Training Online Leadership, 10 Penyebab Yang Membuatnya Tidak Efektif

Training Online Leadership

Training online leadership, 10 penyebab yang membuatnya tidak efektif

Seberapa efektif training online leadership Anda selama ini?

Sebelum kita membahas dan menjawab pertanyaan diatas, izinkan saya mengajak Anda untuk menyimak pemahaman yang salah dan sering dirasakan tentang training online. ALC sudah merangkum 10 point, yuk simak!

10 Pemahaman Yang Salah Tentang Training Online Leadership

Pertama, training online leadership tidak efektif dan mengenai sasaran.

Kedua, tidak adanya engagement.

Ketiga, online training sangat monoton.

Keempat, durasinya harus sama dengan training offline/ tatap muka.

Kelima, tidak seru apalagi asyik.

Keenam, tidak adanya dampak dan perubahan setelah peserta mengikuti training online.

Ketujuh, suasana training online leadership yang membosankan.

Kedelapan, training online itu percuma.

Kesembilan, trainernya bisa siapa saja.

Kesepuluh, jadi pembicara training online itu mudah. Tinggal membaca materi di depan mata saja.

Cek! Dari 10 pemahaman di atas pernahkah Anda berpikir hal yang sama? Hayo ngaku, pasti pernahkan?

Nah, berbicara mengenai pelaksanaan training online leadership memang tidak semudah kita membalikan telapak tangan bukan? Dibutuhkan banyak sekali persiapan, mulai dari persiapan diri sampai ke teknologi dan jaringan internet yang akan digunakan ketika Anda mengikuti training online.

Sering ditemukan berbagai kendala yang membuat training online leadership tidak efektif, misalnya gangguan koneksi internet baik dari audience ataupun trainer sehingga dalam menyampaikan dan menerima materi menjadi terhambat. Belum lagi waktu yang terbuang sia-sia untuk menunggu trainer memperbaiki kondisi jaringannya.

Dan satu lagi, faktor yang menyebabkan training online leadership tidak efektif yaitu kemampuan seseorang dalam menggunakan teknologi, misalnya penggunaan web dan aplikasi untuk mengikuti training online. Sudah dipastikan dong dalam mengikuti training online Anda melibatkan aplikasi misalnya Zoom. Namun kenyataannya, tidak semua orang bisa menggunakan aplikasi tersebut dengan baik.

Terdapat juga faktor internal dan eksternal yang membuat online training tidak efektif. Misalnya faktor internal, yaitu kurangnya kemauan untuk belajar dari SDM di perusahaan. Lalu untuk faktor eksternal, misalnya salah dalam memilih jasa provider training.

Eits, tapi Anda jangan sampai terjebak dulu loh. Penasaran bukan apa aja sih fakta sebenarnya tentang training online leadership? Nah, sebelum kita mengetahuinya, yuk simak dulu pengertian dari online training.

Apa sih pengertian training online?

Training online adalah pelatihan yang diselenggarakan atau diadakan melalui jaringan internet dan menggunakan media/ platform digital sehingga tidak memerlukan tatap muka secara fisik dan dapat dilakukan dimana saja sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Online training ini biasanya dijadikan sebuah solusi oleh perusahaan untuk meningkatkan kemampuan karyawanya. Pelatihan secara online ini juga sangat memudahkan, Anda bisa tetap menghemat budget, dan waktu tetapi tetap mendapatkan output yaitu bertambahnya knowledge dan soft skills Anda. Tidak heran jika metode ini sangat diminati beberapa tahun belakangan ini.

Jadi sekarang kita sudah mengetahui tentang pengertian training online. Nah sekarang yuk sama-sama kita ketahui fakta mengenai training online. Kali ini ALC sudah merangkum 10 fakta mengenai training online. Yuk lanjut baca lagi ya.

Baca Juga : 10 Tips Sukses Online Training Untuk Program Pengembangan Karyawan

 –

10    Fakta mengenai training online leadership

Pertama, training online leadership sangat efektif dan tepat sasaran. Loh kok bisa? Tentu sangat bisa. Karena meskipun kegiatan dilakukan via online tetapi materinya tetap bisa diakses secara penuh. Bahkan Anda bisa mengaksesnya dikemudian hari melalui file yang diberikan oleh provider training.

