fbpx

5 Tips Menjadi Pemimpin Efektif Dan Berpengaruh

Pemimpin Efektif

Pemimpin Efektif dan Berpengaruh? Susah gak sih? Yuk Simak Tipsnya!

Pemimpin dalam konteks sederhana adalah orang yang yang memimpin beberapa kelompok dan membawahi banyak orang. Bahasa kerennya nih pemimpin adalah Leader yang memiliki tugas untuk bisa melakukan Lead orang atau anggota yang bekerja dengannya. Lead sendiri mempunyai makna Loyality, Educate, Advice, Discipline.

Pemimpin dituntut untuk bisa memiliki leadership skills yang baik. Kemampuan menjadi pemimpin banyak orang tidak bisa datang begitu saja, harus dengan pengalaman dan didukung dengan training yang tepat agar bisa mengembangkan leadership skills.

Selain dituntut untuk memiliki leadership skills, Anda juga dituntut untuk menjadi pemimpin yang efektif dan berpengaruh. Sebenarnya apa itu pemimpin yang efektif dan berpengaruh?

Pemimpin efektif dan berpengaruh adalah orang yang dapat mempengaruhi dan juga mendorong anggota timnya agar bisa mencapai tujuan perusahaan tempatnya bekerja. Ia memiliki dua kemampuan dasar, yaitu kepemimpinan dalam mempengaruhi banyak orang dan juga kemampuan dalam mengambil keputusan yang tepat.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjadi pemimpin yang efektif dan berpengaruh. Tapi bagaimana caranya? Susah gak sih? Yuk simak 5 tips menjadi pemimpin efektif dan berpengaruh.

5 Tips Menjadi Pemimpin Efektif dan Berpengaruh

Pertama, memiliki gairah (passion) dalam bekerja. Seorang yang memiliki gairah (passion) dalam hidupnya adalah seseorang yang memiliki visi dan mimpi. Mimpi dan visi yang ada dalam diri seorang pemimpin akan menuntun pemimpin tersebut untuk bisa melakukan perencanaan dan mengambil keputusan bersama dengan tim kerjanya.

Ketika seorang pemimpin tidak memiliki passion dalam pekerjaan akan merasakan kesulitan untuk mengambil keputusan dan mengarahkan timnya. Ia ibaratkan sebuah kapal besar yang berlayar tanpa petunjuk. Hal itu akan memberikan dampak negatif pada perusahaan, serta menghambat kinerja dan perkembangan timnya.

Baca juga : Leadership Development Program, Arti, Manfaat Dan Tujuannya

Kedua, memiliki nilai kebermanfaatan. Pemimpin yang efektif dan berpengaruh memiliki nilai manfaat bagi lingkungan di sekitarnya. Menurut, Ainy Fauziah motivator terbaik di Indonesia dibidang leadership, memberikan motivasi melalui video di akun youtubenya dengan judul ”Pemimpin Mengayomi, Mengapa Dikagumi?”, mengatakan bahwa arti pemimpin yang sesungguhnya ada 4 ciri, yaitu MTMR :

M = Meniatkan. Setiap pemimpin meniatkan dari lubuk hatinya untuk mengayomi bukan bertindak sesukanya, ada manfaat yang diberikan untuk setiap karyawannya

T = Tauladan. Sebagai contoh untuk setiap karyawannya, bagaimana bersikap, profesionalitas, dan kredibilitasnya dalam memimpin perusahaan

M = Mengayomi. Tidak hanya memberikan perintah tetapi juga mengayomi, dan mengajak banyak orang untuk mengayomi orang lain

R = Rendah hati. Humble serta mendorong tim untuk bisa menyelesaikan masalah dengan bimbingannya.

Ketika seorang pemimpin memiliki ciri seperti diatas, tentu pemimpin tersebut sangat dikagumi oleh para karyawannya. Menjadi panutan dan mampu mempengaruhi karyawannya dengan hal-hal yang positif.

