10 Supervisory Skills Yang Wajib Anda Miliki, Yang Ke-7 Sangat Penting!

Supervisory Skills

Daftar Isi

Supervisory skills, sudahkah Anda mengetahui kemampuan yang wajib dimiliki

Dalam sebuah perusahaan, leadership dan supervisory skill merupakan kemampuan penting yang tidak hanya wajib dimiliki oleh pemilik perusahaan atau CEO. Akan tetapi, pemimpin tim seperti manager dan supervisor juga perlu memiliki kemampuan ini yang dapat menunjang kinerja mereka dalam perusahaan.

Oleh karena itulah, pada artikel ini Anda akan belajar dan memahami 10 supervisory skills yang wajib dimiliki oleh seorang pemimpin sehingga tim akan bekerja dengan lebih produktif dan membawa dampak baik bagi perusahaan.

Namun, sebelum mengetahui apa saja kemampuan supervisor yang wajib dimiliki, maka simak terlebih dahulu pengertian dan urgensi kemampuan tersebut untuk kemajuan bisnis dan organisasi.

Apa Itu Supervisory Skills?

Jika supervisor adalah seseorang yang memiliki tanggung jawab dalam manajerial untuk mengawasi dan memimpin sebuah tim dalam organisasi maka supervisory skills merupakan kemampuan yang wajib dimiliki oleh seorang pemimpin, termasuk supervisor itu sendiri.

Kemampuan ini mencakup segala hard skills dan soft skill supervisor yang dapat mendukung keberlangsungan pekerjaannya sebagai seorang pemimpin.

Jadi, dalam rangka mengasah supervisory and managerial skills, seorang pemimpin tim dapat mengikuti berbagai training leadership yang dirancang secara khusus untuk para supervisor.

Dalam pelatihan untuk supervisor ini akan ada banyak sekali program kepemimpinan yang berkaitan dengan tugas-tugas utama seorang pemimpin. Memang apa saja tugas dan tanggung jawab supervisor, ini dia penjelasannya!

Apa Saja Tugas Supervisor?

Sebelumnya telah disinggung bahwa supervisory skills training akan membantu supervisor dalam menjalankan tugasnya. Melansir Talenta, seorang supervisor dalam perusahaan bertanggung jawab atas hal-hal berikut ini:

– Membimbing dan mengatur anggota.

– Memberikan motivasi kepada anggota.

– Menjelaskan deskripsi pekerjaan.

– Mengontrol dan mengevaluasi kinerja anggota.

Oleh karena itulah sangat penting kompetensi supervisor untuk selalu diasah agar bisa terus menjalankan tugasnya untuk memimpin sebuah tim dengan benar dan baik.

Apa Kualitas Penting dari Seorang Supervisor yang Baik?

Setiap pemimpin tentu tidak bisa dengan sempurna menjalankan tugasnya. Meskipun begitu, seorang supervisor tetap harus melakukan usaha terbaiknya dalam bekerja.

Kualitas penting dari seorang supervisor yang dinilai baik itu sendiri kembali dilihat dari supervisory skills yang dimiliki dan bagaimana ia bisa menjalankan pekerjaannya dengan baik, sehingga membantu perusahaan mencapai tujuan.

Baca juga : 

Supervisory Management : Kenali 5 Tanggung Jawab Supervisor

Peran Supervisor dalam Sebuah Perusahaan

Setiap SDM di dalam sebuah perusahaan memiliki peranannya sendiri terhadap kemajuan perusahaan. Supervisor adalah salah satu yang memiliki peranan besar.

Peran supervisor dalam sebuah perusahaan antara lain membantu mengawasi dan mengelola proses produksi dan pelayanan kepada konsumen.

Tidak hanya itu saja, kemampuan yang harus dimiliki supervisor adalah dapat membantu bawahan apabila terdapat masalah hingga mengatur rekan kerja untuk bersama-sama membantu tercapainya tujuan perusahaan.

10 Supervisory Skills yang Wajib Dikuasai oleh Supervisor

Setelah mengetahui pengertian, tugas hingga kualitas penting yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin, maka untuk bisa memaksimalkan perannya dalam perusahaan maka ada beberapa hal yang harus dilakukan.

Apalagi, untuk memenuhi kriteria dan ciri ciri supervisor yang baik maka seorang pemimpin harus terus mengasah effective supervisory skills-nya melalui berbagai program pelatihan SDM.

Dengan mengikuti training untuk pemimpin ini, umumnya Anda bisa menguasai 10 supervisory skills yang wajib dikuasai oleh supervisor, diantaranya adalah:

Pertama, Communication Skills.

Mengingat tugas supervisor selalu berhubungan dengan orang lain, maka skill komunikasi seorang supervisor wajib untuk terus diasah melalui berbagai program training. Kemampuan ini tentu akan sangat membantu untuk meminimalisir terjadinya kesalahpahaman dalam proses komunikasi.

Namun dalam komunikasi, seorang pemimpin juga wajib untuk meletakkan empati di dalamnya. Sebab berdasarkan studi yang dilakukan oleh Business Solver, 96 persen responden mengatakan penting bagi para atasan untuk menunjukkan empati, jika ingin meningkatkan komunikasi sekaligus membangun budaya yang lebih produktif.

