5 Tips Membangun Self Management untuk Menunjang Karirmu

Daftar Isi

Self-management menjadi salah satu skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja, terutama untuk yang bekerja secara jarak jauh.

Dengan menguasai self-management  maka kamu bisa mengatur berbagai aspek diri sehingga bisa produktif dan efisien dalam bekerja. Bukan tidak mungkin promosi jabatan menanti jika kamu mempraktekkannya saat bekerja.

Sebenarnya apa pengertian self management dan bagaimana cara membangunnya? Manfaat apa yang akan didapat dari self management? Yuk, simak penjelasannya dalam artikel ini agar karirmu semakin cemerlang!

Apa yang Dimaksud Dengan Self Management?

Self management atau manajemen diri adalah kemampuan seseorang untuk mengatur, mengendalikan, dan mengelola diri mereka sendiri dalam berbagai aspek kehidupan mereka, termasuk pekerjaan, emosi, waktu, dan tujuan pribadi. Ini melibatkan keterampilan dan strategi untuk mencapai tujuan, mengatasi tantangan, dan memaksimalkan produktivitas dan kesejahteraan pribadi.

Self management merupakan keterampilan yang sangat berharga dalam mencapai kesuksesan pribadi dan profesional. Ini dapat membantu seseorang menjadi lebih efisien, produktif, dan mampu mengatasi berbagai situasi kehidupan dengan baik. Dengan mengembangkan kemampuan manajemen diri, seseorang dapat mencapai potensi penuh mereka dan mencapai tujuan yang diinginkan.

Apa Manfaat Self Management Dalam Karir?

Self management memiliki banyak manfaat yang signifikan dalam karir seseorang. Berikut beberapa manfaat utama dari self management dalam konteks karir:

1. Peningkatan Produktivitas

Dengan mengatur waktu dan tugas dengan baik, seseorang dapat meningkatkan produktivitas mereka di tempat kerja. Manajemen diri yang efektif membantu menghindari prokrastinasi, mengidentifikasi prioritas, dan fokus pada tugas yang penting.

2. Pencapaian Tujuan Karir

Self management membantu seseorang merencanakan dan mencapai tujuan karir mereka dengan lebih baik. Ini melibatkan pengembangan rencana tindakan yang jelas, pemantauan kemajuan, dan penyesuaian rencana jika diperlukan.

3. Kemampuan Adaptasi

Dalam dunia kerja yang terus berubah, kemampuan adaptasi adalah kunci. Self management membantu seseorang menjadi lebih fleksibel dan mampu beradaptasi dengan perubahan tugas, lingkungan, dan tuntutan pekerjaan.

4. Manajemen Stress

Kemampuan mengendalikan emosi dan manajemen stres adalah komponen penting dalam karir yang sukses. Self management membantu seseorang mengatasi tekanan dan stres dengan lebih baik, yang dapat meningkatkan kesejahteraan mereka di tempat kerja.

5. Keterampilan Komunikasi

Self management dapat membantu seseorang menjadi komunikator yang lebih efektif. Ini mencakup kemampuan untuk mendengarkan dengan baik, mengungkapkan diri dengan jelas, dan mengatasi konflik dengan produktif.

6. Tanggung Jawab Pribadi

Tanggung jawab pribadi adalah kualitas yang sangat dihargai dalam karir. Self management membantu seseorang mengambil tanggung jawab atas tindakan dan keputusan mereka sendiri, serta mematuhi komitmen dan janji.

7. Pengembangan Keterampilan Kepemimpinan

Self management adalah fondasi bagi pengembangan keterampilan kepemimpinan. Sebelum dapat mengelola orang lain, seseorang harus mampu mengelola diri mereka sendiri dengan baik.

8. Reputasi Profesional yang Baik

Orang yang mampu mengelola diri mereka sendiri dengan baik cenderung memiliki reputasi profesional yang baik. Mereka dianggap sebagai orang yang dapat diandalkan, disiplin, dan efisien.

9. Peningkatan Kesuksesan Karir

Secara keseluruhan, self management dapat membantu seseorang mencapai kesuksesan yang lebih besar dalam karir mereka. Dengan mengoptimalkan kinerja, mengatasi hambatan, dan mencapai tujuan, seseorang memiliki peluang yang lebih baik untuk mencapai puncak karir mereka.

