5 Cara Menjadi Great Supervisor dan Menjadikan Team Handal

Menjadi Great Supervisor

Pada Tanggal 25 Mei 2023 lalu, ALC Leadership Management mengadakanĀ  Training Publik Online Supervisory Skills for Great Supervisor Running.

Tujuan diadakannya pelatihan ini yaitu untuk melatih para pesertanya untuk menjadi supervisor yang baik (Great Supervisor) sehingga tim menjadi semakin bisa diandalkan.

Pelatihan ini, diadakan secara online dengan materi yang disampaikan oleh langsung oleh pakar leadership dan founder dari ALC yaitu Ibu Ainy Fauziyah, CPC.

Jadi materi yang disampaikan akan sangat mendalam dan berkualitas sehingga mudah diaplikasikan dalam lingkungan pekerjaan peserta.

Namun sebelum Anda mengenal lebih jauh mengenai cara untuk menjadi pemimpin dan membentuk tim yang handal, maka simak maksud ā€œGreat Supervisorā€ terlebih dahulu!

Apa Itu Great Supervisor?

Great supervisor atau supervisor yang hebat merupakan sosok pemimpin yang memiliki keterampilan kepemimpinan dan manajemen yang luar biasa.

Pada tahap ini mereka sudah mampu untukĀ  membimbing dan menginspirasi tim secara efektif. Jadi, produktivitas timnya dapat meningkat dan mampu mencapai tujuan serta memberikan hasil yang luar biasa.

Oleh karena itulah, pada perjalanan untuk menjadi great supervisor maka dibutuhkan komitmen dan usaha untuk terus belajar sembari mengidentifikasi kekuatan serta kelemahan yang dimiliki.

Hal ini dapat membantu Anda memahami apa yang harus dipertahankan dan masa yang ternyata masih harus ditingkatkan.

Karakteristik SeorangĀ  Great Supervisor

Secara umum, ada beberapa karakteristik, kebiasaan, dan kualitas yang berkontribusi besar pada seseorang sehingga dirinya dapat menjadi supervisor yang baik. Beberapa diantaranya adalah:

Leadership Skill yang Kuat

Seorang great supervisor akan menunjukkan kualitas kepemimpinan yang kuat dengan memberikan arahan yang jelas, menetapkan standar yang tinggi, dan menginspirasi anggota tim mereka untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Leadership skill ini biasanya akan sangat terasa saat mereka memimpin namun dengan memberikan contoh bukan hanya memerintah belaka. Hal ini tentu akan menumbuhkan budaya kerja positif yang mendorong kolaborasi dan inovasi bagi para anggota timnya.

Baca juga :

5 Manfaat Training Leadership untuk Supervisor yang Wajib Diketahui

Komunikasi yang Efektif

Sama seperti berteman, menjadi pemimpin juga tidak bisa terlepas dari kemampuan komunikasi yang baik.

Sebab, supervisor yang hebat harus dapat berkomunikasi dengan jelas, mendengarkan perspektif dari anggota tim, dan memastikan bahwa setiap orang memahami peran dan tanggung jawabnya.

Sebuah survei yang dilakukan oleh Sales Force menunjukkan jika 86% orang setuju jika kolaborasi dan komunikasi yang tidak efektif dari seorang pemimpin dapat menjadi penyebab utama kegagalan dalam bisnis.

Saat supervisor memiliki komunikasi yang efektif maka akan terciptalah kolaborasi dan budaya kerja yang menyenangkan di antara anggota tim sehingga produktivitasnya dapat meningkat.

Kemampuan Problem Solving dan Decision Making

Seorang supervisor yang hebat tentu akan terampil dalam kemampuan problem Solving dan decision making.

Pemimpin dengan kemampuan seperti ini akan mampu untuk menganalisis situasi yang kompleks, mengidentifikasi tantangan, dan mengembangkan solusi yang paling efektif jika diperlukan.

Kemampuan Delegasi yang Baik

Supervisor yang hebat dapat mendelegasikan tugas dengan baik kepada anggota tim mereka. Pemimpin inilah yang mampu menciptakan lingkungan dimana tiap individu merasa dihargai, dipercaya, dan termotivasi untuk memberikan yang terbaik.

Selain itu, seorang great supervisor juga mampu melihat potensi yang dimiliki oleh anggotanya sehingga dapat memberikan tugas ataupun masukan yang tepat agar skills-nya dapat bekrmebang dengan optimal.

Resilience dan Fleksibel

Terakhir, supervisor yang hebat akan memiliki kemampuan beradaptasi dan fleksibilitas yang tinggi saat bekerja. Mereka dapat menangani keadaan yang dinamis dan penuh perubahan sekaligus menyesuaikan dengan rencana sesuai kebutuhan.

Kemampuan ini juga dapat membantu seorang supervisor untuk berpikir tenang dan logis walaupun dalam keadaan sulit atau dibawah tekanan sekalipun.

