Pelatihan SDM, Kenali 5 Dampaknya Untuk Karyawan Di Perusahaan

Pelatihan SDM Di Perusahaan

Yuk Kenali 5 Dampak Pelatihan SDM Untuk Karyawan Di Perusahaan!

Pelatihan SDM adalah sebuah program yang biasanya perusahaan adakan dengan tujuan untuk meningkatkan performa dan kemampuan karyawannya dalam bekerja.

Kita perlu ketahui bersama bahwa training SDM ini sangat berdampak untuk karyawan di perusahaan loh. Nggak percaya? Penelitian Burhan Abdullahi Hussein dan Ebru Aykan lakukan pada 240 peserta yang bekerja organisasi telekomunikasi di provinsi Golis Somalia dan provinsi Kayseri Turki.

Penelitian ini mengungkapkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pelatihan sumber daya manusia dan kinerja yang dirasakan karyawan dan pelatihan sumber daya manusia. Training sdm ini memiliki dampak yang signifikan terhadap kinerja yang dirasakan karyawan.

Wah, sangat berdampak sekali bukan training SDM ini? Agar Anda semakin yakin dan mengetahui dampak pelatihan dan pengembangan karyawan ini yuk simak 5 dampak pelatihan sdm untuk karyawan dan perusahaan!

5 Dampak Pelatihan SDM Untuk Karyawan di Perusahaan

Pertama, meningkatkan produktivitas karyawan.

Pelatihan SDM sangat berdampak untuk meningkatkan kemampuan, knowledge, soft skill dan hard skill. Dengan pelatihan ini Anda bisa mempelajari hal-hal baru dan mendapatkan insight yang sangat berguna untuk perkembangan karir Anda.

Dengan meningkatkan potensi yang ada dalam diri Anda, maka produktivitas Anda dalam bekerja pun semakin meningkat jauh lebih baik dari sebelumnya. Oleh karena itu, dengan meningkatnya produktivitas Anda sebagai karyawan maka perusahaan juga mampu untuk berkembang dengan pesat.

Kedua, mengembangkan potensi karyawan.

Dampak kedua adalah Anda semakin tahu skills dan kemampuan apa saja yang harus Anda miliki, Anda mampu untuk meningkatkan kelebihan dan skills yang ada dalam diri Anda. Serta Anda juga dapat mengatasi kekurangan & kelemahan.

Tidak hanya itu saja loh, melalui pelatihan SDM perusahaan juga dapat mempersiapkan calon leader yang tepat sesuai dengan visi, misi dan tujuan. Sehingga perusahaan dapat meminimalisir dampak dan resiko dari perekrutan pemimpin baru.

Ketiga, mengurangi konflik dalam perusahaan.

Dampak berikutnya adalah melalui pelatihan SDM dapat mengurangi konflik eksternal dalam perusahaan. Biasanya dalam pelatihan ini Anda mendapatkan tips dan trik bagaimana cara-cara mengatasi permasalahan yang ada baik dalam team ataupun lingkungan kerja Anda.

Melalui pelatihan SDM perusahaan juga dapat mengetahui dan dapat meminimalisir pengaruh negatif dari toxic employee. Karena jika tidak diatasi dengan baik dan tepat karyawan ini dapat memberikan dampak negatif.

Karyawan toxic dapat menimbulkan efek negatif loh. Adapun efek negatif tersebut adalah menimbulkan ketidak nyamanan, terjadinya miskomunikasi, dan budaya kerja di perusahaan menjadi buruk.

Baca juga : Simak 7 Tipe Pelatihan Dan Pengembangan Karyawan Untuk Perusahaan

Keempat, meningkatkan efektifitas dan efisiensi karyawan dalam bekerja.

Dampak keempat adalah melalui pelatihan SDM ini kinerja karyawan semakin lebih efektif dan efisien. Jika semua karyawan dapat bekerja secara efektif dan efisien maka kesempatan untuk semakin mengembangkan diri terbuka.

Dengan bekerja secara efisien dan efektif Anda mampu menghemat waktu, pikiran dan energi Anda dan kesempatan Anda untuk mempelajari hal-hal baru juga dapat terlaksana loh.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat membantu perusahaan untuk jauh lebih berkembang dan tidak berjalan di tempat. Sehingga perusahaan lebih cepat untuk bisa mencapai goals besarnya.

Kelima, meningkatkan rasa percaya diri.

Dampak yang terakhir adalah training SDM ini dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda. Dengan rasa percaya diri yang tinggi Anda mampu untuk bekerja jauh lebih baik, semangat dan motivasi kerja Anda meningkat plus rasa kepuasan Anda dalam bekerja juga semakin tinggi.

Sekarang Anda sudah mengetahui 5 dampak pelatihan ini untuk karyawan dan perusahaankan? Wah Anda semakin pintar deh. Selanjutnya, yuk sama-sama kita ketahui apa sih yang dimaksud dengan leadership training? Baca sampai selesai ya, jangan sampai ada yang terlewatkan loh.

Apa yang dimaksud dengan pelatihan SDM?

Pelatihan SDM adalah usaha yang perusahaan lakukan untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja serta performa karyawan dalam bekerja. Dampaknya perusahaan dapat memiliki SDM yang bertanggung jawab, profesional dan juga memiliki etos kerja yang tinggi.

