Leadership Fundamental (2) – Miliki 12 Kompetensi Leadership Berikut Ini

Kompetensi Leadership

Kompetensi Leadership, Berikut 5 Manfaat Untuk Anda, Team dan Perusahaan

Kompetensi leadership adalah kemampuan, skills dan knowledge yang dimiliki oleh seorang pemimpin. Kemampuan kepemimpinan ini sangat penting bagi seorang leader. Dengan leadership competencies yang mumpuni Anda mampu menjadi pemimpin yang besar dan berhasil baik untuk team kerja Anda ataupun perusahaan.

Pertanyaannya, sudahkah Anda mengetahui kompetensi leadership apa saja yang harus Anda kuasai dan tingkatkan?

Kali ini ALC sudah merangkum 12 kompetensi leadership yang wajib dimiliki oleh seorang pemimpin. Tetapi tunggu dulu, sebelum kita membahas lebih detail mengenai 12 kompetensi kepemimpinan ini, yuk kita simak 5 manfaat kompetensi kepemimpinan untuk Anda, team dan perusahaan.

Pertama, meningkatkan kualitas dan produktivitas kerja Anda. Salah satu manfaat kompetensi kepemimpinan adalah produktivitas Anda meningkat.

Produktivitas kerja adalah ketika Anda mampu menggunakan kualitas dan kuantitas yang Anda miliki secara efisien dan efektif. Sehingga output yang didapat yaitu tercapainya sebuah target atau tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Dengan meningkatkan produktivitas kerja Anda artinya Anda mampu membawa perusahaan menuju kesuksesan sesuai dengan tujuan, visi dan misi. Plus karir Anda dalam pekerjaan semakin meningkat.

Kedua, memudahkan pihak HC (Human Capital) perusahaan untuk memetakan kebutuhan kompetensi apa saja yang sudah dan belum Anda miliki guna mencapai tujuan, visi dan misi perusahaan.

Ketiga, memudahkan pihak SDM atau HRD dalam melakukan seleksi kandidat untuk sebuah promosi jabatan. Manfaat kompetensi leadership berikutnya adalah memudahkan Anda untuk bisa menempatkan posisi staff sesuai dengan kemampuannya, sehingga promosi jabatan bisa dilakukan dengan tepat.

Baca juga : Leadership Fundamental (1) – 6 Dasar Kepemimpinan Ini Wajib Anda Miliki

Keempat, Memudahkan perusahaan dalam mengembangkan Anda menjadi sdm unggul. SDM unggul adalah ketika Anda memiliki skills yang dibutuhkan dalam menghadapi persaingan dan perubahan yang akan Anda hadapi. Selain itu perusahaan mampu untuk meningkatkan kompetensi SDMnya.

 –

Dengan kompetensi leadership ini perusahaan bisa mempersiapkan strategi untuk bisa meningkatkan kemampuan Anda dan SDM lainnya sebagai aset perusahaan di masa depan.

Kelima, Memudahkan Anda mengetahui kompetensi apa sajakah yang sudah dan belum Anda miliki. Anda menjadi tahu kompetensi mana sajakah yang patut Anda kembangkan dan tingkatkan. Plus Anda menjadi semakin termotivasi. Begitu juga dengan cara kerja Anda menjadi lebih baik.

 –

Hasil asesmen atas 12 kompetensi leadership ini memacu cara kerja Anda menjadi lebih baik. Membuat Anda semakin termotivasi untuk bekerja yang terbaik dan produktif.

 –

Nah, sekarang sudah tahu bukan 5 manfaat kompetensi leadership bagi Anda, team dan perusahaan. Hhm, tapi Anda sudah tahu belum apa arti dari kompetensi leadership? Yuk sama-sama kita ketahui artinya, lanjut baca lagi ah!

Apa Arti Kompetensi Leadership?

Kompetensi leadership adalah kemampuan, skills dan pengetahuan seseorang dalam memimpin secara efektif. Sebagai seorang pemimpin, Anda wajib memiliki kompetensi leadership ini.