Karena menjadi orang yang fleksibel, maka anggota tim akan lebih mudah terbuka dan berkomunikasi dalam memberikanĀ  ide-ide baruĀ  demi perkembangan bersama.

5 Cara Menjadi Great Supervisor dan Menjadikan Team Handal

Tentunya, sebagai seorang supervisor, Anda memiliki peran penting dalam memastikan kesuksesan tim yang sedang dipimpin.

Sebab saat menjadi great supervisor maka bukan hanya berbicara mengenai kendali pekerjaan tapi juga mendorong perkembangan dan kinerja tim. Hanya dengan cara inilah Anda bisa membentuk team yang handal.

Oleh karena itu, ada 5 cara paling utama yang harus dilakukan untuk menjadi seorang great supervisor dengan anggota tim yang dapat diandalkan, diantaranya adalah:

Pertama, Memahami Potensi Diri Sendiri dan Anggota Tim

Baik diri Anda sendiri maupun setiap individu dalam tim Anda memiliki keahlian dan kekuatan yang berbeda. Carilah tahu keahlian dan minat masing-masing anggota tim, serta identifikasi potensinya.

Dengan memahami kekuatan dan kelemahan individu, maka Anda dapat mengatur tugas dan tanggung jawab dengan lebih bijaksana sekaligus memaksimalkan kontribusi masing-masing anggota.

Hal ini tentu akan secara otomatis dapat membangun tim yang solid, handal dan berkinerja tinggi.

Kedua, Pimpin Tim dengan memberi Teladan

Saat memutuskan menjadi seorang pemimpin, maka Anda merupakan figur contoh bagi para anggota tim di dalamnya. Oleh karena itu, jadilah pemimpin yang penuh teladan dengan menunjukkan integritas dan konsistensi dalam setiap tindakan yang dilakukan.

Pada tahap ini, para anggota tim dapat termotivasi dengan dedikasi yang Anda lakukan sehingga budaya kerja yang positif dan produktif dapat tercipta.

Ketiga, Belajar untuk Aktif Mendengarkan Orang Lain

Sebagai pemimpin tim, pekerjaan Anda akan sangat berpengaruh pada cara berkomunikasi dengan para anggotanya. Supaya bisa berempati dan memahami perspektif mereka, maka Anda harus mau mendengarkan dengan baik sudutĀ  pandang yang diutarakan.

Sebab kemampuan effective communication tidak hanya hadir dengan seorang pemimpin yang dapat mengatur anggotanya tapi juga aktif mendengarkan segala masukan dan feedback dari mereka dengan baik. Jadi tidak akan terjadi kesalahpahaman dan miskomunikasi saat bekerjasama.

Keempat, Jangan Melakukan Micromanage

Micromanage merupakan sikap pemimpin yang tidak disukai oleh para anggotanya. Sebab sikap ini terlihat sangat obsesif untuk mengendalikan orang lain dan mengambil kendali penuh dari situasi apapun.

Biasanya, micromanage ini hanya akan terjadi saat manajer kurang percaya dengan potensi dan kemampuan yang dimiliki anggota timnya.

Oleh karena itu, percayakan delegasi tugas pada mereka dan cukup berikan umpan balik saat pekerjaan tersebut telah selesai.

Tentu hal ini akan sangat membantu agar mereka dapat berkembang sebagai seorang individu sehingga produktivitas tim semakin meningkat.

Baca juga :

Supervisory Management : Kenali 5 Tanggung Jawab Supervisor

Kelima, Berikan Apresiasi

Terakhir, sebagai seorang supervisor maka memberikan apresiasi pada anggota tim atas segala pencapaiannya menjadi hal yang sangat penting.

Dukungan ini bisa diberikan lewat pujian ataupun reward lainnya sehingga perasaan mereka jadi lebih senang dan merasa dihargai.

Apresiasi ini juga membantu Anda untuk menjalin hubungan yang lebih baik dengan anggota tim dan berikan bantuan saat dibutuhkan. Apresiasi yang tulus dan pengakuan tentu akan meningkatkan motivasi dan semangat kerja tim.

Dengan memberikan dukungan yang tepat, Anda akan membantu tim menjadi lebih percaya diri dan andal.

Kesimpulan :

Nah demikianlah karakteristik dan 5 cara untuk menjadi great supervisor dan menjadikan tim lebih handal. Pastikan untuk memulai cara-cara tersebut supaya tim bisa menjadi lebih solid dan produktivitas akan semakin meningkat.

Detail info pelatihan, hubungi team ALC sekarang

Jadwal Publik Training Online 2023

Leadership Fundamental
  • 25/07/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Procurement and Purchasing
  • 14/08/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Supervisory Skills for Great Supervisor
  • 22/08/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Assertive Leadership
  • 12/09/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Creative Thinking
  • 26/09/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Strategic Leadership
  • 10/10/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
  • 1
  • 2