Mengenal Character Building Dan Dampaknya Bagi Karyawan, Yang Ke-3 Sangat Berguna!

Daftar Isi

Character building merupakan hal penting yang harus dimiliki setiap orang terutama bagi pribadi yang selalu ingin berkembang. Memang, setiap orang memiliki karakter masing-masing yang akan mempengaruhi kehidupannya terutama saat berinteraksi dan menjalin relasi hubungan dengan orang lain di dalam lingkungan pekerjaan.

Oleh karena itu, artikel ini akan membahas secara rinci mengenai maksud dan pentingnya character building sekaligus apa dampaknya bagi seorang karyawan agar keberadaannya diterima oleh lingkungan.

Apalagi, setiap orang yang menjalin hubungan akan merasa nyaman dan menghargai seseorang yang memiliki karakter yang baik. Karena character seseorang bisa mempengaruhi orang lain.

Memang apa sebenarnya Character building itu dan bagaimana dampaknya bagi seorang karyawan dalam lingkungan kerjanya? Yuk simak penjelasannya di artikel ini!

Apa itu Character Building?

Character building adalah suatu usaha atau proses yang dilakukan untuk melakukan perbaikan dan pembinaan dengan membentuk tabiat, sifat, kemampuan pengaturan emosional, serta watak seorang karyawan sehingga dapat menunjukan karakter yang baik.

Salah satu contoh character building dalam dunia kerja ini yaitu jika Anda berteman dengan seseorang yang kerap berbohong, maka lambat laun Anda akan meniru character teman orang tersebut tanda disadari. Hal inilah yang menyebabkan adanya  toxic employee dan akan menjadi penghambat karir seseorang.

Tujuan Character Building

Tujuan dari Character Building adalah mengembangkan karakter dan moral individu atau kelompok agar memiliki nilai-nilai positif, etika, dan sikap yang baik. Beberapa tujuan utama dari Character Building meliputi:

  1. Pembentukan Karakter Moral: Membantu individu mengembangkan moralitas yang kuat, seperti integritas, kejujuran, tanggung jawab, dan empati. Ini bertujuan agar individu mampu membuat keputusan yang benar dan bertanggung jawab dalam tindakan mereka.
  2. Peningkatan Etika: Mengajar individu tentang etika dalam berperilaku dan berinteraksi dengan orang lain, termasuk norma-norma sosial, budaya, dan profesional yang berlaku.
  3. Pengembangan Kepemimpinan: Membantu individu mengembangkan keterampilan kepemimpinan yang efektif, seperti kemampuan berkomunikasi, memimpin dengan contoh, dan mengambil inisiatif.
  4. Pemberian Nilai Positif: Mendorong individu untuk mengadopsi nilai-nilai positif, seperti kebaikan, kerjasama, dan penghargaan terhadap keberagaman.
  5. Peningkatan Kesadaran Diri: Membantu individu memahami dan mengenali kekuatan dan kelemahan mereka, serta bagaimana karakter mereka memengaruhi hubungan dan keputusan mereka.
  6. Membangun Ketahanan Mental: Mengajarkan individu cara mengatasi tantangan dan rintangan dalam hidup dengan cara yang sehat dan produktif.
  7. Membangun Hubungan yang Sehat: Memfasilitasi perkembangan kemampuan berinteraksi sosial yang positif dan membangun hubungan yang kuat dengan orang lain.
  8. Kontribusi Positif untuk Masyarakat: Menginspirasi individu untuk berperan aktif dalam masyarakat, memberikan dampak positif, dan menjadi warga yang bertanggung jawab.
  9. Peningkatan Kualitas Hidup: Character Building bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup individu secara keseluruhan dengan mengajarkan mereka bagaimana menjadi individu yang lebih baik dan lebih berarti dalam masyarakat.
  10. Pengembangan Diri yang Berkelanjutan: Mendorong individu untuk terus-menerus mengembangkan karakter mereka sepanjang hidup mereka, sehingga mereka tetap relevan dan berkontribusi positif dalam berbagai situasi.

Tujuan-tujuan ini bertujuan untuk membentuk individu yang lebih baik secara moral, etika, dan sosial, yang pada gilirannya dapat membawa dampak positif pada diri mereka sendiri, keluarga, masyarakat, dan dunia secara keseluruhan.

Baca juga : 

Pemimpin Berkompeten Memiliki 12 Kompetensi Soft Skill

Mengapa Training Character Building Harus Dilakukan?

Melalui training character building karyawan akan mampu mengenali potensi dan kelemahan yang ada di dirinya sendiri. Hal ini tentu membuat para karyawan di dalam sebuah organisasi mampu untuk dengan mudah mengenal, berinteraksi, dan juga bekerjasama dengan orang lain.

Tentunya contoh kegiatan character building seperti program training seperti ini akan membantu seseorang untuk memiliki karakter dengan persepsi positif baik dengan diri sendiri maupun hubungannya dengan orang lain.

Selain itu, training pengembangan karakter seperti yang dimiliki oleh ALC Leadership Management ini juga dapat mendukung para karyawan untuk memiliki karakter yang lebih positif sehingga bermanfaat bagi kemajuan perusahaan.

Sebab, karyawan yang memiliki karakter yang baik akan mampu mempengaruhi dan memberikan motivasi terhadap rekan kerja satu tim. Selain itu, mereka juga dapat melakukan lebih banyak hal positif, mengerjakan sesuatu atau menyelesaikan pekerjaan dengan baik, tanpa ada paksaan ataupun tekanan dari pemimpinnya.

Disamping itu karyawan yang memiliki character yang positif akan mampu menyesuaikan dirinya dengan lingkungan yang berbeda-beda.

