Arti, Tujuan dan Manfaat Leadership Development Program

Daftar Isi

Untuk dapat mendukung perusahaan dalam mencapai tujuan, perlu adanya pemimpin yang baik, berkompeten dan memiliki skills yang handal. Agar bisa mewujudkannya hal tersebut perlu adanya program pengembangan, salah satunya yaitu leadership development program.

Dalam program leadership training ini Anda dapat memaksimalkan 12 kompetensi kepemimpinan Anda. Sebelum mengetahui mengenai hal tersebut, yuk kita ketahui terlebih dahulu apa pengertian dari program LDP.

Apa Arti Leadership Development Program?

Leadership Development Program adalah suatu program yang perusahaan adakan untuk meningkatkan leadership skills, kemampuan dan kompetensi kepemimpinan leader/ calon leader.

Program ini juga merupakan upaya perusahaan untuk melakukan investasi melalui karyawannya. Melalui LDP atau sering disebut sebagai leadership program Indonesia ini Anda bisa mengembangkan skills Anda untuk menjadi pemimpin yang baik, berkompeten & menghadapi tantangan serta perubahan.

Manfaatnya adalah perusahaan dapat meminimalisir resiko dari ketidak pastiannya jika melakukan rekrutmen pemimpin baru. Dengan leadership development perusahaan bisa menciptakan pemimpin yang sesuai dengan visi, misi dan tujuan perusahaan.

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui arti dari program LDP ini kan? Wah semakin menambah pengetahuan Anda kan. Yuk sekarang kita ketahui apa tujuan dari program LDP ini, baca sampai selesai ya.

Apa Tujuan Leadership Development Program?

Tujuan program pengembangan kepemimpinan ini adalah untuk memberikan pelatihan dan pengembahan, sehingga dapat meningkatkan knowledge, kompetensi, serta leadership skill pemimpin/ calon pemimpin perusahaan.

Dalam program ini Anda belajar untuk semakin mengembangkan keterampilan kepemimpinan sebagai leader melalui leadership training. Sehingga Anda mampu menjadi pemimpin yang baik.

Tidak hanya itu Anda semakin memiliki kecerdasan emosi yang baik, memiliki kemampuan berpikir kreatif dan mampu meningkatkan performa team Anda. Inilah manfaat yang bisa Anda dapatkan dari program kepemimpinan ini.

Wah, pembahasan kita semakin menarik ya. Setelah Anda mengetahui tujuan dari leadership development ini, sekarang yuk ketahui 5 Manfaat dari LDP ini!

Baca juga : 10 Tanda Leadership Kepemimpinan Anda Dan Team Harus Diperbaiki

5 Manfaat Leadership Development Program

Leadership Development Program memiliki banyak manfaat yang signifikan bagi individu maupun organisasi. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan lima manfaat penting dari program pengembangan kepemimpinan yang dapat meningkatkan keterampilan kepemimpinan, memotivasi tim, dan membawa dampak positif pada pertumbuhan dan kesuksesan keseluruhan perusahaan. Mari kita eksplorasi secara mendalam manfaat yang luar biasa dari Leadership Development Program.

1. Membentuk Karakter Sebagai Leader

Leadership training program ini dapat pengembangan kepemimpinan ini dapat membentuk karakter Anda menjadi pemimpin yang baik, handal dan berkompeten.

Menjadi pemimpin yang berkarakter Anda membuat mampu memberikan arahan dan mengelola plus meningkatkan kemampuan serta potensi dalam diri anggota team Anda.

2. Semakin Mampu Dalam Membangun Kolaborasi, Komunikasi dan Koordinasi yang Baik

Melalui program LDP ini Anda semakin mampu menjadi leader yang memiliki skills kolaborasi, komunaksi yang efektif serta kordinasi yang baik dengan team, rekan kerja dan pimpinan/ atasan Anda.

3. Meningkatkan Kompetensi, Knowledge dan Skills Anda Sebagai Pemimpin

Dengan mengikuti program LDP Anda semakin menguasai leadership skills serta kemampuan self leadership Anda juga meningkat. Outputnya adalah Anda menjadi pemimpin yang mampu membawa team dan perusahaan menuju keberhasilan sesuai dengan tujuannya.

4. Kemampuan Problem Solving Anda Meningkat

Program pengembangan kepemimpinan ini terbukti meningkatkan rasa percaya diri Anda sebagai pemimpin dalam menghadapi sebuah perubahan dan permasalahan.

Plus skills Anda dalam menganalisa sebuah masalah yang Anda hadapi bersama team semakin meningkat. Dampaknya adalah Anda mampu menjadi problem solver handal dan skills strategic leadership Anda semakin meningkat.

5. Motivasi Kerja Meningkat

Melalui program untuk leadership development ini motivasi kerja dalam diri Anda sebagai pemimpin semakin tumbuh. Dengan motivasi kerja yang baik, maka kepuasan Anda dalam bekerja pun semakin meningkat.

