fbpx

Kenali 3 Metode Dan Manfaat Pelatihan Sumber Daya Manusia

Pelatihan Sumber Daya Manusia

Pelatihan sumber daya manusia, apa sih manfaat dan metodenya?

Program pelatihan sumber daya manusia adalah tools yang sangat membantu untuk mencapai hasil maksimal. Mengapa ini diperlukan? Kita bisa rasakan kompetisi antar perusahaan yang luar biasa ketat. Kualitas dan kemampuan karyawan harus selalu ditingkatkan dengan menjalankan program pelatihan sumber daya manusia. Kita pasti ingin menjadi lebih produktif, inovatif, dan kreatif, kan?

Tujuan dilakukannya pelatihan adalah memastikan bahwa karyawan atau individu di dalam perusahaan tetap profesional dan menjadi kompeten dalam bekerja. Hal yang menarik adalah, pelatihan SDM ini merupakan kunci untuk tetap survive di persaingan global.

Apa perbedaan pelatihan dan pengembangan sdm? 

Sumber daya manusia merupakan sumber untuk mencapai keuntungan dan tujuan dari perusahaan. Tentunya semua orang bekerja di sebuah perusahaan memiliki tujuan yang sama dalam membangun perusahaan. Tidak hanya bekerja tetapi juga memberikan gagasan, pemikiran, ide, dan usaha lainnya. Oleh Karena itu pelatihan dan pengembangan karyawan sangat perlu untuk dilakukan. 

Banyak yang mengira bahwa dua hal ini merupakan proses yang sama. Lalu Anda bertanya, manakah yang lebih efektif? Pada dasarnya, dua program ini sama-sama efektif. Pelatihan dan pengembangan karyawan merupakan satu kesatuan yang akan memberikan hasil kepada karyawan di sebuah perusahaan.

Ini dikhususkan untuk karyawan baru yang notabenenya minim pengalaman kerja. SGEi merekomendasikan aturan 60/20/20 untuk training. 60% pembelajaran harus dilakukan di tempat kerja (berdasarkan pengalaman), 20% melalui pelatihan formal, dan 20% dari pelatihan di tempat kerja. Jadi, pelatihan sumber daya manusia lebih fokus kepada meningkatkan kemampuan dan keahlian karyawannya. 

Baca juga : Pelatihan SDM Di Perusahaan, Simak Apa Saja Tujuan Utamanya

Pengembangan atau development merupakan langkah untuk meningkatkan kemampuan saat mengambil keputusan dan memperluas hubungan antar karyawan. Ini dikhususkan untuk karyawan yang disiapkan untuk bersaing dengan karyawan perusahaan lain dan mengembangkan individu lebih produktif lagi. 

4 manfaat utama pelatihan sumber daya manusia

Setelah tahu perbedaan dari pelatihan dengan pengembangan SDM, Anda pasti bertanya mengapa pelatihan ini penting? Yuk simak 4 manfaat pelatihan SDM berikut :

Pertama, perusahaan akan terus berkembang. Kita sama-sama tahu bahwa dunia bisnis terus berubah dan dinamis. Perusahaan perlu memberikan pelatihan karyawan untuk jenjang karir mereka. Jika tidak, karyawan akan kesulitan untuk tetap menjadi yang terdepan dalam persaingan global. Akibatnya perusahaan tidak berkembang dan stuck.

Kedua, karyawan termotivasi. Manfaat lain dari pelatihan ini adalah membuat karyawan tetap termotivasi dalam bekerja. Keterampilan dan insight baru dapat membantu mengurangi tingkat kejenuhan karyawan. Ini juga menunjukkan kepada karyawan bahwa mereka cukup berharga. Karena kita berinvestasi di dalamnya dan mengembangkan diri mereka.

Ketiga, menghemat cost perusahaan. Kok bisa? Bukankah kita mengeluarkan cost untuk biaya pelatihan? Mari kita berpikir lebih jauh. Anggaplah pelatihan itu sebagai sebuah investasi. Melatih karyawan yang sudah ada jauh lebih efisien dibandingkan dengan perekrutan karyawan baru. Berita baiknya, jika pelatihan berjalan efektif, kinerja karyawan pun lebih efisien. Cost perusahaan dalam menanggulangi resiko dapat diminimalisir.

Keempat, mengurangi atau mengatasi kinerja yang buruk. Jika saat ini merasakan tim Anda kurang semangat, tidak dapat mencapai goals, dan selalu miskomunikasi, ada baiknya kita menjalankan training bersama. Dari trainer yang berpengalaman kita bisa mendapat insight baru untuk mengusut akar permasalahan.