Mampu berbaur dengan baik dan membuat rekan kerja tim tentu akan membuat lingkungan pekerjaan menjadi terasa nyaman dan mampu meningkatkan produktivitasnya.

Hal ini sejalan dengan survey yang dilakukan oleh CoWorkr bahwa lingkungan kerja yang tidak nyaman seringkali menurunkan produktivitas karyawan untuk bekerja dengan serius hingga 85%.

Oleh sebab itulah, pelatihan character building ini menjadi hal yang perlu dilakukan oleh setiap perusahaan.

Apa Dampak dari Character Building?

Tentunya, ada banyak dampak baik yang akan dirasakan oleh para karyawan saat memiliki character building dengan baik di lingkungan kerjanya. Berikut ini adalah 4 dampak yang akan sangat dirasakan oleh karyawan saat menerapkan character building dengan optimal, diantaranya adalah:

1. Mudah Berbaur dan Menjamin Interaksi

Jika seseorang sudah mampu diterima dengan baik di lingkungannya maka orang tersebut akan lebih mudah berbaur. Oleh sebab itulah, setiap karyawan haruslah memiliki karakter positif sehingga dirinya mudah berbaur dan diterima di lingkungan kerjanya.

Jadi, karyawan tersebut menjadi akan mudah melakukan identifikasi kendala dan juga masalah yang dihadapi dan mampu meminimalisir kesalahan serta kendala yang terjadi dengan cepat.

2. Menciptakan SDM yang Berkualitas

Karyawan yang mampu berbaur dan memiliki character yang baik merupakan suatu keuntungan bagi perusahaan ataupun rekan tim yang bekerjasama dengannya.

Mengapa demikian? Karena kecerdasan akan lebih terpancar dan aura positif akan selalu mengikuti orang yang memiliki kepribadian yang baik tersebut. Sebab dalam dunia kerja, seseorang tidak hanya diperhitungkan karena kemampuan intelektualnya saja namun character yang baik juga sangat diperlukan.

3. Diterima di Lingkungan Pekerjaan

Ketika seorang karyawan memiliki character yang baik, hal pertama yang dirasakannya adalah ia mampu diterima di lingkungan pekerjaannya.

Melalui training character building karyawan akan diberikan pelatihan pembentukan character yang positif. Jadi, setiap karyawan mampu menyesuaikan dirinya dengan lingkungan lebih cepat dan orang lain tentu juga akan mudah menerima kehadirannya.

Bahkan, studi terbaru dari perusahaan pendidikan digital yaitu Hyper Island yang berjudul “Tomorrow’s Most Wanted” menyebutkan jika 78% pemimpin yang disurvei akan memilih karyawan dengan kepribadian dan kualitas karakter yang baik sebelum keterampilan yang mereka miliki.

Baca juga : 

Managerial Skills, 5 Jenis Keterampilan Yang Dibutuhkan Manager

3. Mudah Meraih Kesuksesan

Apabila seorang karyawan sudah memenuhi tiga poin di atas, maka  akan terbuka peluang yang besar untuk menjadi sukses. Karena memiliki character yang baik merupakan modal atau dasar sehingga karyawan akan mudah mengenali kemampuan dan juga kekurangan yang ada pada dirinya.

Hal ini juga akan membantu rekan kerja maupun pemimpinnya untuk memberikan rasa hormat dan menghargai kehadirannya saat bekerja. Dengan terbentuknya hubungan yang positif seperti ini maka akan meningkatkan produktivitas dan kinerja pada sebuah perusahaan.

Kesimpulan 

Nah, setelah membaca penjelasan mengenai Character Building dan dampaknya bagi karyawan tentu akan membuat Anda sadar betapa pentingnya hal ini dalam sebuah perusahaan. Jadi, apakah Anda sudah menerapkannya pada perusahaan tempat Anda bekerja? Jika sudah, seberapa efektifkah? Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Kabar baiknya, jika Anda sedang membutuhkan lembaga training untuk mengadakan pelatihan bagi Sumber Daya Manusia di perusahaan Anda, ALC Leadership Management memiliki program training SDM dengan pendekatan yang berbeda.

Selain itu ALC Leadership Management juga memiliki program training untuk meningkatkan character pada karyawan perusahaan dengan topik Character and Culture Building, Maximized Your Potential, Bost Your Performance, Creative Thinking, Creative Problem Solving, dan Dahsyatnya Nilai Diri. Training bisa diadakan secara offline maupun online.

Beberapa contoh materi program training untuk manager yang disukai klien kami di antaranya The Power of Integrity, The Power of Working with Emotional Intelligence, Boost Your Focus, Increase Your Impact, dsb. Yuk mulai melangkah ke arah yang lebih baik dengan rangkaian program dari ALC Leadership Management!

Tingkatkan keahlian SDM Anda hari ini :

‚Äď Ketahui bagaimana mengubah cara pandang Anda akan pentingnya bekerja dengan integritas sekaligus memahami dampaknya pada pola pikir, sikap & perilaku, melalui¬†The Power of Integrity.

‚Äď Pahami bagaimana cara Meningkatkan kecerdasan emosi yang berdampak pada perkembangan karir, bisnis serta prestasi, melalui¬†The Power of Working with Emotional Intelligence

‚Äď Pelajari bagaimana cara mendorong Anda fokus dalam meningkatkan pola pikir serta membangun impact dampak melalui kebiasaan positif, baik di pekerjaan, bisnis maupun kehidupan sehari-hari dengan ALC Method, melalui¬†Boost Your Focus, Increase Your Impact.

Detail info pelatihan hubungi team ALC di 087779199555