Ketiga, memiliki visi yang jelas. Segala sesuatu hal yang memiliki arahan dan tujuan kedepannya disebut dengan visi. Pemimpin efektif dan berpengaruh dapat dipastikan memiliki visi yang kuat dalam dirinya. Ia memiliki ide-ide dalam kepalanya untuk melakukan perubahan.

Seorang pemimpin yang efektif dan berpengaruh tentu harus memiliki visi yang jelas dan visi tersebut sesuai dengan tujuan perusahaan. Dari visi yang jelas tersebut, seorang pemimpin bisa menumbuhkan komitmen SDM dalam perusahaannya untuk menyelesaikan pekerjaan dan tanggung jawab.

Keempat, memiliki kreativitas. Perubahan zaman. teknologi, dan sistem perekonomian menuntut seorang pemimpin harus mampu memiliki kemampuan creative thinking. Pemimpin yang memiliki dan mempunyai kreativitas tinggi terciptalah sebuah ige, gagasan, serta strategi yang efektif untuk membangun masa depan perusahaan dengan baik.

Kelima, memiliki niat belajar yang kuat. Pemimpin efektif dan berpengaruh akan selalu memiliki keinginan untuk terus belajar dan mencari tau ilmu pengetahuan terbaru. Pemimpin sudah sewajarnya memiliki banyak ilmu pengetahuan, agar memudahkan dirinya sendiri dan juga karyawannya untuk bisa sama-sama berkolaborasi membangun perusahaan menjadi jauh lebih baik.

Pemimpin yang memiliki keinginan terus belajar, memiliki banyak ilmu pengetahuan akan membawa dampak positif bagi pemimpin. Pemimpin akan memiliki kemampuan working excellence dan memiliki The Power of Integrity.

 –

Strategi untuk Menjadi Pemimpin Efektif dan Berpengaruh

Adapun strategi untuk Anda menjadi pemimpin efektif dan berpengaruh dalam perusahaan adalah sebeagai berikut :

Pertama, mempengaruhi SDM di Perusahaan Mulai dari Skala Kecil. Gunakan soft skills ketika Anda sedang memimpin sebuah rapat dan latihlah kemampuan Anda untuk bisa berbicara di depan umum secara baik.

Kemampuan ini disebut public speaking dimana untuk bisa mendapatkan kemampuan ini, Anda bisa berlatih sendiri secara otodidak (melihat youtube, internet, dan sosial media) ataupun mengikuti pelatihan khusus untu public speaking.

Kedua, ciptakan Peluang. Jadilah sumber pembelajaran bagi orang lain dengan memberikan kesempatan untuk karyawan Anda bertanya atau melakukan diskusi dengan Anda, dan jangan sungkan dan merasa malu jika Anda membantu karyawan untuk bisa mencapai kesuksesan dalam pekerjaannya.

Ketiga, ATM Gaya Kepemimpinan Tokoh-Tokoh Hebat. ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi) gaya kepempinan tokoh-tokoh hebat atau orang-orang sukses dalam bidangnya yang  Anda jadikan sebagai panutan. Amati gaya kepemimpinan mereka, jika tokoh tersebut mengadakan seminar dan pelatihan maka ikuti.

Tiru gaya kepemimpinan mereka tetapi menyesuaikan dengan karakteristik yang Anda miliki. Dan Modifikasi gaya kepemimpinan sesuai dengan situasi dan kondisi dalam perusahaan yang Anda pimpin.

Keempat, Terapkan Apa yang Anda Pelajari. Jika Anda seorang pemimpin dan sedang mempelajari sesuatu hal baru, jangan ragu untuk segera mengaplikasikannya. Jangan hanya sekedar berteori, atau mencatat materi ketika Anda mengikuti sebuah training.