Kedua, engagement tetap tinggi. Pernahkah Anda berpikir training online leadership itu sangat memudahkan untuk mempersatukan berbagai divisi dalam perusahaan Anda, meskipun berbeda Kota bahkan Provinsi?

Dengan training online leadership Anda bisa tetap bisa menjalin relasi dan engagement yang lebih kuat karena bisa mengenal  satu sama lain meskipun belum pernah bertegur sapa secara langsung.

Ketiga, suasana kelas selama training online leadership tetap bisa hangat. Siapa bilang training online leadership akan terus menerus monoton dan membuat mengantuk. Semakin berkembangnya teknologi dan aplikasi yang mendukung, tentu hal tersebut bisa dihindari.

Jelilah dalam memilih trainer dan jasa training yang tepat. Agar meskipun pelatihan dilakukan secara online tetapi kesan kehangatan, kebersamaan dan engagement tetap terasa meskipun tidak berinteraksi secara langsung.

Keempat, durasi lebih pendek, materi lebih padat. Meskipun durasinya lebih pendek tetapi materi yang disampaikan dalam online training jauh lebih padat loh.

Berbeda dengan training offline yang membutuhkan durasi yang lama dalam penyampaian materinya, training online akan memudahkan Anda untuk mempelajari materi karena sudah dipastikan provider dan trainer profesional akan mengemas materi training online menjadi lebih padat, dan durasinya juga lebih pendek dari training offline.

Kelima, tetap bisa seru dan mengasyikan. Meskipun dilakukan via online, tetapi interaksi tersebut tetap bisa berjalan. Hal ini tetap bisa Anda rasakan melalui training online.

Tetapi Anda juga harus mengingat point pentingnya, kesan seru dan mengasyikan bisa dirasakan jika Anda cermat dalam memilih jasa provider training plus trainer terbaik dan profesional.

Keenam, peserta training tetap merasakan dampaknya dan perubahan setelah mengikuti training online.

Ketujuh, peserta tetap bisa aktif dan antusias. Menciptakan suasana aktif dan antusias memang tidaklah mudah. Namun selama Anda tepat dalam menentukan pilihan kepada trainer dan jasa, hal tersebut bisa Anda dapatkan melalui online training.

Kedelapan, kualitas training online bergantung pada kemampuan pembicara. Hal ini sudah pasti dong, karena kemampuan pembicara akan berdampak juga pada kualitas online training.

So, Anda jangan sampai salah pilih trainer ya. Jika Anda salah memilih trainer akan berakibat tidak adanya perubahan baik dalam mindset & cara kerja, serta Anda hanya membuang budget dan waktu kerja Anda.

Kesembilan, jam terbang tinggi. Pembicara training online haruslah memiliki banyak pengalaman. Semakin tinggi jam terbang dan pengalaman yang dimiliki oleh trainer hal ini akan menghasilkan output yaitu keberhasilan online training dengan berubahnya pola pikir dan cara kerja Anda.

Kesepuluh, tidak semua pembicara bisa menjadi trainer di training online. Menjadi trainer bukanlah sebuah profesi yang mudah loh. Mungkin jika hanya sekedar berbicara, menyampaikan materi dengan membaca saja adalah hal yang mudah.

Dibutuhkan trainer yang ahli dan spesial di bidangnya plus jam terbang yang mumpuni untuk bisa mewujudkan online training yang berdampak. Jangan sampai Anda salah dalam menentukan pilihan ya.

 –

Pembahasan kita semakin menarik bukan? Nah setelah Anda mengetahui 10 fakta mengenai online training. Yuk sama-sama kita ketahui juga kelebihan dan kekurangan online training. Lanjut baca lagi ah.

Kelebihan dan Kekurangan Training Online

Concordia University Texas telah mengumpulkan 5 fakta mengenai kelebihan dan kekurangan training online. Yuk simak penjelasannya.

5  Kelebihan Training Online

Training online leadership selain memiliki kemudahan juga memiliki kelebihan loh. Inilah 5 kelebihan yang Anda rasakan dari training online. Penasaran? Lanjut baca lagi ya.

Pertama, Anda bisa mengikuti training online sesuai dengan gaya belajar yang Anda sukai. Setiap peserta online training pasti memiliki gaya belajarnya sendiri. Tidak semua memiliki gaya belajar yang sama, seperti hanya mencatat di buku menggunakan pulpen.