Dampaknya adalah sebagai pemimpin Anda terus selalu berusaha dalam memberikan potensi dan kemampuan terbaik dari diri Anda untuk team dan juga perusahaan.

Nah sudah mengetahui 5 manfaatnya kan? Wah keren sekali ya. Selanjutnya yuk sama-sama kita ketahui 12 kompetensi kepemimpinan yang wajib Anda tingkatkan. Baca sampai selesai ya!

12 Kompetensi Utama Ini Wajib Anda Tingkatkan Sebagai Pemimpin

Kompetensi leadership adalah keahlian, skills serta wawasan seorang pemimpin dalam mengelola team dengan cara efektif dan efisien. Sebagai pemimpin Anda wajib untuk memiliki serta meningkatkannya.

Adapun 12 kompetensi utama yang wajib Anda tingkatkan sebagai pemimpin diantaranya Emotional Intelligence, Communication Skill, Delegation, Motivating Others, Problem Solving, Supervising Others, dan lainnya. Untuk detailnya Anda bisa simak di sini yuk, “Asesmen 12 Kompetensi Kompetensi Kepemimpinan”.

Lalu, sudahkah Anda mengikuti pelatihan kepemimpinan dan menemukan jasa training leadership yang tepat? Jika belum, tenang saja. Ada jawabannya ko. Leadership development program ALC adalah solusinya. Kepoiin detailnya yuk!

Leadership Development Program ALC

LDP atau yang lebih dikenal executive leadership development program ALC adalah program pengembangan kepemimpinan yang dirancang spesial untuk meningkatkan skills dan kompetensi Anda sebagai spesial. Dimana letak spesialnya?

Dalam kelas leadership ALC ini memiliki materi terbaik yaitu 12 kompetensi kepemimpinan dan assessment 12 competency leadership yang sangat berguna untuk memetakan dan mengetahui kompetensi Anda sebagai pemimpin.

Dampak dari pelatihan ini adalah Anda jadi bisa mengukur seberapa tinggi kompetensi Anda selama ini. Beberapa perusahaan multinasional di Indonesia telah mengikuti program pelatihan ini. Salah satunya adalah PT Hakaaston.

Oleh karena itu, yuk ketahui materi leadership development program ALC yaitu 12 kompetensi kepemimpinan, simak detailnya ya.

Baca juga :¬†Leadership Fundamental (2) ‚Äď Miliki 12 Kompetensi Leadership Berikut Ini

Materi Leadership Development Program Dalam Kelas Kepemimpinan ALC

Melalui pendekatan ALC, program ini menawarkan wawasan mendalam tentang prinsip-prinsip kepemimpinan autentik dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi pemimpin yang efektif. Mari kita telusuri materi yang diajarkan dalam kelas ini dan bagaimana hal tersebut dapat membawa dampak positif pada perkembangan kepemimpinan para peserta.

1. Emotional Intelligence

Pemimpin yang baik adalah ia yang memiliki kecerdasan emosional yang mumpuni. Dimana keahlian ini mempermudah Anda untuk dapat mengenali, mengendalikan, mengekspresikan, serta melakukan evaluasi dengan tepat.

2. Communication Skills

Sebagai pemimpin Anda harus menyadari bahwa effective communication sangat memberikan dampak untuk kinerja dan engagement Anda dengan team. Sehingga Anda dan team dapat mencapai tujuan dan memiliki visi misi yang sama.

Dengan kemampuan ini Anda dapat mudah menjalin komunikasi yang baik dengan team dan Anda juga dapat meminimalisir resiko terjadinya miskonsepsi dan miskomunikasi.

3. Delegation

Delegasi adalah cara melakukan pengalihan tugas/ kewajiban dari leader kepada anggota teamnya. Sebagai pemimpin Anda wajib memiliki kemampuan delegasi yang baik.

Dengan delegasi yang baik tugas atau pekerjaan lebih cepat dan mudah terselesaikan. Namun sebelum mendelegasikan tugas/ kewajiban Anda harus mencermati beban kerja dan keahlian anggota team Anda.

4. Motivating Others

Mampu memberikan memotivasi serta menginspirasi orang lain merupakan salah satu kunci kesuksesan Anda sebagai leader. Dengan skill ini, Anda dapat meningkatkan motivasi kerja dalam diri anggota team Anda.

5. Problem Solving

Sebagai pemimpin Anda wajib memiliki keterampilan dalam menyelesaikan masalah dan memberikan solusi atas permasalahan yang Anda dan team hadapi.

Tidak hanya itu, dalam menyelesaikan masalah Anda juga harus memiliki kemampuan berpikir kreatif. Dengan kemampuan ini Anda dapat menjadi problem solver yang baik dan Anda juga dapat meminimalisir dampak negatif atas solusi yang Anda berikan.

6. Supervising Others

Sebagai pemimpin Anda harus memiliki kemampuan untuk mengawasi kinerja teamnya. Pengawasan di sini lebih menekankan pada kinerja team Anda. Dengan kemampuan ini Anda dapat mendisiplinkan memantau serta mengevaluasi kinerja team Anda.

