fbpx

Kenali 4 Fungsi Coaching And Counseling Untuk Karyawan Perusahaan

Coaching and Counseling

Coching and counseling, yuk kenali fungsinya untuk perusahaan

Coaching and counseling merupakan sebuah metode yang konsepnya adalah membimbing untuk meningkatkan kinerja karyawan. Dua skills ini harus dimiliki pimpinan dan eksekutif perusahaan. Setiap perusahaan pasti berharap agar para karyawannya memiliki kompetensi dan keahlian yang mumpuni. Oleh karena itu, coaching and counseling sangatlah penting untuk diberikan pada karyawan. Mengapa demikian? Mari kita bahas bersama.

Perlu digaris bawahi bahwa persaingan antar perusahaan maupun karyawan semakin ketat seiring berjalannya waktu. Persaingan yang sehat tentunya menjadi motivasi untuk bekerja lebih efektif dan efisien. Namun, apa jadinya ketika persaingan ini malah menjadi ajang untuk saling menjatuhkan satu sama lain?

Kondisi ini diakibatkan oleh kurang nya skills dari seorang karyawan. Dan dalam hal ini bisa memperburuk kondisi mentalnya. Kita memerlukan bimbingan dari para ahli untuk memperbaiki itu. Toh meningkatkan kemampuan karyawan menjadi salah satu strategi agar perusahaan bisa meningkatkan kualitasnya, ‘kan?. Coaching dan counseling ibarat sebuah uluran tangan yang mampu merangkul profesionalitas dari karyawan itu sendiri.

Apa Itu Coaching And Counseling?

Menurut Internasional Coaching Federation, Coaching sebagai bentuk kemitraan dengan klien dalam proses pemikiran yang memprovokasi dan kreatif dalam menginspirasi mereka untuk memaksimalkan potensi pribadi dan profesional mereka.

Bentuk dari pengembagan diri dengan cara mengikuti pelatihan serta bimbingan yang diterapkan oleh perusahaan. Tujuannya supaya membuka potensi orang untuk memaksimalkan kinerjanya. Seorang coach dapat membantu karyawan untuk mencapai goals pribadinya dan goals untuk profesional.

Menurut Institute of coaching, metode ini terbukti lebih efektif daripada mengajar biasa. Salah satu dampaknya adalah meningkatkan rasa percaya diri para karyawan untuk bisa menyelesaikan suatu permasalahan. Kemudian memperbaiki komunikasi dan interaksi yang lebih baik antara atasan dan bawahan.

Sedangkan counseling adalah bagaimana karyawan mendapatkan bimbingan dari seorang ahli dengan melibatkan metode psikologis. Misalnya dengan memberikan pengarahan, penyuluhan, dan bantuan yang diberikan oleh konselor.

Baca juga : Mengenal 5 Manfaat Pelatihan Manajemen Pada Perusahaan

Counseling, menurut Prayitno & Erman Amti adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan melalui wawancara konseling oleh seorang ahli kepada individu yang sedang mengalami sesuatu masalah yang bermuara pada teratasinya masalah yang dihadapi.

Counseling berperan untuk menangani berbagai masalah yang mungkin kita hadapi. Seperti mengatasi stres, memberikan pengobatan untuk kecemasan dan pengobatan untuk depresi. Tujuan counseling adalah membantu karyawan dalam memahami kinerjanya, menemukan tempat untuk berkeluh-kesah, serta memperbaiki hubungan dengan orang lain.

Coaching dan counseling inilah yang merupakan bagian dari management development program. Dan juga sebagai upaya untuk mengembangkan kompetensi karyawan dengan pendidikan secara komprehensif. Tertarik untuk mengetahui apa saja langkah sederhana untuk counselin bawahan Anda? ALC Leadership Management memiliki topik leadership Coaching And Counseling yang akan membantu Anda memahaminya sekaligus mempraktikannya. 

Fungsi Coaching and Counseling bagi karyawan

Setelah kita tahu bahwa coaching and counseling memberikan dampak yang positif untuk perusahaan penasaran kan, sebenarnya apa fungsi utama dari coaching dan counceling? Berikut adalah 4 fungsi dari coaching and counseling yang perlu Anda ketahui.

4 Fungsi Coaching and Counseling Untuk Karyawan Perusahaan

Pertama, meningkatkan motivasi karyawan. Karyawan juga manusia yang kehidupan pribadinya pasti memiliki masalah dan bisa sampai terbawa ke dunia pekerjaan. Meski sudah berusaha untuk profesional, namun level permasalahan setiap orang tentunya berbeda, bukan?

Jika ada karyawan yang mengalami hal tersebut, perusahaan dapat menunjukkan sikap pedulinya dengan memfasilitasi mereka berupa counseling. Karyawan akan dibantu mengatasi masalahnya dengan memberikan masukan dan membuat karyawan menjadi lebih termotivasi.

Masalah pribadi tentu dapat menjadi penghalang efektivitas kerja. Karena itu diperlukannya pola pikir positif dan cara pandang yang lebih terbuka sehingga karyawan dapat menyikapi permasalahan mereka dengan baik dan tetap optimis dalam bekerja. ALC Leadership Management memiliki topik The Power of Working with Emotional Intelligence yang akan membantu Anda menjadi pribadi yang optimis serta fokus pada tujuan Anda.