Dengan adanya training online peserta dipermudah untuk tetap bisa mengikuti dengan gaya belajarnya masing-masing. Misalnya Anda lebih menyukai belajar sambil mendengarkan musik dengan volume yang kecil agar tetap fokus, atau Anda lebih suka mencatat menggunakan media elektronik dan sebagainya. Apapun gaya belajar Anda, Anda tetap bisa mengikuti online training.

Kedua, memudahkan dalam mempelajari materi. Biasanya jasa provider training sebelum memulai kegiatan training memberikan materi berupa pdf.

Nah ini bisa Anda manfaatkan untuk bisa mempelajari apa saja hal yang akan disampaikan dalam materi. Anda juga bisa mencatat point-point yang Anda anggap penting. Anda juga bisa menanyakan materi yang belum Anda pahami ketika sesi tanya jawab berlangsung.

 –

Ketiga, hemat budget. Tentu saja training online akan menghemat budget. Karena Anda tidak perlu mengeluarkan budget lebih untuk menyewa gedung, hotel atau tempat untuk menyelenggarakan training. Belum lagi dengan cost untuk pembicara dan penginapannya. Wah sudah bisa dibayangkan bukan?

Dengan pelatihan online, cukup dengan laptop atau smarthphone dan koneksi internet semua bisa dilaksanakan. Anda tanpa perlu lagi memikirkan soal budget dan mengatur jalannya training.

Dan dengan mengadakan training online Anda bisa menambah pendapatan perusahaan loh. Karena perusahaan yang memberikan pelatihan secara komprehensif kepada karyawannya. Setelah mendapatkan pelatihan karyawan mengaplikasikannya pada pekerjaan.

Bukankah aset dan masa depan perusahaan adalah karyawan? Sudah jelas bukan, jika karyawan merasa diperhatikan, diberikan tempat untuk berkembang maka semua itu pasti menghasilkan output yaitu meningkatnya rasa loyalitas dan kinerja karyawan.

Baca Juga : 10 Keseruan Kelas Online Ainy Fauziyah, Motivator Leadership Terbaik

 –

Keempat, fleksibel. Online training sangat fleksibel dalam penyelenggaraannya hal inilah yang sangat disukai oleh banyak orang. Karena Anda tetap bisa mengikuti kegiatan training online meskipun memiliki kesibukan. Anda juga tetap bisa menambah pengetahuan dan skills Anda tanpa harus meninggalkan pekerjaan.

Wah, sangat menguntungkan sekali bukan?

Kelima, sangat memudahkan. Kenapa sih training online leadership sangat memudahkan? Jawabannya adalah Anda bisa menghemat waktu, menghemat budget seperti yang sudah dijelaskan pada point di atas. Plus Anda tidak terbatas oleh jarak. Semua dipermudah dengan adanya teknologi.

Ada kelebihan pasti ada kekurangannya bukan? Nah, berikut 5 kekurangan training online yang bisa saja Anda rasakan. Yuk disimak lagi.

5 Kekurangan Training Online Leadership

Pertama, adanya gangguan ketika training online berlangsung. Gangguan pasti saja bisa terjadi, misalnya jaringan internet yang tidak stabil atau ketika online training berlangsung ada peserta yang lupa atau tidak mengerti cara mute audionya sehingga mengganggu konsentrasi peserta atau bahkan trainernya.

Kedua, minimnya interaksi sosial. Ya sudah dapat dipastikan interaksi sosialnya sangat minim. Tidak bisa menyapa satu persatu peserta, tidak bisa untuk mengajak ngobrol semua peserta dan tidak selamanya trainer bisa menjawab pertanyaan peserta satu persatu karena keterbatasan waktu.

Belum lagi permasalahan teknis, ketika trainer memberikan materi tidak semua peserta bisa melihatnya, eror pada laptop dan pc yang digunakan dan permasalahan lainnya yang berhubungan dengan teknologi.

Ketiga, tidak cocok untuk setiap topik. Untuk online training sendiri memang tidak semua topik bisa dilakukan. Contohnya cara mengopraasikan codding pada aplikasi atau pembuatan aplikasi mesin pembangkit listrik.

Nah, training atau pelatihan yang bersifat kompleks dan praktik lebih baik untuk dilakukan secara langsung. Mengapa demikian? Karena tidak semua peserta bisa memahami dan memiliki alat praktik untuk disimulasikan. Inilah salah satu kerugian dalam mengadakan training online.

