fbpx

Pelatihan SDM di Perusahaan, Simak Apa Saja Tujuan Utamanya

Pelatihan SDM Di Perusahaan

Pelatihan SDM, yuk kenali apa saja tujuan utamanya?

Program ini merupakan salah satu program pelatihan yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas karyawan di perusahaan. Sumber daya manusia (SDM) merupakan elemen utama dari sebuah organisasi. Apakah Anda tahu, pelatihan dan pengembangan SDM adalah kebutuhan mutlak? Karena program ini sudah jelas memiliki pengaruh positif baik bagi individu maupun maupun perusahaan.

SDM tidak terlepas dari berbagai proses, meliputi penyusunan strategi, pengembangan manajemen, hingga pengembangan perusahaan. Training SDM adalah suatu keharusan dalam sebuah organisasi.

Terutama ketika kita sedang merekrut karyawan-karyawan baru. Karyawan baru sering kali menghadapi ketidakpastian atas peran dan tanggung jawabnya. Oleh karena itu, dengan mengikuti program ini, sumber daya manusia lebih bisa kita berdayakan.

Pelatihan SDM lebih fokus pada peningkatan pengambilan keputusan dan memperluas hubungan relasi dari level karyawan hingga manajemen level atas. SDM yang berkualitas pada sebuah perusahaan bisa menjadi aset tersendiri untuk perusahaan tersebut. Hal ini yang harus membuat perusahaan terus berlomba-lomba untuk meningkatkan kinerja para karyawannya.

Pengelolaan SDM yang baik harus dilaksanakan secara berkesinambungan melalui rangkaian aktivitas yang terintegrasi. Dengan pengelolaan SDM yang baik maka dapat diciptakan SDM yang profesional dalam jumlah memadai,  berdasarkan keahlian yang dibutuhkan sesuai tuntutan pekerjaan, sehingga tercapai produktivitas SDM yang optimal dalam mendukung keberhasilan strategi yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

Baca juga : Simak 7 Tipe Pelatihan Dan Pengembangan Karyawan Untuk Perusahaan

Riset Tentang Sumber Daya Manusia (Human Resource)

Menurut studi dari International Journal of Current Research in Life Sciences, Strategi manajemen sumber daya manusia yang efektif membuat SDM menjadi sistematis.  Strategi ini meliputi pelatihan, pengembangan, penghargaan, dan metode penilaian. Hal ini juga dapat meningkatkan lepuasan kerja karyawan yang telah menjadi masalah vital bagi semua organisasi.

Tujuan Pelatihan SDM

Ada banyak keuntungan dan tujuan training SDM di perusahaan. Salah satu kunci dari sumber daya manusia adalah menjaga agar karyawan tetap aman, produktif, dan terlibat dalam aktivitas dan kepentingan perusahaan. Selain untuk mencapai tujuan, pelatihan SDM sangat penting sekali bagi setiap perusahaan untuk menghindari resiko yang sangat besar.

Kemungkinan buruk seperti kecelakaan kerja dapat terjadi apabila perusahaan mengabaikan pentingnya pelatihan SDM bagi para karyawannya ataupun hal lainnya.

Inilah tujuan utama dari pelatihan SDM yang wajib diketahui

Pertama, tingkatkan produktivitas perusahaan. Tujuan utama pendidikan dan pelatihan untuk para karyawan berfokus pada peningkatan produktivitas perusahaan. Produktivitas perusahaan yang tinggi tentu dipengaruhi dari kinerja para karyawan yang ada di perusahaan tersebut. Agar karyawan selalu meningkatkan kinerja dan profesionalisme, perusahaan wajib memfasilitasi hal itu.

Salah satu cara yang paling banyak dilakukan adalah dengan cara pelatihan atau training yang dilakukan secara berkala. Program semacam ini terbukti dapat meningkatkan produktivitas perusahaan dari waktu ke waktu. Bahkan, karyawan yang diberikan program pelatihan bersertifikat biasanya menunjukkan peningkatan kinerja yang signifikan.