 

Sementara bimbingan dari seorang coach itu dijamin netral dan tidak bias. Sehingga seorang coach hanya mengungkapkan fakta dan memberi arahan tentang bagaimana cara memperbaikinya. Selain itu, coaching juga dapat menggali dan mengidentifikasi potensi tersembunyi dari seorang karyawan. Hal ini membuat motivasi karyawan meningkat dan membantu mereka untuk mengembangkan keterampilan baru.

Kedua, kinerja tim yang lebih baik. Sebanyak 97% karyawan dan eksekutif percaya bahwa kurangnya keselarasan dalam tim berdampak pada hasil proyek. Di dalam perusahaan, kerja sama antar divisi sangatlah penting. Jika kerja sama yang terbangun tidak baik, maka berisiko memunculkan konflik antar karyawan.

Oleh karena itu, penting untuk melakukan coaching dan counseling agar menciptakan tim yang kompak. Salah satu metode counseling adalah melalui games sederhana untuk menguji kekompakan. Jika tim saling kompak, maka kinerja di perusahaan bisa berlangsung secara baik. Teamwork makes the dream works.

Baca juga : 9 Alasan Mengapa Anda Perlu Mengikuti Training Manajemen

Ketiga, karyawan bisa memahami potensi dirinya. Dalam menjalankan pekerjaannya, perlunya bimbingan serta arahan untuk karyawan bisa memahami serta memaksimalkan potensi yang dimiliki. Hal ini berdampak pada performa yang tidak baik saat bekerja. Untuk mengetahui masalah apa yang dialami oleh karyawan, maka perlu untuk diberikan sesi coaching. 

Dengan sesi inilah, karyawan bisa semakin memaksimalkan potensi dirinya, terkhusus untuk pekerjaannya selama di lapangan. Bahkan dengan coaching, karyawan bisa semakin mudah beradaptasi dan mampu membuat keputusan secara tepat.

Dengan begitu, pemberian sesi coaching and counseling oleh perusahaan terhadap para karyawannya sangatlah penting. Ini sebagai bukti bahwa perusahaan sangatlah memperhatikan karyawannya agar mereka bisa mengembangkan kompetensi diri untuk lebih semangat bekerja di perusahaan tersebut.

Keempat, menjadikannya sebagai tempat yang nyaman untuk berkeluh-kesah. Seorang coach dan konselur dapat memberi individu ruang yang aman untuk membicarakan masalah-masalah sensitif. Walaupun seorang mereka tidak terlibat secara langsung, tetapi tetap memberikan bimbingan dan saran kepada karyawan ketika karyawan menemukan kenyamaan, maka terjalin hubungan yang harmonis antara karyawan dengan pekerjaannya.

Melalui coaching, para karyawan tidak merasa terintimidasi oleh seseorang dalam organisasi mereka sendiri dan merasa Anda sebagai pemimpin yang rendah hati karena mau membantu mereka mencari solusi permasalahan mereka. Setelah para karyawan merasa nyaman dengan keterampilan mereka, mereka dapat mulai menggunakannya dalam karier yang lebih baik.

Lalu Teknik Coaching dan Mentoring Seperti Apa Yang Harus Diperhatikan?

Untuk memberikan coaching dan mentoring, Anda terutama harus menunjukkan rasa empati Anda dengan menempatkan diri Anda di posisi mereka. Menandakan bahwa Anda memahami keresahan mereka. Lalu berikan feedback tanpa terkesan menggurui ataupun menuntut mereka. Karena inti dari coaching dan mentoring adalah membantu bukan memaksa.

Nah, Setelah menyimak 4 fungsi coaching dan counseling di atas, Sudahkah perusahaan Anda menjalankan program training tersebut? Jika sudah, seberapa efektif melakukannya?

Tertarik untuk mengetahui apa saja langkah sederhana untuk counseling bawahan Anda? ALC Leadership Management memiliki topik The Power of Working with Emotional Intelligence yang akan membantu Anda menjadi pribadi yang optimis serta fokus pada tujuan, serta topik leadership Coaching And Counseling yang akan membantu Anda memahaminya sekaligus mempraktikannya.

ALC Leadership Management memiliki program Coaching and Counseling dengan pendekatan yang berbeda. Training bisa diadakan secara offline maupun online. Beberapa contoh materi program Coaching and Counseling yang disukai klien kami di antaranya Coaching & Counseling, Strategic Coaching, Coaching & Mentoring, dsb.

Tingkatkan keahlian Coaching & Counseling Anda hari ini :

– Ketahui cara menjadi menjadikan Anda pemimpin yang strategis dalam  mengembangkan team sekaligus efektif dalam membangun komunikasi melalui Strategic Coaching

– Pahami bagaimana cara jitu melakukan perubahan dalam memperbaiki serta meningkatkan kinerja team. Memberi Anda cara menjadi atasan, coach & mentor yang baik serta supportif pada team. melalui Coaching & Mentoring

– Pelajari bagaimana cara menjadi atasan, coach & conselor yang baik serta supportif pada team. Meningkatkan teknik coaching & counseling skills Anda Coaching & Counseling.

Detail info hubungi team kami di 087779199555 

Jadwal Training Online

Fraud Audit, Cara Mendeteksi Kecurangan Dan Gejalanya Sejak Dini
  • 12 Okt 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Creative Problem Solving : Arti, Manfaat Dan Cara Mengambil Keputusan
  • 21 Okt 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Procurement And Purchasing Strategy : Arti, Manfaat Dan Caranya
  • 15 Nov 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom

Hubungi Team ALC

  • Celebration Garden Blok AC.9 No. 19 Grand Wisata - Bekasi 17510
  • 02182615440
    087779199555

Tinggalkan Balasan

Share With Your Friends