Dengan mengetahui kompetensi kepemimpinan, Anda menjadi tahu kompetensi mana sajakah yang patut Anda kembangkan dan tingkatkan. Sehingga Anda mampu untuk melakukan evaluasi atas kemampuan Anda sebagai seorang pemimpin.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa arti kompetensi leadership? Makin seru saja ya pembahasan kita. Setelah mengetahui apa arti kompetensi leadership. Yuk sama-sama kita ketahui 12 kompetensi leadership yang wajib Anda miliki sebagai pemimpin. Kali ini ALC sudah merangkumnya secara khusus untuk Anda, baca lagi ya!

12 Kompetensi Leadership Yang Wajib Anda Miliki Menurut ALC

Menurut Ainy Fauziyah,  Leadership Coach &  Motivator Indonesia yang merupakan founder ALC pusat training leadership management di Indonesia, mengatakan bahwa seorang pemimpin yang berkompeten harus memiliki 12 kompetensi leadership, diantaranya :

Pertama, Emotional Intelligence. Sebagai pemimpin Anda harus memiliki kecerdasan emosional atau emotional (EQ). Dimana kemampuan ini memudahkan Anda untuk bisa mengidentifikasi, mengontrol, mengekspresikan, dan juga mengevaluasi.

Kedua, Communication Skills. Kepemimpinan bergantung pada komunikasi yang efektif. Anda harus menyadari bahwa effective communication membawa dampak positif yaitu kesuksesan Anda dan team.

Selain itu keterampilan ini juga memudahkan Anda sebagai pemimpin dalam menerapkan teknik berdiskusi dan menjalin komunikasi yang baik dengan team Anda.

Ketiga, Delegation. Pemimpin yang kompetensi leadership harus memiliki kemampuan delegasi yang baik. Delegasi merupakan proses pengalihan tugas dari pemimpin kepada anggota team.

Sebagai pemimpin Anda harus mampu mendelegasikan tugas dengan baik dan efisien. Sehingga tugas/ pekerjaan lebih mudah diselesaikan, tetapi sebelum mendelegasikan tugas Anda harus memperhatikan beban kerja dan kemampuan anggota team Anda.

Baca juga : Leadership Fundamental (3) – Tingkatkan Leadership Skills Anda Dengan 9 Cara Berikut Ini

Keempat, Motivating Others. Mampu menginspirasi dan juga memotivasi orang lain hal ini adalah salah satu kunci dalam keberhasilan seorang pemimpin. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu memberikan motivasi serta menginspirasi anggota tim Anda.

Dengan kemampuan ini, Anda mampu memberikan dampak positif untuk team Anda. Sehingga motivasi dan kinerja team Anda meningkat. 

Kelima, Problem Solving. Salah satu skill seorang pemimpin baik adalah mampu menyelesaikan masalah dan memberikan solusi. Sebagai pemimpin Anda wajib memiliki kemampuan ini.

Mampu menyelesaikan masalah dan berpikir kreatif memudahkan Anda dalam menemukan cara/ strategi menyelesaikan masalah. Tetapi Anda juga harus mampu meminimalisir resiko atas solusi atau jawaban yang Anda berikan.

Keenam, Supervising Others. Sebagai pemimpin Anda harus memiliki kemampuan untuk mengawasi kinerja teamnya. Eits, tapi jangan salah dulu ya pengawasan disini bukan berarti sebagai pemimpin Anda harus mengawasai setiap gerak-gerik team Anda.

Pengawasan disini lebih menekankan pada kinerja team Anda. Dengan kemampuan ini Anda dapat mendisiplinkan dan memantau serta mengevaluasi kinerja team Anda.

Ketujuh, Manage Performance. Sebagai seorang pemimpin Anda harus mampu mengelola kinerja Anda dan juga team. Ingatlah dalam sebuah team kesuksesan bukan hanya milik Anda sebagai leader.