Kegiatan pelatihan SDM ini harus berfokus pada peningkatkan kompetensi dan juga skill dalam diri setiap karyawan. Dengan pengelolaan SDM yang baik dan optimal, hal tersebut dapat mendukung perusahaan dalam mencapai keberhasilan.

Wow, pembahasan kita semakin menarik kan. Setelah mengetahui arti dari training sdm, sekarang sama-sama yuk kita ketahui tujuan pelatihan sdm ini. Lanjut baca lagi ah!

Apa tujuan pelatihan SDM?

Tujuan pelatihan SDM adalah untuk meningkatkan kemampuan setiap karyawan perusahaan. Sehingga Anda lebih berkompeten dan lebih bertanggung jawab dalam menyelesaikan pekerjaan serta Anda juga lebih mampu dalam mencapai target yang telah perusahaan tetapkan.

Pelatihan SDM ini dapat membantu mempersiapkan diri Anda untuk menghadapi perekembangan zaman dan persaingan yang semakin kompetitif. Sehingga Anda dapat meningkatkan performa untuk bisa menjadi SDM unggul.

Tidak hanya itu saja loh, training ini sangat bermanfaat untuk perusahaan. Adapun manfaat pelatihan sdm ini adalah perusahaan dapat menghindari resiko dan tantangan serta mampu melihat arah serta perkembangan perusahaan.

Sekarang sudah tahu kan tujuan dari training sumber daya manusia. Nah, sudahkan Anda mengetahui perbedaan pelatihan dan pengembangan SDM? Karena selama ini yang kita tahu bahwa pelatihan dan pengembangan sdm adalah satu kesatuan, tetapi dua hal ini berbeda loh.

Yuk ketahui apa sih perbedaan antara pelatihan dan pengembangan SDM. Baca sampai selesai ya.

 –

Apa perbedaan pelatihan dan pengembangan SDM?

Pelatihan SDM adalah kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan, mengembangkan dan menambah kemampuan serta skill dalam diri Anda sebagai karyawan.

Baca juga : Simak Manfaat dan Metode Pelatihan Sumber Daya Manusia Bagi Karier

Biasanya proses pelatihan ini perusahaan lakukan dalam jangka pendek dengan beberapa rangkaian kegiatan yang sudah terstruktur dengan baik. Beberapa contoh pelatihan sdm yang biasa perusahaan berikan seperti seminar, gathering perusahaan, pelatihan kepemimpinan dan lain sebagainya.

Sedangkan pengembangan SDM adalah sebuah program yang bertujuan untuk meningkatkan knowledge, kompetensi dan kemampuan. Kegiatan pengembangan ini mengarah pada peningkatan pengetahuan, skill dan kompetensi Anda sebagai karyawan.

 –

Setelah Anda mengetahui 5 dampak pelatihan sdm untuk karyawan dan perusahaan, arti, tujuan serta perbedaan antara pelatihan dan pengembangan sdm. Pertanyaannya, sudahkah Anda meningkatkan skill dan kompetensi Anda melalui training sdm?

Jika belum, jangan binggung ya ada solusinya kok. Mengikuti training bersama ALC adalah kuncinya. Metode pelatihan SDM ALC sangat relevan dan mudah Anda aplikasikan di pekerjaan dan keseharian loh.

Penasaran dengan topik pelatihan SDM yang ALC miliki? Untuk menjawab rasa penasaran Anda, yuk ah sama-sama kita simak jenis pelatihan sdm yang ALC miliki. Lanjut baca lagi ya.

Jenis-jenis Pelatihan SDM ALC

Sebagai pusat leadership training dan management terbaik di Indonesia, ALC Leadership Management sudah dipercaya lebih dari 300 perusahaan multinasional untuk bisa meningkatkan skill, knowledge, mengubah mindset dan sikap menjadi lebih baik.

ALC memiliki jenis pelatihan SDM yang dilengkapi dengan topik yang up to date dan bisa dilakukan secara offline maupun online.

Adapun materi pelatihan SDM ALC yang disukai klien kami diantaranya Working Excellence, Maximized Your Potential, Boost Your Performance, The Power of Working with Emotional Intelligence dan sebagainya.

Tingkatkan SDM Anda hari ini :

– Pahami bagaimana cara membuka kesadaran Anda pentingnya mengaplikaskan 3 prioritas : memanage mindset, 4 skills & fokus pada tujuan besar. Menjadikan multitasking sebagai habit, komunikatif & kooperatif, melalui Working Excellence.

– Pelajari bagaimana cara memaksimalkan dan mengembangkan potensi diri untuk lebih bisa meningkatkan produktivitas dan performance dalam bekerja, melalui Maximized Your Potential, Boost Your Performance.

– Ketahui bagaimana cara meraih kesuksesan karir dan bisnis dengan meningkatkan kecerdasan emosi atau emotional intelligence, melalui The Power of Working with Emotional Intelligence.

Detail info training hubungi team ALC di 087779199555

Leave a Reply

EnglishIndonesian
Follow by Email
Pinterest0
fb-share-icon
WhatsApp