Keempat, tidak semua trainer dan provider training yang Anda pilih bisa membawa dampak perubahan yang signifikan pada peserta trainingnya. Sekedar memberikan informasi, tetapi setelah training selesai tidak menghasilkan perubahan sama sekali.

Kelima, kemampuan teknologi yang berbeda pada setiap peserta. Nah point terakhir ini yang biasanya sering terjadi, apalagi jika pesertanya tidak mengetahui dasar-dasar penggunaan teknologi. Seperti penggunaan aplikasi atau website. Hal ini bisa menjadi penghambat loh.

– 

So, Anda harus mempersiapkan solusinya ya. Jangan sampai karena minimnya pengetahuan Anda tentang teknologi semangat Anda untuk terus belajar dan memperbaiki diri jadi menurun.

Wah semakin menarik dan seru saja nih pembahasannya. Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan online training, pemahaman Anda semakin bertambah bukan?

Sekarang pertanyaannya adalah sudahkah Anda mengetahui bagaimana sih cara agar training online menjadi efektif? Nah ALC punya jawabannya loh. Yuk ah lanjut baca lagi.

Bagaimana Cara Agar Training Online Menjadi Efektif?

Kali ini ALC sudah merangkum 10 cara agar training online yang Anda rancang untuk para karyawan di perusahaan menjadi efektif.

10 Cara Agar Training Online Menjadi Efektif

Pertama, pastikan online training yang diberikan sangat efektif dan efisien dalam hal waktu, biaya dan kemudahan akses.

 –

Jadi Anda harus pintar-pintar memilih provider training dan trainer bekualitas dan ahli dibidangnya. Jangan tertipu dengan harga murah plus janji manis yang ditawarkan ya. Ingatlah kata-kata ini “Harga Menentukan Kualitas”.

Kedua, Anda harus memastikan trainer yang Anda pilih adalah trainer yang cerdas dan bekompeten. Bagaimana sih ciri trainer yang cerdas? Trainer atau pembicara yang cerdas bisa dilihat ketika trainer tersebut menyampaikan materi dengan baik dan mampu dengan cepat membangun engagement yang kuat dengan setiap pesertanya.

Selain cerdas pastikan trainer yang Anda pilih juga berkompeten ya. Baik dalam hal public speakingnya, caranya membangun ikatan emosi dengan pesertanya dan memiliki kecerdasan komunikasi yang mumpuni.

Ketiga, pilihlah trainer yang dengan gaya bicara terbuka dan mengasyikan. Meski hal ini terkesan sepele, tetapi Anda juga harus tetap memperhatikannya loh.

 –

Ketika Anda memilih trainer yang penyampaiannnya terlalu monoton, gaya bahasanya kaku dan tidak ada kesan mengasyikan selama trainer menyampaikan materinya. Sudah dapat dipastikan 100% peserta cepat mengantuk dan bosan.

Apalagi jika hampir sebagian besar karyawan di perusahaan Anda adalah generasi milenial. Mereka tidak akan tertarik dengan hal-hal statis dan monoton. Jika trainer yang Anda pilih salah, dapat dipastikan staff milenial di perusahaan Anda tidak akan tertarik dan memperhatikan selama kegiatan online training berlangsung.

Pertanyaannya, sudahkah Anda menemukan trainer yang berkompeten tetapi tetap kekinian dan mengasyikan?

Jika jawabannya Anda belum menemukan motivator yang tepat dalam memberikan online training di perusahaan Anda, tidak ada salahnya Anda lebih mengenal Ainy Fauziyah. Ia adalah CEO ALC Leadership Management dan ALC Talent dan juga Founder ALC Leadership Bootcamp. Dikenal sebagai motivator leadership dan motivator perempuan terbaik di Indonesia.

Ketika menyampaikan materi trainingnya, Ainy Fauziyah memiliki gayanya tersendiri. Ia tidak hanya menyampaikan materi saja, meskipun melalui training online Ainy mampu menjalin komunikasi dan ikatan emosi yang baik dengan pesertanya.

Penasaran dengan cara penyamapaian Ainy ketika training? Yuk simak di Instagram, Facebook dan Podcastnya.

Baca Juga : ALC Leadership Vendor Training Terbaik di Indonesia

 –

Keempat, pastikan durasi training online harus pas. Memastikan durasi training yang diberikan oleh provider training yang Anda pilih haruslah pas dan efektif. Jangan sampai durasinya kurang atau lebih dari waktu yang seharusnya. Wah jika seperti itu, apakah Anda yakin materi yang disampaikan trainer tersebut berkualitas?

