Training untuk Manager, Ketahui 4 Cara Dalam Meningkatkan Leadership Skills

Training Manager

Daftar Isi

Training manager, sudahkah Anda memiliki 4 skillsnya?

Apakah Anda tahu manager terbaik itu seperti apa? Mereka adalah pemimpin yang bisa memberikan dorongan dan semangat bagi timnya untuk berani menghadapi tantangan baru dan memberdayakan potensi.

Bagi sebuah perusahaan, seorang manager tentu memiliki peranan yang sangat penting. Seorang manajer berperan dalam menciptakan tim yang solid dalam divisi yang dipimpinnya. Dengan hal tersebut maka seorang manajer sudah mempersiapkan “senjata” untuk menuju masa depan perusahaan yang jauh lebih baik dan semakin berkembang. 

Menjadi seorang manajer di dalam suatu perusahaan tentunya menjadi prestasi yang sangat membanggakan. Namun, di samping jabatan yang tinggi, kita juga memiliki tanggung jawab yang lebih besar.

Apa Itu Training Manager?

Training Manager adalah salah satu jenis training untuk manager yang bertujuan untuk mengasah kemampuan manajer dalam memimpin dan menjalankan tugasnya.

Training Manager ini tidak hanya diperuntukkan bagi manager ‘baru’, tetapi juga cocok sebagai training untuk lower level manager atau training untuk general manager.

Apakah Manager Perlu Latihan?

Training leadership untuk manager sangat penting untuk dilakukan mengingat peran utama manager adalah sebagai pimpinan dalam sebuah tim. Fakta mengenai kondisi tim dan tuntutan kerja yang berubah-ubah mengikuti perkembangan zaman membuat skills manager juga perlu terus di-update agar kerja tim dapat berjalan dengan baik.

Baca juga : Mengenal 5 Manfaat Pelatihan Manajemen Pada Perusahaan

Lalu apa sih bedanya manager dengan pemimpin?

Masih banyak orang yang beranggapan bahwa kedua jabatan ini sama dan setara, karena pemimpin dan manajer sama-sama memimpin sebuah tim. Tetapi, dalam struktur organisasi perusahaan, manajer berada dibawah pimpinan. Namun, baik pemimpin maupun manager, mereka sama-sama memiliki peranan penting bagi keberlangsungan perusahaan untuk mencapai tujuan.    

Pemimpin adalah seseorang yang dapat memberikan pengaruh positif kepada seluruh karyawannya. Dan juga sebagai panutan setiap karyawannya. Sehingga, seorang pemimpin dituntut untuk selalu memberikan motivasi dan mengayomi agar karyawannya menjadi lebih bersemangat dan meningkatkan kinerja, serta rasa loyalitas kepada perusahaan.

Manajer adalah seseorang yang bertugas dalam mengkoordinasi kegiatan karyawan mulai dari memimpin, mengarahkan, mengawasi dan bertanggung jawab serta bekerja sama untuk mencapai tujuan perusahaan.

Manager akan membawahi berbagai proyek perusahaan. Dalam hal ini, manager harus bisa fleksibel, fokus pada tujuan, dan adaptif di berbagai situasi kondisi. Menjalani peran sebagai manager tidak terlepas dari hambatan dan rintangan. Bahkan manajer yang memiliki banyak pengalaman pun kerap mengalaminya. Salah satu contoh kecilnya adalah penurunan kinerja karyawan. Sehingga, manajer perlu untuk mengikuti training manager agar kejadian seperti itu tidak terjadi lagi.

Job description dari seorang manager itu sendiri diantaranya:

– Memimpin

– Mengawasi dan melakukan koordinasi

– Memantau dan memonitor kegiatan karyawan

– Mengobservasi kinerja karyawan

– Memberikan solusi permasalahan dari karyawan

Banyak faktor yang menyebabkan kinerja karyawan menurun. Nah, tugas manajer adalah mengungkap penyebabnya dan membuat rencana alternatif untuk memperbaiki itu. Namun dalam beberapa kasus, apakah semua manager mampu menegur karyawan tanpa mengecilkan hati karyawan?

Oleh karena itu, ALC memiliki topik Effective Leadership Skills for Manager yang sangat menarik untuk membantu Anda sebagai manajer agar dapat menyampaikan kritikan secara efektif tanpa mengecilkan hati mereka. Sehingga, tercipta kepemimpinan yang efektif dan Anda dapat memimpin tim Anda ke perubahan yang lebih baik, serta mewujudkan harapan bersama.