7. Manage Performance

Sebagai seorang pemimpin Anda harus mampu mengelola kinerja Anda dan juga team. Ingatlah dalam sebuah team kesuksesan bukan hanya milik Anda sebagai leader.

Dengan kemampuan mengelola kinerja yang baik, memudahkan Anda untuk bisa melakukan perbaikan dan meningkatkan kinerja team untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

8. Coaching, Mentoring, Counseling

Kemampuan coaching, mentoring dan counseling ini berguna untuk Anda mengembangkan potensi yang dimiliki dan mengetahui kebutuhan setiap anggota team Anda.

9. Building High Performance Teams

Anda harus memahami bahwa kolaborasi mampu meningkatkan kinerja Anda dan team. Dengan kolaborasi yang baik Anda dan team mampu menciptakan inovasi plus meningkatkan produktivitas dalam pekerjaan.

10. Lead & Influence

Memimpin melalui pengaruh. Sebagai seorang pemimpin Anda harus mampu membangun hubungan yang kuat dan rasa hormat dengan team Anda. Sebagai pemimpin Anda juga harus mampu menyampaikan visi, misi dan tujuan Anda dengan baik.

Inilah fungsi seorang pemimpin, tidak hanya memberikan kepercayaan serta perintah saja. Tetapi harus memberikan arahan dan mengawasi kinerja team Anda agar sesuai dengan visi, misi dan tujuan yang telah ditetapkan.

11. Conflict Resolution

Anda harus mampu menyelesaikan permasalahan yang terjadi dalam team. Oleh karena itu sangat diperlukan conflict resolution skill untuk bisa menyelesaikan permasalahan tanpa memihak.

Anda harus mampu mendengarkan dan memberikan solusi yang baik atas permasalahan tersebut. Sehingga dapat terciptanya character and culture building yang positif dalam tim kerja dan lingkungan pekerjaan.

12. Strategic Leader

Dengan kemampuan Anda mampu melakukan sebuah perencanaan strategis yang berdasarkan pada analisis dan juga evaluasi. Serta mampu menciptakan sebuah solusi yang menghasilkan sebuah pencapaian yang sesuai dengan tujuan.

Yuk simak perubahan yang peserta rasakan setelah mengikut pelatihan Leadership Development Program LDP ALC

Amat, Analys PT Hakaaston “Untuk sikap, saya menjadi lebih sabar, percaya diri, lebih siap menghadapi tantantangan. Dan terhadap pekerjaan lebih fokus pada pekerjaan yang mendukung progres dan menjeput bola mengenai kebutuhan apa yang harus segera diadakan dan pendelegasian pekerjaan dengan team”.

Dodi Irlamika, Plant Manager PT Hakaaston “Saya lebih percaya diri, saya semakin semangat dan saya selalu berfikir positif dan berubah menjadi pribadi yang lebih baik dan menjadi leader yang bisa memberikan motivasi- motivasi positif kepada team untuk mencapai tujuan yang diinginkan”.

Harya Digdaya Agus Putra, Analyst of Corporate Communication & CSR PT Hakaaston “Memiliki sifat dan sikap yang lebih bijak dalam melihat masalah, termotivasi untuk bekerja dan menjadi pemimpin yang tulus dan memiliki integritas. Ingin selalu menjaga hubungan dan relasi yang baik sehingga tercipta lingkungan kerja yang nyaman”.¬†

Johanes Gunawan Baktiardi, Analyst of Corporate Communication & CSR PT Hakaaston “Saya menjadi lebih percaya diri, bicara apa adanya, lebih bersemangat, lebih tulus dalam bekerja dan rasa lebih peduli terhadap kemajuan PT Hakaaston”.¬†

Wahyudin, Analys PT Hakaaston “Dapat mengetahui kelebihan dan kelemahan serta lebih menantang diri sendiri untuk berubah ke arah yang lebih baik, terutama menjadi lebih tegas, disiplin, dan berani dalam melakukan aktivitas sehari-hari”.¬†

Kesimpulan

Secara garis besar, Leadership Development Program atau pelatihan kepemimpinan menjadi hal penting yang harus dilakukan oleh setiap organisasi jika ingin selalu berkembang.

Dengan pelatihan ini, ada banyak manfaat baik dan materi berkualitas sehingga dapat mewujudkan lebih banyak pemimpin yang dapat diandalkan kedepannya.

Kabar baiknya, kini Anda sudah bisa mendapatkan rangkaian pelatihan kepemimpinan khusus dari ALC Leadership Management.

Dimana sejak awal ALC Leadership Management menghadirkan berbagai program pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia yang bisa dilakukan secara online maupun offline supaya setiap individu dapat berkembang menjadi lebih baik. Yuk daftarkan diri Anda sekarang!

Butuh Leadership Development Program ALC? Hubungi team ALC di 087779199555
Training Online Leadership Fundamental
  • 14/03/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Procurement and Purchasing
  • 20/03/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom
Training Online Assertive Leadership
  • 28/03/2024
  • 09.00 - 16.00 WIB
  • Online via Zoom