Hal ini tetap Anda harus perhatikan ya. Jangan sampai Anda hanya mendengarkan materi saja. Pastikan selama kegiatan training online berlangsung tetap ada kegiatan interaksi antara trainer dan peserta.

Kelima, adanya komunikasi dua arah dalam online training. Pentingnya memastikan bahwa dalam kegiatan training onlie terjadi kegiatan komunikasi dua arah. Jangan sampai trainer yang Anda pilih hanya yang fokus menyampaikan materi, tetapi tidak memperdulikan para pesertanya.

Apalagi pada pelaksanaannya online training ini peserta tidak bisa dipantau secara keselurahan, bisa saja peserta hanya sekedar mengikuti dengan seakan-akan hadir tetapi tidak aktif dan hanya muncul namanya saja.

Hal ini akan merugikan Anda dan perusahaan. Percuma saja mengeluarkan budget tetapi Anda salah dalam memilih trainer dan provider trainingnya. Duh ruginya double loh.

Keenam, perubahan dalam mindset dan cara bekerja. Pastikan setelah mengikuti online training terdapat perubahan pola pikir, semangat dan cara bekerja Anda berubah.

Nah, untuk itu cermat dan pintarlah dalam memilih trainer dan jasa provider training. Jangan asal memilih. Nanti yang rugi Anda sendiri loh. Duh jangan sampai ya.

Provider dan trainer yang memiliki kualitas pasti akan mampu mengubah mindset, semangat kerja semakin meningkat dan cara bekerja Anda semakin berubah menjadi lebih baik lagi. Dan yang paling penting hal ini dapat bertahan dalam durasi waktu yang lama.

Bukan hanya sekedar ketika training semua hal dalam diri Anda berubah, nah pas satu atau dua bulan setelah training Anda kembali ke posisi awal. Duh jangan sampai ya, berarti Anda hanya membuang waktu dan budget saja loh jika hal itu sampai terjadi.

Ketujuh, peserta aktif, antusias dan penasaran. Nah hal ini juga perlu Anda perhatikan. Jangan sampai Anda dan peserta lainnya ketika mengikuti online training hanya terdiam dan mendengarkan saja.

 –

Oleh karena itu, sekali lagi pemilihan trainer dan vendor training yang tepat akan memberikan dampak yang sangat signifikan. Sehingga Anda tidak akan merasa sia-sia ketika mengikuti online training.

ALC memiliki motivator and coach terbaik dibidang leadership, ia adalah Ainy Fauziyah. Siapa yang tidak mengenal beliau? Namanya sudah tidak asing lagi dan dikenal banyak orang sebagai coach and motivator leadership terbaik di Indonesia.

Selama mengikuti training bersama Ainy Fauziyah dan ALC Anda tidak akan dibiarkan hanya berdiam diri dan pasif. Ainy akan mengajak Anda terus berinteraksi, mengobrak-abrik kebiasaan dan pola pikir Anda, sehingga Anda mampu untuk memaksimalkan potensi yang ada dalam diri Anda.

Anda bisa menyimak bagaimana asyik dan serunya online training bersama ALC dan Ainy Fauziyah di  youtube channel ALC Leadership Management.

Kedelapan, online training sangat berguna dan berdampak. Jika mengikuti online training bersama ALC Anda tidak akan merasa salah dalam memilih jasa provider training. Kenapa demikian?

Survey yang telah ALC lakukan pada 473 alumni setelah mengikuti online training ALC secara intensif 3 sampai 4 kali pertemuan di 2021 menunjukkan hasil yang menakjubkan. Metode pendekatan ALC sangat efektif dalam mengubah mindset & sikap.

Seluruh peserta merasakan perubahan yang luar biasa. Wawasan mereka bertambah luas. Cara pandang lebih terbuka. Begitu juga pola pikir dan perilaku mereka di pekerjaan dan kehidupan sehari-hari. Berubah dan lebih efektif.

Kesembilan, pembicara praktisi yang spesial di bidangnya. Pastikan Anda tidak salah memilih trainer ya. Ibaratnya adalah trainer adalah anak panah yang berasal dari busur (Provider training yang Anda pilih) yang akan mengenai target (Peserta/ audience yang berasal dari perusahaan Anda). Trainer yang spesial dan berkompeten dapat dipastikan akan bisa memberikan dampaknya kepada para pesertanya.