Setelah Anda mengetahui ilmunya, lakukanlah sebuah action agar ilmu yang Anda miliki tidak sia-sia. Dan Anda juga bisa sharing dengan karyawan Anda mengenai pengetahuan baru yang Anda dapatkan.

Kelima, Suka Menawarkan Bantuan. Jangan ragu untuk menawarkan bantuan kepada karyawan Anda. Dengan memberikan attention kepada karyawan, secara tidak langsung Anda sedang menyiapkan ”aset” perusahaan. Seperti hukum tanam tunai. Anda akan menuai apa yang sudah dilakukan, jika itu hal positif maka yang Anda dapatkan adalah hal positif, begitupun sebaliknya.

Keenam, Konsisten dengan Kepemimpinan Anda. Konsistensi adalah kunci sebuah kesuksesan dan membangun kepercayaan. Sebagai pemimpin Anda harus memiliki konsistensi yang kuat, tidak mudah goyah akan keputusan yang sudah Anda pilih.

Baca juga : Training Kepemimpinan, Mengapa Begitu Penting Bagi Perusahaan?

Sebelum mengambil keputusan, alangkah lebih baiknya jika memikirkan dampak positif dan negatifnya terlebih dahulu. Jangan menjadi pemimpin yang plin-plan dalam mengambil keputusan. Jika hal itu dilakukan maka citra Anda sebagai pemimpin akan menjadi buruk dan tidak bisa dijadikan panutan untuk karyawan Anda.

Nah, setelah Anda menyimak 5 Tips Menjadi Pemimpin Efektif dan Berpengaruh, sudahkah Anda pernah menerapkan tips tersebut di perusahaan? Jika iya, tips pada point keberapa yang sudah Anda terapkan?

Jika belum temukan, jangan ragu untuk mencari motivator dan mengikuti training leadership yang sesuai, agar Anda menjadi pemimpin efektif dan berpengaruh untuk perusahaan dan tentu saja dijadikan panutan oleh para karyawan. Jangan salah pilih ya lembaga training ya.

ALC Leadership Management memiliki program training Leadership dengan pendekatan yang berbeda. Training bisa diadakan secara offline maupun online. Beberapa contoh materi program training leadership yang disukai klien kami di antaranya Leading Change, Lead and Influence to Greatness, Maximized Your Potential, Boost Your Performance dsb.

Tingkatkan keahlian Leadership Anda hari ini :

– Pahami bagaimana cara mengubah cara pandang, sikap dan perilaku Anda & team menjadi lebih baik. Mengajak Anda mempraktikkan langsung 3 Hukum Perubahan Dengan ALC METHOD, melalui Leading Change.

– Pelajari bagaimana cara membangun pengaruh melalui pemberdayaan team. Juga meningkatkan ownership & komitmen Anda beserta Team. Dan bukan dengan melalui perintah semata, melalui Lead and Influence to Greatness

 – Ketahui bagaimana cara sederhana menggali potensi, mengenal karakter, values & beliefs Anda selama ini. Menjadikan values perusahaan menyatu di pekerjaan serta meningkatkan keahlian dengan potensi maksimal, melalui Maximized Your Potential, Boost Your Performance

Detail info pelatihan hubungi team ALC di 087779199555

 

Jadwal Training Online

Procurement and Purchasing Management
  • 15 Nov 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Creative Thinking
  • 18 November 2021 | 09.00 - 11.30 WIB
  • Training Online via Zoom
Creative Negotiation Skills
  • 6 Desember 2021 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom
Self Leadership in Challenging Times
  • 14 Desember 2021 | 09.00 - 11.30 WIB
  • Training Online via Zoom
Fraud Audit
  • 13 Jan 2022 | 09.00 - 12.00 WIB
  • Training Online via Zoom

Hubungi Team ALC

  • Celebration Garden Blok AC.9 No. 19 Grand Wisata – Bekasi 17510
  • 02182615440
    087779199555

Tinggalkan Balasan

Share With Your Friends