Selain itu, soft skill supervisor seperti kemampuan untuk berkomunikasi ini juga tidak hanya meliputi hal verbal namun juga non verbal seperti bahasa tubuh. Bahkan menurut Darlene Price, 93% dampak komunikasi berasal dari isyarat nonverbal.

Kedua, Manajemen Konflik.

Selanjutnya, peran atau tugas supervisor yang kedua adalah kemampuan  untuk membantu penyelesaian masalah yang terjadi di lingkungan kerja. Untuk itu, mengikuti program kepemimpinan manajemen konflik dapat membantu supervisor dalam menjalankan tugas sehari-hari.

Ketiga, Problem Solving.

Selain manajemen konflik, kemampuan problem solving juga dibutuhkan oleh supervisor guna menghadapi setiap permasalahan yang ada. Kemampuan problem solving ini akan membantu supervisor untuk bisa memahami, menganalisa, dan mencari jalan keluar dari suatu permasalahan.

Keempat, Decision Making.

Setiap keputusan penting dalam tim selalu dibuat oleh supervisor selaku pemimpin. Meski supervisor selalu menjadi orang yang mengambil keputusan, tapi sebaiknya keputusan (decision making) tersebut dibuat untuk kesejahteraan bersama.

Tenang saja, Anda dapat memperoleh berbagai tips dalam pengambilan keputusan dalam dunia kerja ini pada program training komprehensif seperti pelatihan kepemimpinan.

Kelima, Kemampuan Beradaptasi (Agile).

Perubahan tidak akan pernah luput dalam suatu pekerjaan, entah itu perubahan lingkungan ataupun perubahan alur kerja. Sebagai pemimpin, seorang supervisor harus bisa dengan mudah beradaptasi agar menciptakan lingkungan kerja yang nyaman di antara tim.

Oleh karena itulah, kemampuan pola pikir yang agile akan menciptakan pemahaman, kolaborasi, pembelajaran sekaligus fleksibilitas dalam diri seorang pemimpin untuk mencapai hasil kinerja tinggi dalam semua keadaan.

Keenam, Interpersonal Skill.

Menciptakan lingkungan kerja yang nyaman juga bisa dilakukan dengan keterampilan interpersonal yang wajib untuk dimiliki oleh supervisor.

Jika merasa belum memilikinya, Anda bisa mengikuti pelatihan leadership seperti supervisory skill training untuk menumbuhkannya.

Baca juga : 

Mengenal Supervisory Development Program Dan 10 Manfaatnya 

Ketujuh, Manajemen Waktu.

Tentunya dalam dunia kerja, hard skill supervisor tidaklah cukup untuk membuatnya menjadi pemimpin yang baik. Apalagi, tanggung jawab yang dimiliki supervisor sangatlah banyak sehingga kemampuan manajemen waktu tentu dapat  memastikan semua tugas bisa dijalankan dengan baik.

Kedelapan, Priority Management.

Supervisory skills satu ini memiliki keterkaitan dengan skill sebelumnya. Manajemen prioritas dapat membantu supervisor untuk menentukan mana pekerjaan yang harus didahulukan karena bersifat urgent dan mana yang tidak.

Meski terkesan sepele, tapi skill ini juga bisa Anda peroleh melalui training kepemimpinan dan mampu menempatkan para pemimpin tim supaya bisa mengatur segala tugasnya dengan baik.

Kesembilan, Critical Thinking.

Kemampuan berpikir kritis (critical thinking) adalah kemampuan yang wajib dimiliki oleh seorang pemimpin. Hal ini dikarenakan skills ini turut mendukung beberapa kemampuan lainnya seperti kemampuan problem solving dan decision making.

Kesepuluh, Kerjasama.

Supervisory skills terakhir yang wajib dimiliki supervisor adalah kemampuan bekerja sama. Kemampuan ini juga bisa dilatih melalui training kepemimpinan.

Mengingat pekerjaan supervisor selalu berhubungan dengan tim, maka kemampuan ini bisa memudahkan proses kerja supervisor.

Kesimpulan

Itu dia 10 supervisory skills yang wajib dimiliki oleh supervisor. Apakah Anda sudah memiliki semua skills tersebut? Jika belum, mengikuti supervisory development program di lembaga training leadership terbaik seperti ALC tentu bisa menjadi solusinya!

Ingin menjadi Great Supervisor? Yuk gabung dalam training online “Supervisory Skills for Great Supervisor” bersama ALC Leadership Management. Catat jadwalnya dibawah ini ya!

Supervisory Skills for Great Supervisor Mengelola Tim Menjadi Lebih Efektif Sekaligus Menumbuhkan Lingkungan Kerja Yang Positif
Supervisory Skills for Great Supervisor

Jadwal Pelatihan

Kamis, 2 November 2023

09.00 – 16.00 WIB

Online via Zoom

Untuk detail info pelatihan, hubungi team ALC
Jadwal Training Publik Online 2023
Training Online Leadership Fundamental
  • 14/03/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Procurement and Purchasing
  • 20/03/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Assertive Leadership
  • 28/03/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Creative Thinking
  • 25/04/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Self Leadership in Challenging Times
  • 02/05/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Great Leaders, Great Influencers
  • 16/05/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
  • 1
  • 2