Pertanyaannya, sudahkah Anda menemukan dan tepat dalam memilih pembicara yang tepat? Jika belum, Ainy Fauziyah adalah jawabannya.

Memiliki International Certified Professional Coach, Hypnotherapist dan Licensed NLP Master Practitioner. Ahli dan spesial di bidang Leadership, Interpersonal, Performance, Career, Executive, dan Life. Sudah tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa Ainy mampu mengubah pola pikir, semangat, dan sikap Anda dalam pekerjaan dan keseharian.

Kesepuluh, pastikan provider training dan trainer memiliki track record yang baik. Memang susah-susah gampang memilih training provider plus trainer yang tepat. Hal ini bisa Anda atasi. Caranya Anda hanya perlu melihat review dari para klien yang pernah bekerjasama dengan provider training yang Anda pilih melalui Google.

Google akan membantu Anda dalam menemukan informasi tentang trainer dan bagaimana pelayanan serta track record jasa provider training yang Anda pilih.

Pastikan banyak review positif dari trainer dan provider training tersebut ya. Karena penilaian orang lain tidak akan pernah salah. Apalagi orang tersebut sudah pernah bekerjasama dan merasakan langsung dampaknya setelah mengikuti training bersama trainer dan vendor training tersebut.

Nah setelah membaca artikel ini Anda semakin memahami mengenai training ini bukan? Mulai dari 10 pemahaman yang salah mengenai online training, 10 fakta mengenai online training, kelebihan dan kekurangan mengadakan online training, serta cara bagaimana agar training menjadi efektif.

Jadi sekarang sudah semakin yakin bukan tetap mengadakan online training di perusahaan Anda? Eits tapi ingat, jangan sampai salah memilih trainer dan provider training loh ya.

ALC Leadership Management atau yang dikenal dengan ALC adalah pusat pelatihan leadership dan manajemen yang sudah dipercaya berbagai perusahaan multinasional di Indonesia.

Memiliki jasa pelayanan online training terbaik di Indonesia yang dilengkapi dengan topik dan materi training online yang up to date dan didukung dengan studio yang mumpuni plus trainer spesial dan ahli di bidangnya.

Sebagai provider training terbaik ALC sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Anda akan merasakan perubahan mindset, semangat dan cara kerja Anda menjadi jauh lebih produktif.

Begitu juga dengan interaksi yang kami jalin dengan para peserta dan alumni training kami sangat baik dan begitu kuat. Sehingga perubahan yang dialami oleh peserta training kami dapat bertahan lama. Yuk simak perubahan dan dampak yang dirasakan peserta setelah mengikuti training bersama ALC di Google Ulasan dan testimoni peserta di web kami.

Tingkatkan kemampuan dan keahlian Anda melalui training online bersama ALC. Adapun contoh topik  online training yang kami miliki :

– Pahami bagaimana cara menjadi seorang creative problem solver yang handal, dan 6 langkah menyelesaikan permasalahan dan mengambil keputusan yang tepat, melalui Creative Problem Solving And Decision Making

–  Pahami dasar-dasar negosiasi, sumber kekuatan negosiasi, dan tahapan negosiasi untuk menjadi negosiator yang handal, melalui Creative Negotiation Skills

– Pahami bagaimana cara mendefinisikan fraud, memahami faktor mengapa seseorang melakukan fraud, mengetahui fakta dan mengenali fraud serta cara mencegah dan mengatasi kecurangan, melalui Fraud Audit

Untuk detail info pelatihan dan jadwal training online hubungi team ALC di 087779199555

2 Comments

  • Mahira Sari

    Saya juga pernah ikut training onlinenya. Saya mendapatkan insight dan apa yang disampaikan oleh coahnya sangat relate dengan pekerjaan. Artikel ini juga sangat menarik, semakin menambah knowledge saya. Makasih, sukses selalu ALC.

    • ALC Leadership

      Terimakasih Mbak Mahira Sari, sudah menjadi bagian dari keluarga ALC Leadership Management. Senang bisa mendengar dampak dan perubahan positifnya. Salam sukses selalu ya Mbak. Selamat berubah dan melakukan perubahan. Sampai bertemu di training berikutnya

Leave a Reply

EnglishIndonesian
Follow by Email
Pinterest0
fb-share-icon
WhatsApp