Kedua, mengasah kemampuan setiap karyawan. Kemampuan setiap karyawan tentu memiliki level yang berbeda-beda. skills tersebut harus selalu diasah dan ditingkatkan berdasarkan minat para karyawan. Cara training atau pendidikan pelatihan bisa menjadi cara yang paling tepat dan efektif untuk dilakukan. Bagi para karyawan, pelatihan semacam ini juga menjadi sebuah keuntungan tersendiri.

Kemampuan awal yang sudah dimiliki oleh para karyawan bisa ditingkatkan dan diasah sehingga karyawan tetap menunjukkan kinerja yang baik dan tingkat perkembangan yang tinggi. Pelatihan yang dilakukan secara rutin akan menunjukkan hasil yang lebih maksimal. Program pelatihan training on leadership bisa menjadi salah satu program pelatihan yang paling tepat untuk para karyawan.

Ketiga, dapat melihat arah perkembangan dan bahan evaluasi perusahaan. Pelatihan untuk para karyawan juga bisa menjadi salah satu indikator untuk melihat perkembangan dan kinerja di sebuah perusahaan pada periode tertentu. Perusahaan bisa menjadikan hasil pelatihan ini sebagai salah satu bahan evaluasi untuk menilai apakah perusahaan sudah berada pada titik yang optimal. 

Bila ada aspek yang masih belum optimal, perusahaan bisa mempertimbangkannya dan mengevaluasi aspek tersebut untuk memberikan pelatihan dan pendidikan bagi para karyawan di periode selanjutnya. Pelatihan juga bisa membuat perusahaan dengan mudah menilai apa saja aspek atau kemampuan yang masih dibutuhkan oleh perusahaan.

Evaluasi dan peningkatan mutu menjadi hal penting yang harus dilakukan oleh perusahan baik untuk meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan ataupun untuk meningkatkan kemampuan para karyawan di bidang tertentu. Anda bisa mencoba beberapa periode pelatihan terlebih dahulu dan melihat hasil yang didapatkan.

Baca juga : Simak Manfaat dan Metode Pelatihan Sumber Daya Manusia Bagi Karier

Bila hasil menunjukkan angka yang cukup optimal, program pelatihan untuk para karyawan bisa dilanjutkan ke tingkat lanjutan. Training SDM bisa menjadi modal utama bagi perusahaan untuk meningkatkan kinerja dan produktivitas perusahaan.

Nah, Setelah menyimak tujuan utama pelatihan SDM, sudahkah karyawan milenial perusahaan anda menjalankan program training tersebut? Jika sudah, seberapa efektif melakukannya?

ALC Leadership Management memiliki program training SDM dengan pendekatan yang berbeda. Training bisa diadakan secara offline maupun online. Beberapa contoh materi program training untuk manager yang disukai klien kami di antaranya Build Trust in One Minute, Working Excellence, Boost Your Focus, Leading Change, dsb.

Tingkatkan SDM Anda hari ini :

– Ketahui bagaimana membuka kesadaran akan besarnya dampak trust pada performance & produktivitas. Membangkitkan tekad untuk membangun kepercayaan dengan 13 sikap, melalui Build Trust in One Minute.

– Pahami bagaimana cara membuka kesadaran Anda pentingnya mengaplikaskan 3 prioritas : memanage mindset, 4 skills & fokus pada tujuan besar. Menjadikan multitasking sebagai habit, komunikatif & kooperatif, melalui Working Excellence.

– Pelajari bagaimana cara mengubah cara pandang, sikap dan perilaku Anda & team menjadi lebih baik. Dengan ALC METHOD, kami mengajak Anda mempraktikkan langsung 3 Hukum Perubahan kemudian merasakan kekuatannya sekaligus hasil perubahannya, melalui Leading Change

Untuk detail info training hubungi team ALC di 087779199555

Jadwal Training Online

Fraud Audit, Cara Mendeteksi Kecurangan Dan Gejalanya Sejak Dini
  • 12 Okt 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Creative Problem Solving : Arti, Manfaat Dan Cara Mengambil Keputusan
  • 21 Okt 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Procurement And Purchasing Strategy : Arti, Manfaat Dan Caranya
  • 15 Nov 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom

Hubungi Team ALC

  • Celebration Garden Blok AC.9 No. 19 Grand Wisata – Bekasi 17510
  • 02182615440
    087779199555

Tinggalkan Balasan

Share With Your Friends