Loyalitas dan tingkat kerja sama tim Anda akan membaik. Bukankah ini yang Anda inginkan? Peningkatan dan pengembangan karyawan juga mampu mengurangi frekuensi kecelakaan kerja dan sebagai bekal untuk karyawan agar lebih berkualitas. 

3 Metode Efektif Pelatihan Sumber Daya Manusia 

Nah, untuk mencapai manfaat pelatihan sumber daya manusia di atas, perusahaan harus paham metode pelatihan yang wajib dilakukan yaitu: 

Pertama, demonstrasi. Metode yang pertama adalah demonstrasi dimana seorang pemimpin akan menunjukkan cara bekerja di perusahaan yang efektif. Metode pelatihan ini cukup efektif dan sangat sederhana dilakukan.

World Journal of Education menerangkan bahwa metode demonstrasi berpengaruh signifikan terhadap prestasi pembelajaran dibandingkan dengan metode pemaparan teori konvensional, karena metode ini melibatkan penjelasan dan praktik melalui contoh secara langsung kepada peserta pelatihan.

Bagaimana cara melakukan metode ini? Biasanya metode ini berisikan penjelasan mengenai cara dalam mengerjakan tugas, dan dikombinasikan dengan alat bantu seperti gambar, teks materi, ceramah, dan diskusi.

Kedua, seminar. Metode selanjutnya untuk mencapai manfaat dari pelatihan karyawan adalah dengan melakukan seminar. Cara melakukan metode ini dengan menjelaskan teori yang akan disampaikan kepada karyawan seperti kuliah singkat. Seminar berisi bagaimana cara karyawan menghadapi berbagai masalah perusahaan. 

Seminar pada perusahaan bisa diisi oleh pemateri baik dari pihak internal perusahaan ataupun pihak eksternal dengan melibatkan trainer dari luar. Setelah melakukan seminar, bisa juga disisipkan uji kompetensi sederhana atau post test setelah mengikuti kegiatan seminar.

Ketiga, outbound. Metode outbound akan meningkatkan kualitas dari sumber daya manusia. Metode ini cukup efektif karena dapat mempererat hubungan antar karyawan. Dalam kegiatan outbond, para karyawan biasanya akan dibagi ke dalam kelompok-kelompok, yang anggotanya bisa berasal dari berbagai level dan divisi.

Di dalam kelompok-kelompok ini biasanya mereka akan sering memainkan permainan yang sifatnya dapat melatih pola pikir cepat, kepemimpinan dan kekompakan.

Diharapkan agar seluruh karyawan dari berbagai level dan divisi itu dapat semakin kompak dalam bekerja, demi kemajuan perusahaan. Kemajuan sebuah perusahaan tentu dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kesejahteraan setiap karyawan.

Oleh karena itu pelatihan dan pengembangan sdm harus dilakukan dan diperhatikan setiap perusahaan.

Baca juga : Inilah 10 Tanda Kesuksesan Pelatihan SDM Dalam Perusahaan

Nah, Setelah menyimak Manfaat dan Metode pelatihan sumber daya manusia, sudahkah perusahaan anda menjalankan program training tersebut? Jika sudah, seberapa efektif melakukannya?

ALC Leadership Management memiliki program pelatihan dan pengembangan SDM dengan pendekatan yang berbeda. Training bisa diadakan secara offline maupun online. Beberapa contoh materi program training untuk manager yang disukai klien kami di antaranya Maximized Your Potential, Boost Your Performance, Building Solid Teams, Mengubah Penghalang Jadi Peluang, dsb.

Tingkatkan keahlian SDM Anda hari ini :

– Ketahui cara sederhana menggali potensi, mengenal karakter, values & beliefs Anda selama ini. Menjadikan values perusahaan menyatu di pekerjaan serta meningkatkan keahlian dengan potensi maksimal, melalui Maximized Your Potential, Boost Your Performance

– Pahami bagaimana cara memahami 5 langkah mudah membangun team solid melalui tujuan, action, support, evaluasi & apresiasi, melalui Building Solid Teams

– Pelajari bagaimana cara percaya diri untuk mengubah setiap penghalang menjadi peluang mengunakan ALC Method, melalui Mengubah Penghalang Jadi Peluang

Detail info pelatihan hubungi team ALC di 087779199555

Jadwal Training Publik

Fraud Audit, Cara Mendeteksi Kecurangan Dan Gejalanya Sejak Dini
  • 12 Okt 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Creative Problem Solving : Arti, Manfaat Dan Cara Mengambil Keputusan
  • 21 Okt 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Procurement And Purchasing Strategy : Arti, Manfaat Dan Caranya
  • 15 Nov 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom

Hubungi Team ALC

  • Celebration Garden Blok AC.9 No. 19 Grand Wisata – Bekasi 17510
  • 02182615440
    087779199555

Tinggalkan Balasan

Share With Your Friends