Inilah masalahnya. Menegur dan mengevaluasi karyawan membutuhkan kebijaksanaan dan extra hati-hati. Jika tidak, hal ini akan sangat berdampak pada kinerja karyawan.

Riset Tentang Manager Di Lapangan

Studi dari gallup.com  menjelaskan bahwa sebanyak 60% sumber ketidakpuasan karyawan bukan berasal dari gaji rendah, tempat kerja yang buruk, atau hari libur yang tidak memadai. Melainkan karena bos atau atasan yang buruk. Angka ini seharusnya menjadi perhatian bagi kita semua, khususnya manajer.

Kita tidak bisa meyepelekan kesejahteraan karyawan yang kita pimpin. Mengapa? Karena kesejahteraan karyawan sangat berdampak pada revenue perusahaan. Penelitian Harvard Business Review membuktikan bahwa jika kepuasan karyawan meningkat sebesar 5%, maka kepuasan pelanggan juga meningkat sebanyak 1.3%.

Apakah Anda bisa membayangkan apa yang terjadi jika kesejahteraan karyawan menurun akibat kemampuan manajemen kita yang buruk? Tidak hanya merugikan karyawan, ini juga pasti berdampak pada kemunduran perusahaan. Pertanyaannya, bagaimana cara melatih kebijaksanaan kita sebagai manager? Bagaimana cara menjembatani ekspektasi perusahaan dengan skill karyawan?

Salah satunya adalah menjalankan pelatihan, yaitu training untuk manager. Tidak sedikit dari perusahaan yang menyelenggarakan training manager. Manager yang profesional pastinya mampu untuk memberikan dorongan, motivasi, serta bisa menjadi teladan yang baik bagi karyawannya. Dengan sinergi, kita sebagai manager lebih mudah untuk bisa mewujudkan visi dan misi dari perusahaan.

Dengan kata lain, seorang manager harus tahu cara bagaimana membawa pengaruh positif sehingga karyawan akan lebih loyal dan melakukan pekerjaan dengan sepenuh hati.

ALC Leadership Management memiliki topik training dengan tema Lead And Influence To Greatness yang dapat membantu Anda dalam memimpin melalui pengaruh baik dengan membangun hubungan kuat berdasarkan kepercayaan dan rasa hormat namun tidak semena-mena. Selain itu, ada pula topik training dengan tema The Power of Integrity, yang akan membantu Anda untuk memiliki integritas yang baik dalam menjadi seorang manager.

Manfaat dari training manager di ALC  adalah mendorong Anda membangun pengaruh melalui pemberdayaan tim, membangun dan meningkatkan ownership, serta komitmen dalam membangun kemajuan serta mencapai prestasi untuk tim.

Ownership tentunya didasarkan pada self leadership atau memimpin diri. Hal yang ditekankan adalah pemberdayaan tim semaksimal mungkin ketika bekerja. Anda juga akan lebih cerdas dan bijak dalam mengatasi permasalahan, serta semakin semangat dan termotivasi tinggi meski program pelatihan telah usai.

Baca juga : 9 Alasan Mengapa Anda Perlu Mengikuti Training Manajemen

4 Skills Yang Harus Dimiliki Oleh Manager

Ada berbagai keterampilan yang seharusnya dimiliki oleh seorang manager. Salah satunya adalah memiliki komunikasi yang bagus dan efektif dengan bawahannya. Namun, selain itu juga ada skills lain yang seharusnya dikuasai oleh seorang manager. Yuk, simak informasi selengkapnya berikut.

Meningkatkan 4 Skills Leadership Dengan Training Manager

Pertama, conceptual skills atau bahasa mudahnya skills konseptual.

Artinya, seorang manager harus bisa menciptakan beragam konsep ide maupun gagasan. Manager harus mampu dengan apik menegur & mengapresiasi tim dengan coaching and mentoring. Manajer yang memiliki skill ini lebih pandai memecahkan masalah dan membuat keputusan yang tepat dan cepat. Tidak hanya itu, yang paling penting dari skills ini adalah menajamkan kemampuan manager dalam menganalisis.

Kedua, technical skills atau skills teknis.

Di zaman yang serba teknologi ini, seorang manager juga dituntut untuk turut “melek” teknologi yang berkaitan dengan pekerjaannya. Pengembangan keterampilan ini juga biasanya diikutsertakan dalam management development program.