Dengan kemampuan mengelola kinerja yang baik, memudahkan Anda untuk bisa melakukan perbaikan dan meningkatkan kinerja team untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Kedelapan, Coaching, Mentoring, Counseling. Kemampuan selanjutnya yang harus Anda miliki adalah coaching, mentoring dan counseling. Kemampuan ini berguna untuk Anda mengembangkan potensi yang dimiliki dan mengetahui kebutuhan setiap anggota team Anda.

Kesembilan, Building High Performance Teams. Anda harus mampu membangun team dengan kinerja yang tinggi. Sebagai pemimpin Anda harus memahami bahwa kolaborasi mampu meningkatkan kinerja Anda dan team.

Sehingga Anda dan team mampu untuk terus menciptakan inovasi dan meningkatkan produktivitas untuk mencapai tujuan.

Baca juga : Leadership Fundamental Training

Kesepuluh, Lead & Influence. Memimpin melalui pengaruh. Sebagai seorang pemimpin Anda harus mampu membangun hubungan yang kuat dan rasa hormat dengan team Anda. Anda juga harus mampu menyampaikan visi, misi dan tujuan Anda dengan baik.

Ibaratkan sebuah perjalanan di sebuah kota yang baru Anda kunjungi, Anda hanya memberikan kepercayaan kepada supir tanpa menjelaskan dimana lokasi tujuan yang ingin dicapai. Apakah Anda akan sampai pada Kota tujuan? Tentu tidak bukan.

Inilah fungsi seorang pemimpin, tidak hanya memberikan kepercayaan serta perintah saja. Tetapi harus memberikan arahan dan mengawasi kinerja team Anda agar sesuai dengan visi, misi dan tujuan yang telah ditetapkan.

Kesebelas, Conflict Resolution. Anda harus mampu menyelesaikan permasalahan yang terjadi dalam team. Oleh karena itu sangat diperlukan conflict resolution skill untuk bisa menyelesaikan permasalahan tanpa memihak.

Anda harus mampu mendengarkan dan memberikan solusi yang baik atas permasalahan tersebut. Sehingga dapat terciptanya charachter and culture building yang positif dalam tim kerja dan lingkungan pekerjaan.

Kedua belas, Strategic Leader. Dengan kemampuan ini Anda mampu melakukan sebuah perencanaan strategis yang berdasarkan pada analisis dan juga evaluasi. Serta mampu menciptakan sebuah solusi yang menghasilkan sebuah pencapaian yang sesuai dengan tujuan.

Setelah sama-sama kita mengetahui 5 manfaat kompetensi leadership, apa arti kompetensi leadership dan 12 kompetensi leadership yang wajib dimiliki. Sekarang Anda semakin mengetahui kompetensi leadership secara detail.

Pertanyaannya, sudahkan Anda memiliki 12 kompetensi leadership? Ingin mengupgrade dan menguatkan kompetensi leadership Anda, tapi tidak tahu bagaimana caranya? Mengikuti test 12 kompetensi leadership bersama ALC adalah solusinya.

ALC Leadership Management atau yang dikenal dengan ALC adalah pusat training leadership management Indonesia yang sudah dipercaya lebih dari 300 perusahaan multinasional di Indonesia. Memiliki tes online tools 12 kompetensi soft skill pemimpin berkompeten satu-satunya di Indonesia.

Test ini dilakukan secara online dengan topik 12 kompetensi leadership untuk meningkatkan kompetensi kepemimpinan Anda sebagai seorang pemimpin. Materi tes diberikan secara komprehensif dengan pendekatan yang personal untuk setiap pesertanya.

Adapun poin dalam test 12 kompetensi leadership diantaranya Emotional Intelligence, Communication Skill, Delegation, Motivating Others, Problem Solving, Supervising Others, Manage Performance, Building High Performance Teams, Lead & Influence, Conflict Resolution, dan Strategic Leader.

Butuh test 12 Kompetensi Leadership? Hubungi team ALC di 087779199555

Tinggalkan Balasan

EnglishIndonesian