Dengan demikian, self management bukan hanya keterampilan pribadi yang penting, tetapi juga memiliki dampak langsung pada perkembangan dan kemajuan seseorang dalam dunia kerja.

Baca juga : Pentingnya Memiliki 3 Jenis Self Control dalam Dunia Kerja Saat Ini!

Tips Membangun Self Management untuk Menunjang Karir

Self management itu penting lho untuk membantumu lebih fokus dalam menyelesaikan pekerjaan. Jika menguasainya dengan baik maka kamu bisa benar-benar produktif karena tidak perlu diawasi agar bisa bekerja dengan serius. Memiliki soft skill ini akan membuatmu menjadi sosok yang dapat dipercaya dan bisa membuka kesempatan mendapat tanggung jawab lebih besar.

Self management skill ini pun tidak datang tiba-tiba namun harus terus dilatih dan dievaluasi. Berikut ini tips dalam membangun self management :

5 Tips Membangun Self Management ALC Leadership Management

1. Identifikasi Kelebihan Diri

Untuk membangun self management akan mudah dilakukan jika bisa mengenali diri sendiri dengan baik. Kulik kelebihan dirimu yang akan menguntungkan di bidang profesional untuk dioptimalkan. Misalnya, kamu lebih nyaman dan cepat di bidang administrasi maka metode pengerjaannya dapat diambil untuk digunakan pada bidang lainnya.

2. Buatlah Skala Prioritas Tanggung Jawab

Mengerjakan banyak hal sekaligus bukanlah cara cepat untuk menyelesaikannya. Jadi tentukan dengan jelas tanggung jawab mana yang paling penting untuk kemudian dikerjakan lebih dulu. Apalagi jika tanggung jawabmu ada banyak maka  mengerjakannya secara berurutan akan menghindarkan dari keruwetan. Simak tips untuk melatih fokus di artikel ini.

3. Buat Manajemen Waktu yang Sesuai Dirimu

Setiap orang memiliki tingkat konsentrasi dan metode bekerja yang berbeda. Buatlah manajemen waktu yang cocok untukmu sendiri dan jangan lupa selipkan sesi untuk istirahat. Salah satu yang populer digunakan untuk manajemen waktu adalah metode Podomoro.

4. Taati Deadline Dengan Tegas

Biasakan untuk membuat deadline untuk setiap tugas agar memudahkan pengerjaan. Dengan adanya deadline maka bisa lebih fokus dan tidak mudah terdistraksi saat mengerjakan. Biasakan juga memberikan sisa waktu untuk memeriksa kembali kualitas pekerjaan sebelum diserahkan.

Baca juga :

Supervisory Management : Kenali 5 Tanggung Jawab Supervisor

5. Fokuslah Dengan Menghindari Multitasking

Fokus pada satu tugas adalah kunci self management yang baik. Selesaikan satu tugas terlebih dulu sebelum beralih ke tugas lain sehingga fokus bisa tercurah  sepenuhnya ke sana. Tahukah kamu? Menghindari multitasking justru akan meningkatkan efisiensi lho!

Dalam penelitian yang diterbitkan oleh American Psychological Association menunjukkan bahwa melakukan lebih dari satu tugas pada satu waktu, terutama lebih dari satu tugas yang kompleks, berdampak pada produktivitas. Multitasking tampak efisien tetapi sebenarnya memakan waktu lebih banyak  dan malah menciptakan kesalahan. Bahkan jeda waktu yang terjadi saat berpindah tugas bisa menghabiskan 40% waktu produktif seseorang.

Kesimpulan

Demikianlah tips yang bisa kamu coba lakukan untuk membangun self management skill di dunia kerja maupun di keseharian. Jangan lupa untuk melakukan evaluasi setelah melakukan tips-tips di atas agar dapat memperbaiki kekurangan.

Anda juga bisa menggunakan bantuan mentor untuk melakukan evaluasi dan membangun self management yang lebih baik. Tersedia pilihan training dan bootcamp di ALC Leadership Management untuk meningkatkan soft skill di dunia kerja. Yuk daftar sekarang juga!

Detail info pelatihan, hubungi team ALC sekarang