Ketiga, time management skills.

Kemampuan mengatur atau memprioritaskan waktu. Time management membantu kita untuk memprioritaskan pekerjaan. Sehingga, kita bisa memaksimalkan waktu yang kita punya untuk menyelesaikan setiap project. Jika kita memahami bagaimana cara mengatur waktu dengan efektif, kita pasti akan fokus dalam mencapai lebih banyak goals dengan waktu yang lebih singkat.

Keempat, decision making skills

Kemampuan mengambil keputusan. Seorang manager sering kali dihadapkan pada beberapa pilihan yang menyulitkan. Oleh karena itu, penting sekali untuk memiliki keterampilan membuat keputusan. Dalam hal ini, manager haruslah bisa mengidentifikasi masalah dan menemukan solusi yang tepat untuk mengatasinya. 

Meningkatkan Kemampuan Kepemimpinan Dengan Training Manager

Traning yang dilaksanakan oleh perusahaan bisa menambah pengetahuan, kemampuan, serta keterampilan yang sesuai dengan tugas dan peran seorang manager. Hal itu dikarenakan perusahaan pastinya sangat membutuhkan tenaga kerja yang berkompeten di bidangnya. Salah satu tujuan manager development program adalah memahami bagaimana cara memimpin orang yang memiliki kepribadian yang berbeda-beda.

Manager selain menjadi atasan, harus menjadi bisa coach and counselor yang baik serta suportif pada tim. Anda bisa menjalankan coaching and counseling sebagai tools untuk mendapatkan skills-nya.

Begitu pun dengan training untuk manager, yang mana bisa membuat manajer memiliki kemampuan leadership yang semakin matang. Sehingga, karyawan-karyawan yang dipimpinnya pun juga akan memiliki keahlian dan keterampilan yang mumpuni.  Selain itu, tugas dan pekerjaan yang dilaksanakan pun bisa berjalan secara lancar kapan saja dan di mana saja.

Pelatihan pengembangan SDM, seperti management development program dapat memperbarui dan mengasah kompetensi hard skill maupun soft skill yang tentunya sangat dibutuhkan bagi perusahaan untuk mencetak calon-calon manager yang handal.

Training untuk Manager Apa Saja?

Setelah melihat beberapa skills yang penting untuk dimiliki manager, Anda mungkin sekarang bertanya-tanya bagaimana jika salah satu atau semua skills tersebut belum dimiliki oleh seorang manager.

Untuk permasalahan itulah training manager hadir. Beberapa contoh materi training untuk manager antara lain adalah materi decision making, problem solving, creative thinking, dan masih banyak lagi. Mulai dari training untuk mengasah soft skills hingga hard skills.

Nah, itu dia empat skills leadership yang penting bagi manajer dan bagaimana peran training manager untuk manajer. Dengan training manager, perusahaan dapat membantu karyawannya, khususnya manager, untuk bisa meningkatkan kemampuan kepemimpinan dari berbagai aspek. Sehingga, kinerja manager bisa lebih meningkat dan bisa turut mendukung kemajuan perusahaan. 

ALC Leadership Management, Lembaga training terbaik di Indonesia memiliki program training untuk manager dengan pendekatan yang berbeda dengan 90% praktek dan 10% teori. Training ALC bisa diadakan secara offline maupun online. Beberapa contoh materi program training untuk manager yang disukai klien kami di antaranya Effective Leadership Skills For Manager, Building High Performance Team, Assertive Leadership for Manager, dsb.

Tingkatkan keahlian Leadership Anda hari ini :

– Ketahui cara menjadi pemimpin efektif di berbagai situasi dengan meningkatkan 5 skills effective leader. Menjadikan Anda komunikator yang efektif, serta mampu menyampaikan kritik & apresiasi sekaligus memimpin perubahan guna mewujudkan harapan melalui Effective Leadership Skills for Manager

– Pahami bagaimana cara membangun team yang berperforma tinggi melalui budaya terlibat aktif dan pemberdayaan. Mengajak Anda menyadari mengapa team Anda belum perform seperti yang diharapkan melalui Building High Performance Teams

– Pelajari bagaimana cara memahami 6 hukum assertive leader serta pentingnya kejujuran dalam menyampaikan feedback & apresiasi, melalui Assertive Leadership for Manager.

Detail info hubungi team kami di 087779199555

EnglishIndonesian