana, beberapa karakteristik utama yang dimiliki pemimpin berpengaruh antara lain adalah:

Visioner

Seorang pemimpin berpengaruh tentu akan memiliki visi yang jelas tentang masa depan dan memberikan pemahaman tersebut ke orang lain dengan cara yang mudah dimengerti.

Pada tahap ini, mereka mampu menginspirasi orang lain untuk dapat percaya dan bekerja menuju visi itu bersama.

Baca juga :

Lead and Influence, 4 Tips Menjadi Pemimpin Berpengaruh

Kemampuan Komunikasi yang Efektif

Pemimpin yang berpengaruh merupakan contoh dari komunikator terampil. Dimana dirinya mampu untuk mengungkapkan ide, pemikiran, dan harapan mereka dengan jelas dan efektif.

Tidak lupa, mereka juga mau secara aktif untuk mendengarkan orang lain, menghargai masukan mereka. Sikap inilah yang membuatnya mampu memupuk kepercayaan orang disekitarnya sehingga dapat berkomunikasi terbuka dan jujur.

Penuh Empati dan Cerdas Secara Emosional

Selanjutnya, pemimpin yang berpengaruh tentu akan memiliki empati dan kecerdasan emosional yang baik sehingga mampu memahami kondisi anggota timnya.

Oleh karena itulah, mereka mampu menciptakanĀ  lingkungan kerja yang mendukung di mana tiap individu merasa dihargai dan termotivasi.

Tentu hal ini akan sangat menguntungkan mengingat survei yang dilakukan oleh Forbes menyebutkan jika lebih dari 60 persen karyawan tidak dapat bekerja dengan optimal karena memiliki lingkungan dan pemimpin yang tidak menyenangkan.

Ditambah, Influential Leader juga memiliki kemampuan untuk menginspirasi dan memotivasi orang lain.

Mereka dapat dengan mudah mengenali dan menghargai kontribusi setiap individu di dalamĀ  timnya. Mulai dari memberikan umpan balik yang membangun dan memberdayakan anggota tim untuk terlibat aktif dalam pengambilan keputusan.

Pemimpin seperti ini tidak hanya menciptakan budaya kerja yang positif namun juga mendorong setiap orang di dalamnya untuk semakin berkembang.

Cara Memaksimalkan Potensi untuk Menjadi Pemimpin Berpengaruh

Setelah mengetahui beberapa karakteristik utama seorang influential leader maka untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan berbagai cara. Semua kemampuan ini dapat dilatih dengan memaksimalkan potensi yang diri Anda Miliki.

Oleh karena itulah, ada 5Ā  langkah yang dapat Anda ambil untuk memaksimalkan potensi kepemimpinan yang Anda miliki, diantaranya adalah:

Pertama, Investasikan Waktu untuk Pengembangan Diri

Cara utama untuk memaksimalkan potensi diri untuk menjadi pemimpin berpengaruh yaitu mulai dengan menginvestasikan waktu untuk mengembangkan skills dan diri Anda menjadi lebih baik.

Bisa mulai dengan sering membaca buku mengenai leadership, mengikuti training kepemimpinan dan belajar dari ahlinya serta langsung bertemu dengan mentor yang dapat memberikan masukan berharga,

Dengan meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman mengenai kepemimpinan maka wawasan akan jadi semakin luas. Hal ini tentu akan menjadikan pemimpin yang lebih kompeten bukan isapan jempol belaka.

Kedua, Tingkatkan Kemampuan Komunikasi

Memimpin adalah sepenuhnya masalah komunikasi, oleh karena itulah kemampuan ini memiliki posisi yang penting jika ingin menjadiĀ  pemimpin berpengaruh. Mulailah untuk mempelajari cara menyampaikan pesan dengan jelas dan persuasif.

Selain itu, praktikkan juga keterampilan untuk mendengarkan danĀ  memahami perspektif orang lain. Juga, perhatikan komunikasi nonverbal Anda seperti bahasa tubuh dan ekspresi wajah. Tujuannya untuk memastikan bahwa pesan yang disampaikan selaras dengan komunikasi verbal Anda.

Ketiga, Mulai Kenali Potensi Diri Sendiri

Dalam rangka memaksimalkan potensi, maka mengetahui kelemahan dan kelebihan dalam diri Anda akan menciptakan pengaruh yang sangat besar terutama saat memimpin orang lain.

Mulailah untuk identifikasi dan coba memaksimalkan kemampuan yang Anda miliki. Jadi, Anda bisa mulai menonjolkannya saat sedang menjalankan pekerjaan yang ditugaskan.

Dengan pemahaman yang baik tentang potensi yang dimiliki diri sendiri, Anda juga dapat mengoptimalkan kepemimpinan dengan memanfaatkan kekuatan dan mengatasi kelemahan yang ada.

Baca juga :

5 Cara Perusahaan Memaksimalkan Pelatihan Motivasi Bagi Karyawannya!

Keempat, Jadilah Teladan

Pemimpin berpengaruh adalah teladan bagi orang lain terutama anggota timnya. Oleh karena itulah, tunjukkan integritas, etika kerja yang tinggi, dan tanggung jawab dalam setiap tindakan dan keputusan Anda.

Buatlah keputusan yang adil dan konsisten serta lakukan apa yang sudah Anda katakan. Sebab, menjadi teladan yang baik akan memberikan inspirasi kepada orang lain untuk mengikuti jejak Anda. Ditambah, cara ini juga dapat meningkatkan kepercayaan sekaligus rasa hormat mereka terhadap diri Anda.

Kelima, Bangun Tim yang Kolaboratif

Pada dasarnya, Influential Leader tidak hanya bertugas untuk memimpin saja namun juga membangun dan mengembangkan tim yang kuat. Oleh karena itu, Anda bisa lebih fokus pada pengembangan keterampilan anggota tim dengan mendorong kolaborasi dan budaya kerja yang baik.

Berikan kesempatan bagi anggota tim untuk tumbuh dan mengambil tanggung jawab. Barulah setelah itu, Anda dapat memberikan dukungan sekaligus umpan balik yang membangun.

Dengan membangun tim yang kuat, Anda akan memaksimalkan potensi yang dimiliki sekaligus dan menciptakan lingkungan kerja yang produktif serta harmonis.

Kesimpulan :

Demikianlah 5 cara memaksimalkan potensi untuk menjadi pemimpin berpengaruh sehingga produktivitas tim tidak hanya bisa meningkat namun juga memberikan dampak baik bagi perusahaan.

Detail info pelatihan, hubungi team ALC sekarang

Jadwal Training Publik Online 2023

Training Online Leadership Fundamental
  • 14/03/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Procurement and Purchasing
  • 20/03/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Assertive Leadership
  • 28/03/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Creative Thinking
  • 25/04/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Self Leadership in Challenging Times
  • 02/05/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Great Leaders, Great Influencers
  • 16/05/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
  • 1
  • 2